Jumat, 08 November 2013

The Familiars, Sahabat Para Penyihir

Penulis: Adam Jay Ebstein & Andrew Jacobson
Alih Bahasa: Maharani Aulia
Editor: D. Liana
ISBN: 978-602-9251-21-0
Halaman: 312
Penerbit: Metamind
Harga: Rp 40.000


Kepahlawanan bisa diwujudkan dalam banyak cara.
Tidak harus selalu manusia, kalian yang berkumis, bersayap dan berkaki selaput pun bisa

Mari berkenalan dengan Aldwyn, Gilbert serta Skylar tiga ekor Familiar, hewan yang menjadi asisten dan sahabat setia  para penyihir atau peramal. Mereka membantu sang penyihir, Loyal-nya saat bekerja dengan sihir atau tidak.

Berada di waktu dan tempat yang salah, sepertinya cocok untuk Aldwyn. Sebagai kucing yatim piatu, Aldwyn harus bekerja keras jika ingin makan tiga kali sehari. Selama ini ia hidup dengan mengandalkan kecerdikan dan kegesitannya di sepanjang jalan Bridgetower. Semuanya sepertinya berjalan dengan aman hingga suatu saat ia terjebak dalam perangkap yang dipasang tukang ikan dan diburu oleh pemburu bayaran legendaris. Dalam upaya melarikan diri, tanpa sengaja ia masuk ke toko hewan peliharaan khusus, Familiar. Jack, seorang menyihir muda memilih karena mengira ia adalah kucing dengan kemampuan telekinetik. Sesuatu yang menurutnya salah besar.

Sebagai anak tertua dari 65 bersaudara, Gilbert sang katak dituntut untuk menjadi sempurna. Sang ayah yang kebetulan pemuka mengharapkan suatu saat mendirikan tanda keberanian bagi anaknya sendiri. Dengan kemampuan melihat masa depan yang sayangnya minim, dibutuhkan banyak keberuntungan untuk bisa mewujudkan harapan sang ayah. Keberuntungan dan jiwa besar tepatnya.


Serba tahu sepertinya cocok bagi Skylar. Burung Blue Jay yang satu ini sangat pandai. Selain tahu banyak hal, yang tentunya sangat membantu Loyal-nya ia juga mempelajari sihir dengan serius dengan dalih pengetahuan harus diketahui bahkan dari sisi tergelap. Sikapnya yang serius, cenderung kaku justru membuat ketiganya bisa bekerja sama dengan baik. Walau begitu sesungguhnya kesetiaannya pada Loyal dan sahabatnyanya patut diacungi jempol.


Kisah ini berkisar tentang tiga orang penyihir muda murid Kalstaff, salah satu penyihir yang paling berpengaruh di Vastia. Suatu malam ada tiga bintang jatuh ternyata hal tersebut merupakan awal mula kerusuhan yang ada. Hal ini terkait ramalan tentang tiga penyihir muda dari Stone Runlet.

Sang ratu bukanlah sosok yang sebenarnya. Berita ia menderita sakit ternyata salah besar. Ia justru berdiri dengan tegak dan memerintahkan pembunuhan  bagi ketiga murid kalstaff serta membumi hanguskan pondok dan seluruh isinya. Untunglah saat terakhir Kalstaff berhasil membuat semacam perisai agar muridnya terlindungi. Masalahnya perisai itu hanya bertahan selama tiga hari! Ketiga Familiar harus menemukan dan membebaskan mereka dari cengkraman sang ratu atau ketiganya binasa di tangan ratu yang kejam.

Berhasilkan mereka menyelamatkan Loyal-nya masing-masing?
Siapakah pedusta diantara mereka?
Bagaimana kaitannya antara ramalan dengan bintang jatuh?
Temukan jawabannya dalam buku ini

Bagaimana usaha kucing, katak dan seekor burung membebaskan tuannya menjadi hal yang menarik dalam buku ini. Jika biasanya kisah berkisar tentang manusia yang mencari cara untuk menyelamatkan hewan peliharaannya, maka dalam buku ini justru hewan peliharaannya yang berupaya menyelamatkan  tuannya. Bukan hal yang mudah mengingat ketiganya memiliki keterbatasan.

Terus terang saya tak bisa membayangkan ada kucing, katak dan burung yang mampu menempuh perjalan begitu jauh. Konon kucing berjalan dengan jinjit serta butuh tidur lama. Katak membutuhkan air walau sesekali siapa yang tahu berapa lama ia mampu melompat setiap hari. Blue Jay membutuhkan kacang dan bijian sementara lokasi yang dilewati sepertinya minim hal tersebut.

Pada beberapa bagian terkesan seperti dipaksakan. Misalnya saat harus menghadapi musuh, kok kebetulan senjatanya lalat beracun. Makanan nikmat bagi Gilbert. Lalu adegan menaburkan bubuk tidur yang membutuhkan keahlian meloncat, keahlian yang dimiliki oleh kucing. 

Buku ini ditulis oleh dua orang. Hal ini bisa dilihat pada penyebutan nama. Suatu saat disebutkan Aldwyn, dibagian bawah disebut kucing itu. Gaya penulisan juga terlihat berbeda bahkan dalam satu halaman yang sama.

Pada bagian kover tertulis judul The Familiars diterjemahkan Binatang Pendamping Para Penyihir.Maafkan kemampuan bahasa asing saya yang rendah. Tapi sepengetahuan saya, tambahan kata "s" berguna untuk menunjukan lebih dari satu, jamak. Merajuk isi buku yang berkisah tentang tiga ekor binatang, maka bukankah lebih mengena jika diterjemahkan menjadi Binatang-binatang Pendamping Para Penyihir. Karena memang ada lenih dari seekor binatang dan satu penyihir dalam kisah ini.

Guna memudahkan pembaca, pada awal buku sudah tersedia map perjalanan ketiga Familiar tersebut. Map tersebut dibuat khusus oleh Scribius, bulu penulis yang selamat saat gubuk mereka dihanguskan.

Buku ini cocok dibaca oleh remaja karena mengajarkan bahwa kesetiaan bisa membuat segala hal menjadi mungkin. Kekompakan bisa memecahkan banyak masalah. Kita perlu belajar dari mereka bagaimana cara bersikap setia. Bagi penyuka hewan, kisah dalam buku ini bisa mempertebal rasa kecintaan pada hewan peliharaan. Buku yang menghibur.


Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai buku ini silahkan simak http://www.thefamiliars.com/about.php serta nonton  http://www.youtube.com/watch?v=SqXB3VRMn98


Gambar dari:
http://ide2gue.blogspot.com/2013/07/10-jenis-burung-terindah-didunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar