Minggu, 01 Mei 2016

2016 #46: Detektif Conan Reader's Choice

Penulis: Gosho AOYAMA
Alih bahasa: M
Editor: Binarti
Desain sampul: @Batch
ISBN: 9786020282497
Halaman: 496
Cetakan: Pertama-2016
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Harga: 40.000
Rating: 3/5

Perkenalan saya dengan Conan terjadi dengan tidak sengaja. Ceritanya kehabisan bahan bacaan, mau beli kantong sedang tidak bersahabat.  Di kelas, beberapa teman ribut membahas  tentang Conan yang baru keluar. Sok ikutan ribut agar bisa pinjam demi bacaan gratis.  Tapi penasaran juga sih sebenarya he he he.

Maka dimulailah pertemanan saya dengan Conan. Hubungan yang awalnya manis dan hangat makin lama berubah menjadi agak acuh. Masalahnya, saya mulai bosen membaca kisah Conan yang makin bisa ketebak *sok tahu banget*.  Kalau sudah begitu, enggan untuk membaca. 

Untunglah muncul Detektif Conan Edisi Spesial.  Edisi  ini tiap terbit isinya berupa kasus-kasus yang pendek, dimana tiap kasus selesai dalam satu bab atau file. Oh ya, sebelumnya saya mengoleksi Detektif Conan edisi reguler,  jadi dalam buku itu bisa saja ada 1 atau dua kasus. Salah satu kasus tuntas diselesaikan, yang lain bersambung ke buku selanjunya. Seringnya bagian awal kisah menuntaskan penggalan kisah dari buku sebelumnya.

Beberapa waktu yang lalu, kembali saya tergoda untuk membaca  Detektif Conan, kebetulan melihat ada versi Reader's Choice. Kebetulan untuk urusan harga juga tidak terlalu mahal. Saya memang agak berhitung soal membeli  bacaan belakangan. Tapi sepertinya buku ini sangat layak dikoleksi.

Dalam buku ini, ada lima buah kisah yang disajikan. Kelima kisah tersebut dipilih bersadarkan rekomendasi para pembaca. Dimulai dari kisah Kehebohan di Kepolisian dan 12 Juta Orang Sandera, Kebangkitan  Dengan Mempertaruhkan Nyawa 'Bagian Ketiga: Ksatria Hitam',  Pertarungan Melawan Organisasi Baju Hitam: Misteri Ganda di Malam Bulan Purnama, Kasus Shinichi Kudo di New York serta Kasus Pembunuhan Moonlight Sonata.

Pada bagian awal, pembaca akan diberikan uraian mengenai hal-hal yang membuat kisah tersebut menarik menurut penulis.  Dalam kisah  Kasus Shinichi Kudo di New York, disebutkan bahwa penulis tidak mengira akan membuat cerita dengan banyak dialog dalam Bahasa Inggris hingga akhirnya membuat kisah tersebut.  Sementara pada kisah Kasus Pembunuhan Moonlight Sonata, disebutkan bahwa ini merupakan kasus pertama Conan yang berhubungan dengan musik. Dalam versi animasi, bisa mendengar musik aslinya. 


Tiap cerita terdiri dari beberapa kisah, dimana tiap kisah memiliki judul. Kisah Kehebohan di Kepolisian dan 12 Juta Orang Sandera, terdiri dari kisah dengan judul Detektif Yang Tidak Pernah Kembali, Ingatan Yang Tak Terhapuskan, Perangkap Merah, Nomor Satu Di Dunia Ini, serta Bye Bye Bye. Akhir bagian ditutup dengan alasan kenapa pembaca menyukai dan memilih kisah tersebut. Sebagai contoh, pembaca memilih Pertarungan Melawan Organisasi Baju Hitam: Misteri Ganda di Malam Bulan Purnama dengan alasan beragam. Ada yang menyukai karena pada kisah ini identitas Vermouth ddan Bu Jodie menjadi jelas lalu mereka saling berhadapan. 

Juga ada yang menyebutkan bahwa  kepingan misteri yang dijalin dalam cerita Detektif Conan selama bertahun-tahun kembali disatukan dalam kasus ini, menimbulkan rasa penasaran dan ketengan bagi pembacanya. Pembaca berusia 17 tahun  tersebut menjadikan kasus ini salah satu kasus Conan yang terbaik.
 
Bagian yang mengisahkan kapan pertama kali Ran mulai suka pada Shinichi Kudo  cukup membuat haru. Urusan cinta mereka memang lumayan rumit. Conan harus bersikap sebagai anak kecil dengan segala kepolosan saat Ran sedang berkeluh-kesah tentang sosok Shinichi padanya. Dan tentunya masih banyak lagi pendapat para pembaca mengenai kisah yang mereka jagokan.

Jika diperhatikan, pastinya kisah-kisah dalam buku ini sudah pernah diterbitkan. Sayangnya  saya tidak menemukan keterangan yang menyebutkan kisah tersebut pernah diterbitkan di mana. Di seri nomer berapa atau Conan seri yang mana.

Beberapa terjemahan untuk kalimat yang ditulis dalam bahasa Jepang sebenarnya sangat membantu pembaca dalam memahami kisah. Demikian juga catatan mengenai suatu hal yang terkait dengan kasus. Misalnya yang menyebutkan 1 kaki kira-kira 30,48 cm....Sayangnya beberapa tulisan tersebut seakan diletakkan sembarang saja sehingga tak jarang menjadi susah dibaca.

Pada bagian akhir, ada semacam soal ujian yang diberikan pada pembaca. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pembaca mengenal dan mengingat segala sesuatu yang berhubungan dengan sosok Conan. Terdapat 70 pertanyaan.  Kunci jawaban memang ada di bagian belakang,  tapi sekedar untuk bersenang-senang tidak ada salahnya khan mencoba.

Conan sebenarnya adalah sosok detektif remaja berusia 17 tahun bernama Shinichi Kudo. Saat membantu polisi memecahkan masalah pemerasan, ia berhadapan dengan Organisasi Berbaju Hitam, atau Organisasi Hitam. Saat ditawan Conan dipaksa meminum kapsul hasil penelitian  organisasi tersebut. Efek sampinga yang timbul ternyata membuat tubuh Conan mengecil seperti berusia tujuh tahun

Guna menyamarkan jejak, Shinichi mengaku pergi ke luar negeri. Padahal ia tinggal bersama Profesor Agasa, selanjutnya bersama teman kecil dan gadis yang mencuri hatinya Ren Mouri, putri tunggal detektif Kogori Mouri. Shinichi mengaku bernama Conan Edogawa.

Dalam kehidupan selanjutnya, Conan membentuk detektif cilik bersama beberapa sahabatnya. Mereka berusaha memecahkan berbagai masalah yang ada. Seringnya membantu kasus yang ditangani oleh Detektif Mouri. Berkat Conan, kariernya meningkat pesat. Ia bahkan mendapat julukan Kogori Tidur, karena sering menyampaikan analisanya dalam posisi seakan-akan tidur. Sebenarnya ia terkena tembakan bius Conan. Dengan alat perubah suara Conan menjelaskan analisanya.


Kisah tentang perjuangan Conan kembali ke bentuk tubuh aslinya sepertinya masih panjang. Begitu juga mengenai urusannya dengan Organisasi Hitam. Tak kalah rumit, urusan  hatinya dengan Ran.

Semenjak menjadi Conan, banyak hal yang membuat Shinichi makin mengenal sosok Ran. Meski bisa berdekatan setiap saat, ternyata hal itu juga menimbulkan masalah tersendiri juga.  Saat Ran memperlakukannya seperti anak kecil sesungguhnya, seperti mengajak Conan pergi ke pemandian umum bersama. Kocak juga membayangkan kepanikan Shinichi.

Jadi penasaran, kira-kira kapan yah kisah ini tamat. kadang suka agak kesal kok kasusnya sangat sederhana tidak cocok dengan kemampuan sekelas Conan. Tapi maklum juga, susah lho ternyata mencari ide hinggga mampu membuat kisah sepanjang ini. Ditunggu sajalah bagaimana nasib Conan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar