Jumat, 08 April 2011

Buku Untuk Memahami Dragonologi

Sumber                : Dr. Ernest Drake's Dragonology,
                             The Complete Book of Dragons
Penerjemah          : Sasi Arum
Editor                  : Dyah Merta
Desain Cover       : E. Bendung W
Tata Letak           : Puspita
ISBN                   : 9789793813301
Halaman               : 84
Terbit                   :  Januari 2009
                              Penerbit Liliput

Anda seorang wanita?
Suka menggunakan  persiapan yang berkilauan?
Berarti Anda adalah target empuk santapan naga!
(menurut info dari buku ini lho....)

Buku ini berisikan segala hal yang berurusan dengan naga.  Ilmu yang berhubungan dengan naga dikenal dengan istilah Dragonologi.  Buku ini merupakan salah satu  bacaan guna memahami  Dragonologi .Ada  sejarah biologi naga, laboratorium naga, jenis naga hingga cara menjinakkan naga. Salah satu tips menjinakkan naga misalnya sebagai berikut; ambil cermin, taburi dengan debu naga. Lalu letakkan batu safir atau batu mulia sejenisnya di luar sarang naga. Saat sang naga keluar untuk melihatnya, keluarkan cermin tadi dengan cepat sehingga sang naga melihat bayangannya sendiri, dan teriakkan ”Ecce Narcisso Draconus Attractivee” Mantra itu akan membuat seekor naga patuh, tapi waspadalah saat kekuatannya mulai luntur

Buku ini juga mengisahkan, seperti juga makhluk lainnya, naga mengalami evolusi. Seperti yang diungkapkan oleh Edward Topsell dalam The History of Four-footed Beasts (1607)

 Dibagikan juga mengenai lima hal yang harus diketahui dalam urusan Dragonologiis, dikenal dengan sebutan Lima K Dragonologis , yaitu
1. Kerja lapangan
2. Kesiapan
3. Keberanian
4. Kejujuran
5. Kematian

Gambar ilustrasi yang memberitahukan bahwa dalan hal kesiapan, jubah tahan api sangatlah penting membuat saya tertawa lebar. Tatapan heran para penumpang transjakarta, serta colekan teman  baru menyadarkan ketapa kerasnya saya tertawa, jadi malu he  he he. Coba perhatikan saja gambar seorang pria yang sedang berlindung dari semburan naga.  Ada sesuatu hal yang membuat saya tertawa lepas. Jika jeli, anda bisa melihatnya juga kok ^_^

Buku ini juga menceritakan berbedaan antara naga dan ular laut. Banyak yang tidak tahu bahwa naga dan ular laut adalah dua jenis makhluk yang berbeda. Misalnya saja naga sangat menyukai harta dan benda-benda yang berkilauan serta terkenal sebagai penimbun harta.  Itu sebabnya  banyak cerita yang mengisahkan naga sebagai  penjaga harta karun yang handal. Sementara ular laut lebih menyukai kapal kayu dan tidak menimbun harta.

Selain itu, diungkapkan juga berbagai manfaat dari  seluruh bagian tubuh naga hingga kotorannya yeeeeeeeeeeeek! Selain bermanfaat untuk perlindungan saat menyusuri daerah liar, ternyata cocok unutk pupuk tanaman. mana ada makhluk yang berani mengganggu jika saat kita lewat yang keluar adalah aroma seekor naga. Namun ada juga peringatan, bahwa kotoran naga betani bisa menarik perhatian naga jantan. Wah bisa-bisa bukannya menjadi subur, malah tanamannya  habis  dirusak oleh sang naga jantan.

Saya sempat bingung saat membaca sebuah judul bab. Ditulis  Laboratotium Naga namun perasaan saya menyatakan ini harusnya Laboratorium Naga. Apalagi judul itu yang ada di daftar isi juga tertulis Loboratorium Naga.

Secara keseluruhan buku ini cukup membuat saya lebih memahami tentang naga walau halamannya relatif sedikit. Saya juga terhibur dengan aneka ragam  pengetahuan  yang ada. Kenapa selalu tokoh naga yang digambarkan sebagai penjaga harta. Apa perbedaan aneka jenis naga serta bagaimana cara menanganinya. Seandainya (masih) ada naga di dekat saya, minimal saya tahu harus membaca mantera yang mana.

Jika HP mempunyai buku ini, tentu ia tak akan kesulitan saat harus berurusan dengan naga.
Dibandingkan usaha keras mendapatkan buku ini selama seminggu, saya cukup merasa puas....jadi bolehlah bintang 4.
Menghafal  mantra dulu ah..............
------------------------------>
Orang pertama yang harus saya jitaq adalah Silvero!
Sebagai manager, harusnya dia membantu saya mengatur waktu dan memilih bacaan yang bisa meningkatkan kemampuan saya. Hanya karena meminjamkan sebuah buku lain yang juga  keluaran Penerbit Liliput, saya jadi menghabiskan waktu beberapa hari untuk berlarian di Mbah Google. Penasaran dengan penerbit yang ini. Saya sibuk mengirim sms, e-mail bahkan fax guna mencari info mengenai penerbit yang satu ini, alih-alih mengerjakan ”PR”

Orang kedua yang harus dicubit kenca........................ng adalah Boni
Curhatnya membuat saya terobsesi mencari buku ini. Berawal dari berbagi mimpinya ingin mengoleksi aneka ensiklopedia yang berhubungan dengan dunia fantasi. Sampai-samapai  ia rela merogoh koceknya demi membeli sebuah buku melalui salah satu situs penjualan. Harganya lumayan fantastis untuk sebuah buku bekas!   Saat melihat buku ini dan buku satu saya yakin 1000 % dia pasti berteriak, ”Ma..........................u!!!” betulkan dugaan saya.

Terakhir , yang ini cubitan musti dikirim pakai paket, Franciska Irma.
Salah satu buku pesanannya belum pernah saya dengar. Penasaran jadinya.  Ternyata buku pesanannya yang dibilang mantap juga merupakan keluaran penerbit ini.

Sayang....sayang....sayang.....
Penerbit ini sudah tiada dan berganti nama
Semoga buku baru yang dijanjikan segera keluar dan  bisa saya nikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar