Kamis, 27 Oktober 2016

2016 #119-120: Seri Q.E.D

Kembali menikmati acara diskon komik he he he. Antara lain kesempatan melengkapi seri Q.E.D (キューイーディー しょうめいしゅうりょう. Merupakan manga karya Motohiro Katou, seri ini mengambil judul yang lumayan unik Q.E.D, kependekan dari  frase  bahasa latin Quod Erat Demonstrandum.  Maknanya  yang sudah dibuktikan atau sudah terbukti. Frase ini ditulis pada akhir pembuktian matematika atau argumen filosofi sebagai pernyataan terakhir dari sesuatu yang terlah dibuktikan. Dengan kata lain, singkatan ini menandai akhir sebuah pembuktikan.

Lalu apa hubungan antara  seri dengan kata Q.E.D?  Seri dalam buku ini merupakan kisah detektif yang membutuhkan pembuktian dalam menyelesaikan sebuah kasus. Selain itu, salah satu tokoh yang ada dalam buku ini merupakan lulusan  dari M.I.T pada  usia lima belas tahun yang gemar matematika.

Bercerita tentang kehidupan seorang anak jenius bernama So Toma dan Kana Mizuhara anak seorang  inspektur polisi.  Meski sudah lulus M.I.T, So Toma tetap menjalani sekolah menengah di Jepang. Hal ini disebabkan ia ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang anak sekolah. 

Lagi pula untuk urusan pergaulan ia memang agak berbeda, lebih cenderung pendiam dan menyendiri  Di sekolah itu ia bersahabat dengan Mizuhara yang bisa dikatakan cukup popular, lincah, cerewet dan agak egois. Berbedaan diantara mereka  justru membuat keduanya  saling melengkapi.

http://www.thriftbooks.com
Toma disebutkan juga memiliki seorang adik yang juga genius.  Baiklah, sepertinya keluarga mereka memang memiliki gen genius.  Sementara  dalam kisah, sering disebutkan mengenai kehebatan Mizuhara  dalam hal Kendo. Sepanjang kisah, memang tidak ada perihal urusan cinta diantara keduanya. Tapi beberapa adegan menunjukan rasa cemburu Mizuhara serta rasa khawatir Toma padanya.
   
Beberapa kali juga dsebutkan mengenai sahabat Toma saat berada di M.I.T, seorang pria bernama Syd Green yang terkenal usil sehingga dipanggil Loki. Seperti umumnya persahabatan yang naik-turun, mereka juga pernah berselisih, walau akhirnya berdamai kembali. Loki sempat ingin mengajak Toma untuk kembali ke Amerika. Sebuah usaha yang sia-sia.

Untuk urusan penyelidikan Toma memang tidak begitu terlihat aktif  berada di lapangan. Itu merupakan bagian Mizuhara. Dengan menelaah informasi yang diterima, ia bisa memecahkan masalah dengan tepat.

Selanjutnya Toma akan meminta orang-orang yang terlibat untuk berkumpul mendengarkan ulasannya. Ia menjabarkan alasan menduga seseorang menjadi tersangka, lalu memberikan penjelasan lebih lanjut jika ada hal yang bisa dianggap menggugurkan orang itu sebagai tersangka.  Pada akhir uraian ia akan mengucapkan "Demikian akhir dari penjelasanku"

Buku yang saya beli antara lain nomor 45 dan 46. Untuk buku nomor 45 berisikan dua cerita. Cerita pertama berjudul Venus, sementara kisah selanjutnya berjudul Cinta Pertama. Untuk kisah Venus, tidak berarti kisahnya mengenai planet Venus namun mengarah pada kasus yang disebabkan cinta. Karena Venus sering kali dianggap identik dengan cinta maka kisah tersebut diberi judul Venus. Sementara kisah Cinta Pertama memang merupakan kisah yang dikarenakan urusan cinta pertama seseorang. Singkatnya kedua kisah dalam buku ini mengandung unsur cinta. Sinopsis yang ada di bagian belakang buku menceritakan mengenai kisah Cinta Pertama.
https://www.goodreads.com

Sementara untuk buku nomor 46 juga berisi dua buah kisah, Patah Hati serta Ziarah. Sinopsis yang ada di bagian belakang buku ini merupakan sinopsis dari kisah Patah Hati.

Kover seri ini  memiliki pola yang sama. Sosok Toma dan Mizuhara dengan latar keseluruhan kover berwarna putih. Pada bagian atas terdapat panduan dua warna dalam bentuk garis. Tidak ada gambar sosok Toma dan Mizuhara  yang sama dalam seri ini. Pada tahun 2009, seri ini memenangkan The Kodansha Manga Award untuk Shonen Kategori

Tanpa sengaja, saya menemukan link yang menyediakan komik seri ini. Memang tidak semua namun lumayan untuk menghibur. Legal atau tidak, entahlah. Silahkan ikuti hati nurani masing-masing saja. Link yang saya maksud ada di sini.

Lumayan untuk mengasah otak. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar