Minggu, 20 Desember 2015

2015 #106-107 : Cardan serta Beyond Twilight

Masih dalam acara beres-beres rak, mengurangi timbunan yang masih menggunung, maka hari Minggu ini dipergunakan untuk membaca beberapa buku. Kejar tayang he he he. Sebenarnya tidak butuh waktu lama buat membaca, bagi saya lho. Justru membuat review yang butuh waktu.

Beberapa buku konon udah berusia cukup lama, mungkin saya membeli diarea obral atau mendapatkan entah dari mana. Justru makin tua usia buku, membuat saya ingin segera mengurangi timbunan. 
 
Tidak ada persyaratan atau dasar khusus yang dipergunakan untuk membaca sebuah buku. Ambil terdekat-baca-buat ulisan singkat-taruh pada tempat semestinya-ambil yang lain-begitu seterusnya.

Judul: Cardan
Penulis: Chandra Adhitya Winarno
Penyunting: Feba Sukmana
Penata letak: Yanto
Desain sampul: Okeu Yoseph Kurniawan
ISBN (10): 9797801640
ISBN (13): 9789797801649)
Halaman: 326
Cetakan: Pertama-2007
Penerbit: Gagasmedia 
 
Kata CARDAN pada sinopsis di bagian belakang buku yang membuat saya tertarik untuk membaca. Apa itu cardan? Sejenis pejuang, raja atau seseorang yang terpilih untuk menyelamatkan  manusia (sering sekali nemu tokoh seperti ini dalam kisah fantasi).
 
Keterangan mengenai apa itu cardan saya temukan di halaman 25. Cardan adalah orang-orang terpilih, dan buka manusia biasa. Mereka ditakdirkan menyatu dengan batu yang berasal dari bintang-bintang Garinka. Ok, tak beda jauh dengan makna manusia yang terpilih.
 
Banyak sekali tokoh dalam buku ini, setiap tokoh memiliki peranan yang cukup penting dalam membangun cerita. Bagi saya mungkin tokoh Aras bisa dikatakan tokoh utama, terutama sekali karena namanya yang disebut dalam sinopsis.
 
Ceritanya lumayan, tapi entah kenapa saat kisah sedang berlangsung mendadak penulis mengakhiri begitu saja tanpa ada kejelasan bagaimana akhirnya.  Entah kehabisan ide atau sengaja dengan harapan bisa membuat buku kedua.
 
Kover dan warna sampul sungguh mampu membuat orang melirik. Perpaduan warna hitam dan emas memang sungguh kontrak. Sinopsis di bagian belakang dengan warna putih makin membuat buku ini menggoda mata.
 
Urusan penilaian kover tentunya tidak sama dengan isi. Kover saya beri bintang 3,5. Sementara isi cukup bintang 2. Ditotal menjadi 5,5 bintang, dibagi 2 menjadi  sekitar 2,75 bintang. Baiklah kita genapkan menjadi 3 bintang.
 
Judul: Beyond Twilight
Penulis: Noey Moore
Editor: Ratna Mariastuti
Tata sampul: @ferdika
Tata isi: S. Lestari
Pracetak: Antini, Dwi, Wardi
ISBN: 9786027663855
Halaman:347
Cetakan: Pertama-2013
Penerbit: Diva
 
 Jika tidak salah ini merupakan buku seri. Ada tiga  buku, Almost Twilight, Beyond Twilight serta Dark Twilight. Sayangnya saya tidak sempat menemukan eh menerima hadiah dari Dion untuk buku pertama dan ketiganya he he he
 
Entah kenapa, membaca  kata Twilight saya langsung teringat pada kisah percintaan seorang anak manusia dengan vampir yang menghebohkan dunia. Mungkin penulis ngambil ide dari sana. Tidak ada yang salah sih, mengambil judul mirip juga sah. Malah bisa mendongkrak rasa tertarik calon pembeli.
 
Kisah dalam buku ini terkait juga dengan urusan vampir. Sebagai anak dari pasangan yang berbeda dunia, tentunya tokoh kita, Enola harus menjalani hidup dengan cara yang tidak biasa.
 
Kisahnya kurang lebih sama, Enola menemukan rahasia besar dalam keluarganya, berusaha bertahan hidup sambil terus mengupayakan kesuksesan misi yang diembannya. Beberapa halangan dan rintanga membuatnya makin tegas dan kuat menjalani takdir.
 
Entah karena saya tidak membaca buku pertama, sepertinya ada yang kurang dijelaskan dalam buku ini. beberapa hal berkesan samar. Beberapa lagi butuh penjelasan lebih banyak, mungkin ada di buku tiga.
 
Melihat ranting buku ini di GRI yang lumayan tinggi, bintang 3,5 sepertinya saya harus mencari buku-buku lainnya dan membaca ulang baru bisa memberikan kesimpulan. Sejauh ini saya masih memberikan bintang 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar