Minggu, 10 April 2011

A is For Alibi - Kinsey Millhone Series Book # 1

A is For Alibi - Kinsey Millhone Series Book # 1 by Sue Grafton
 by Sue Grafton

Oleander, adalah tumbuhan liar  yang bisa ditemui dimana saja di kawasan Teresa, California. Kadang  tingginya  hampir tiga meter dengan warna bunga pink atau ungu serta  daun runcing yang bentuknya sangat indah. Seorang pria mati terbunuh akibat Oleander yang digiling halus dan dimasukan sebagai pengganti kapsul yang diminumnya.

Seseorang yang baru saja dibebaskan dari penjara dengan tuduhan membunuh suaminya mendatangi Kinsey Millhone untuk meminta batuan guna  menyelidiki kasusnya kembali. Ia terus menyangkal telah melakukan kejahatan dan ingin mengetahui siapa sebenarnya pelaku yang membunuh suaminya.

"Kuharap kau menemukan siapa yang membunuhnya. Aku tidak bisa bahagia sampai aku tahu siapa pelakunya” Kata Nikki kepada Kinsey Millhone saat memohon bantuan. Kebetulan sekali, dibelakang kediaman mereka, terdapat tanaman Oleander.

Masalahnya kasus tersebut telah ditutup selama delapan tahun yang lalu. Belum lagi saat menjalankan penyelidikannya, Kinsey Millhone banyak menemukan hal-hal aneh yang serba kebetulan. Membawanya sering melakukan perjalanan luar kota yang melelahkan .Bahkan kehidupan pribadinya juga ikut terusik! Walau ia menyadari peraturan dasar untuk tidak terlalu melibatkan perasaan saat bertugas.

Buku ini bercerita mengenai sepak terjang Kinsey Millhone, seorang detektif swasta bersertifikat di California, mantan polisi wanita. Berusia 32 tahun, 2 kali menikah  dan tanpa anak.   A is for Alibi merupakan salah satu buku dari rangkaian seri detektif wanita ini.

Halaman awal buku ini dimulai dengan pengakuan Kinsey dan halaman terakhir merupakan sambungan dari Halaman awal. Tapi jangan mengira bahwa kedua halaman itu merupakan inti dari keseluruhan cerita. Keduanya hanya menjadi pengantar dan penutup rentetan peristiwa yang ada.

Bab awal hanya menguraikan fakta-fakta serta dugaan awal saja, memang berkesan datar bahkan cenderung monoton. Sehingga  berbekal informasi yang didapat dan dipaparkan Kinsey, menggoda untuk bermain tebak-tebakan siapa yang menjadi pelakunya.

Namun makin kebelakang, banyak kejutan tak terduga. Semua fakta dan bukti dipaparkan dengan jelas. Hubungan antar pribadi, peristiwa bahkan barang bukti bisa dijelaskan dengan pas, tanpa berkesan memaksa. Praduga yang salah juga dijabarkan dengan alasan yang mendukung.
           
Buku ini bisa dikatakan unik, karena jarang ada cerita detektif yang tokohnya adalah detektif wanita dan bekerja sendiri, tanpa partner, sekretaris, asisten atau apapun namanya. Seingat saya hanya Miss Marple, detektif wanita ciptaan Agatha Christie  yang bekerja sendiri.

Jadi penasaran menunggu buku lainnya. Semoga Dastan terus melanjutkan penterjemahan seri ini hingga tidak putus ditengah jalan seperti beberapa seri lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar