Kamis, 23 Juni 2011

Buku Wajib Para Ibu Hamil, The Pregnancy Handbook

Judul        : The Pregnancy Handbook
Penulis     : Nadia Mulya
Editor      : Dyoto Lakhsmi Tenerezza
                 Novikasari Eka S
ISBN       : 978-602-8579-65-0
Halaman  : 220
Penerbit   : Qanita
Cetakan   : I, Maret 2011

Atas kuasa Tuhan, tengah terjadi keajaiban dalam tubuh Anda.
Selamat menempuh pertualangan  baru

Semenjak memasuki gerbang pernikahan, kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu. Saat dokter dan berdasarkan hasil test lab menyatakan seorang wanita hamil, maka sejak itu pula seluruh kehidupannya berubah. Sang calon ibu tidak hanya penjaga dirinya namun juga calon anak yang dikandungnya. Makanan yang dimakannya bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk sang calon anak, demikian juga dengan kegiatan lain, akan berpengaruh pada kehamilan

Buku ini memuat tips singkat seputar makanan, gaya berbusana serta olah raga selama kehamilan. Banyak wanita hamil yang cukup paham seputar asupan gizi bagi dirinya juga bagi bayi yang dikandungnya. Namun ia melupakan olah raga, sehingga keseimbangan kurang terjaga. Ada juga wanita hamil yang melupakan penampilannya dengan alasan kehamilan membuat ia tidak bisa bergaya. Padahal semuanya bisa dilakukan bersamaan dengan mudah.

Pada dasarnya buku ini terbagi dalam beberapa bagian. Bagian pertama membahas mengenai Rules of the Game. Isinyanya sih seputar pengetahuan tentang kehamilan. Misalnya bagaimana nutrisi seorang ibu hamil, bagaimana tetap bisa  gaya dalam kondisi hamil. Sering kali wanita yang hamil mengkonsumsi makanan berlebih sehingga membuat badannya "meninggi ke samping" Sering kali mereka mengalam kendala mengembalikan berat badan ke kondisi awal. Buku ini menawarkan tips untuk menurunkan berat badan.

Tak ketinggalan juga ada tips mengenai bagaimana berolah raga selama kehamilan.  Walau hamil bukan berarti tidak bisa berolah raga. Asalkan menghindari olah raga yang membuat kurang nyaman terutama dibagian perut, kegiatan olah raga bisa menyenangkan. Olah raga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil  antara lain jalan cepat, berenang, low  impact yoga, serta pilates.   Perlu diingat, sebelum berolah raga jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi kehamilan dengan resiko tinggi.

Selanjutnya, kita akan diajak menengok trimester pertama  dimasa kehamilan. Bulan pertama sangat penting guna mempersiapkan kondisi lingkungan yang sehat bagi bayi. Umumnya para waniya baru menyadarti kehamilan saat berusia lima minggu. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, kehamilan bisa  diketahui hanya dalam waktu beberapa hari setelah berhubungan. Beli beberapa test pack-test kehamilan untuk berjaga-jaga bila kurang yakin akan hasilnya.

Jenis kelamin bayi juga ditentukan pada saat ini. jenis kelamin ditentukan kromosan sperma saat terjadi pembuahan ( X dan Y). Jika X yang berhasil membuahi maka bayi yang dikandung perempuan, sebaliknya jika Y maka bayi yang dikandung adalah laki-laki. Dewasa ini, banyak cara yang ditempuh agar bisa mendapat jenis kelamin tertentu. Misalnya dengan banyak mengkonsumsi jenis makanan tertentu, berhubungan dengan posisi tertentu. Perlu diingat, hanya Sang Pencipta yang bisa  menentukan jenis kelamin bayi, kita hanya mampu berusaha secara maksimal.

Saat kehamilan, kita juga akan mengalami saat depresi, hal ini dikarenakan emosi yang rapuh.  Kondisi ini disebut baby blues. Baby blues adalah kondisi emosional ibu hamil yang merasa khawatir, bahkan depresi menghadapi kehamilan dan persalinan. Kondisi yang lebih parah merasakan tidak menginginkan bayi yang dikandungnya. 

Hal ini umumnya timbul karena merasa  khawatir akan tanggung jawab sebagai ibu baru, sulitnya beradaptasi dnegan kondisi baru hingga dukungan suami dan keluarga yang dirasa tidak ada. Mengatasinya bukanlah hal sulit, dukungan semua pihak membuat si ibu nyaman dan kuat sehingga merasa mampu mengatasi saat kehamilan dan kelahiran dengan lancar.

Pada  trimester kedua komunikasi kian terjalin melalui tendangan dan gerakan si kecil dalam dekapan rahim anda.  Bayi  benar-benar menunjukkan kehadirannya, Ia lebih aktif terurtama saat lapar dan malam hari. Kian hari tendangannya kian kuat, momen ini sering ditunggu oleh para orang tua. Bayi sudah bisa memberikan respon balik.

Pada malam hari bayi lebih aktif dikarenakan dua hal. Pertama kondisi ibu yang lebih santai membuat ia lebih peka dalam merasakan gerakan bayi. Biasanya pada kehamilan kedua seorang ibu bisa merasakan gerakan si bayi  dengan lebih cepat. Kedua, pada siang hari gerakan langkah kita dan bunyi bising bagaikan lagu nina bobo bagi bayi.

Anda tidak pernah menyadari betapa indah dan kuatnya tubuh seorang wanita, setelah mampu menghadirkan kehidupan. Sudah sekian bulan terlewati tanpa disadari. Sebentar lagi para orang tua bisa melihat wajah bua hatinya yang selama ini hanya bisa  dilihat samar-samar melalui foto USG saja.

Mulailah mempersipakan kelahiran bayi anda dengan perlengkapan dasar dahulu. Sering kali kerabat membawakan buah tangan berupa kebutuhan bayi. Umumnya seorang ibu mempersiapkan dimana bayi akan tidur dan perlengkapannya, perlengkapan mandi, pakaian dan selimut. Belakangan para ibu memilih menggunakan pampers alih-alih bangun setiap sekian jam karena bayi menangis karena ngompol. Zaman memang sudah sangat membantu para ibu untuk mengurus bayinya dengan mudah.

Jangan lupa, tindakan menyusui segera setelah bayi lahir. Karena ASI yang pertama keluar sangat bagus bagi kekebalan si bayi. Jika memungkinkan teruslah memberi ASI hingga berusia 2 tahun.Belakangan, para dokter memberikan petunjuk agar ibu memberikan hanya ASI hingga bayi berusia 6 bulan. Untuk ibu pekerja, tentunya hal ini bsia disiasati dengan membawa ternos ASI.

Terakhir, jangan lupa mendokumentasi  momen berharga si kecil. Syukur jika saat melahirkan sempat membuat foto atau videonya. Kelak  si anak bisa  mengetahui bagaimana perjuangan sang ibu. itu sebabnya ada pepatah yang menyebutkan surga ada di bawah telapak kaki ibu. Bayangkan sosok seorang ibu membawa beban sekian kilo setiap saat tanpa mengeluh. Saat melahirkan harus meregang nyawa.

Sebuah YM dari sahabat saya sepertinya layak dibagikan untuk kaum ibu :

Wanita cantik itu:
tetap tertawa walau sebenarnya ia ingin menangis.
tetap tersenyum walau sbnrnya ia kecewa.
tetap kuat walau sbnrnya ia udh gak sanggup lagi.
tetap semangat walau ttekan oleh masalah.

yg tpenting : tetap sabar dan mmandang semuanya baik2 aja walau ia sbnrnya tluka,
dan mengisi hidupnya dgn hal2 dan pikiran Positif.
Maka..
kecantikanmu semakin tpancar.

Nah, udh ngerasa cantik kan?
skrg saatnya utk kmu sebarin pesan ini ke wanita cantik lain.
Oke cantik?

Siapa bilang hamil tidak bisa cantik????
baca buku ini makanya ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar