Jumat, 08 April 2011

Ayo Bertualang Bersama Tom!

Judul                       : The Adventures of Tom Sawyer
Pengarang               : Mark Twin
Penerjemah             : M. Baihaqqi
Penyunting              : Jia Effendie &
                                Zaky Muzakir
Penyelaras  Aksara  : Ida Wajdi
Halaman                  : 386
Penerbit                  : Atria

“Cerita klasik adalah cerita yang mampu mampu bertahan hingga saat ini. Masih menarik untuk dibaca dan mampu memikat pembacanya” urai Jia Effendi singkat mengenai cerita klasik  pada acara Bookclub GRI.

Demikian juga Kisah Petualangan Thomas Sawyer yang pertama kali diterbitkan tahun 1876. Kisahnya dikategorikan sebagai cerita klasik. Tidak pernah dengar?  Jika Kisah Petualangan Tom Sawyer ? Tentunya pernah khan.  Keduanya adalah kisah yang sama.  Buku ini bercerita tentang seorang bocah lelaki berambut keriting yang gemar berpetualangan. Walau faktanya dalam cover buku ini unsur rambut keriting sama sekali terlihat karena tertutup topi.

Setiap berpetualang, Tom selalu mengajak sahabat setianya, Huckleberry Finn alias Huck.  Berpetualang menjelajah hutan, mengunjungi rumah angker yang menyeramkan, menyelusuri gua tak berujung . Setiap petualangan memberikan kesan tersendiri bagi mereka. Belakangan Mark Twin juga membuat kisah petualangan Huckleberry Finn.Tom tinggal di desa St Petersburg bersama bibinya, Bibi Polly serta  Sidney , biasa dipanggil Sid sang sepupu. Sang bibi selalu berusaha mengawasinya dengan ketat, sementara si sepupu menempel bagai lintah agar bisa melihatnya berbuat kesalahan lalu segera melaporkannya.

Tom sangat cerdik. Ia selalu bisa memanfaatkan situasi sehingga  mendapat apa yang diinginkannya. Saat ia dihukum mengapur pagar rumah bibinya ia berhasil membuat banyak anak mengira mengapur adalah suatu kegiatan yang mengasyikan. Hanya boleh dilakukan oleh anak tertentu. Mereka bahkan rela menukar benda berharganya  asal diijinkan mengapur. Tom mendapat pelajaran berharga dalam kehidupan ini. Ia jadi tahu hukum hebat tentang tingkah laku manusia, bahwa untuk  membuat seorang laki-laki atau anak laki-laki menginginkan sesuatu cukup dengan membuat  sesuatu itu sulit untuk didapatkan. Cuman satu kata yang cocok untuk Tom, CERDIK!

Tadinya saya membayangkan akan membaca sebuah buku tentang petualangan seorang anak ala Lima Sekawan, Sapta Siaga atau Pasukan Mau Tahu namun dalam situasi di abad ke-19. Rupanya saya salah besar! Buku ini memang memuat petualangan seorang anak yang menurut istilah sekarang tengil , namun bepetualang tanpa ada  penyelundup,   pangeran yang diculik, barang yang hilang dan sebagainya. Yang ada adalah kisah mengenai bagaimana seorang anak ABG menyatakan cinta kepada seorang gadis, perkelahian memperebutkan sesuatu sekedar menunjukkan kekuatan diri.

Melihat isi buku ini, terus terang saya jadi berpikir. Cocok tidak ya buku ini untuk anak-anak. Soalnya selain  berkesan perkelahiana adalah wajar, kelakuakn Tom kadang-kadang sungguh luar biasa.! Mencium perempuan.. wduh...waduh...waduh.... Saya jadi teringat pada buku karangan Laura Ingalls Wilder, Little House.   Gambaran mengenai suasana desa, gaya hidup dan sebagainya sangat berbeda dengan yang ada dalam buku ini. Mungkin karena saya sudah terindoktrinasi dengan buku dan film Little House, maka yang ada di benak saya seperti itulah kehidupan ideal pada tahun 1900-an

Menurut sang  tukang cerita, saat cerita ini diterbitkan sebagian besar tokohnya benar-benar ada dan masih hidup. Tokoh Huck diambil dari sosok nyata, sedangkan Tom merupakan perpaduan beberapa anak. Hem.... mungkin ituse sebabnya tokoh Tom menjadi luar biasa wataknya. Rupanya gabungan dari beberapa orang.

Terlahir dengan nama Samuel Langhorne Clemens pada 30 November 1835 , penulis berkebangsaan Amerika Serikat.  Ia menghabiskan masa kecilnya di sebuah kota yang terletak di pinggiran sungai Mississipi, Haniibal Missouri. Nama  pena Mark Twain terinspirasi oleh istilah yang sering dipakai awak kapal sungai saat mengukur kedalaman air, artinya dua depa dalamnya. Mark Twain meninggal pada 21 April 1910

Beberapa karyanya antara lain:
1. The Innocents Abroad 1869
2. Curious Republic of Gondour 1870
3. The Gilded Age 1873
4. Sketches New and Old 1875
5. The Adventures of Tom Sawyer 1876
6. Carnival of Crime in CT 1877
7. A Tramp Abroad 1880 1601 1880
8. The Prince and the Pauper 1881
9. The Stolen White Elephant 1882
10. The Adventures of Huckleberry Finn 1885
11. A Connecticut Yankee in King Arthur's Court 1889
12. Tom Sawyer Abroad 1894
13. The Tragedy of Pudd'nhead Wilson 1894
14. Tom Sawyer, Detective 1896

Waduh...! Kok saya seperti mendengar tawa setan ala Ida Wajdi  lagi yah
Tida............................................................................k!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar