Jumat, 08 April 2011

Penulis-penulis Pengguncang Dunia

Penulis  : Anton WPHalaman : 144
Penerbit : Katta

Perjalanan hidup penulis fiksi kadang seperti sebuah fiksi itu sendiri....
Penuh liku-liku menggetarkan, menegangkan, mengharukan dan sangat menginspirasi

Kalo jodoh memang tak lari kemana!
Sebenarnya sudah lama tergoda membeli buku ini. Terutama sekali karena di dalamnya memuat beberapa penulis favoritku, serta beberapa penulis yang cukup dikenal. Namun setiap  memesan buku ke penerbit yang berpusat di Kota Solo selalu saja buku ini  ketinggalan masuk dalam list. Saat siang tadi  menemukan tergeletak di salah satu toko buku dikawasan Matraman, langsung masuk ke keranjang belanjaan

Buku ini memuat mengenai kisah hidup  10 orang penulis yang karyanya mengguncang dunia. Mereka adalah; Dan Brown, Danielle Steel, JK Rowling, Jhon Grisham, mario Puzo, Michael Crichton, RL Stine, Sandra Brown, Sidney Sheldon, dan  Stephen King. Pengurutan aman sepertinya berdasarkan abjad semata bukan kepopuleran.

Buku kecil ini benar-benar unik. Setiap halaman awal dari sosok seorang penulis, akan dimulai dengan kalimat yang bisa dianggap mencerminkan pikiran atau pandangan dari si penulis. Misalnya pada bab mengenai  Mario Puzo,  tertulis kalimat " Pemasaran menjadi kian penting dalam menjual buku. Jadi saya yakin harus melakukan sesuatu agar orang tahuy buku saya sudah beredar" Atau pada bab mengenai Danielle Steel, " Jelas ada sesuatu dalam buku kami atau jutaan orang tak akan membelinya"

Selain itu, juga ada foto wajah dari setiap pengarang sebesar 1 halaman. Sangat dimaklumi jika penerbit membuatnya dalam wujud cetakan biasa berwarna hitam putih, sehingga di beberapa foto berkesan buram. Ongkos produksinya bisa  melonjok tinggi jika dibuat dalam bentuk berwarna. tentunya akan berimbas pada harga jual.

Saya banyak menemukan hal-hal baru dalam buku ini. Misalnya saja, sepertinya bukan rahasia umum jika JK Rowling sering membuat draf ceritanya di kedai kopi. Tapi  fakta ia ditolak di beberapa kedai kopi karena hanya membeli secangkir kopi dan duduk dalam waktu yang lama, sepertinya jarang disebutkan. Juga mengenai  kedai kopi milik suami adiknya.

Sayangnya buku ini seakan ketinggalan cerita karena buku yang saya pegang adalah keluaran Juni 2007. Banyak cerita yang sudah berlalu, sejak saat itu. Ada beberapa hal yang sekarang menjadi kadaluarsa.

Namun biar bagaimana juga, buku ini membuat saya kian mengenal lebih dekat mengenai penulis favorit saya, Jhon Grisham (nyaris membuat saya memasuki  sekolah hukum), JK Rowling (membuat saya menjadikan HP sebagai panutan dari cerita fantasi), Mario Puzo ( membuat saya berkhayal  lahir dalam keluarga mafia) serta Michael Crichton ( selalu membuat buku dan film menyatu di hati)

Sang tukang cerita, Anton WP membuat buku ini karena memiliki keinginan suatu saat bisa menjadi  penulis juga. Syukur jika terkenal seperti kesepuluih penulis dalam buku ini. Sepertinya mimpinya sudah mulai terwujud ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar