Senin, 11 Januari 2016

2016 #8: Bobbsey Twins: Misteri Camp Fire



Penulis: Laura Lee Hope
Ilustrasi: John Speirs
Halaman: 108
Cetakan: Pertama-Juni 1984
Penerbit: Indira
Rating: 3/4



Bertemu lagi dengan keluarga Bobbsey. Nan dan Bert sepasang anak kembar dengan rambut hitan dan mata gelap, Freddie dan Frossie  dengan rambut pirang. Meski berbeda namun layaknya saudara, mereka saling mengasihi dengan caranya masing-masing.

Dalam kisah kali ini, mereka berurusan dengan pencuri sepeda yang sudah beberapa kali melakukan aksinya. Untuk membantu memecahkan masalah pencurian, mereka harus menyamar menjadi peserta Camp Fire di Meksiko. Berlibur sambil melakukan penyelidikan.

Secara tak sengaja, kakak beradik Bobbsey menemukan fakta bahwa salah satu pembantu Ryan Michaels, pengemudi balon udara, bertingkah mencurigakan.  Balon udara tersebut terhempas ke tanah pertanian tanpa sengaja, sepertinya ada yang melakukan sabotase dengan merobek kain balon. 


Di Camp Fire, anak-anak Bobbsey berkenalan dengan beberapa anak yang juga suka melakukan penyelidikan. Sepeda yang hilang jelas meresahkan banyak orang. Mereka sempat melakukan penyelidikan ke toko sepeda bekas, siapa tahu ada yang nekat menjual sepeda itu ke sana. 

Sepertinya mereka berada di jalur yang tepat, kasus akan segera terpecahkan dengan ditemukannya ransel sepeda berisi kipling surart kabar di sebuah pondok kayu yang terletak di hutan.

Selama berada di Camp Fire, Flossie mendapat pelajaran berharga. Ia berkenalan dengan seorang gadis yang kehilangan satu lengannya saat terjadi kecelakaan. Meski hanya memiliki satu lengan, tapi gadis itu tidak rendah hati. Ia justru sangat mandiri dan mau belajar banyak hal. Hal itu yang membut Flossie merasa malu,  ia sering bersikap mengasihani dirinya yang mengalami terkilir di tangan.  Sakit ia derita hanya sementara saja sudah membuatnya lemah, sedangkan gadis yang kehilangan satu lengan untuk selamanya justru tegar.

Menariknya dalam buku kali ini, diberikan juga mengenai cara membuat kotak sarang burung Bluebird. Pembaca bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Secara tak langsung, selain hiburan mengenai misteri yang diselesaikan dengan baik oleh Bobbsey bersaudara, buku ini juga mengajarkan agar anak-anak cinta pada lingkungan serta menyayangi hewan. Dengan mengajarkan hal itu pada anak sejak dini, tentunya akan memperngaruhi karakter seseorang.

Sungguh sayang, buku-buku seperti ini tidak lagi diterbitkan.Padahal pesan moral dan unsur mendidiknya lumayan banyak dan pastinya akan bermanfaat bagi yang membacanya. Apa lagi jika didampingi oleh orang tua, tentunya akan lebih tepat sasaran lagi.

Sekedar iseng, saya coba mengintip di Goodread. Ternyata banyak juga serial ini, makin penasaran buat koleksi.

1 komentar:

  1. kunjungi web kami www.rajaplastikindonesia.com

    CP 021 2287 7764 / 0838 9838 6891 (wa) / 0852 8774 4779 pin bbm 5CFD83E7

    BalasHapus