Sabtu, 23 November 2013

Sulap Yukkkk!

Penulis: Fadia The Gipsy Girl
Ukuran: 170 x 240 mm
Tebal: xiv + 150 hlm
Penerbit: Visimedia
ISBN: 979-065-185-6
Rp 60.000

Dibantu yaaa
Jadi apa prok..prok...prok..

Tanpa perlu memperhatikan, setiap terdengar suara seperti itu pasti ada aksi sulap oleh Pak Tarno. Tak sedikit yang mendekat untuk menikmati permainan sulapnya.

Permainan sulap tidaklah sesimpel yang kita lihat. Banyak hal yang terkait di dalamnya. Butuh ketekunan, kreatifitas  dan semangat untuk bisa menjadi seorang pesulap yang handal. Tapi semuanya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Dalam buku ini kita akan diajak mengenal dunia sulap lebih mendalam lagi. Selain para pesulap, mungkin banyak yang tidak mengetahui mengenai jenis-jenis sulap. 

Ternyata kemampuan seseorang meniup dan menekuk balon untuk dibentuk menjadi berbagai macam hal juga merupakan jenis sulap, Ballon Twisting. Cardician, yaitu kemampuan memainkan kartu untuk dapat menemukan kartu yang dipilih, menghilangkan kartu, atau mengubah kartu. Pesulap yang memainkan trik ini misalnya Demian. Ada juga aliran Gospel, yaitu aliran yang digunakan oleh para missuonaris untuk menyebarkan agama, 
meenggabungkan sulap dengan khotbah.  Sementara itu, tipe pertunjukan sulap juga bermacam-macam.

Pembaca juga akan mendapat pengetahuan tentang aneka istilah dalam sulap.Spectator misalnya, merupakan sebutan lain bagi penonton. Routine merupakan urutan permainan sulap agar berlangsung tanpa jeda. Jog merupakan suatua kondisi membuat sebuah kartu sedikit keluar dari deck.

Selain itu, ternyata alat-alat sulap juga beragam namanya. Ada Linkin Ring, yaitu gelang-gelang besar yang bisa disambung dan dilepas tanpa terlihat sambungannya. Gimmick ternyata semacam alat bantu untuk melakukan sulap. Sementara Gaff Deck adalah kartu yang mempunyai gambar-gambar aneh.

Sebuah bab mengisahkan tentang kenangan saat  Fadila   mengikuti Panggung The Master Junior Season 2. Saat  paling menegangkan adalah ketika Nenek  Ungu meraih jubah dua anak dengan poling sms terendah kemudian menarik salah satu jubah yang dikenakan oleh anak dengan poling paling rendah. Butuh waktu bagi Fadila untuk bisa belajar tenang dan memahami bahwa semuanya adalahj proses semata.

Kita juga akan menemukan berbagai biografi tokoh sulap di tanah air. Bisa dibilang pembaca diajak mengenal sisi lain para tokoh melalui buku ini sehingga bisa lebih memahami karakteristik pesulap yang ada di tanah air.  Bagaimana perjuangan pak Tarno hingga menjadi sekarang. Pesulap yang kita kenal dengan nama Demian Aditya ternyata memiliki nama Aditya Prambudhi. 
Seorang dosen muda, membanting setir menjadi pesulap dan dikenal dengan lukisan pasirnya, Denny Darko.
 
Menurut KBBI adalah: pertunjukan berbuat sesuatu yang menakjubkan. Sementara itu Wikipedia menyebutkan, sulap merupakan suatu seni pertunjukan yang diminati sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran penontonnya akan rahasia di balik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari seni musik, seni rupa, dll dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika,ilmu biologi ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain. Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan "kelihaian" tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/ peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain. Oleh sebab itu sulap dapat dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut mau berlatih pula dengan baik.
 
Buku ini bisa dijadikan refernsi bagi mereka yang ingin mempelajari sulap. Selain memuat berbagai trik sulap sederhana dalam buku serta adanya sebuah CD yang bisa dilihat,  buku ini juga memberikan alamat toko sulap tidak hanya di Jakarta namun juga di kota lain seperti Yogyakarta dan Malang. 

Memang judulnya tentang pesulap cilik tapi isinya juga bisa dipraktekan oleh orang dewasa. Karena pembuat buku ini adalah salah satu Master Junior makanya judulnya memakai cilik. Tapi isinya sangat tidak "cilik"

Untuk mempelajari trik sulap juga bisa  mengunjungi http://www.youtube.com/watch?v=7-oY-dKvE58 ji. Namun jangan ragu juga untuk melihat kecerobohan pesulap yang mengakibatkan kegagalan sulap mereka. Ada di  ilmusulap.com 
http://www.youtube.com/watch?v=wZ5NkGCWMHM http://www.youtube.com/watch?v=ZcyK3kl2cE8








2 komentar:

  1. Aku pernah belajar trik sulap sederhana tapi selalu gagal, enggak lihai terus kan musti sabar serta telaten ya.
    Hihihi..
    Menarik juga nih, kalau komposisinya bukan hanya trik sulap dan ada juga kisah pesulap lainnya :D

    BalasHapus