Minggu, 01 Juli 2012

Alien Juga Berlibur


Penulis: Clete Barrett Smith
Penerjemah: Fenty Nadia
Penyelaras Aksara: Ida Wajdi
ISBN: 978-979-024-501-3
Halaman: 314
Harga: Rp. 42.000,00
Penerbit: Atria

 Jadi seluruh alam semesta kini bisa melihat bagaimana cupunya manusia.

Keberadaan Alien selalu menimbulkan perdebatan. Mulai dari wujudnya, jejak sejarahnya di bumi hingga  bagaimana mereka bisa sampai ke bumi. Banyak menganggap keberadaan alien adalah ancaman, salah satunya Robert Tate, penegak hukum di Forest Grove.

Tate mencurigai  ada sebuah  misteri yang disembunyikan di Penginapan Antargalasi. Dari tamu-tamu yang serba aneh, kejanggalan yang mereka lakukan di kota dan tak ketinggalan belanjaan yang diberli oleh penginapan itu. Sikapnya sungguh kontras dengan sang putri yang justru menganggap betapa menariknya penginapan itu. Amy sang putri justru merasa tertarik dan ingin mempelajari segala hal yang berhubungan dengan alien.

Pada awalnya tidak hanya Tante yang merasa curiga terhadap penginapan itu, David a.k.a Scrub cucu sang pengelola juga merasa ada sesuatu yang aneh saat pertama kali tiba untuk berlibur. Tengok saja  dekorasi rumah, pengumuman yang dipasang,  kamar yang tak ada pesawat televisinya hingga kertas catatan yang terjatuh dari saku salah seorang tamu. Puncaknya adalah saat ia melihat cahaya biru seukuran piring makan yang bercahaya dimalam hari.


Walau merasa aneh dan nyaris tak percaya, Scrub mulai menerima keanehan yang terjadi di penginapan itu. Ternyata sang nenek (kenapa dibuat tetap grandma yah......)memang mengelola Penginapan Antargalasi, dimana tamu yang berkunjung adalah alien.

Keberadaan penginapan itu telah berlangsung selama empat puluh tahun tanpa ada masalah hingga sang sherif mulai merasa terganggu dengan polah para "turis" sebutan bagi alien yang datang berkunjung. Situasi dan kondisi bumi yang berbeda dengan planet asal mereka membuat bumi menjadi tempat yang layak untuk disambangi. Celakanya kadang para turis tidak menyadari tindakan yang mereka lakukan merupakan hal yang mencurigakan dan melanggar hukum, contohnya ketika mencoba membayar dengan uang yang berlaku di planet mereka.

Turis yang berkunjung harus memenuhi peraturan tertentu sebelum bisa menikmati liburan dengan berbaur di tengah masyarakat. Butuh kreatifitas tingkat tinggi.Misalnya saat yang hadir adalah turis dengan dua tanduk di kepalanya. Grandma dengan kreatifitas membuat semacam lobang kecil di topi sehingga kesannya sebuah topi dengan tambahan tanduk. Atau saat yang berlibur adalah alien dengan buntut panjang, Scrub mengikat buntut itu ke salah satu kaki dan memberikan celana lebar untuk menutupinya.

Sebuah kekonyolan yang dibuat Scrub mendatangkan ancaman besar bagi kelangsungan penginapan. Sherif Tate bahkan mengancam akan menutup penginapan itu dan membuat grandma diusir dari kota itu.

Dengan segala upaya, Scrub berusaha membantu grandma mempertahankan keberadaan penginapan itu. Bahkan dengan cara yang dapat  membuat dirinya dipermalukan di depan khalayak umum. Ia merasa bersalah gara-gara dia maka sang grandma terancam  kehilangan penginapan yang sangat dicintainya.
Kisah dalam buku ini berakhir dengan luar biasa,  tidak berakhir seperti biasanya sebuah kisah petualangan. Pembaca akan disajikan sebuah kisah segar seputar alien. Cerita ini mengandung unsur  petualangan dan humor plus  sedikit asmara. Juga mengundang rasa penasaran, mungkinkah orang yang duduk di seberang meja sana adalah alien yang sedang berlibur? Siapa tahu....

Ada yang saya tidak mengerti, mungkin soal terjemahan? Simak halaman 63, "... ia harus mengkonsumsi jumlah yang tidak mengkonsumsi sedikit setiap harinya. Apa yah maknanya.

Buku ini merupakan buku pertama dari seri  The Intergalactic Bed & Breakfast series. Sang penulis, Clete Barrett Smith lahir pada 05 November 1971 di Bellingham, Amerika. Jika ingin lebih mengenal sosok sang penulis silahkan intip 

2 komentar:

  1. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  2. latar belakang dan segala sesuatu tentang alien sangat menarik karena masih menjadi misteri

    BalasHapus