Sabtu, 16 April 2016

GA HUT BBI Ke-5 Berhadiah 7 Buku








Hai....hai....hai....!
Seperti biasa,  selalu ada saja alasan baik untuk membuat beberapa buku  terbang meninggalkan perpustakaan nyaman Grandnie. Kali ini alasannya adalah Hut ke-5 BBI

Tidak terasa ya, sudah lima tahun ikut malang-melintang bersama BBI.  Banyak suka duka yang sudah dialami, pastinya lebih banyak sukanya. Misalnya, jadi punya teman yang selalu tanya mau nitip LW-kah jika keluar negeri, atau mengirim teh dari daerah lain. Bisa dapat info buku bagus yang layak dicoba untuk dibaca karena bukan berasal dari genre tanpa ada rasa ragu. Terpenting, bisa bersama-sama ikut menggiatkan budaya baca dan membuat review di tanah air.

Sebagai rasa bersyukur, maka akan ada beberapa buku yang terbang menemui pemilik barunya. Ada 7 buku tepatnya. Kenapa 7 buku tersebut yang dipilih? Bukan sembarang buku lho, ada alasan khusus. Buku-buku tersebut merupakan karya penulis yang mumpuni baik dalam taraf nasional dan internasional. Beberapa buku memang disimpan lama dan baru dikeluarkan sekarang sehingga mungkin saja agak susah mencarinya ditoko buku. Dua orang penulis lokal, Mas Yudhi Herwibowo dan Mbak Indah Darmastuti berkenan memberikan tanda tangan di buku mereka.
 
Bagaimana caranya agar buku ini bisa berada dalam rak buku teman-teman semua? Guampang........ banget. Cius deh *ngikik*

Syarat mengikuti lomba:
1. Follow blog ini. Nah awalnya saja sudah gampang khan!

2.  Jawab 2 pertanyan sersan-serius dan santai berikut ini
a. Pertanyaan serius
Apa yang diharapkan dari keberadaan BBI dimasa depan? Silahkan curahkan harapan. Jika ada yang mau menyampaikan keluhan juga boleh, tapi ini bumbu lho. Penilaian tetap pada harapan untuk BBI dimasa depan.

b. Pertanyaan santai
Menurut kalian, apa buku paling nyeleneh yang pernah terbit? Dan kenapa menjadi aneh? Buku tersebut harus benar-benar sudah terbit, jadi bukan khayalan semata.

Misanya (kalau ini sih cuman karangan saya): Menurut saya buku paling aneh adalah Tata Cara Bermain Gundu karangan Bijidakon. Karena, buat apa ada buku itu sementara cara bermainnya sangat mudah dan sudah menjadi permainan anak-anak setiap harinya di tanah air.

3. Posting jawaban di komen GA ini. Setiap peserta hanya bisa mengirim satu komen, jika ada beberapa kali komen maka komen pertama yang dinilai.

Hal lain terkait lomba:
1. Gratis ongkos kirim seluruh NKRI
2. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat
3. Lomba hingga tanggal 21 April 2016 pukul 23.59 WIB. Artinya postingan muncul paling lambat pukul 23.59 WIB
4. Pengumuman bisa dilihat pada tanggal 25 April 2016 pukul 10.00 WIB
5. Pemenang harap menginformasikan alamat serta nomor hp paling lambat tanggal 27 April 2016 pukul 11.00 WIB ke uyi_adi@yahoo.co.id. Jika melewati batas yang ditentukan maka pemenang akan dianggap gugur dan akan dipilih pemenang baru.

Oh ya, karena jawaban agak panjang maka guna menghargai usaha para peserta lomba, maka hadiah tersebut hanya untuk SATU orang pemenang saja. 

Mudahkan? Hayuh tunggu apa lagi mumpung masih ada waktu untuk memikirkan jawaban sersan tadi ^_^ SEMANGAT..................!
 
Eh.... Lupa....!
Ada 2 buku yang juga bakalan terbang menuju rumah barunya,  Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken serta A Man Called Ove. Kalau yang ini untuk kejutan dengan kriteria rahasia wkwkwk.

*Duduk manis menunggu jawaban sambil bongkar timbunan siapa tahu ada lagi yang bisa dijadikan hadiah*

--------------->

Siap...siap...siap...!
Buat yang menasaran, cara penjurian GA ini sangat mudah dan jauh dari urusan KKN. Saya ganti nama teman-teman dengan nomor lalu saya kirimkan untuk beberapa sahabat yang bersedia membantu menjadi juri. Pilihan mereka yang menjadi juara. Jadi 100% tidak ada campur tangan saya.

Oh ya saya setuju sekali bahwa setiap buku memiliki pembacanya masing-masing. Alasan bertanya mengenai punya yang paling nyeleneh sebenarnya hanya ingin tahu buku nyeleneh apa saja yang menurut pembaca pernah ada. Dengan tidak mengesampingkan mungkin saja buku itu berguna bagi yang lain. Namanya buat meramaikan dunia buku, siapa tahu malah jadi ada ilham buat bikin buku yang tidak pernah terbayangkan ^_^.

Hadiah hiburan:
1. Untuk yang posting pertama: Amanda Sheila
2. Untuk yang posting terakhir: Ananda Nur Fitriani

Silahkan Amanda memilih dahulu mau yang Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken  atau  A Man Called Ove. Otomatis yang satunya untuk Ananda.

Ssst sekedar bocoran, kuis yang akan datang beda lagi lho kejutannya. Belum tentu yang pertama dan terakhir.

Hadiah 7 buku jatuh ke.....
Cynthia Damayanti

Selamat yahhhh.

Oh ya, ada pesan sponsor dari teman-teman juri agar Fisca & Devita Retno juga mendapat hadiah hiburan. Karena jawaban mereka berdua membuat juri tertawa tiada henti wkwkwk.  Karena ini spesial order, saya mikir dulu yaaa mau dikasih apa he he he *lirik timbunan* Bisa buku-bisa juga bukan buku *mikir keras*

Jangan lupa kirim alamat, berikut kode pos dan no hp ke uyi_adi@yahoo.co.id supaya paket bisa segera dikirim. Ditunggu.......

Buat yang belum beruntung jangan khawatir, masih banyak kuis yang seru.

SEMANGAT!!!!!

36 komentar:

  1. Silahkan posting jawaban di bawah ini ya..
    Semoga beruntung

    BalasHapus
  2. Amanda Sheila / amanda.cheila(@)yahoo(.)com
    Sudah follow blog-nya, duong!

    Muahaha, untuk pertanyaan seriusnyah, agak susah-susah gampang ya, kak. Mungkin karena aku bukan anak BBI dan baru tahu perihal BBI sekitar dua tahun lalu, itu pun cuma jadi kerikil aja alias diem-diem memperhatikan dan nggak gabung di mana-mana. Tapi yang aku tahu (setelah pendalaman materi), adanya BBI ini sangatlah bermanfaat. Aku bisa tahu buku-buku yang belum pernah aku baca sebelumnya setelah mampir dan baca review kakak-kakak anggota BBI, bisa ngikik sendiri kalo baca review yg kadang garing cam krupuk puli, dan yg paling membahagiakan adalah berkenalan dan bertemu kakak-kakak anggota BBI yg sekarang jadi teman baikku. Nah, kurang untung apa, coba? Yah, selain itu juga karena anggota BBI sering bikin giveaway, sih. Kan buat fakir buku seperti daku, alhamdulillah sekali ituuu. ><
    Harapanku buat BBI, semoga makin jaya, nggak ada drama-dramaan yg nggak penting, anggota yg kurang aktif jadi makin aktif dan BBI yg mungkin sekarang skalanya masih kecil bisa makin besar dan merangkul semua pihak. Amin!
    Apa aku berminat bergabung di BBI? Sejauh ini aku belum berani. Karena aku tahu kemampuanku dalam mengurus blog dan daripada bikin repot orang lain, cukuplah aku yg repot sendiri. :)
    Selamat ulang tahun, BBI! *ketjup*

    Dan untuk pertanyaan kedua.. Ahaha, apaan ya? Well, karena daku romance lover kak, ada buku salah satu penulis luar yang judulnya Coach (aku nggak mau ah nyebut nama author-nya, biar nggak diserbu masyarakat), yg isinya plain gituan, tanpa ada plot dan gituannya pun.. Luar biasa nasty. :)))) Enak sih, kalo dibaca pas.. saat-saat tertentu. Tapi kok setelah dipikir lagi, buku itu beneran pointless other than bikin kepala ngeres. *ngakak* Dan aku punya lo paperback-nya. Bertandatangan lagi. Muehehe.

    Sekali lagi terima kasih untuk Kak Truly karena sudah bermurah hati pada kami. Semoga sukses terus, kakaaaaqz! *peyyuuuukkk*

    BalasHapus
  3. Aloo, ini Andry Chang (andrychang-at-gmail-dot-com).

    Yah, saya sendiri blm kesampaian jadi anggota BBI soalnya blog2 saya nggak membahas soal buku saja. Tapi, daripada menyarankan kalau anggota blognya tidak harus melulu ttg buku, saya lebih concern ke audiencenya. Mungkin bisa ditiru langkah bbrp reviewer termasuk saya dgn menaruh link ke blog setiap kali review di goodreads dsb. Dan coba perbanyak interaksi blogger buku dengan penulis. Misalnya bantu promosi buku tapi juga memberi kritik yg membangun.

    Duh, saya nggak banyak baca buku nyeleneh, aneh tapi nyata sih iya. Tapi serial The Song of Ice and Fire (Game of Thrones) si George itu nyeleneh bin bejad, kalau itu konteksnya.

    BalasHapus
  4. ikutaan mbak truly,,,hehehe
    1. sudah follow
    2. a.serius: mudah-mudahan suatu saat BBI bisa menjadi wadah para kutu buku untuk mengembangkan hobi , dan juga menjadi jembatan antara para pembaca dengan penerbit, sehingga aspirasi2 para pembaca dan pembeli buku bisa tersalurkan dengan baik , dipahami oleh pihak penerbit, sehingga dalam berbisnis pihak penerbit pun bisa menyesuaikan antara hukum pasar dengan tidak mengecewakan para konsumennya.jadi, enggak ada lagi penerbit PHP, atau harga buku yang melangit, karena mereka sudah paham ttg apa dan bagaimana konsumennya. hmm..gitu aja kali ya. maaf kalau terlalu mengawang hehehe
    b. santai: sebenarnya ga pernah nemu buku yg nyeleneh, atau engga ingat juga :p setelah browsing, ketemulah satu judul:
    101 uses for a dead cat (simon bond)

    apa ya gunanya kucing mati?? boro2 mikir kegunaannya.. yg ada sedih kalau kucing kita mati :D

    makasih mbak truly

    BalasHapus
  5. Thx sudah mampir...

    Untuk kali ini salah satu hadiah kejutan adalah yang posting duluan dapat 1 buku. Buku lainnya buat hadiah yang..... adak aja wkwkwk

    Ya ampiun itu Amanda udah selesai buka baju and lempar sepatunya? Udah duluan aja nih. Berhubung sudah 2X nanti kalau ada GA mesi duluan ngak dapat hadiah yaa. Gantian sama yang lain wkwkwk.
    Baiklahhhh, jadi mau yang perpustakaan atau yang Ove?

    BalasHapus
  6. Astrid Tibot.

    Hai mba Truly, salam kenal.
    sudah follow

    Yang serius :
    Jujur dulu saya nda kenal BBI, saya cuman tau blogger, itupun sewaktu mau ikut giveaway disalah satu postingan penulis di FB, ada istilah "BlogTour". Coba ikut pertama kali nda menang, trus2 ikuti semua rangkaian blogtour nya tetap nda menang. Setiap ada blogtour diikutin semuanya. Karena nda pernah menang saya jadi males ikut giveawaynya, jadi saya cuman baca review buku yang bagus dan menarik untuk pertimbangan buat beli buku di blog. Dari blog satu ke blog satunya saya baru tau komunitas BBI.
    Untuk kedepannya buat BBI...mereview banyak buku, kalau bisa semua buku (hehhhe...), review bukunya harus jujur, kalau bukunya jelek yah jelek, bagus yah bagus, jangan karena kenal dengan penulisnya reviewnya dibagus2kan. Dari review kan bisa membantu para pembaca untuk memilih buku bacaan.

    Yang santai,
    buku mayor yang saya baca selama ini normal, yang aneh itu buku SP. Tetapi saya tidak mencap semua buku SP itu aneh, ada yang normal dan bagus. Sebenarnya mau nulis judul bukunya, tapi nanti ada drama kolosal yang berkepanjangan hehhehe

    Selamat Ulang Tahun buat BBI yang Ke 5, panjang umur dan semuanya sehaaat....



    Makasih Mba Truly buat GA nya, saya jatuh cinta sama Putra-putri Hurin nya hehehhe



    BalasHapus
  7. Vinia Dayanti (viniaww@gmail.com)

    Hai mbak Truly, aku ikutan GA nya ya, mudah-mudahan beruntung. Blog udah aku follow, jawabanku:
    a. Pertanyaan serius:
    Sebelumnya selamat ulang tahun dulu buat BBI semoga semakin berkembang dan bertumbuh dengan baik =)
    Yang diharapkan kedepannya untuk BBI adalah BBI bisa terus berkontribusi untuk meningkatkan minat baca orang Indonesia, selalu bikin event-event seru yang bermanfaat, tetap dicintai dan menjadi andalan para blogger buku dan juga permintaan untuk BBI, buka pendaftaran dong untuk member baru.hehe

    b. Pertanyaan santai:
    Buku nyeleneh yang pernah terbit menurutku itu adalah buku Gempa Waktu. Jujur, itu sebenernya novel atau non-fiksi aku juga ga paham, dan entah kenapa aku ga bisa ngerti apa maksud novel itu (apa karna bahasanya susah atau emang otak yang dangkal sehingga ga ngerti juga), tapi katanya itu isinya humor, tapi aku ga ketawa bacanya, yang ada malah berkerut keningku karena susah paham..

    Thx mbak, sukses selalu ngeblognya ^^

    BalasHapus
  8. Alexa Ayana (felttoys1@gmail.com) Jakarta
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1003355146407756&id=100001998415242&ref=bookmarks


    Hello Mbak Trully ❤️❤️❤️
    Pertama-tama Happy Birthday dulu buat BBI semoga tambah maju dan sukses di tahun-tahun mendatang.

    1. Sebenarnya aku termasuk baru aktif lagi di dunia buku setelah vakum hampir 4-5 tahun. Sebelumnya aku gak pernah tahu sama sekali tentang BBI sampai ikut giveaway di beberapa blog yang ternyata member BBI. Tahun ini juga syukurlah blog review kecilku bareng Elle uda join ke dalam BBI, smoga bersama-sama kita bisa bantu ngeramein dunia buku di Indonesia.
    Yang diharapin dari BBI tentu saja adalah pertahankan selalu ketajaman dan kejujuran dalam mereview sebuah buku, walaupun itu buntelan. Mungkin bisa juga diadakan acara-acara kopdar yang seru dan sering-sering ngadain giveaway seperti ini.

    2. Buku yang paling nyeleneh yang pernah di baca adalah The Goodbye Man dari seri Red Market karya dark duo Ashleigh Giannocarro dan Mary E Palmerine. Di mana nyelenehya? Karena buku ini beneran menantang batasan pembaca yang paling pemberani. Mereka kek memberikan semua ketakutan kita sebagai manusia kalau diwujudkan nyata dalam kehidupan. Cerita ini sangat gelap, mencekam dan bikin gemetar. Kisah tentang prostitusi anak, abuse, gangbang rape, penjualan organ tubuh, incest dan juga kelainan kejiwaan. Buku yang jenius dan berani tapi juga tidak diperuntukan buat pembaca berjantung dan perut lemah.

    Makasi buat kesempatannya mbak Truly, sukses terus blognya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh naksir Putra Putri Hurin 😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍

      Hapus
  9. Thx all.
    Tenang ak.minta tolong bbrp teman buat membaca dan memilih pemenang. Jd bukan aku lho yg menentukan. Bs dibilang jauh dari unsur KKN wkwkwk

    BalasHapus
  10. Halo Mba Trully
    Terima kasih atas kesempatan menang GA nya πŸ˜„

    Selamat Ulang Tahun buat BBI yang ke-5

    1. Baru subscribe hari ini (17 April 2016) setelah di tag mba Jenny M.Indarto di FB

    2.Harapan dimasa depan buat BBI semoga lebih banyak yang tau tentang blog ini. Mungkin dengan dengan lebih aktif dengan GA (modus) atau lebih aktif promosi di FB. Aku juga baru tau blog ini setelah di tag GA nya πŸ˜‚

    3. Buku yang nyeleneh yang pernah terbit..hmmmm..ga ada ada sih menurut aku..soalnya suatu buku itu kan hasil pemikiran seseorang, yang tidak terpikir oleh kita terpikirkan oleh yang ngarang dan aku menganggap itu sebagai suatu informasi aja πŸ˜„
    Tapi yang unik banyak koq. Salah 1 nya Abarat by Clive Barker, dimana kita berpetualang didunia jam dan ditambah dengan gambar2 hasil lukisan dia sendiri

    BalasHapus
  11. a. Apa yang diharapkan dari keberadaan BBI dimasa depan?
    karena BBI ini tercipta dengan dukungan para member, jadi saya mengungkapkan harapan untuk member aja boleh Mbak? saya sih berharap semua member BBI, tidak ada yang kena reading slump dan blogging slump. bahkan kalau bisa terus meningkat dari waktu ke waktu. readingnya sudah bukan genre atau penulis tertentu saja, meelainkan sudah menjadi the real omnireader. bloggingnya juga tidak hanya sekadar posting sebulan sekali, tapi sudah menjadi rutinitas yang dipikirkan secara matang dan bagus. sehingga "nilai" BBI di mata masyarakat bukanlah komunitas blogger buku biasa, melainkan sudah perkumpulan blogger buku yang bonafide :D

    b. buku paling nyeleneh yang pernah terbit? Dan kenapa menjadi aneh?
    buku berjudul Kanza Si Gadis Berkuda karangan Saiman Ian Mahesa (pernah saya review disini http://blog.ub.ac.id/ricomartha/?p=854)
    anehnya bagaimana? Pada dasarnya, ide yang diangkat dalam buku ini cukup menarik. Tentang kuda super yang bisa menjuarai pacuan kuda dengan mudah. Di sampul belakang, saya sama sekali tidak bisa menemukan inti cerita. Malah profil penulis yang dituliskan. Di awal cerita, saya sungguh bingung dimanakah lokasi pacuan kuda. Karena kemudian tiba-tiba sang kuda berlari hingga kaki Gunung Gede. Tidak ada penjelasan diawal. Lantas, sebagai cerita untuk anak-anak, banyak sekali hal yang tidak patut di buku ini. Misalnya adalah umpatan dan makian yang bertebaran serta kekerasan yang disajikan ketika bertarung. Berbagai kata tidak baku juga menghiasi buku ini. Membuat saya jengah membacanya. Misalnya “ngejoprak” dan “semaput”. Saya pikir kata tersebut belum diserap dalam KBBI. Sebenarnya alur cerita mengalir lancar. Tapi saking lancarnya jadi kayak arus deras. Berbagai hal terasa sekilas, bahkan tidak dijelaskan asal-usulnya. lebih lengkapnya bisa disimak di review saya hehehe.

    BalasHapus
  12. Thank you giveawaynya.
    Sudah follow dgn email joechen75@yahoo.com

    A.harapanku smoga BBI mkin sukses dan bisa jadi acuan baca bagi reader indonesia.

    B. Buku yg nyleneh... hmmm apa ya. So far sih belum pernah nemu buku aneh.karena bagiku semua buku itu ada keunikan2nya tersendiri. Apapun juga tema bukunya ...pasti tetap aja ada pembaca yg membutuhkannya.



    BalasHapus
  13. Thanks for the giveaway!!!

    a. Jawaban serius: Makin update, sering ngadain event buat blogger/non. Saya sebagai anggota baru cukup senang dengan adanya BBI yang dapat menjadi saran bagi book blogger. Sukses selalu!

    b. Jawaban santai: Jujur saya jarang banget baca bku Indonesia. Tapi klo ditanya paling nyeleneh? Tentu saja self-published yang akhir2 ini lagi HITS. Sebagian besar yang saya tau seperti main2 asal keluar buku berdasarkan request. Tidak memperhitungkan orang d luar grup mereka yang bisa saja membacanya. Serasa baca diary sih, tulisannya aja suka2 dia.

    Bantu share giveaway ini di facebook ;)

    BalasHapus
  14. Ikutan juga ya :)

    A. Tentang BBI sebenarnya hal baru bagi saya (apalagi setelah beberapa blog ngadain GA BBI, makin tercerahkanlah saya)sempat bingung dulu,karena beberapa blog yang sering saya kunjungi (hanya sebagai silent reader)kenapa selalu ada logo BBI. Lalu, harapan saya adalah lebih banyak yang tahu tentang keberadaan BBI (jangan telat kayak saya), makin sukses dan tetap menjadi acuan para penikmat buku. Terakhir, mungkin sering-serng diadakannya GA. :D

    B. Duh, pertanyaan terakhir mmebuat saya berpikir saya benar-benar kudet. Sejauh ini saya belum pernah membaca karya yang nyeleneh. Dulu pernah, sih. Tapi, kayaknya tidak diterbitkan deh. Waktu itu cuman pdf hasil unduhan. Saya pun juga lupa sama pengarangnya. Isinya? Cerita dewasa yang tidak ada konfliknya sama sekali.

    BalasHapus
  15. a. Dengan keberadaan BBI di masa depan, saya mengharapkan para pecinta buku (terutama yang ... eh... maaf, mungkin rada kuper) bisa menemukan wadah yang nyaman dan asik untuk sharing segala hal tentang buku. Saya berharap kedepannya BBI bisa tetap menginspirasi tanpa ada yang merasa kurang pede atau terintimidasi XD.

    b. Buku yang menurut saya paling nyeleneh ya? Ada sih. Err... tapi sebelumnya saya mau menekankan kalau ini cuma menurut saya saja ya, jadi kemungkinan kesalahan ada di saya bukan pada bukunya, *sungkem sama penulis*.

    Saya pernah menulisnya di https://irabooklover.wordpress.com/2015/11/30/opini-bareng-tema-logika-dalam-cerita/. Buku tersebut adalah 29 Juz Harga Wanita karya Ma'mun Affany. Berawal dari ketika istri sang tokoh utama mengalami kecelakaan. Si istri beserta keluarganya memutuskan untuk merahasiakan hal tersebut dari sang suami dengan alasan tidak ingin membuat si suami khawatir. Nah, yang aneh menurut saya adalah cara mereka merahasiakannya, tidak tanggung-tanggung, sang istri beserta keluarganya menghilang bak ditelan bumi. Si suami jadi hampir gila dibuatnya, bingung setengah mati kenapa istrinya tiba-tiba menghilang. Padahal menurut saya kecelakaan yang dialami oleh sang istri tidak terlalu parah. Tidak sebanding dengan kekhawatiran yang harus dialami sang suami dibandingkan dengan menghilangnya sang istri.

    NB: Sudah follow blog via GFC dengan akun Ira Mustika. Terima kasih untuk giveawaynya ^^

    BalasHapus
  16. a. Harapan saya BBI akan bisa sebesar GRI atau mungkin keduanya semakin berkolaborasi dalam menampilkan ulasan-ulasan buku (bagus dan jelek atau sedang-sedang saja) kepada pembaca. Dengan demikian, pembaca bisa merujuk ke BBI setiap kali mereka bingung apakah buku A wajib baca ataukah cuma wajib timbun. BBI menjadi sumber referensi untuk membeli buku bagi pembaca Indonesia, yang selama ini bingung saat hendak membeli buku. Untuk itu, member BBI semoga lebih aktif lagi dalam mengulas buku, sebanyak-banyaknya, anggap menulis ulasan buku sebagai bentuk ibadah karena kita membantu pembaca secara gratis saat mereka membeli buku. Semoga, semakin banyak yang suka baca di Indonesia tercinta ini. Hidup Blogger Buku Indonesia. Jangan lupa menimbun ya.

    b. Buku paling nyeleneh: Garut Kota Illuminati (https://www.goodreads.com/book/show/20442039-garut-kota-illuminati?from_new_nav=true&ac=1&from_search=true)

    Saya terpaksa melambai-lambaikan tangan ke CCTV ketika baru sampai di halaman 50-an. Saya tidak kuat membaca tulisan yang mengatakan bahwa kata "Atlantis" berasal dari nama tanaman "talas" yang banyak tumbuh di pulau Jawa kuno. Juga, buku ini seperti kumpulan artikel dari internet yang sumber data serta validitasnya sangat diragukan. Penulis-penulisnya juga terkesan terlalu sembrono dalam membuat suatu teori. Memang sih tujuannya untuk bikin heboh, semacam buku Atlantis versi luar negeri, yang walaupun agak "aneh" tapi mereka mampu menyodorkan data-data pendukung yang lumayan bisa dipercaya. Nah kalau di buku ini, penulis semacam meng-gothak-gathuk-kan satu hal dengan hal lainnya berdasarkan prinsip kemiripan. Bahkan, alur waktu sejarahnya juga tidak runtut. Maafkan jika saya keliru, tapi saya sendiri masih bingung ini sebenarnya buku fiksi atau nonfiksi?

    sudah follow lewat GFC ya mbak, terima kasih.

    BalasHapus
  17. Sudah follow lewat GFC ya kak, namanya Daivara Rezuki Wijaya. Btw salam kenal kak:D

    Apa yang diharapkan dari keberadaan BBI dimasa depan? Silahkan curahkan harapan. Jika ada yang mau menyampaikan keluhan juga boleh, tapi ini bumbu lho. Penilaian tetap pada harapan untuk BBI dimasa depan.

    Sebenarnya aku baru mengenal BBI sekitar 1 tahun, itu pun karena tertarik karena salah satu teman merekomendasikan-nya. Aku suka salah beli novel, aku kira novelnya bagus namun ternyata kurang memuaskan. Jadilah BBI sebagai sumber pengetahuanku mengenai suatu novel atau buku:D Aku berharap BBI semakin semangat membuat ulasan-ulasan mengenai suatu novel, karena jujur, sebelum aku membeli sebuah novel, aku pasti nyari resensi novel tersebut di blog-blog yang merupakan salah satu anggota BBI. Aku sangat terbantu dengan adanya resensi-resensi tersebut. Terus aku berharap jika para member BBI semakin semangat mereview bukunya, semakin aktif dan semakin dekat dengan para pembaca. Kayanya sih itu saja, oh iya mau ngucapin OTANJOUBI OMEDETOU kalau kata om Naruto, SAENGIL CHUKKAE HAMNIDA kalau kata om Lee Min Ho, HAPPY BIRTHDAY kalau kata Daivara sih:v Ciee BBI udah jadi dedeq balita emesh:D Wishnya sebenarnya banyak, namun kurangkum intinya saja. Semoga BBI dan para membernya makin pemezz, makin semangat menyebarkan budaya cinta membaca buku, dan semakin semangat mereview buku-buku yang sudah di baca:D Sukses selalu!

    Menurut kalian, apa buku paling nyeleneh yang pernah terbit? Dan kenapa menjadi aneh? Buku tersebut harus benar-benar sudah terbit, jadi bukan khayalan semata.

    Buku apa aja kan yaa(?) Aku pernah sempat melihat novel dan judulnya agak aneh atau memang aneh yaa(?) Judulnya Buku Ini Tidak Dijual. Menurutku buku karya Henny Alifah memberikan judul yang anti-mainstream dan aneh. Walaupun judulnya aneh, isinya sih tidak. Tapi kan lucu gitu pas baca judul-nya:D

    Sekian, terima kasih atas kesempatannya:D

    BalasHapus
  18. Apa yang diharapkan dari keberadaan BBI di masa depan?
    Tetap eksis. Tetap menyebarkan virus membatja ke dunia. Tetap berusaha "membangunkan" orang-orang bahwa membatja itu tidak hanya identik untuk belajar, tapi kegiatan rekreasi yang menyenangkan, dan bermanfaat :')

    Buku paling nyeleneh yang pernah terbit? Dan kenapa menjadi aneh?
    Metamorfosis-nya Franz Kafka. Sejak halaman pertama buku ini bikin terkejut. Absurdnya benar-benar ... wow. Hingga membuatku merasa tak aneh lagi ketika mendapati buku absurd lainnya. Dan meski aneh dan absurd, Franz tampaknya tak terlalu bersusah payah untuk mendetailkan "sebab" pada ceritanya, bahkan ia terkesan bungkam. Dia lebih mengeksplorasi "akibat", dan siapa sangka? Cerita pendek ini masih dibatja dan didiskusikan hingga sekarang :3

    BalasHapus
  19. 1. Sudah follow lewat GFC mbak :)
    Pertanyaan serius
    Harapan buat BBI ke depan? BBI bisa menjadi ajang silaturahim buat insan perbukuan. Diawali dari hal-hal yang sederhana dulu, tetapi ke depannya bisa menjadi ajang yang bisa dijadikan industri perbukuan sebagai sarana untuk berkembang dan di saat yang sama, BBI juga bisa menjadi penggerak dunia literasi di Indonesia. Dan itu sudah dimulai dengan sebuah langkah kecil. Yang penting bisa lurus ke tujuan; jangan sampai tersesat.

    b. Pertanyaan santai
    Buku paling aneh menurut saya itu: Poconggg Juga Pocong karya @poconggg
    https://www.goodreads.com/book/show/11887365-poconggg-juga-pocong
    Dulu buku ini menjadi hits, laris manis. Tapi ratingnya di goodreads pun hancur-hancuran (bisa dibilang jelek). Kebetulan sempat membaca buku ini, dalam waktu singkat dan saya memutuskan untuk menyebut buku ini nggak jelas juntrungannya. Tapi memang rating gak selurus dengan penjualan di pasaran.

    BalasHapus
  20. April Silalahi / @aprlboanarges
    email: hilda.silalahi92@gmail.com

    1. Harapan untuk bebi di masa akan datang. Aku berharap di umur yang masih beranjak TK, akan terus bertumbuh menemani pertumbuhan usia para membernya. Akan semakin banyak orang yang menggemari bacaan karena tau komunitas bebi. Akan semakin banyak orang yang mendapatkan genre bacaan baru karena saling sharing antar sesama Bebi.
    semoga bebi akan terus dikenal didunia literasi Indonesia, makin banyak penerbit yang melirik bebi untuk diajak kerjasama.
    semoga dengan adanya bebi, pada member yang gemar membaca semakin gemar juga untuk rajin membaca bukan menimbun.
    sebenarnya aku berharap akun media sosial bebi dapat kembali aktif, bukan karena ada event saja. Tapi bisa membantu promo postingan membernya.
    oh ya, semoga dengan adanya Bebi, banyak member yang cinlok! Huahahahahaha.. kan member bebi banyak yang masih single :p

    2. Buku yang paling nyeleneh yang pernah aku temui berjudul; Bocoran Pertanyyaaan Alam Kubur dan Kunci Jawaban by M. Syafi'i Masykur. Seriusan ada! Coba googling.
    hal pertama kali muncul dalam otaku adalah, ya ampun ada gitu kunci jawaban alam kubur. Antara niat banget sampe gak penting banget sih :(
    ternyata bukan cuma UN aja yang butuh kunci jawaban :s
    gak bisa bayangin gimana isi buku tsb.

    BalasHapus
  21. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain

    jawaban serius: semoga BBI makin dikenal banyak orang, makin eksis, program2 yang dibikin bisa terealisasi semua, dan... semoga bisa menginspirasi banyak orang supaya lebih gemar baca buku :D

    jawaban santai: duh, gak enak nih nyebutnya. tapi menurutku buku ini bener2 nyeleneh, aneh dan berani terbit aja padahal.......... *sensor* yak, tanpa ragu2 aku mau bilang... Hush Hush. hmm, gimana ya transletannya ancur banget dan gak bisa dinikmati sama sekali. aku gak baca versi aslinya sih. siapa tau baca versi aslinya lebih bisa dinikmati. tapi seriusaaaan aku stres baca buku terjemahannya. itu pertama kali dalam hidupku baca buku fantasi terus merasa freeze tiap baca dialog para tokohnya. apaan dialognya kakuuuu banget!! kesannya gak hidup, dan gak nyata *halah* jujur, nyesel belinya. padahal udah beli sampe buku dua :'))))

    BalasHapus
  22. Nina Ridyananda @ridyananda

    Wah, Mbak Truly ngajakin pengurus buat curcol XD
    Diharapkan, kedepannya BBI nggak hanya terkenal di Online. Secara Offline, BBI masih kurang eksis. Mungkin perlu partnership yang lebih banyak, event offline (ini kerjaan Event, tapi...namanya juga harapan X)), ikutan pameran (nggak cuma IRF), dan juga mengembangkan web sebagai portal pertama para tamu yang pengen tahu BBI itu kayak gimana. Misalnya, yang ngisi artikel di web bukan cuma pengurus, dsb.

    Buku paling nyeleneh?
    Pernah baca buku bulu (Beauty for Sale) dan ngintip buku biru X) Nggak perlu diceritain kenapa nyelenehnya hehe, tapi buku itu bikin aku percaya kalau buku kacrut emang bisa eksis.

    BalasHapus
  23. Wardah
    sepuluh.cokelat@gmail.com
    @bungaoktober_

    a.) Apa yang diharapkan dari keberadaan BBI dimasa depan?
    Harapannya sih berkisar pada dunia literasi Indonesia. Semoga keberadaan BBI bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia secara luas, bukan saja menjadi sarana temu-kangen para penimbun buku yang emang dari awal udah demen baca. :")
    Selain meningkatkan minat baca, jelaslah meningkatkan kesadaran menulis, tentunya menulis yang orisinil. Kan BBI itu komunitas blogger buku, jadi ya kerjaannya selain baca tentu saja menulis review.

    b.) Menurut kalian, apa buku paling nyeleneh yang pernah terbit? Dan kenapa menjadi aneh?
    Belum nemu nih, Mbak. Kalau yang idenya nyeleneh sih beberapa buku sastra ada, tapi berhubung cuakeeep buanget ditulisnya, nggak bisa deh saya bilang nyeleneh. Haha. Mungkin suatu hari nanti ketemu buku kayak yang ditemukan Mbak Truli, bukan tetang main gundu tapi, mungkin tentang main petak umpet.

    BalasHapus
  24. Selamat Ulang Tahun, BBI! ������
    Makasih buat GA-nya. Semoga kali ini saya cukup beruntung. ��


    1. Sudah follow sejak entah kapan.

    2.
    a. Saya senang dengan eksisnya BBI. Dengan BBI, banyak buku menarik yang tadinya mungkin ngga masuk dalam daftar bacaan jadi menambah panjang daftarnya. BBI adalah salah satu sumber ide buku-buku apa saja yang layak buat dibaca. Kadang kalau lagi bosan dengan genre buku favorit dan mau baca buku dengan genre yang ngga biasa untuk refreshing, BBI jadi sumber referensi yang bisa dipercaya. Dan lebih santai bacanya karena materinya sebagian besar dalam Bahasa Indonesia. Hihihi.
    Jadi harapannya, semoga BBI bertambah besar dan anggota-anggotanya selalu aktif membaca dan mereview. Saya yakin, di luar sana banyak "silent reader" yang suka nongkrongin blog-blog buku. Kalau bisa, BBI juga aktif di media sosial, dong. *banyak maunya ��
    Jadi para pengikut BBI bisa tahu event-event BBI (nah, sekalian dong, sering-sering bikin event. ������), giveaway, atau info-info buku. Pasti tambah seru. Jangan berhenti kampanye baca! ��

    b. Buku paling nyeleneh yang pernah terbit menurut saya? Ada. �� Judulnya "Teori Absolutivitas - Matahari Mengelilingi Bumi". Penulisnya, Rahmat Abdullah.
    Membaca judul besar " Matahari Mengelilingi Bumi" saja sudah cukup membuat saya tersedak. Ditambah dengan frasa "Teori Absolutivitas", rasanya saya ingin cepat-cepat pindah planet... Sayangnya ngga bisa. Jangankan pindah planet, konon kalau mau pindah negara aja susahnya minta ampun. Hihihi. ��
    Buku ini nyeleneh bagi saya karena—ya, ampun—ini sudah tahun 2016, tapi masih ada teori kalau matahari mengelilingi bumi. Dan dinyatakan sebagai teori absolut! Wow... ��
    Dan yang terburuk bukanlah bagaimana si penulisnya amat-sangat-yakin mengenai teorinya yang lucu, tapi bagaimana ia bisa menerbitkan buku itu. Pertama, berarti penerbitnya sepemahaman dengan si penulis. Kedua, ada upaya membuat pemikiran orang-orang kembali ke zaman batu. ��
    Ah, ya sudahlah...
    Makanya, BBI ini penting! ������

    Jadi, Selamat Ulang Tahun BBI. Semoga makin besar dan sukses. Semoga tahun depan masih bisa ngucapin lagi. ��

    TschΓΌss!

    BalasHapus
  25. Priskila Indah Sekar
    indahsekarmustika@gmail.com

    #Harapan untuk BBI sih semoga kedepannya selalu bisa menjadi wadah interaktif bagi para blogger di Indonesia, baik dengan sesama blogger yg tergabung di dalamnya maupun bagi pengunjung blognya.
    Dan semoga BBI bisa selalu kreatif dalam membuat berbagai event seperti ini, jadi para "pembaca" blogger gak pernah bosan untuk mengunjungi blog yang tergabung di BBI.
    Semoga BBI bisa selalu tumbuh dan berkembang lebih maju lagi, dan bisa setenar goodreads.
    Harapan yang terakhir, semoga BBI buka lowongan anggota secepatnya. Hehe..

    #Buku yang cukup nyeleneh menurutku salah satunya diterbitkan oleh Gramedia, yaitu buku Life on The Refrigerator Door (Kehidupan di Pintu Kulkas) yang ditulis oleh Alice Kuipers.
    Kenapa nyeleneh? Karena tiap halaman cuma berisi beberapa kalimat aja. Sesuai sekali dengan judulnya sih, buku ini menceritakan tentang isi percakapan seorang remaja dengan ibunya melalui notes yang biasa ditempel di kulkas. Namun dari kalimat-kalimat singkat di tiap halamannya bisa membangun sebuah kisah yang sebenarnya cukup sederhana namun dirangkai dalam format cerita yang unik.
    Buku ini bisa menjadi tamparan keras bagi para orang tua yang selalu sibuk sendiri dalam pekerjaannya sehingga mengesampingkan kehidupan anaknya dan membuat anak-anak menjadi kesulitan memulai interaksi yang seharusnya terjadi dalam kehidupan keluarga.

    Terimakasih giveaway nya.

    BalasHapus
  26. @anggunpw at thebookishome.com
    wardhani.anggunpramuda[at]gmail[dot]com

    Sengaja ngejawabnya injury time,

    Harapan untuk BBI sih, semoga anggotanya bisa menjadi lebih banyak lagi dan dapat menularkan kebiasaan membaca. Terus juga semoga BBI bisa lebih aktif, jadi bisa lebih diketahui masyarakat luas, biar bisa nunjukin orang suka baca itu gak cupu lho, tapi ngeksis juga.hehehe,

    Buku yang nyeleneh?
    Hmmm...setelah baca pertanyaan ini aku langsung kepikiran satu buku, judulnya "Anak yang diterbangkan Kutu", pertama kali dibacain sama mama ku pas jaman kecil, dulu itu dibacain tiap malam sama mama untuk adekku, soalnya dia dulu punya banyak kutu dirambutnya, soalnya doi rambutnya panjang, dan kriting kayak maria bellen, tujuan di bacain buku itu tiap malam biar dia ketakutan. Dan aku yang ikutan ngedengerin pun jadi ikut ketakutan. Terus kalau diingat-ingat soal buku itu pas udah gede, kok kayaknya aneh banget ya, mana mungkin kutu rambut kecil-kecil gitu bisa nerbangin orang.Hahaha, maklum masih kecil, imaginasinya kemana-mana >.<

    Terima kasih giveawaynya mbatru, semoga menang... Aku ngincer The Man called Ove nya.hahaha

    BalasHapus
  27. halo mba truly, aku mau ikutan juga, mepet dedlain

    Cynthia Damayanti | @cyn0514 | cyn0514@gmail.com

    Jawaban serius:
    Semoga BBI ke depannya makin menjadi tempat berkumpulnya para pembaca dan tempat mencari informasi tentang buku-buku, apa saja, segala genre, segala judul. Semoga BBI bisa menjadi sarana untuk mendekatkan para pengarang dengan para pembacanya. Semoga BBI bisa menjadi suara para pembaca pada para penerbit sekalian, untuk segala hal yang berkaitan dengan buku.

    Jawaban santai:
    Judul paling nyeleneh yang pernah kulihat dan bikin ngakak berat adalah "How to Poo on a Date". Buku ini entah bagaimana bisa keluar waktu aku men-search sebuah buku di goodreads. Dan lebih ngakaknya lagi, setelah ku-kepoin, buku ini ternyata bagian dari sebuah seri "How to Poo on ..... " Beneraaaan!! Hehehe... mosok mau **** aja mesti diajarin??!? :D :D :D

    Terima kasih ga-nya ya

    BalasHapus
  28. Ananda Nur Fitriani | anandanftrn[at]gmail[dot]com

    Halo Mbak Truly!
    Happy 5th birthday for Bebi! Semoga umurnya berkah, dan gak lupa aku doakan segala yang terbaik untuk Bebi! Harapan untuk Bebi kedepannya, makin banyak Event (baik itu di sosmed atau in real life), membernya makin banyak dan aktif, selalu rajin baca dan mereview buku, hubungan kekerabatan antar anggotanya makin erat, dan yang pasti terus berusaha menginspirasi para pencinta buku lainnya, menebarkan rasa suka membaca kepada seluruh umat di dunia \^^/

    Buku paling nyeleneh? Buku-bukunya bang radit** dik*. Kenapa? Karena menceritakan kisah (yang katanya nyata) tentang seseorang yang konyol, dan orang itu menuliskan kisahnya sendiri, termasuk caranya kentut dan BAB. Lalu orang-orang pada suka, sampai diangkat ke layar lebar, dicetak ribuan kali, laku bener. Pertanyannya, kok penulisnya dengan sukarela membagi cerita yang (kadang) agak menjijikkan itu ke semua orang, dan orang-orang pada suka? xD

    ^eh tapi yang ini gak serius ya mba, saya bingung jawab apa jadi jawab seadanya, hahaha. Makasih atas kesempatannya \^^/

    BalasHapus
  29. Thx sudah mampir.....
    Harap tunggu hasilnya yah

    Untuk Amanda S silahkan pilih 1 buku antara Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken serta A Man Called Ove.
    yang tidak dipilih untuk Ananda Nur sebagai yang posting terakhir. Terlepas dari kalian menang atau tidak lho. Ini hadiah bonus. Apresiasi atas semangat kalian *peyuq2*
    Harap inbox alamat

    BalasHapus
  30. Ahhahaha.... maap baru mampir sini lagi... kukira postingan pemenangnya terpisah #alesaaan
    Terima kasih mba tru, hepi sekali bisa menang ga di sini. Alamat sdh kukirim lewat email. Tengkyuuu *ketjup* ^.^

    BalasHapus