Sabtu, 10 Januari 2015

2015#10: Konspirasi


Penulis: Afred Suci
Penyunting: Faisal Adhimas
Pensesain Sampul: Oxtra Estrada
Penata letak: Tri Indah Marty
ISBN: 9797957284
Halaman: 548
Cetakan: 3-2014
Penerbit: Wahyu Media
Harga: 92.000


Hemmmm

Hemmmm
Hemmmm

Buku yang membuat saya memandang dunia dengan cara yang berbeda. Ternyata banyak hal yang harus diwaspadai dalam kehidupan ini, konspirasi salah satunya.

 
Ada 128 konspirasi yang terbagi dalam 7  bagian (penulis menyebutnya sebagai chapter) dalam buku ini.  Ketujuh bagian  kospirasi tersebut adalah ; Agama & Budaya,;Ilmu Pengetahuan, Media, Olah Raga; Hukum & Kriminalitas (2 bagian); Militer & intelijen; Ekonomi; terakhir Selebritis& Tokoh. Butuh kebijaksanaan khusus untuk membaca buku ini. 

Banyak topik yang cukup membuat saya terkejut. Contoh kasus, seringnya SMS 
 nyasar perihal mama minta pulsa, atau tolong transfer dulu. Jika sang penerima emosi lalu membalas dengan memberikan makian, justru ia sudah terjebak dalam sebuah konspirasi. SMS yang ia kirim akan menyebabkan pulsanya terpotong SMS premium sebesar Rp 2.000 (halaman 177). 

Misteri kematian David Hartanto seorang mahasiswa cerdas asal Indonesia di negara tetangga sungguh mengenaskan. Ia dianggap stres karena beasiswa diputus hingga mencoba menusuk profesor pembimbingnya.  Terlepas dari urusan konspirasi, kita harus berbangga hati ternyata banyak anak muda bangsa kita yang memiliki otak cemerlang (halaman 187)


Tokoh si  Pitung ternyata sosoknya jauh dari keren. Tubuhnya bisa dikatagorikan kecil, tak heran jika ia mampu bersembunyi di tempat-tempat yang sempit. Untuk itu ia dikatakan memiliki ilmu menghilang dengan Aji halimunnya. Dalam film, untuk keperluan hiburan tentunya aktor yang dipilih memerankan Pitung adalah sosok yang menawan. Mungkin juga pihak Belanda besar-besarkan informasi tentang sosok si Pitung, bayangkan betapa malunya mereka jika masyarakat mengetahui sosok asli si Pitung yang mampu mengecoh Belanda hanyalah seorang pria bertubuh kecil dengan wajah kehitam-hitaman)


Ada tentang bagaimana cara proses pencucian uang yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga saja dengan dicantumkan dalam buku ini banyak pihak yang bisa membantu menghambat kegiatan pencucian uang di tanag air, bukannya malah menjadi sumber inspirasi orang tidak bertanggung jawab.


Dalam
KKBI Online disebutkan  konspirasi /kon·spi·ra·si/ n komplotan; persekongkolan. Sementara wikipedia disebutkan bahwaTeori persekongkolan atau teori konspirasi (dalam bahasa Inggris, conspiracy theory) adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa plitik, sosial atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh. Banyak teori konspirasi yang mengklaim bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah telah didominasi oleh para konspirator belakang layar yang memanipulasi kejadian-kejadian politik.
Selanjutnya, teori ini ada di seputaran gerak dunia global dan merambah hampir ke semua ranah kehidupan manusia, dari urusan politik sampai makanan. Orang yang tidak percaya selalu menganggap semua hanya olok-olok, mengada-ada, menyia-nyiakan waktu, kurang kerjaan, dan sebagainya. Bagi para penganutnya, teori itu tidak serta-merta muncul mendunia tanpa ada yang menciptakan polanya.
Pembatas buku dibuat dalam bentuk kunci. Cukup Unik. Mungkinkah ada makna harafiah yang tersembunyi? Misalnya dengan kunci tersebut diharapkan pembaca bisa membuka wawasan dan menelaah secara bijak isi buku ini. Percaya atau tidak pada uraian penulis merupakan keputusan masing-masing individu. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar