Sabtu, 28 Mei 2016

2016 #59: Sekilas Perihal Seragam Militer


Judul asli: Military Uniforms Visual Encyclopedia
Penulis: Chris McNab
Editor: Sarah Uttridge
ISBN-10:1907446990  
ISBN-13: 9781907446993
Halaman: 448
Penerbit:  Amber Books Ltd
Rating: 3/5 


"Buat apa beli buku tentang seragam militer? Lebih baik beli buku yang lain." Komentar keheranan salah seorang teman saya ketika mengetahui saya ingin membeli buku ini di ajang BBW. Janganlah dia, saya juga heran kenapa saya tertarik dengan buku ini.

Dasar labil. Pada kunjungan pertama saya ke BBW karena mendapat pertanyaan seperti itu maka batal buku ini saya bawa pulang. Namun apa daya, ternyata terbayang-bayang terus. Kebetulan saya juga mendapat titipan buku ini, jadi ada alasan untuk membelinya ^_^. Mari anggap saja buku ini memang menarik karena isinya.

Saat melirik Goodreads, ternyata ratingnya adalah 3,91 lumayan juga. 90% pembaca menyukai buku ini. Ada sekitar 45% pembaca memberikan bintang 4, dan beberapa memasukan dalam to read.

Dengan gambar lebih dari 650 buah, pembaca akan mendapat informasi mengenai aneka seragam militer yang dipergunakan sejak  abad 18 hingga seragam yang dipergunakan EOD Operator di Iraq pada tahun 2009. Kurang lebih ada seribu seragam  dari seluruh penjuru dunia dalam kurun waktu tersebut.
Dibagi menjadi lima periode besar, buku ini berisi mengenai Seragam Militer pada Abad 18, Perang Revolusi 1789-1914,  Perang Dunia Pertama, Perang Dunia Kedua, dan Perang Moderen sejak 1945.

Beberapa kesatuan mungkin sudah cukup dikenal luas, namun melalui buku ini pembaca akan menemukan banyak lagi kesatuan yang ada di dunia ini. Selain seragam yang dikenakan oleh Royal Air Force, Euro tahun 1942-44 di halaman 286-287, ada Private Gloucestershire Regiment 1951 di halaman 328-329. Seragam yang dipergunakan saat di Korea.

Ternyata ada seragam yang dibuat untuk suatu kondisi tertentu, misalnya saat perang atau misi perdamaian di suatu tempat. Begitu perang atau misi usai maka segaram tersebut tidak dipergunakan lagi.

Tiap seragam mendapat informasi seputar asal negara, tahun penggunaan seragam tersebut, pangkat, lokasi negara di mana seragam tersebut digunakan serta lokasi tepatnya. Sebagai contoh,  seragam yang ada di halaman 175. Di sana tertulis, "This Romanian major-general wears a serge service dress and a pattern of filed cap adopted later in the war. Rank and status are indicated on the collar patches, epaulettes and via the red stripes down the sides of his breeches." Selanjutnya diberikan data dalam kotak tepat di dekat seragam,
Specifications
Country:Romania
Date: 1944
Unit: Romanian Army
Rank: Major-General
Theater: Eastern Front
Location: Unknown

Sangat mengerti, jika review agak susah dipahami karena tidak ada gambar yang saya sertakan dalam review ini. Namun karena urusan hak cipta maka sebaiknya diterima begini saja dari pada dituntut ^_^

Bagi mereka yang menyukai dunia militer, buku tentang seragam ini perlu dibaca dan dimiliki agar bisa lebih mengenal mengenai tentara di seluruh dunia. Terutama dalam hal perkembangan seragam yang mereka gunakan.

Jika ada beberapa hal yang tidak dimengerti, segeralah menuju ke glossary. Hanya ada dua halaman memang, namun cukup lumayan memudahkan pembaca memahami isi buku ini. Saya menemukan kata ALICE yang ternyata adalah Abbreviation of 'All-Purpose Lightweight Individual Carrying Equipment', a US Army system of  load-carrying adopted in the 1970s. Tidak ada hubungannya dengan koleksi Alice saya khan he he he.

Hasil perbincangan saya dengan beberapa sahabat membuat saya makin yakin tidak salah membeli buku ini. Ada yang menganggap penting sebagai bahan referensi karena ia sering menggambar manga, komik Jepang. Buku ini membantunya untuk mendapatkan ilustrasi tentang seragam militer yang tepat pada suatu kurun waktu dan negara. Sementara yang lain, akan mempergunakan sebagai referensi dalam melihat perkembangan militer di suatu negara. Apapun itu, setiap buku pasti akan ada manfaatnya ketika sudah menemukan pembacanya yang tepat. 

Sebenarnya saya masih penasaran, apakah ini sudah lengkap atau masih ada banyak seragam yang belum masuk? Kebanyakan foto juga merupakan seragam yang dipergunakan oleh pria. Mungkin tidak lengkap sekali, tapi sebagai langkah awal bolehlah.

Andai buku ini tidak memasang foto seragam dalam ukuran sangat besar, mungkin jumlah halaman bisa dikurangi sehingga harga jualnya bisa lebih ditekan. Resikonya memang bisa menyebabkan ilustrasi menjadi tidak terlalu jelas, tapi hal ini bisa disiasati dengan cara mengurangi ukuran namun tidak perlu terlalu kecil seperti yang ada di  kover depan. Tata letak juga dibuat dengan lebih memaksimalkan lembar yang ada. Dalam buku ini, masih banyak bagian yang terlalu kosong.

Seragam merupakan  seperangkat pakaian  standar yang dikenakan oleh anggota suatu organisasi sewaktu berpartisipasi dalam aktivitas organisasi tersebut. Seragam bisa dikatakan sebagai identitas dari tiap anggota organisasi tersebut

Sebuah fakta yang membanggakan! Ternyata kebutuhan seragam militer di dunia beberapa diproduksi di tanah air. Di sebuah pabrik yang ada di Sukoharjo, Jawa Tengah. Selain mendatangkan pundi-pundi uang, memberdayakan tenaga sekitar, tentunya hal ini patut diacungi jempol karena menunjukkan kualitas produksi yang bisa diterima di dunia.

Semoga saja, halaman dalam buku ini tidak terjadi penambahan saat ada edisi baru. Karena jika bertambah, itu artinya ada misi perdamaian, atau baru saja (mungkin juga sedang) berlangsung perang.

Sumber gambar: 
https://www.goodreads.com








1 komentar:

  1. aku selalu penasaran kalau buku visual ensiklopedia

    BalasHapus