Senin, 04 November 2013

Sell Your Soul!



Kontributor : Bintang Berkisah, Eny Puji Lestari, Erry Sofid, Eva Sri, Rahayu, Evi Sri Rezeki,  Felis Linanda, Lewi Satriani,  Marrisa Amar, Mpok Mercy  Sitanggang, Poppy D. Chusfani, Ratih Handayani, Shita K. Larasati, Vincentia Natalia,  Yunis Kartika Weni M. Waluyani,  
Desain Cover: Evi Sri Rezeki
Layouter: Sandy Muliatama

Penyunting: Eva Sri Rahayu
ISBN: 978-979-25-4859-4                 
Halaman: 128
Penerbit: Chibi Publisher  
                                             
Aku tidak mau merasakan sakit seperti ini lagi. 
Aku akan melakukan apa saja. Apa saja!

Gadaikan jiwamu!
Kurang lebih begitulah makna dari judul buku ini ( jadi teringat film horor nih). Membaca judul, menelaah kover serta membaca salah satu nama penulis (bukan Mbak Poppy lho) saya makin yakin kisah dalam buku ini mampu membuat seorang penakut tidak bisa tidur! Apa lagi di bagian belakang buku tertulis kata-kata "15 Kali Memacu Adenalin" Klop sudah!

Lima belas kisah karya lima belas wanita dengan aneka gaya penulisan, setting serta akhir yang beragam. Umumnya kisah yang ada berkisar mengenai perilaku manusia saat mengalami rasa sakit hati, putus asa, kecewa, kegagalan, marah , dan lainnya. Tidak semua orang mampu mengatasi perasaan tersebut. Beberapa orang mungkin mampu berdiri tegak setelah diterpa badai kehancuran. Yang lain mungkin menjadi sosok yang berguna akibat rasa tak berdayanya. Ada yang mau belajar bangun walau harus merangkak. Alih-alih bangkit, ada juga yang sibuk menyalahkan keadaan akibat kejatuhannya.

Walau mengusung kisah yang berbeda, ada benang merah diantara kelima belas kisah tersebut. Sosok Athena yang hadir membantu tokoh utama melalui kode panggilan yang tepat menjalin kelima kisah tersebut menjadi sesuatu yang menawan. Athena digambarkan dalam berbagai wujud tergantung kondisi tokoh utama. Ia akan menawarkan sesuatu sebagai sarana untuk mewujudkan impian para tokoh utama. Ada tokoh yang memanfaatkan dengan bijak, tapi ada juga yang memanfaatkan dengan penuh emosi dan keinginan  balas dendam yang besar. Akhir kisah, ditentukan dengan bagaimana sikap para tokoh utama 

Pertama membuka buku ini saya sedikit khawatir jangan-jangan buku yang saya pegang salah susunannya. Setelah Kata Pengantar, saya menemukan Prolog di baliknya lalu diikuti dengan Daftar Isi. Mohon maklumi kebingungan saya, biasanya saya selalu menerima buku dengan susunan Kata Pengantar, Daftar Isi dan Prolog.

Mengintip Prolog, saya sempat (lagi-lagi) mengira salah baca. Sebagian besar isi Prolog sama dengan Kata Pengantar. Bahkan kalimat pembuka sama persis. Bedanya hanya pada Prolog disebutkan tentang peran Athena secara jelas dalam kelima belas kisah dalam buku ini.

Kelima belas kisah yang ada dalam buku ini adalah:
1. Seteru
2. When I Could't Let You Go
3. Kematian Bidadari Mata Biru
4. Keep Silent
5. Siapa Pun, Tolong Hentikan Aku!
6. Death Book
7. Sebatang Rokok Merk Olimpia
8. Kristal Hati
9. Kembar
10. Bukan Keaabadian
11. Telaga Warna
12. Crytallize Dust
13. Ill Will
14. Menggadaikan Masa Depan
15. 666

When I Could't Let You Go mengingatkan saya pada sebuah film dimana sang tokoh utama pria berusaha membuat mesin waktu untuk kembali pada saat sang kekasih meninggal. Berbagai cara ditempuh namun tetap saja pujaan hatinya meninggal pada waktu yang sama. Perbedaannya hanyalah bagaimana cara meninggalnya.  Mengingatkan juga pada mesin waktu Hermione yang membuatnya bisa mengambil banyak pelajaran pada satu semeter. Athena memberikan jam pasir bagi  Janey. Dengan segala upaya Janey berusaha mengubah peristiwa yang membuatnya kehilangan belahan jiwa. Sekeras apapun ia berusaha, tak kuasa ia mempermainkan waktu. Yang harus terjadi, tetap akan terjadi walau bagaimana caranya.

Sepasang manusia kembar konon  bisa merasakan hal yang sama. Jika yang satu merasakan sakit atau kondisi tidak baik maka yang lainnya juga akan mengalami hal yang sama. Maka jika yang satu bunuh diri maka yang lain akan mengalami kesakitan dan kondisi yang sama. Setidaknya itu terjadi dalam kisah Kembar karya Mpok Mercy Sitanggang. Athena membantu kembaran yang tersisih dengan sebuah kacamata. Yang satu bisa merasakan kebahagian yang selama ini hanya angan semu. Ia juga bisa melakukan balas dendam. Kasihnya pada sang kembaran justru mendapat balasan kekerasan dan rasa benci. Athena memberikannya kebahagian walau sesaat.

Bukan Keabadian mengisahkan tentang seorang penulis yang sibuk berpacu dengan  tenggat hingga melupakan banyak hal. Popularitasnya membuat ia terlena dan merasa bisa mengendalikan semua orang yang ada di sekitarnya. Athena memberinya  buah Zaitun. Sebutir jika ia medapatkan keinginannya, dua butir jika ia tak lagi menginginkannya. Rasa kehilangan membuatnya mampu menuntaskan kisah yang selama ini susah payah dituntaskannya.

Sering kali seorang penulis berada dalam kondisi tidak mampu menemukan hal untuk diyulis, writer block kata mereka. Sebagai seorang penulis, Mbak Poppy pasti tahu sekali kondisi tersebut sehingga mampu menguraikannya secara apik dalam kisah Bukan Keabadian.

Secara keseluruhan buku ini cukup menarik terutama karena memiliki benang merah Athena. Sudah banyak kumpulan cerpen diterbitkan, umunya memiliki kesamaan genre. Kehadiran kumcer dengan mengusung suasana horor dan memicu adrenalin ini semoga bisa meramaikan  khasanah buku di tanah air.

Sekedar usul, mungkin lain kali saat cetak ulang agar jenis huruf diubah sehingga lebih nyaman di mata saja.

Di bagian belakang kita juga akan menemukan profile pada penulis yang beragam. Ada yang mahasiswi jurusan Bahasa Jepang, penerjemah, Casting Director, karyawan swasta, dan lainnya. Benang merah mereka adalah sama-sama merupakan sosok perempuan yang menyukai dunia penulisan.

Athena yang menjadi benang merah dalam kumpulan cerpen ini merupakan Dewi Kebijaksanaan, Strategi dan Perang dalam Mitologi Yunani. Konon dewi yang satu ini lahir melali kepala Zeus dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelindung kepala.  Perkenalan saya dengan Athena justru melalui Saint Seiya. Sosoknya sebagai dewi yang bertugas menciptakan perdamaian di muka bumi dibantu oleh para raja yang gagah berani.  

Selain itu, Athena juga merupakan ibu kota Yunani. Beberapa kota di Amerika Serikat juga bernama Athena.  

Bagi penggemar kisah Percy Jackson, pasti mengenal sosok  putri Athena, Annabeth Chase. 



Sumber gambar:
http://chibipublisher.wordpress.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Athena_(mitologi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar