Minggu, 30 Oktober 2011

* Publik Awas, Raksaksa Tidur Berkeliaran!


Judul Luka dan Api Kehidupan 
Penulis Salman Rushdie
Penerjemah : Yuliani Liputo
Penyunting : Adi Toha
ISBN 9789790243644
Halaman : 300
Penerbit Serambi
Harga : Rp 39.000

Jeram Kata, meluncur menggemuruh dari Samudra Dongeng ke Danau Kebijaksanaan yang airnya diterangi oleh Cahaya Fajar, dan darinya mengalir Sungai Waktu. Danau Kebijaksanaan, sperti yang dikethui terbentang di bawah bayang-bayang Gunung Pengetahuan, yang di puncaknya menyala Api Kehidupan

Kita memang harus berhati-hati dengan yang kita ucapkan, apalagi jika  diucapkan dengan sepenuh hati dan dalam kondisi marah. Efeknya bisa sangat mengejutkan! Itu yang dialami oleh Luka. Suatu hari, sepulang dari sekolah  ia menyerukan kutukan bagi pemilik Great Rings of Fire, RROF yang dianggapnya berlaku kejam terhadap para hewan sirkus. "Semoga semua bnatangmu berhenti mematuhi perintahmu dan cincin apimu melalap habis tenda jelekmu."

Luke sang anak kidal  merupakan adik dari Harun, anak kedua dari Rashid Khalifa sang raja dongeng dan Soraya. Kehadirannya sungguh merupakan kejutan, apa lagi mengingat usia kedua orang tuanya  yang tidak muda lagi. Namun sejak kelahiran Luka, wajah keduanya kian hari kian terlihat muda seiring dengan bertambahnya usia Luka.


Suatu saat, sang ayah tertidur dan tidak bangun lagi. Belum..., ia belum meninggal karena masih bisa  mengguman. Sang ayah terkasih berada dalam cengkraman Raksaksa Tidur! Sekarang adalah giliran Luka untuk menyelamatkan sang ayah dan berpetualangan di Dunia Dogeng. Luka tidak sendiri, ia akan ditemani oleh seekor anjing yang diberi nama Beruang dan seekor beruang yang dipanggil Anjing.


Luka merasa melihat sosok ayahnya, tapi ada sesuatu yang aneh dengan sosok itu. Belakangan ia sadar bahwa yang ia lihat bukan ayahnya, tetapi makhluk seperti hantu yang menyebut dirinya Nobodaddy. Bersama dengan Nobodaddy, Anjing serta Beruang, Luka harus bergegas mengambil Api kehidupan guna menyelamatkan ayahnya.

Seperti kisah anak-anak yang lain, hasilnya kita pasti sudah bisa menebak, Luka akan berhasil menuntaskan misinya. Hanya...., perjuangannya tidak mudah. Luka menjadi sadar, bahwa dunia ini seperti video game, dengan kehidupan dan tingkatan. Pengorbanan orang-orang disekitarnya juga sungguh mengharukan.

Buku ini memberikan pengajaran moral  bagi anak-anak dan  orang dewasa tentunya. Kita memang harus berjuang untuk mempertahankan sesuatu yang sangat  berarti dalam hidup ini, walau kadang untuk itu diperlukan pengorbanan mahal. Dalam perjuangan kehidupan ini, kadang kita tak bisa tahu dimana kawan dan lawan, untuk itu kita perlu berhati-hati dalam menjalani kehidupan ini. bagi saya yang suka menghabiskan waktu luang dengan tidur guna menjaga stamina tubuh, kisah ini menyentil saya untuk tidak terlalu lama tidur.

Ide dasar kisah ini memang sederhana mengenai bagaimaan seorang anak berjuang demi sang ayah. Kisahnya juga diramu dengan apik. Hanya saja saya ragu apakah anak-anak bisa memahami kisah yang ada mengingat dalam buku ini banyak terdapat lokasi dengan nama yang cukup rumit serta banyaknya tokoh dengan nama-nama yang tak lazim.  Bukan meremehkan kemampuan mereka tapi bagaimana mereka bsia membedakan antara Nobodaddy,  Insultana Soraya, Jaldibadal,  El Tiempo, Insultana Ott, Respekto-Rat. Lalu ada lokasi kejadian di   Sungai Waktu, Permukaan Masa Kini, Sniffelheim, Negeri Tanpa Masa Kanak,

Salman Rushdie mwnciptakan kisah ini untuk anak keduanya Milan yang berusia 13 tahun. . Dalam menciptakan kisah ini, ia menggunakan video game sebagai inspirasi untuk buku ini.

Penghargaan yang diterima selama ini adalah:
  • Aristeion Prize (European Union)
  • Arts Council Writers' Award
  • Author of the Year (British Book Awards)
  • Author of the Year (Germany)
  • Booker Prize for Fiction
  • Booker of Bookers for the best novel among the Booker Prize winners for Fiction awarded at its 25th anniversary (in 1993)
  • The Best of the Booker awarded to commemorate the Booker Prize's 40th anniversary (in 2008), winner by public vote
  • Commandeur de l'Ordre des Arts et des Lettres (France)
  • English-Speaking Union Award
  • Honorary Patron, University Philosophical Society, Trinity College, Dublin.
  • Hutch Crossword Book Award (India)
  • India Abroad Lifetime Achievement Award (USA)
  • James Tait Black Memorial Prize (Fiction)
  • Kurt Tucholsky Prize (Sweden)
  • Mantua Prize (Italy)
  • James Joyce Award – University College Dublin
  • Massachusetts Institute of Technology Honorary Professorship
  • Chapman University Honorary Doctorate – Doctor of Humane Letters
  • Outstanding Lifetime Achievement in Cultural Humanism (Harvard University)
  • Premio Grinzane Cavour (Italy)
  • Prix Colette (Switzerland)
  • Prix du Meilleur Livre √Čtranger
  • St. Louis Literary Award – Saint Louis University
  • State Prize for Literature (Austria)
Buku ni layak dapat  4 bintang. Direkomendasikan bagi penggemar cerita fantasi dan peptualangan
Ssst silahkan buka halaman 244...

Bisa dibeli di TMBookstore lho....

Gonjang-ganjing di Bumi Mataram

Judul: REMBULAN UNGU
Pengarang: Bondan Nusantara
Editor: Faiz Ahsoul & Esti Budihabsari
ISBN: 978-602-8579-69-8
Halaman : 511
Penerbit: Qanita-PT. Mizan Pustaka
Harga : Rp 65.000

Meski aku mencintaimu, aku telah bertindak pengecut dan meninggalkanmu dalam kesendirian.

Berbicara seputar  keraton,  topik mengenai percintaan para penguasanya merupakan hal yang menarik walau dianggap tahu untuk diperbincangkan secara bebas. Tapi seperti biasa, semakin dilarang maka semakin sering para rakyat membicarakan kisah cinta keluarga bangsawan yang ada di balik tembok keraton, walau dilakukan dengan bisik-bisik

Buku berjudul  Rembulan ungu,  mengisahkan tentang kisah percintaan antara Rara Oyi dengan Adipati Anom, putra mahkota kerajaan Mataram. Kisah ini mengambil latar belakang cerita sejarah pada jaman Mataram di masa Amangkurat I. Layaknya kisah cinta yang lain,  kisah percintaan ini  juga dibumbui dengan beberapa cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan.  Ada kisah antara Panjalu dengan Rara Oyi, Sekar Pandan yang menyintai Panjalu serta Sempana yang mencintai Sekar Pandan.

Kisahnya diawali dengan  tugas rahasia Panjalu dari Pangeran Pekik untuk pergi ke Banyuwangi guna  menyerahkan surat rahasia kepada Mangunjaya, Demang Banyuwangi. Dalam perjalanan, di tengah hutan Mantingan, ia dicegat segerombolan orang bertopeng yang ingin merampas surat yang dibawanya. Pertempuran seru adu kanuragan pun terjadi. Untungnya  Panjalu berhasil diselamatkan oleh Sekar Pandan dan kakeknya, Reksawana yang  juga merupakan pengikut Pangeran Pekik.

Surat yang  dibawa Panjalu ternyata  berisi permintaan Pangeran Pekik kepada Mangunjaya untuk merelakan putri remajanya yang cantik, Oyi, untuk  diboyong ke Mataram guna  dijadikan selir Amangkurat I , penguasa Mataram yang baru saja kehilangan selir kesayangannya, Ratu Malang.

Sekilas terlihat demi kebahagian sang raja, Pangeran Pekik berjuang dengan gigih agar Rara Oyi menjadi selir Amangkurat, penguasa Mataram. Ternyata  ini adalah taktik yang dijalankan oleh Pangeran Pekik dan istrinya untuk menggulingkan pemerintahan Amangkurat I yang dianggapnya sudah melenceng dari cita-cita para pendiri kerajaan Mataram, mewujudkan Mataram besar dan perkasa. Rakyat menderita akibat kebijakan yang salah arah, yang berpihak kepada kepentingan pribadi semata .Dalam buku ini digambarkan situasi saat masa pemerintahan Amangkurat I, sultan Mataram pengganti Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Beliau digambarkan   sebagai sosok penguasa yang lupa akan tugas utamanya sebagai pemimpin sekaligus pengayom warganya. Segala tindakannya berdasar kepentingan pribadi. Semua penilaiannya subjektif, tergantung kedekatan dengan pembawa pesan. Beliau juga cenderung egois dan pemarah, sehingga tak ada yang berani mengkritik kebijakannya meskipun hal tersebut sering menyengsarakan rakyatnya. Contohnya saja Istana baru di Plered serta pembuatan Segara Anakan yang dibangun menggunakan tenaga rakyat mengharuskan mereka meninggalkan kegiatan utamanya, bertani. Hal tersebut membuat rakyat menjadi kelaparan.

Ketidakbecusan Amangkurat mengurus kerajaan membuat Mataram bergolak. Beberapa pihak berkumpul dan mengatur taktik suksesi. Kisah  Rembulan Ungu ini juga diwarnai dengan cerita  intrik-intrik di dalam keraton, adu domba, penjilat-penjilat bertebaran. Akibatnya, banyak korban berjatuhan. Para pangeran saling bertentangan sambil menunggu lengsernya sang penguasa.

Sosok Panjalu digambarkan sebagai prajurit sejati yang rela melakukan apa saja demi sang raja.  Panjalu terlanjur jatuh cinta kepada Oyi. Begitu pula sebaliknya. Tetapi komitmen tingginya selaku prajurit Mataram membuatnya surut melanjutkan kisah cintanya dengan Rara Oyi, apalagi setelah diketahuinya  Adipati Anom sebagai calon raja Mataram juga mencintai  Rara Oyi.

Urusan kekuasaaan sepertinya juga tak mengenal darah. Amangkurat I juga berselisih dengan putra mahkotanya. Perselisihan ini dipicu  oleh berita bahwa jabatan  Adipati Anom  akan dipindahkan kepada Pangeran Singasari (putra Amangkurat I lainnya). Ketika Sultan Amangkurat I mengetahui bahwa calon selirnya menjalin cinta dengan Adipati Anom, beliau menjadi kalap. Cinta memang tidak dapat dipaksa. Saat  Amangkurat I menyuruh Adipati Anom membunuh Rara Oyi, sang putra mahkota yang memang peragu tidak dapat melaksanakan tugasnya. Demi cintanya kepada sang putra mahkota, Rara Oyi kemudian menubruk keris yang di pegang oleh Adipati Anom, sehingga tewaslah ia tertusuk keris Adipati Anom.

Akibat peristiwa itu, Panjalu, yang diberi amanat Demang Mangunjaya untuk menjaga Rara Oyi, merasa gagal dalam menjalankan tugasnya. Dengan perasaan remuk redam diipeluknya tubuh Rara Oyi. Matanya basah oleh air mata. Hati Panjalu perih bagai tersayat pisau. Tangannya bergerak meraih saputangan yang masih tergenggam di tangan gadis itu,  saputangan bergambar rembulan merah muda yang tersulam dengan indah dengan sepasang merpati di kiri kanannya. Saputangan itu  kini berubah warna menjadi ungu karena dipenuhi oleh darah Rara Oyi, gadis yang dicintai Panjalu. Dari sinilah judul tersebut diambil,

Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Agung atau disingkat Amangkurat I terlahir dengan nama Raden Mas Sayidin adalah raja Kesultanan Mataram   (1646-1677). Merupakan anak dari Sultan Agung Hanyokrokusumo. Selama masa pemerintahan banyak mengalami pemberontakan, bahkan  meninggal dalam pelariannya tahun 1677 dan dimakamkan di Tegalwangi, sehingga dikenal pula dengan gelar anumerta Sunan Tegalwangi atau Sunan TegalarumSaat  diangkat menjadi raja Mataram untuk menggantikan ayahnya,   gelar yang diperoleh adalah Susuhunan Ing Alaga

Dalam  Bahasa Jawa,  kata Amangku yang berarti "memangku", dan kata Rat yang berarti "bumi", jadi Amangkurat berarti "memangku bumi". Diharapkan akan  menjadi raja yang berkuasa penuh atas seluruh Mataram dan daerah-daerah bawahannya. Pada upacara penobatannya tersebut seluruh anggota keluarga kerajaan disumpah untuk setia dan mengabdi 

Saya sebenarnya bukan pembaca genre sejarah juga romance. Dua hal yang menonjol dari buku ini. Hanya saja sejak terbuai dengan untaian kata Mas Yudhi  dalam kisah sejarahnya serta pengaruh Sang Raja Galau Dion Yulianto, saya bisa menikmati membaca kisah ini tanpa mengeluh. 

Bondan dengan sosok bersahajanya membuat kisah ini menjadi kian menarik. Sepertinya bintang 3 cukup untuk buku ini.

Dibuat dalam rangka Baca Bersama Bloger Buku Indonesia dengan tema Romance ^_^

Foto Bondan dari :
http://nanungperspectives.blogspot.com/2011/09/bondan-nusantara-saya-berterimakasih.html

Jumat, 28 Oktober 2011

Makrifat Jawa untuk Semua



Penulis : Abdurrahman El-'Ashiy
Peyunting : Asep Sofyan
Proofreader: Titis Adinda
ISBN: 978-979-024-290-6
Halaman: 310
Penerbit : Serambil Ilmu Semesta
Harga :Rp. 45.000,00

Ngawati ingsun ngalars syi'iran
Kalawan muji maring Pangeran
Kang paring rahmat lan kenikmatan
Rina wengine tanpa pitungan

...............................
..............................
..............................

Walau lahir dan besar di Jakarta, sejak kecil saya sudah diajar untuk menyelami dan memahami tata cara kehidupan orang jawa, lebih tepatnya Jawa Tengah mengambil alur dari pihak mama saya. Contoh kecil saja, sampai saya kelas VI Sekolah Dasar, atas dawuh Eyang Putri, setiap Rabu saya dan para saudara harus mengikuti les menari plus kerawitan. Kebetulan salah satu bude memiliki gamelan lengkap dan membuat sanggar. Sementara anak-anak lain mungkin sedang sibuk les balet, piano dan sejenisnya, kami harus melatih keluwesan tubuh. Setiap Halal Bhihalal kami harus membuka acara dengan kerawitan. Kadang saya kangen saat-saat itu. Menari membuat saya merasa berada di dimensi lain dimana waktu terhenti.

Hidup menjalani adat Jawa buat saya gampang-gampang susah. Saya tidak keberatan harus menelan bubur Suro yang rasanya aneh bagi lidah anak Jakarta. Saya tenang saja saat menjalani tirakat mutih Senin-Kamis. Tapi saya sangat merasa tidak nyaman saat harus berhadapan dengan para penduduk desa yang tinggal di dekat sarean  keluarga di Solo. Mau bagaimana, adat mengharuskan begitu.


Usaha pe de ka te  saya dan seseorang gagal total akibat tanpa sengaja dia melihat KTP saya dan membaca tulisan nama lengkap saya. Langsung merasa tak enak hati dan minder. Segera bubar jalan-lah pe de ka te itu. Sepertinya memang belum jodoh yaa.

Saat ini, setelah mengalami banyak warna dalam kehidupani,  saya menjadi  sangat berkompromi dengan nasib. Hidup saya sudah sangat pasrah pada sang sutradara kehidupan ini. Saat timbul keinginan untuk mendapatkan sesuatu, semua usaha dikeluarkan semaksimal mungkin bahkan kadang seperti tidak masuk akal di mata orang lain. Tapi  saat usaha itu tidak membuahkan hasil, sekarang saya hanya bisa  merenung, menelaah langkah-langkah yang sudah diambil dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran. Belum berhasil berarti belum jodohnya sukses.  Sebuah kegagalan tidak perlu disesali, tapi yang terpenting adalah agar tidak menjadi bodoh untuk mengulangi kesalahan yang sama.

 Dahulu...., saya akan meledak, memarahi diri, grusak-gruisuk mencari kambing hitam dan pembenaran untuk sebuah kegagalan. Sebuah kegagalan tidak perlu disesali, tapi yang terpenting adalah agar tidak menjadi bodoh untuk mengulangi kesalahan yang sama.

Kepasrahan dan penyerahan diri  kepada Tuhan yang naik setingkat demi setingkat sehingga sampai ke tingkat keyakinan yang kuat disebut sebagai makrifat. Buku ini menjelaskan bagaimana seseorang, tepatnya seorang Jawa menjalani kehidupan dan berserah diri pada Sang Pencipta. Ajaran yang diberikan mengacu pada seorang arif bijaksana bersama  Ki Ageng Suryomentaram.


Ki Ageng Suryomentaram masih merupakan keluarga bangsawan sebelum menemukan pencerahan. Jalan pikiran Ki Ageng Suryomentaram mirip dengan J. Krishnamurti dari India yang mendasarkan ajarannya pada pengetahuan pada diri sendiri, Zarathustra dari Persia pernah mengemukakan ajaran yang bertema itulah engkau ,  serta Sokrates dari Yunani  dengan teori kenalilah dirimu.

Banyak falsafah kehidupan yang bisa kita petik manfaatnya. Misalnya pada halaman  19 disebutkan mengenai ajaran tentang ilmu pengetahuan. " Tahu itu tanpa batas, karena sampai pada titik tidak tahu, toh kita masih bisa tahu juga. Yaitu tahu bahwa kita tidak tahu. Tidak tahu itu pada akhirnya akan timbul saat kita meneliti satu per satu barang atau satu per satu kejadian....."

Jika ditelaah lebih lanjut, banyak ajaran beliau yang selama ini tanpa saya sadari sudah saya jalani. Misalnya saja saya selalu diingatkan untuk berpikir positif, optimis  dan berprasangka baik. Sebab apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan kita peroleh. " Di kolong langit ini, Anakku, tak ada sesuatu pun yang pantas diratapi dan ditakuti. karena begitu seseorang telah mengeluh atau mengkhawatirkan terjadinya sesuatu, pada saat yang sama berarti ia tengah mengharapkan datangnya sesuatu yang tidak ada pada saat itu. Dan ketika seseorang sedang menginginkan sesuatu, harapannya pun merayu ....."

Seseorang akan merasa terbebani oleh rasa sial adalah karena adanya rasa butuh pada diri orang tersebut. Dan yang menjadi penyebab orang bisa memiliki rasa kuasa adalah karena tidak adanya kebutuhan yang bersemayam dalam diri orang itu. Maka bsia disebutkan bahwa butuh ialah sial, dan tidak butuh adalah berkuasa. Jadi rasa berkuasa adalah rasa tidak butuh kuasa, karena mengerti bahwa watak manusia itu 'sial""


Mengutip yang tertera di web penerbit, dalam buku ini, kita juga mendapatkan tips dari Ki Ageng untuk menempa diri:
  1. Mengamati dan meneliti rasa batin kita yang muncul serta bertanya dan menjawabnya dengan jujur; dari mana dan ke mana rasa batin kita menuju?
  2. Membangkitkan kesadaran "aku sejati" agar senantiasa menjadi subjek dalam menghayati hidup dan kehidupan ini dengan penuh kesabaran, sehingga selalu memiliki keberanian untuk menghadapi kenyataan saat ini, di dunia ini, apa pun wujudnya! (saiki, ing kene, ngene!).
  3. Mengambil keputusan atau menentukan sikap/tindakan berdasarkan pemahaman terhadap situasi yang sedang dihadapi, dengan memperhatikan dan mengkritik nilai-nilai yang kita yakini dengan sesungguhnya, dan tidak hanya berlandaskan kepada "katanya-katanya", "pantasnya-pantasnya", dan "duga-duga" semata.
Di halaman belakang, tercetak beberapa kutipan dari berbagai sumber yang sangat bermanfaat. Misalnya saja dari 100 Kalimah Imam Ali, kutipan dari kita-kitab karya Al-Ghazali. Kutipan favorit saya adalah " Etika seseorang mencerminkan kualitas akalnya"

Terakhir....
mari menutup curatan hati ini dengan menembang.

amenangi jaman edan
ewuh aya ing pambudi
melu edan ora tahan
yen tan melu anglakoni
boya keduman milik
kaliren wekasanipun
dilalah karsaning Allah
begja-begjana kang lali
luwih begja kang eling kelawan waspada

Kamis, 27 Oktober 2011

Sekali Lagi Angel Si Anak Iblis!


Judul : Bedeviled 2, The Good, the Bad,
          and the Ugly Dress
Pengarang  : Shani Petroff
Penerjemah : Sujatrini Liza
Penyunting  : Rika Iffati Farihah
ISBN : 978-979-433-643-4
Halaman : 245
Penerbit  : Mizan Fantasi
Harga  : Rp 39.000


Kalau memikirkannya saja bisa membuat kekuatanku bekerja, maka aku sudah berada di jalur yang benar

Bukan maksud menjadi ABABIL, tapi memang hidup tidaklah mudah jika ayahmu adalah seorang setan! Yups SETAN, bukan sembarang setan si raja setan malah! Saat ibunya menyebutkan bahwa ayahnya adalah setan, semula Angel mengira 'setan" dalam arti seseorang yang menyebalkan, berkelakuan jahat dan sejenisnya. Apalagi mengingat namanya  berarti malaikat. Ternyata selama ini ibunya berkata jujur, ayahnya memang setan yang sedang mencari  pengganti. Jadi pingin tahu apa ada yang mau yah???

Dengan ayah setan, ibu yang terobsesi pada kekuatan supranatural, sepertinya hidup Angel akan penuh dengan aneka warna. Belum lagi ia harus belajar  menguasai kekuatannya. Ternyata walau menyenangkan, memiliki kekuatan itu bisa menyusahkan juga. Misalnya saat paling penting baginya, saat berkencan dengan Cole,  kekuatan yang dimiliki Angel malah mengacaukan segalanya.


Akibatnya Cole mulai merasa kurang nyaman berada di dekat Angel. Tepatnya kelakuan Angel membuat Cole merasa tidak nyaman. Dari janji terlambat hingga 3 jam ! Waduhhhh, tidak mau diajak berbicara dan banyak lagi. Walau Cole mengiyakan untuk pergi bersama kapan-kapan, bagi Angel itu nyaris sama  artinya dengan Cole lebih suka ulangan matematika sambil menyelam di dalam air es bersama ular yang menggigit jari kakinya dari pada pergi bersama.kasihan Angel...Kasihan sekali Angel.

Tapi kekuatan ada gunanya juga. Dilain waktu dengan kekuatan yang dimilikinya, Angel bisa membuat baju seperti yang diidam-idamkannya secara gratis. Walau pakaian yang dikenakan saat pesta dansa sungguh luar biasa.... anehnya he he he he.Atau saat ia membalas demdam ke salahs atu gadis yang mengesalkan. Entah kenapa balas dendam  walau dilarang tetap terasa manis ^_^

Buku kedua ini lebih menekankan pada bagaimana upaya Angel menguasai kekuatannya. mau tak mau sesuai dengan perjanjian yang lalu, Angel harus bersedia belajar mengontrol kekuatannya di bawah pengawasan sang ayah. Sungguh lucu dan menghibur bagi yang membacanya, walau andai kata ini sungguhan saya juga bisa  merasakan betapa menakutkannya! Angel harus mampu menahan dirinya. Sekali saja emosinya meledak, maka bisa dipastikan akan ada kekacauan.

Saya masih tak bisa berhenti tertawa saat membaca bagaimana paniknya Angel saat kemarahannya membuat seluruh kelas menjadi semacam zombi. Atau saat di pesta dansa semua orang berubah membeku. Belum lagi saat  kekesalannya pada musuh bebuyutannya Courtney justru membawa ksenangan  bagi sang musuh. Angel harus berhati-hati saat mengucapkan dan menginginkan sesuatu jika tidak ingin  timbul kekacauan.


Buku ini memang bertema remaja, namun penulisnya mampu membuat sebuah kisah yang nyaris mirip dengan kehidupan remaja di sekitar kita, selain urusan siapa sang ayahnya. Bagaimana paniknya Angel, saat kesal, keributannya dengan teman sekolah, bahkan rasa sakit hatinya saat sang pujaan hati pergi bersama gadis lain semuanya  tergambarkan dengan manis tanpa kesan dibuat-buat, begitu wajar.Bahkan saat pesta dansa sekali pun! Pecundang menjadi ratu!

Seperti biasa jangan lupa mengintip ke http://www.shanipetroff.com/author.html. Konon sudah ada 4 buku yang beredar, itu artinya masih ada 2 buku lagi yang bisa  membuat saya tertawa .

Sebaiknya tinggalkan repiu ini,  dibaca sajalah bukunya!!!
Oh ya, saya paling suka adegan saat Angela..
Ok...ok..ok dibaca sendiri sajalah saya mau tertawa lagi


Sssst di halaman belakang ada beberapa lembar bocoran buku ketiga.
Waduhhh saya mulai tertawa lagi

Sabtu, 22 Oktober 2011

Mari Mengarungi Samudra Dongeng



Penulis Salman Rushdie
Penerjemah : Anton Kurnia & Atta Verin
Penyunting : Anton Kurnia
ISBN : 9789790243637
Halaman :228
Penerbit : Serambi
Harga  : Rp 35.000

Tapi, tapi, tapi
Tapi, tapi, tapi

Seperti yang pernah saya sebutkan,  manusia selalu cenderung melakukan pengulangkan penyebutan sebanyak 3 kali untuk mempertegas.  Sebut saja dor,dor,dor atau kring, kring, kring. Begitu juga buku ini, banyak menggunakan tapi, tapi, tapi, Itu kesan yang paling melekat saat membaca buku ini

Buku ini berkisah mengenai kehidupan seorang anak lelaki bernama Harun yang tinggal di Negeri Alifbay bersama ayahnya  Rasyid Khalifa sang pendongeng, raja omong kosong dan Soraya ibunya yang suka mendendangkan lagu. Suasana di rumah keluarga Rasyid Khalifa sangat berbeda dengan sekitarnya, dimana seluruh kota itu selalu diliputi dengan kesedihan hingga melupakan namanya sendiri.

Setiap orang mempercayai  Rasyid karena ia selalu mengakui bahwa segala yang dikatakannya asdalah bohong belaka dan berasal dari kepalanya sendiri. Itu sebabnya saat pemilihan umum banyak politikus yang membawa berkantong-kantong uang dan membujuknya untuk mendongeng hanya atas nama meereka saja.

Harun selalu bertanya pada ayahnya dimana asal kisah-kisah hebat yang dituturkan ayahnya, ia selalu mendapat jawaban yang tidak memuaskan.  "Dari samudra Dongeng yang agung," jawabnya. "Aku meminum Air Dongeng yang hangat lalu aku merasa penuh uap."  Harun merasa heran diarimana sang ayah menyimpan air panas itu. " Air itu keluar dari Kran  Gaib yang dirangkai oleh Jin Air," ujar Rasyid dengan wajah datar. " Kau harus menjadi pelanggan."

Suatu saat Harun dan ayahnya mendapati sang ibu melarikan diri bersama dengan tetangganya  yang selama ini sangat tidak menyukai dongeng. Efek yang ditimbulkan karena peristiwa itu sungguh luar biasa! Harun menjadi susah berkonsentrasi, jika mampu tak  lebih dari 11 menit.  Terhadap sang ayah malah lebih menyeramkan, mendadak tidak bisa mendongeng lagi. Harun sudah merusaha membereskannya tapi tetap saja tidak  bisa. "Khattam-Shud," kata sang ayah lirih, "adalah musuh bahasa itu sendiri. Dialah Pangeran Kesunyian dan Musuh Pembicaraan. "Semuanya  berakhir, sudah selesai, Khattam-Shud: Tamat" Dari katanay saja kiat suidah bsai menebak apa makna yang terkandung di dalamnya.


Dalam perjalanan di sebuah kapal laut, Harun bertemu dengan  Jin Air, Pemasok Air Dongeng dari Samudra Dongeng yang Agung. Harun memaksa sang jin untuk membantunya membuats ang ayah pandai bercerita lagi. Bersamanya Harun mengalami aneka ragam petualangan yang tak pernah terbayangkan. Mulai dari berurusan dengan Alat Pemutus Hubungan, memahami cara kerja Air Harapan: makin keras berharap, makin baik. Harun juga mengarungi Samudra Arus Dongeng, dimana setiap larik warna mewakili dan berisi sebuah cerita, ada bagian yang berisi dongeng yang pernah bahkan belum diceritakan orang karena belum selesai, jenis bagian cerita yang berbeda. Karena bersifat cair, kisah-kisah itu bisa saja bergabung membentuk sebuah dongeng baru. Samudera Arus Dongeng adalah perpustakaan terbesart di seluruh jagat raya, dimana setiap cerita hidup dan berkembang.

Secara keseluruhan, kisahnya sungguh menarik. Sebuah kisah fantasi yang luar biasa menawan. Banyak nasehat atau ungkapan seputar kehidupan bisa  ditemui dalam buku ini. Konon buku ini  didedikasikan bagi putranya, Zafar Rushdie. Tapi sejujurnya saya meragukan kemampuan anak-anak kita dalam memahami buku ini. Bukan merendahkan kemampuan mereka, tapi selain kisah menawan, buku ini juga penuh dengan aneka macam filosofi kehidupan yang diuraikan dengan bahasa yang sedikit susah dipahami bagi anak-anak. Walau tak ada salahnya memperkenalkan buku ini kepada mereka agar mereka bisa  mulai memahami makna kehidupan.

Misalnya saja kalimat panjang berikut, " kami harus membuat racun banyak sekali karena tia=tiap dongeng yang ada di Samudra mesti dihancurkan dengan cara yang berbeda. Untuk menghancurkan cerita bahagia, kau mesti membuatnya jadi menyedihkan. Untuk mengahncurkan sebuah drama laga, kau harus membuatnya menjadi sangat lambat. Untuk menghancurkan kisah misteri, kau mesti membuat penjahatnya gampang ditebak, bahkan oleh orang paling bodoh sekalipun. Untuk menghancurkan dongeng cinta kau mesti mengubahnya menjadi drama kebencian. Untuk menghancurkan kisah tragedi kau mesti membuatnya menjadi lawakan lucu dan menggelikan. Untuk mengahncurkan Samudra Dongeng, kau mesti menambahkan khattam-Shud"

Tak kalah menariknya, di halaman belakang kita bisa  menemukan uraian singkat mengenai nama-nama yang ada dalam buku ini. Setidaknya lebih memudahkan kita dalam memahami kisah. Miisalnya saja Bat-Mat-Karo berarti Tak-Boleh Bicara,  Alifbay adalah sebuah negeri khayalan, berasal dari kata Hindustan untuk "abjad"


Saya sempat kaget saat mendapat kiriman kover buku ini dalam versi yang berbeda. Menurut informasi dari pihak yang terpercaya,  buku ini juga pernah diterbitkan oleh penerbit tetangga. Sayang karena lokasi saya tinggal berjauhan dengans ang sumber informasi, saya tak bisa mengintip bagaimana isi buku satunya lagi. Dari sisi terkjemahan, kertas, bentuk dan lainnya.

Sir Ahmed Salman Rushdie  lahir 19 Juni 1947. Merupakan seorang novelis India Inggris.  Novelnya yang berjudul midnight  Children memenangkan Booker Prize pada tahun 1981. Sementara novel keempatnya, The Satanic Verses (1988), menimbulkan kontroversi besar, hingga mengakibatkan  ancaman kematian yang dikeluarkan untuk Rushdie, termasuk oleh Ayatollah Ruhollah Khomeini, Pemimpin Tertinggi Iran, pada tanggal 14 Februari 1989.
Pada Mei 2008  The Times menempatkannya pada urutan ketiga belas dalam "50 penulis Inggris terbesar sejak tahun 1945

Jumat, 21 Oktober 2011

Waspadalah dari Pintu Menuju Duat

Hal 1/3
-----------
                                                                                            MEMO


Tanggal   :  21 September XZ11
Status     :   Sangat Rahasia
Kepada   : 1. Rumah Buku Hikmah
                 2. Ordo Buntelan
Dari        :  Kepala  Kearsipan Perpustakaan  Fantasi  Federasi
Perihal    :  Buku Red Pyramid
================================================

Sehubungan dengan  adanya  penyusup yang  mencoba mencuri arsip rekaman digital dari buku yang menyimpan rahasia seputar piramid dan Keluarga Kane,  berikut dikirimkan  rekaman awal guna disimpan  hingga  Acara Konferensi Kisah  Fantasi sejagat, dimulai

Untuk membuka kotak rekaman, nomor kombinasinya adalah 13/32/33. Setelah memutar nomor kombinasi diharapkan bergegas membacakan kalimat berikut, ” “Keadilan berarti setiap orang mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dan satu-satunya cara untuk mendapat apa yang kaubutuhkan adalah dengan mewujudkannya sendiri “   Tutup kotak akan terbuka dengan sendirinya. Selain cara ini, cara lain sangat tidak direkomendasikan karena  berbahaya bagi keselamatan.


Sebagai tambahan informasi berikut disampaikan juga  hasil pemindahan rekaman digital ke bentuk cetakan. Harap diperhatikan isinya belum tentu sama identik karena adanya faktor penyesuaian bahasa serta kualitas rekaman. Data yang disampaikan ini  bersifat sangat rahasia. Dianjurkan untuk segera membaca buku yang ada.

Buku bisa diperoleh dengan memasukan data rahasia berupa;  Nama Penulis : Rick Riordan,  Penerjemah : Aditya Pratama, Penyunting : Tendy Yulianes Susanto, Penyelaras Aksara: Ananta A, ISBN : 978-979-433-652-6, Halaman: 518, Penerbit : Mizan  Fantasi , Jumlah point yang harus diserahkan adalah : 74.000 satuan rupiah.

Perlu diperhatikan dengan seksama mengingat kemungkinan adaya pihak-pihak yang menerbitkan buku sejenis guna menyesatkan, pilih  hanya yang dikeluarkan oleh Mizan Fantasi. Mizan fantasi mengajak pembaca menjelajahi kekayaan dan makna hidup melalui cerita fantasi yang mencerahkan, menggugah, dan menghibur. Harap perhatikan peringatan ini!


Hal 2/3
----------
Ini adalah kisah tentang 2 kakak beradik  Carter dan Sadie  Kane. Orang kebanyakan akan mengira  mereka adalah sepasang kakak beradik yang sedikit nyentrik akibat sang ibu telah tiada dan sang ayah merupakan seorang ahli seputar sejarah Mesir, Egyptologist yang selalu berpergian. Sejak sang ibu meninggal Sadie diurus oleh nenek-kakek dari pihak ibunya sementara sang kakak ikut kemanapun ayah pergi.

Jika Sadie bisa menyebutkan tempat tinggalnya bersama nenek-kakek sebagai rumah, maka bagi Carter kopor adalah rumahnya. Sang ayah mengajarkan untuk memasukan semua keperluannya dalam sebuah kopor yang siap dibawa kemana saja. Tapi faktanya mereka berdua memang  HARUS aneh mengingat keduanya adakah keturunan dari Narmer fir'aun Mesir kuno dan Ramses Agung..


Dalam diri Carter bersemayan Dewa Horus, sementara pada adiknya Sadie ada Dewi  Isis. Semuanya   baru mereka ketahui sang sang  ayah  Julius  Kane  meledakkan Museum  British dan membuat dirinya berada dalam sebuah peti mati transparan yang perlahan  menjadi semakin padat. Peti yang terbuat dari emas dan bertabur permatai itu bahkan tenggelam ke dalam lantai seakan-akan lantai berubah menjadi air.

Sang ayah yang hanya punya waktu 2 hari dalam setahun untuk bersama anak gadisnya mengajak Sadie untuk melakukan semacam kunjungan ke Museum  British. Sampai disana mendadak mereka mendapat sebuah tugas yang aneh, alih-alih melakukan kunjungan. tugas itu adalah mengunci kurator museum di ruang kerjanya.  Sang ayah lalu  berdiri  di depan Batu Rosetta, mengucapkan kalimat dalam bahasa Mesir Kuno.

Julius Kane,  sang ayah sedang   berusaha memanggil Osiris! tetapi  usahanya itu tanpa sengaja  membuka Duat, dunia roh dan sihir. Akibatnya sungguh kacau! Tidak hanya Osiris yang datang, tapi   Horus, Set, Isis, dan Nephthys  juga ikut terpanggil. Kekacauan terjadi di mana-mana. Tidak itu saja, nyawa kedua anaknya  Carter dan Sadie ikut terancam. Satu-satunya tempat yang paling aman bagi mereka adalah tinggal di rumah paman, Amos  yang selama ini tak pernah mereka ketahui keberadaannya.

Hal 3/3
----------
Betapa berbahaya petualangan yang ditempuh kedua anak itu untuk menemukan sang ayah. Selain harus melanglamg buana, mereka juga harus berurusan dengan aneka dewa yang tidak ramah, belum lagi aneka makhluk gaib yang bermuncunlan. Misalnya saja saat (&%^#@ berubah menjadi sosok dewi yang melindungi mereka setiap saat.

Kisahnya memang diakhiri dengan mengejutkan di buku ini. Terutama saat ditemukannya sang +_*# yang ternyata adalah dewa &7*@36 . Hidup memang penuh kejutan dimanapun berada. Kita bahkan tidak akan pernah menduga bagaimana wujud sejatinya seseorang dan bagaimana mereka memperlakukan kita.  Untuk itu ingat selalu pesan para tetua untuk tidak  menyebutkan nama sejati kita kecuali untuk mereka yang sudah sangat terpercaya.


Sebuah  penilitian  sedang dilakukan sehubungan dengan  Piramida Merah yang ada di Gaza guna menelaah apakah ada hubungannya dengan Keluarga Kane.  Piramid Merah, disebut  juga Piramida Utara, adalah piramid  terbesar dari tiga piramida  yang terletak di  Dahshur. Dinamakan demikian karena batu penutupnya yang berwarna putih telah lepas sehingga memperlihatkan blok granit merah muda di bawahnya.

Guna menambah informasi silahkan dibuka link http://www.rickriordan.com/my-books/kane-chronicles/books/red-pyramid.aspx

Untuk memudahkan mendapatkan buku ini  bisa menghubungi layanan SMS di 021-920 16 229, http://www.bukukita.com/Cerita-Fiksi/Fantasi/96784-The-Red-Pyramid.html atau mengunjungi TM Bookstore Depok

Bergegaslah !

Atau anda tidak akan pernah tahu berada dimana saat bangun esok hari!

Minggu, 16 Oktober 2011

The Vampire Diaries: The Return: Shadow Souls



Penyunting: Moh. Sidik Nugraha
Penerjemah : Nengah Krisnarini
Penyelaras : Moh. Sidik  Nugroho
ISBN: 978-979-024-367-5
Halaman 710
Harga : Rp 89.000


Dear Diary,

Betapa cepatnya waktu berlalu.
Kemarin aku hanya seorang  Elena Gilbert, gadis biasa.  Banyak cowok yang menyatakan aku cewek yang paling mirip bidadari di dunia ini. Aku memanfaatkan mereka-untuk popularitas, untuk kesenangan, untuk apa pun. Aku mau jujur sekarang. AKu menganggap mereka itu mainan atau piala.

Tapi, ada sesuatu yang lain. Seumur hidupku, aku tahu hal itu akan datang-tapi aku tidak tahu apa itu, Aku merasa seakan-akan aku mencari sesuatu yang tidak bisa kutemukan dalam cowok-cowok biasa. Segala permainanku dengan mereka tidak pernah menyentuh .... lubuk hatiku yang paling dalam ..... sampai seorang cowok yang sangat istimewa datang. Seorang cowok dengan rambut kusut berwarna gelap dan bermata hijau bak zamrud. Stefan Salvatore sang vampir. Stefan benar-benar vampire yang berusia ratusan tahun. Mungkin ini gila tapi aku sungguh mencintainya!

Sekarang....,
Sudah pukul 2 pagi dan aku berada dalam mobil hadiah dari Stefan. Bukan...., bukan berjalan-jalan.
Aku sedang dalam misi penyelamatan,  Stefan  ditangkap dan dipenjara oleh roh-roh jahat yang mendatangkan malapetaka ke Fell's Church. Aku berharap entah bagaimana caranya aku bisa menemukan dan membebaskan Stefan, dengan bantuan Matt dan Damon tentunya.

Yups....! DAMON yang itu
Betul,  Matt mantan pacarku!
Sekarang ia sudah menerima bahwa cintaku hanya  untuk Stefan. Dia menjagaku sebagai sahabat dan untuk Stefan

Berada dalam sebuah mobil dengan mereka berdua bukanlah hal yang menyenangkan. Selain keduanya saling curiga, aku juga harus berhati-hati terhadap pesona Damon. Sepertinya ia selalu mencari celah untuk mengambil manfaat dariku. Seperti saat ia mempergokiku hanya menggunakan sebuah gaun tidur dengan renda di sekitar leher.

Jelas aku tak perlu khawatir gaun tidurku tembus pandang mengingat bahannya terbuat dari bahan mirip flanel. Masalahnya justru pada renda.  Bajuku ini menggunakan hiasan renda-renda di bagian leher. Damon pernah mengatakan bahwa bagi vampir, renda di sekeliling leher yang indah sama saja seperti melambai-lambaikan kain merah di depan banteng yang sedang marah.

Damon sungguh merupakan godaan!

Jujur saja dengan bibirnya yang ramun, siapa yang bisa menolak Damon? Bibir ramun Damon adalah senjata utamanya. Bibirnya adalah bibir terindah yang pernah aku lihat di wajah seseorang, mata sayunya, bulu mata yang lebat dan rahang kokohnya...Aku harus mampu bertahan!

Aku sungguh ingin bertemu dengan Stefan.....
 Aku ingin merasakan lengannya melingkar di tubuhku, Aku hanya ingin memandang wajahnya, menatap mata hijaunya denagn sorot yang khas yang hanya ditunjukan bagiku. Aku ingin dia memaafkanku dan emngatakan kepadaku bahwa dia tahu aku akan selalu mencintainya.

Khabar terakhir menyebutkan Stefan ditahan di suatu daerah kumuh di Dimensi Gelap. Kesanalah kami menuju. Menurut khabar di  dimensi itu vampir dan roh-roh jahat dapat bebas berkeliaran. Namun, manusia hidup diperbudak oleh majikan-majikan gaib mereka. Itu berarti untuk bisa masuk aku, Bonni dan Meredith harus  berpura-pura menjadi budak Damon serta memakai gelang budak..
 
 Ups... alu lupa bercerita soal kedua sahabatku itu.
Tadinya aku meninggalkan mereka di Fell's Church untuk memantau keadaan. Tapi sesuatu telah terjadi!
Mereka menyusulkan dan jujur aku sangat senang bertemu dengan mereka

Diary,
Kisah bagaimana perjuangan kami menemukan Stefan akan kuteruskan setelah kami kembali.
Juga tentang sosok anak kecil yang selalu kulihat dalam diri Damon
Sampai ketemu lagi...



Sabtu, 15 Oktober 2011

Angel Anak Iblis




Judul : Bedeviled Book #1 : Daddy's Little Angel
Penulis : Shani Petroff
Penerjemah : Sujatrini Liza
Penyunting : Rika Iffati Farihah
ISBN :  9789794336427
Halaman : 250
Penerbit : Mizan
Harga : Rp 44.000

Sudah cukup, Coourtney Lourde akan mendapat balasannya!
Jika ada yang tahu tentang balas dendam, maka itu adalah anak iblis

Sebagai ABG, Angel kadang merasa dimusuhi oleh seluruh dunia, nasib seakan   selalu berada di sisi sial. Apalagi saat berulang tahun dan tak mendapatkan apa yang diinginkan. Apa artinya berulang tahun ke-13 tanpa berhasil menonton konser band indie paling keran saat itu.

Walau sudah lebih dari 5 bulan merengek tiket  Mara’s Daughters sebagai hadiah ulang tahun, tetap saja Angel harus menahan kecewa. Tiketnya terjual hanya dalam waktu hitungan menit via online. Dan kalau pun  ada yang menjual jangan ditanya harganya! Angel dan sahabatnya Gabi batal pergi ke konser, mereka harus puas dengan hanya mendengarkan lagu-lagunya saja.

Mendadak saat membuka sereal, sebuah amplop berisi 2 lembar tiket Mara’s Daughters melayang dengan manis diiringi  sebuah kertas lain. Sang ibu berusaha menyembunyikan kertas lain dan melarang Angel untuk pergi menonton konser, mereka sampai bertengkar seru perihal tiket itu. Angel bahkan i mengeluarkan kata-kata kasar, “ Mom jahat. Aku berharap Dad masih hidup. Iblis pun lebih baik dari pada Mom” Ternyata tiket yang menjadi sumber keributan  itu merupakan hadiah dari ayah Angel.

Tunggu dulu…………………! Bukannya sang ibu selalu bercerita bahwa sang ayah sudah meninggal? Ternyata selama ini sang ayah masih hidup, sebenarnya bukan hidup juga sih… Intinya sang ayah masih ada dan dia bernama Lou  Cipher alias Lucifer! Wah ternyata harapan Angel menjadi kenyataan. Ayahnya adalah setan! makanya berhati-hatilah dengan harapanmu.

Di Mbah Google disebutkan bahwa Lucifer adalah nama yang seringkali diberikan kepada Setan dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama Setan sebelum ia diusir dari surga. Dalam bahasa Latin, kata "Lucifer" yang berarti "Pembawa Cahaya" (dari lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa"), adalah sebuah nama untuk "Bintang Fajar" (planet Venus ketika muncul pada dini hari) http://id.wikipedia.org/wiki/Lucifer

Sejak sang ayah muncul, kehidupan Angel mendadak berubah total.  Selain mendadak  top karena saat menonton konser ia diajak naik ke panggung dan mendapat hadiah lagu selamat ulang tahun, ia juga diajak bergabung dalam gank elite yang ada di sekolah. Terhebat ia bisa bercakap-cakap dengan cowok idolanya, bahkan sampai kencan!

Namun ternyata….., popular dan selalu mendapatkan apa yang diinginkan dengan instant tidak selalu menyenangkan. Angel harus membayar mahal untuk kepopulerannya, bahkan membayar dengan persahabatannya.

Setelah banyak buku fantasi bermunculan, buku ini jelas menawarkan nuansa yang berbeda. Tidak ada drakula, vampire, manusia serigala, peri dan sejenisnya.  Sebuah cerita perihal  keluarga kecil dimana sang ayah adalah Lucifer, sang ibu adalah manusia biasa yang sekarang terobsesi pada supranatural dan anak yang mewarisi setengah bahkan mungkin seluruh kekuatan sang ayah namun tanpa tanduk dikepala.

Komentar perihal buku ini hanyalah ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha  ha ha ha ha  ha ha ha ha  !
Sungguh menghibur! Memang sedikit menyedihkan kisah mengenai pergolakan bathin Angel. Disatu sisi ia sangat tergoncang mengetahui bahwa ayahnya adalah  Lucifer.  Tapi ia juga tergoda bahkan menikmati fasilitas yang ditawarkan ayahnya. Kartu kredit tanpa batas populeritas, cowok pujaan bahkan pembalasan dendam!

Kelakuan sang “ayah” sungguh kian membuat saya tertawa. Kemunculannya sang mendadak di sembarang tempat kian menghibur.  Pengakuannya bahwa ia tidak jahat kian membuat saya tertawa.  “ Aku tidak jahat,” katanya. “ Aku hanya punya bakat untuk memunculkan kejahatan dalam diri orang lain”  Maksunya??????

Selain terhibur sampai tertawa lepas, ada pesan moral juga yang disampaikan. Hati-hati dengan harapan dan perkatannmu. Siapa yang bisa menebak apa yang bakalan terjadi jika harapanmu terkabul.  Meniru  perkataan  dalam sebuah film perihal superhero (kurang lebih),  "dibutuhkan tanggung jawab besar dibalik kekuatan besar"  Angel harus mulai belajar mengendalikan kekuatannya serta mempergunakannya untuk kebaikan. Ayahbya bisa saja Lucifer, tapi bukan berarti ia juga harus menjadi pengikutnya khan. Apa lagi sang ayah sudah berjanji untuk berhenti.

Eh kira-kia nanti ada tanduk tidak yah di kepala Angel?Bagaimana jika Lucifer meletakkan jabatannya?
Penasaran.....

Sssst Angel, tolong bilang Mr Lou untuk mengubah Fauzi Pahrezi jadi kodok dung....
THX yah Angel, nanti kukirimi  coklat yang banyak "joget ceria"
Asyikkkkkkkkkkk ada kodok berkaca mata di danau dekat kantor ^_^

Juga membantu agar Dion tak selalu galauuuuuuuuuu

Kamis, 13 Oktober 2011

Jangan Baca Judul Buku Ini Rahasia!

                                                        MEMO

Tanggal : 13  Masa September  2011kali putaran bumi
Yth      :  Para Ketua Koloni Penggemar Buku
Dari      :  Kepala Pengamanan Dunia Buku Sejagat
Perihal  : Judul Buku Ini Rahasia

Pada  zaman nenek moyang kita masih mendiami bumi yang dikenal sebagai Planet Air, ada   sebuah keahlian yang disebut sulap. Pelakunya biasa disebut tukang sulap atau pesulap. Belakangan sulap berkembang menjadi sebuah seni tersendiri. Tidak ada yang tahu kapan munculnya sulap. Sebuah  papyrus  dari sekitar 2.700 tahun SM  mengisahkan sebuah peristiwa yang terjadi pada sekitar 2600 tahun SM. Seseorang bernama Dedy, yang mengaku  pesulap dari Mesir dipanggil untuk menghibur Raja Cheops. Ia memukaua sang raja dengan menunjukkan sebuah trick yang sangat mengagumkan saat itu. Triknya adalah  memotong kepala seekor hewan dan mengembalikannya dalam keadaan hidup. Sang raja yang penasaran meminta Deddy mengulang triknya hanya kali ini menggunakan narapidana. Jelas ia menolaknya. Guna mengobati rasa kecewa dan penasaran sang raja, ia mengulangi triknya dengan menggunakan seekor sapi jantan. Sang narapidana bsai bernapas lega untuk sementara lehernya aman.


Belum lama bekat hasil kerja keras agen-agen rahasia,  sebuah buku seputar pesulap yang menggemparkan ditemukan di rumah salah satu pesulap tanpa nama. Buku tersebut berjudul Judul Buku Ini Rahasia. Buku tersebut ditulis oleh Pseudonymous Bosch, Khusus untuk Koloni dengan  koordinat 6°LU - 11°08'LS dan  95°'BT - 141°45'BT alih bahasa merupakan tanggung jawab Susan Meliana Husen, No. ISBN 9786020004259  Penerbit Elex Media Komputindo,  Jumlah Halaman 364, Genre Fiksi/Fantasi, Nilai tukar sebesar 59.000 rupiah.

Buku ini memang diselimuti dengan aneka nuansa sulap.  Dimulai dengan nama penulisnya. Pseudonymous Bosch  bukanlah nama asli penulisnya, nama sebenarnya adalah Raphael Simon. Jika menilik gambar topi yang ada di kover depan, sudah terlihat bahwa itu adalah topi yang biasa yang digunakan oleh para pesulap. Kadang dalam memainkan salah satu triknya, mereka mengeluarkan aneka macam benda bahkan bisa  binatang.


Kisahnya mengenai petualangan dua anak remaja, Cass dan Max-Ernest. Mereka menyelidiki tabir misterius yang menyelimuti kematian seorang pesulap Pietro Bergamo.  Bermula dari sekedar membongkar barang-barang yang ditemnukan oleh seorang agen perumahan,  mereka menemukan sebuah kotak berisi Simponi bau-bauan. Mereka kian menasaran sehingga memutukan untuk mencoba mencari tahu sebab meninggalnya sang pesulap.

Ternyata urusannya tidak segampang itu! Di rumah sang pesulap, mereka menemukan sebuah lift yang hanya bisa dioperasikan dengan kata-kata ajaib, TOLONG. Penemuan terhebat mereka adalah sebuah kamar rahasia.  dimana sebuah jurnal misterius  berwujud buku saku dengan sampul kulit   disembunyikan. Mereka harus  berurusan dengan sepasang penjahat berbahaya, serta menjelajah dunia sirkus. Belum lagi berurusan dengan orang mati yang hidup kembali!


Bentuk fisiknya  yang unik serta kover yang menawan membuat siapa saja yang melihatnya akan tergoda dan membuka lembaran buku. Padahal peringatan keras sudah disampaikan! Apalagi saat memandang berbagai ilustrasi yang ada, mata sekana dimanjakan dengana neka goresan yang menawan.

Bagian Arsip menyarankan mengunjungi link berikut guna mendapat informasi lebih banyak, http://www.thenameofthisbookissecret.co.uk/ serta http://www.youtube.com/watch?v=UYclAihiCzs&
feature=related

Buku in memang sungguh berbahaya bagi perkembangan jiwa seseorang, itu sebabnya begitu ditemukan buku ini segera berada dalam perlindungan Dewan Pengaman DUnia Buku Sejagat guna mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi. Misalnya kecelakaan akibat mengantuk setelah begadang semalaman menuntaskan buku ini, atau terlambat bangun sehingga mengemudikan kendaraan dengan tergesa-gesa. Efek terburuk adalah merusak perekonomian koloni. Akibat membaca buku ini secara  sembunyi-sembunyi banyak karyawan yang mencuri jam kerja dan tidak melakukan tugasnya  sehingga tidak produktif. Terburuk, mereka bahkan tidak masuk kerja demi menuntaskan buku ini.


Sebuah  catatan dari http://akzerikho.wordpress.com menyebutkan mengenai trik sulap paling tua yang masik populer hingga saat in, iCups and balls. Egyptologis menyatakan bahwa ada catatan lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan yang berumur antara 2500-2200 tahun sebelum Masehi. Lukisan tersebut menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Mungkin saja saat ini bukan menggunakan cangkir lagi tapi prinsipnya tetap sama.

Dihimbau agar para penduduk bisa bekerja sama dengan mematuhi larangan ini.
Namun jika ada mengetahui adanya indikasi seseorang sudah atau sedang membaca buku ini, jangan ragu menghubungi pihak koloni guna penangan lebih lanjut.
Atau.....
jangan-jangan anda sendiri?????

Selasa, 11 Oktober 2011

Upaya Menemukan Artefak Ketiga




Judul : Fablehaven #3: Grip of The Shadow Plague
Penulis : Brandon Mull
Penerjemah ; Reni Indardini

Penyunting :  Rina Wulandari
ISBN : 978-979-433-648-9
Halaman: 622
Penerbit : Mizan  Fantasi
Harga Rp 79.000


Kalian bertiga, para pemula, dilantik sebagai kesatria hari ini

Semua sudah sangat  mafhum   akan sifat Seth yang cenderung teledor, semauanya dan tak berpikir panjang. Grandpa sampai harus memberikan petuah khusus,  “Kebodohan adalah ketika mengambil resiko tanpa alasan bagus. Keberanian adalah ketika kita mengambil resiko yang sudah diperhitungkan dalam rangka mencapai sesuatu yang penting.” 

Tapi siapa yang bisa mengira, akibat sikap bengalnya membuat perjanjian dengan   Newel dan Doren sepasang Satyr   justru membuahkan  sebuah info penting.

Ada sesuatu yang janggal dengan makhluk-makluk ajaib di Fablehaven. Biasanya makhluk merupakan makhluk baik atau jahat. Tapi di Fablehaven makhluk-makhluk tergolong ke dalam kategori terang atau gelap. Ada yang terlahir sebagai pembangun, ada yang sebagai perusak, ada yang sebagai penipu. Sebagian menyukai cahaya, sebagai menyukai kegelapan. Mereka terlihat agresif dan ingin menyakiti yang lainnya. Makhluk-makhluk berubah wujud menjadi gelap . Perubahan paling terlihat pada nipsie dan peri.

Nipsie adalah  makhluk yang terkecil  di antara kaum peri. Berkerabat dengan brownie hanya lebih mungil. Nipsi memperbaiki dari awal sekali, mengandalkan sumber daya alam untuk memperoleh bahan mentah. Nipsi mengagumi logam dan batu yang berkilau, dan punya keterampilan menemukannya. Biasnaya mereka cinta damai, mendadak Nipsi berkeinginan menyerang kerajaan lainnya.

Peri adalah makhluk terang, maka penampilan serta perilakunya bertransformasi menjadi makhluk gelap. Peri yang diselubungi bayangan menggunakan sihir mereka untuk melayukan dan merusak alik-alih menyuburkan serta mempercantik.Kawanan peri membuat semak mawar menjadi semak-semak berdaun coklat dan kelopak hitam.

Usut punya usut, kelakuan Seth (lagi-lagi Seth) mencabut paku pada musim panas yang lalu berdampak besar bagi Fablehaven. Wabah baru berwujud bayangan melanda. Entah kenapa sepertinya Seth cenderung digambarkan sebagai anak yang ceroboh, tidak mau sabaran. Ingat saja saat ia dengan santainya membuka jendela padahal sudah dilarang. Memang pada akhirnya Seth menunjukkan kebesaran jiwadan keuletannya nya dalam membantu menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya. tapi sepertinya Seth  memiliki daya pikat sendiri bagi datangnya masalah

Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka harus menemukan   The "Chronometer",  artefak yang mampu menguasai ruang dan waktu. Artefak itu akan membawa mereka ke saat sebelum wabah melanda. Dari 5 suaka, Australia, Brazil, Arizona dan Connecticut serta suaka kelima  yang tidak  tahu dimana letaknya, kemungkinan besar  The "Chronometer ada di Arizona.

Mereka harus bergegas! Jangan sampai  Wabah Bayangan  berhasil menghilangkan seluruh cahaya yang ada di Fablehaven. Fablehaven adalah rumah, tempat tinggal untuk   berbagai makhluk ajaib.  Sebuah perjanjian ajaib melindungi semua makhluk,  asalkan hukum perjanjian dipatuhi.

Kendra harus mengarungi benua menuju ke Arizona, ke  Lost Mesa sebuah suaka rahasia.  Disana Kendra rombongannya harus mengambil sebuah artifek di Painted  Mesa, sebuah bukit yang hilang saat suaka didirikan. Bukit itu hanya muncul pada saat tertentu.

Mereka harus bergegas! Jangan sampai  Wabah Bayangan  berhasil menghilangkan seluruh cahaya yang ada di Fablehaven

Dalam buku ini nuansa fantasi lebih terasa kental. Ada
burung hantu keemasan berwajah manusia disebut Astrid. Rumput  Putri-Putus-Asa, yaitu  rumput langka yang mengandung toksin dragonsbane, satu-satu zat yang dapat meracuni naga. Serta tak ketinggalan Chekepod  berwujud umbi yang melayang. Mereka saling tolak menolak. Namun jika kita menyentuhnya Chekepod akan meledak dan melepaskan gas beracun. Racun tersebut tidak hanya mematikan namun juga melelehkan tubuh kita.

 
Ada sebuah kalimat yang janggal, menurut saya. Disana tertulis, “ Si kuda meleleh dibawah Kendra dan Garvin, hingga  mrereka pun berdiri di samping Neil di tengah hujan.”   Saya terbayang adegan kuda-kudaan. Bukannya berarti saat Neil meleleh kembali menjadi manusia maka Kendra dan Gaevin duduk di atas punggungnya? 

jangan lupamengintip  ke http://brandonmull.com/http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Magical_Items_in_Fablehaven

Beberapa waktu yang lalu, sosok dua kakak beradik itu bukan siapa-siapa. Tidak saat ini.

Kendra,

Dapat mengisi ulang artefak.
Berurusan dengan  kachina, makhluk halus.
Dilantik menjadi  kesatria pelindung suaka-suaka  rahasia.

Berkenalan dengan seorang menjinak naga termuda, Garvin
Menyaksikan betapa kekuatan yang dimilikinya mampu memaksa makhluk lain agar menuruti perintahnya. Sungguh mencengangkan, bahkan menakutkan.

Seth,
Dibalik sikap semaunya tersimpan jiwa yang pantang mundur dan penuh kasih sayang. 
Mampu melihat bayangan-berjalan.
Mampu mendengar suara-suara para tahanan dari penjara yang tinggal di bawah rumah utama.
Berbicara dengan bahasa makhluk magis.
Menjadi pembuka brangkas artefak termuda dalam sejarah.

Dunia magis dan suaka rahasia bergantung pada mereka berdua......

Sabtu, 08 Oktober 2011

Kuis......kuis.....kuissss!

Sejak pindah kantor yang cuman selemparan batu dari Toko Buku Favorit, TM Book STore, urusan beli buku kian terasa lancar. Kadang terlalu bersemangat malah. Lihat ada yang baru langsung disamber. Setelah beli ternyata salah satu penerbit berbaik hati memberikan buntelan, jadi ada 2 khan.

Kasusnya terulang buat buku ini:


Judul Bedeviled Book #1 : Daddy's Little Angel
No. ISBN 9789794336427
Penulis Shani Petroff
Penerbit Mizan
Tanggal terbit September - 2011
Jumlah Halaman 250

Dari pada ada 2 buku sementara yang dibaca juga cuman 1 (isinya sama khan...^_^) Langsung merasa punya tugas baru,  mencarikan rumah bagi buku ini. Caranya dengan menggelar kuis
 
Pertanyaan eh tugasnya  guampang banget....
Hanya perlu tulis komen kenapa kalian layak dapat "timpukan buku ini"

Serta..., kalau menang jangan lupa buat semacam repiu/note/curcol di FB or bloqmu dan tag ke Rumah Buku Hikmah


Guampang khan........
Ditunggu sampai Jumat  14 Oktober 2011 pukul 12, 00 WIB
Pengumumanya Sabtu 15 Oktober 2011 pukul 10.00 WIB

Bebas ongkir untuk seluruh Indonesia

Harap diingat, kuis ini tertutup untuk para Anggota Ordo Buntelan Senior he he he

Semoga beruntunggggggggggggggggggggg!

Kamis, 06 Oktober 2011

Kisah dibalik Lomba Permen


Judul : The Candy Makers
Penulis : Wendy Mass
Penerjemah : Maria Lubis
Penyunting : Jia Effendi
Penyelaras Aksara : Fenty Nadia
Pewajah Isi : Husni kamal
ISBN: 978-979-024-482-5
Halaman :  564
Penerbit : ATRIA
Harga: Rp. 70.000,00


Siapa yang tidak mengenal kembang gula alias permen?   Rasa manis yang membelai lidah saat permen dikulum atau saat sepotong coklat lumer sungguh menyenangkan. Sebuah penelitian malah menyatakan cokleta tidak membuatb gemuk! Ups... untuk yang ini kita bahas nanti saja yahhh

Masalahnya permen di tangan Logan, Miles, Daisy dan Philip serta Pabrik Permen Life Is Sweet  punya makna tersendiri dari sekedar camilan. Setiap setahun sekali, diadakan kontes perman tahunan di Region III. Pabrik Permen Life Is Sweet selama dua hari sebelum kontes  akan memberikan pengarahan singkat mengenai bagaimana cara membuat sebutir permen. Setiap kontestan  harus berusia 12 tahun saat kontes berlangsung dan hanya bisa mendaftarkan satu ciptaannya saja. Hadiahnya sungguh menggiurkan, uang seribu dolar dan permen ciptaannya  diproduksi dan didistribusikan ke seluruh dunia.


Untuk perlombaan kali ini ada 4 anak yang  akan ikut lomba . Mereka adalah Logan Sweet, anak sang pemilik pabrik yang mampu mengetahui bahan dasar pembuatan permen hanya  dengan mencicipinya,   Miles O’Leary, yang suka bicara dengan bahasa aneh, alergi warna pink, komedi putar serta panekuk  dan sangat menggemari  percakapan  perihal  kematian,  Daisy Carpenter  seorang gadis ceria  penggemar kisah romance yang datang mengendarai kuda dan mempunyai kekuatan luar biasa serta  Phillip Ransford III. yang selalu sibuk menulis di buku catatan  rahasianya.

Keempat anak tersebut tanpa terkecuali harus menciptakan sebuah perman yang spektakuler, luar biasa tidak cukup! Mengingat industri permen berkembang sangat pesat, permen yang dihasilkan harus mempunyai  keunikan yang luar biasa.

Ternyata urusan permen tidaklah semanis rasanya. Ada intrik terselubung yang melibatkan mata-mata, pencurian resep rahasia hingga rahasia di masa lalu. Mengingatkan pada sebuah film kartun.   Persaingan diantara para pemilik pabrik permen tidak selalu manis Lomba permen menjadi semacam ajang  persaingan yang luar biasa menegangkan.

Apalagi bagi Logan! Sang pembuat permen tidak membedakan siapapun anak yang berada di pabriknya  dalam rangka lomba. Semua mendapat perlakuan yang sama. Walau apapun hasilnya ia tetap akan bangga pada logan. Tapi  bagi Logan ada semacam beban berat jika  ia tidak berhasil menjadi pemenang. Apalagi  kakeknya menjadi pemenang atas  permen ciptaannya berupa Pepsicle, ayahnya  atas Permen Kunyah Kilat Kuning Neon. Sementara ini yang ada di benaknya hanyalah  ide seputar Cokelat Roket Gelembung Fantastis .

Buku ini walau mirip dengan kisah  Charlie and The Chocolate Factory mengusung sesuatu yang berbeda. Persahabatan diantara mereka lebih kental. Mereka rela menyatukan semua kemampuan dan menekan ego masing-masing  demi meraih kesuksesan bersama. Walau mereka amsih tergolong ABG, namun mereka sudah diharuskan untuk bekerja keras, berpikir kreratif serta berlaku sportif selama lomba berlangsung.


Menariknya buku ini dikisahkan dari  sisi setiap anak. Sehingga untuk sebuah peristiwa kita bisa  mendapat tanggapan dari empat sisi  yang berbeda. Jangan khawatir, tidak akan membosankan kok justru penuh dengan kejutannya karena mungkin suatu hal tidak dibahas dari sisi Logan namun ditilik dari sudut pandang Milis

Dibandingkan dengan kover versi asli, dominasi warna ungu membuat saya kian terpesona dan merasa laparrrrrrrrrrr! Mengingatkan saya kepada Silvero dan Harun Harahap, penggila warga ungu ^_^  dari kovernya saja sudah bsai ditebak bagaimana serunya kompetisini berlangsung saat itu.
 
Sedikit kekurangan, adanya beberapa pemenggalan kalimat yang aneh misalnya men-cegah , tur ke-liling (hal 57) ada di tengah-tengah kalimat. Sepertinya setting sedikit kacau balau.

Sekedar saran, jika sedang menjalani program diet jangan membaca buku ini, bisa-bsia rasa lapar datang menyerang tanpa ampun. Buku ini memuat aneka macam jenis permen  dari yang sederhana hingga yang tak pernah kalian bayangkan! Rasanya juga (sepertinya) sungguh luar biasa. Contoh saja, mau coba Pizza Coklat????  Atau tengok  uraian di halaman 19.  ada tentang permen jenis  fudge-permen kenyal berwarna coklat, permen taffy -permen kenyal beragam warna. Nah keluar khan air liurnya hi hi hi ^_^

Kalimat favorit saya ada di halaman 146, ” Kau tidak pernah tahu apa yang akan kau ketahui saat membuka sebuah buku. Dan jika isinya adalah suatu cerita, kau akan tenggelam ke dalamnya.  Kemudian, kau akan tinggal di sana beberapa saat, bukannya-kau tahu-tinggal di sini"

Seperti biasa.... intiplah http://www.candymakersbook.com/

Wendy Mass  sang tukang dongeng lahir pada 17 Januari  1967. Ia adalah pemenang  author of young-adult novels and children's books. Bukunya  A Mango-Shaped Space which meraih penghargaan  the American Library Association (ALA) Schneider Family Book Award for Middle School in 2004 Sementara buku lainnya, Jeremy Fink and the Meaning of Life  meraih a Peoples' Choice Award.


Buku-buku antara lain adalah:
Non-Fiksi
  • Stonehenge, (1998)
  • Teen Drug Abuse, (1998)
  • Women's Rights, (1998)
  • Readings on Night, (2000)
  • Great Authors of Children's' Literature, (2001)
  • Gods and Goddesses, (2002)
  • John Cabot: Early Explorer, (2004)
  • Ray Bradbury: Master of Science Fiction and Fantasy, (2004)
  • Halloween, (2004)
Fiksi
  • Getting a Clue, (1996)
  • The Bad Hair Day, (1996 children's picture book)
  • A Mango-Shaped Space, (2003)
  • Leap Day, (2004)
  • Rapunzel:The One with All the Hair, (2005)
  • Wanted, (2003)
  • Jeremy Fink and the Meaning of Life, (2006)
  • Heaven Looks A Lot Like The Mall, (2007)
  • Every Soul A Star, (2008)
  • 11 Birthdays, (2009)
  • Finally, (2010)
  • The Candymakers, (October 2010)
  • 13 Gifts, 2011
 Sebagai penutup, mari kita nyanyikan lagu favorit Sang Pembuat Permen
Siapa yang bsia meraih matahari terbit?
Taburi matahari rterbit dengan embun...
Lumuri coklat dan tambahkan satu atau dua keajaiban?
Sang Pembuat Permen
Oh, Sang Pembuat Permen yang bisa
Karena dia mencapurkan dengan cinta, dan membuat dunia tersa nikmat

 foto  dari : hachettebookgroup.com

---------------------------------
Ok...ok... sekarang urusan coklat tidak bikin gemuk.
I love coklat! apalagi kerjaan sambilan adalah pembuat coklat , eh kira2 asisten bsia disuruh ikutan lomba ini enggak yahhhh? Ngelantur khan , ok balik ke topik.

Sebuah buku mungil berjudul Siapa Bilang Coklat Bikin Gemuk memuat sebuah hasil penelitain yang mengejutkan. Di sebuah Jurnal bergensi American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1994 menyebutkan bahwa cokelat hanya menyumbang 0,7-14 % dari total asupan energi kita setiap harinya. Itu artinbya bila kita banyak mengkonsumsi cokelat namun tidak berolah raga maka berat badan kita memang akan meningkat. Bukan berarti coklat membuat gemuk, jika dimakan dalam porsi yang tepat secara teratur justru coklat membawa dampak positif bagi tubuh kita.

Info lengkapnya bisa  dilihat di buku yang judulnya ada di atas ....