Selasa, 10 Januari 2017

Sepuluh Buku Yang Layak Cetak Ulang (Versiku)

Sepuluh buku yang layak dicetak ulang?
Eh.... sebentar
..........
..........
..........
Salah!

Salah jika ada  Little Women, Alice in Wonderland, serial HP dalam daftar saya sebagai buku yang selayaknya dicetak ulang.  Tanpa rekomendasi pun, selayaknya memang buku-buku itu dicetak ulang. Para gadis dalam kisah Little Women merupakan sosok yang paling dicintai dalam sastra Inggris.  Alice in Wonderland dengan caranya sendiri membuat anak-anak, bahkan orang dewasa berimajinasi dengan bebas.  Seri HP membuat industri buku  dan dunia sihir menjadi menjadi sesuatu hal yang berbeda.

Menurut versi saya (mungkin saja berbeda bagi yang lain), ada beberapa buku yang menurut saya layak dicetak ulang atau diteruskan serinya. Alasannya lebih pada pesan moral serta efek yang timbul dari membaca buku tersebut. 

1. How to Become a Money Magnet: Rahasia Menarik Uang dengan Cepat dan Mudah (Marie-Claire Carlyle)

Paham!
Saya juga tidak menyukai buku dengan tema kebebasan finansial namun akhirnya mengarahkan kita untuk menjadi peserta asuransi atau MLM. Memang tidak salah, namun tidak juga semua sukses.

Semula saya juga enggan membaca buku ini. Ternyata buku ini mengubah hidup saya, mungkin juga bisa mengubah hidup orang lain. 

2.The Stolen Child (Keith Donohue)

Atau, mungkin Anda sendiri seorang hobgoblin...?

Kita memang tidak pernah bisa tahu siapakah sebenarnya sosok orang yang ada di dekat kita. Bahkan mungkin kita tak pernah tahu apa dan bagaimana diri kita sendiri.

Novel ini mengajak kita untuk merenung dan mengkaji jati diri kita sebenarnya. Untuk lebih mawas diri dan selalu waspada. Kadang, musuh adalah orang yang dekat dengan kita. Sementara orang yang sangat memahami kita justru adalah musuh kita.
 
3.Where the Mountain Meets the Moon: Tempat Gunung Berjumpa Rembulan (Grace Lin)

 “ Jika kau membahagiakan mereka yang ada di dekatmu, mereka yang jauh darimu akan datang..”   

Selain memanjakan kita dengan aneka ragam ilustrasi, buku ini juga mengandung cerita dalam cerita. Cara bercerita sang penulis serta caranya merangkaikan kata-kata sungguh menarik. Setiap cerita mendasari sebuah peristiwa yang sedang berlangsung.

Grace Lin ingin menyampaikan bahwa selama kita memiliki seseorang untuk mencintai dan dicintai, kita adalah orang yang beruntung dan memiliki keberuntungan yang harus syukuri
 
4. Rahim (Fahd Pahdepie)
Buku ini sarat akan makna kehidupan. Setiap individu diharapkan setelah membaca buku ini akan bersyukur pada kehidupan yang dijalani serta untuk kehidupan yang dititipkan dalam wujud anak kepada mereka. Bacaan yang sangat cocok dibaca untuk para wanita serta para calon ayah bahkan yang sudah menjadi ayah.

Cocok juga untuk diberikan kepada buah hati. Belakangan banyak sekali anak-anak yang tak menghargai ibunya. Anak-anak yang tak menyayangi ibunya, yang sama sekali lupa bahwa mereka pernah meminjam setengah nyawa ibunya ketika hidup selama sembilan bulan (mungkin ada yang lebih) di dalam kandungan ibunya.
 
5. Pearl of China (by Anchee Min)
Penulis membuat kisah persahabatan dua anak yang sangat bertolak belakang dalam banyak hal, menjadi sesuatu yang sangat indah.  Persahabatan Willow dan Pearls membuat keduanya saling terikat dengan cara yang unik.

Kadang kenang-kenangan mampu membuat seseorang bertahan hidup, atau malah pergi dari kehidupan fana ini. Persahabatan adalah kekuatan mereka untuk tetap hidup dalam situasi yang serba sulit.

Ini satu dari sekian buku yang mampu membuatku berderai air mata! Mengaduk emosi bagaikan badai di laut lepas. Dan saya tahu beberapa sahabat pria saya tak malu mengaku mengeluarkan air mata berharga mereka saat membaca buku ini.

6. The Brethren – Majelis (John Grisham)
Buku ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak. Sebuah kesalahan kecil, suatu hal yang dianggap sepele justru bisa menjadi senjata mematikan bagi kita. Tak perlu banyak kata, baca saja.
 
7. Pilih Sendiri Petualanganmu 
Hidup adalah pilihan!
Buku bisa dianggap sebagai  unik untuk mengajarkan anak-anak rasa bertanggung jawab (mungkin juga orang dewasa). Untuk berhati-hati dalam bertindak serta  bertanggung jawab pada pilihannya. Jika mereka memilih halaman selanjutnya dengan serampangan, maka terima resiko kisah berakhir. Tapi memilih dengan bijak, membuat mereka menikmati banyak kisah. 

8.  Here, There Be Dragons (James A. Owen)
Pembaca akan dibawa ke tempat negeri-negeri yang ada di dalam mitos, legenda, fabel dan dongeng, dikenal dengan nama Kepulauan Mimpi. Tak ketinggalan menunjukkan bahwa beberapa buku fantasi memiliki pengaruh terhadap buku yang lain. Suatu tokoh yang melegenda, sering digunakan sebagai panutan, di buku yang lain sering ditemukan modifikasinya.

Imajinasi seseorang bisa berkembang bebas namun masih dalam koridor yang bisa dipertanggungjawabkan hubungan sebab akibatnya.
 
9. Purple Cow (Seth Godin)
Membuat produk adalah hal penting, tapi sukses menjual produk tersebut juga sangat penting. Buku ini memberikan inspirasi bahwa sapi dengan “corak ungu” akan  lebih menonjol dan menarik perhatian pembeli dari pada sapi biasa.

Ciptakan sapi dengan corok ungu yang sesuai dengan produk dan kebijakan perusahaan jika ingin sukses. Tapi jangan terlewa, jika sudah mulai bermunculan sapi-sapi lainnya maka ubahlah sapi ungumu menjadi Sapi Super Ungu.
 
10. The History of Java (Thomas Stamford Raffles)
Berat memang, justru karena buku ini berat perlu dicari cara agar menjadi bacaan yang enak dibaca dan wajib bagi anak sekolah. Caranya mungkin dengan membagi menjadi beberapa bagian, entahlah. Penerbit tentunya lebih paham

Kenapa? Karena buku ini membahas tentang

kehidupan masyarakat Jawa pada masa lalu. Buku ini ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, seorang administratur kelahiran Inggris, yang sangat terobsesi untuk merekam eksotisme dunia Jawa yang penuh dengan keragaman serta keunikan geografis dan budaya.

Ini versiku, mana versimu? ^_^













































2 komentar:

  1. Dari judul-judul di atas, saya hanya kenal dan pernah baca buku Where The Mountain Meets The Moon, Grace Lin. Buku ini saya ganjar 5/5.

    http://bukuhapudin.blogspot.co.id/2016/09/buku-where-mountain-meets-moon-by-grace.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus baget ya. Aku sampai punya beberapa waktu itu. Buat hadiah

      Hapus