Sabtu, 07 Juli 2012

Saat Cinta Terlarang Hadir


Judul: Kisah-kisah Cinta Terlarang
Penulis : Anton WP
Cover : Satriya Adhi (Isthis Comic)
ISBN : 978-979-1032-75-9
Halaman: 128
Harga: Rp.28.000

Kekasihku....
Nyanyian surga telah berhembus menembus dinding hatimu,
Dan kini engkau adalah permata ku,
Yang selalu menjadi sisi kebahagiaanku
Tak kan pernah berhenti lantunan asmara dahana
Tuk melapisi dinding hatimu kekasihku

Kukatakan padamu wahai kekasih hatiku
Bahwa menyatunya "RUH dan RAGA" adalah awal dari sebuah kehidupan
Ku tuliskan di dinding hatimu, kuhapus duka laramu
Kugantikan dengan KATA CINTA, yang tak tebatas
Sehingga yang memancar dari AURA mu adalah warna BIRU, dari PERMATAKU
(kutipan dari inbox seseorang )

Bicara soal  cinta sepertinya tak akan pernah ada akhirnya.Cinta memang bisa diartikan sebagai kisah antara orang tua dan anak, sahabat, kakak dengan adik bahkan kisah cinta terhadap Sang Pencipta. Hanya entah kenapa kisah yang dikenang umumnya adalah kisah cinta antara dua insan yang berakhir tragis, kisah terlarang. Mungkin karena sebagai manusia, rasa empati kita lebih terusik dengan kisah. padahal kisah Taj Mahal juga tak kalah indahnya.

Buku ini memuat tentang enam kisah cinta  terlarang  yang dianggap paling dikenang sepanjang masa menurut versi penerbit BukuKatta, yaitu:

1. Kisah Pyramus dan Thisbe
Keluarga keduanya merupakan musuh bebuyutan hingga tak mungkin bagi mereka melanjutkan rasa yang ada. Saat keduanya nekat untuk melarikan diri demi mewujudkan kisah  mereka,  campur tangan tak sengaja seekor singa malah berakibat kematian yang memilukan. Kisah kasih Pyramus dan Thisbe memang berhenti dikematian, namun justru membuat kedua keluarga mereka menghentikan permusuhan dan sepakat menyatukan abu mereka berdua dalam sebuah guci. Setidaknya jika jiwa dan raga mereka tak bisa menyatu, abu mereka bisa.

2. Kisah Paris dan Helen
Percintaan antara Paris dan Helen merupakan percintaan yang bisa dikatakan paling banyak memakan korban. Perang Troya berlangsung dalam waktu yang cukup lama.  Legenda menyatakan pernyerangan terhadap Kota Troya adalah akibat dari Paris menculik Helena dari suaminya Menelaos, raja Sparta. Kisah ini bahkan sudah difilmkan dengan pemain Brad Pitt sebagai Achilles dan Diane Kruger sebagai Helen

3. Kisah Tristan dan Isolde
Saat seseorang telah terkena panah cinta, segala hal bisa saja dilupakan. Isolde sangat mencintai sosok Tristan. Namun apa daya, di depan makam sang paman Isolde sudah bersumpah akan menuntut balas, siapa yang menyangka justru ia  jatuh ke dalam pesona sang pembunuh pamannya. Walau bagaimana tetaplah cinta yang menang! Namun tak semudah itu, Isolde sudah dijodohkan dengan Raja Mark.  Mereka tetap menjaga norma dengan merendam rasa, hingga saat kematian menjemput. Dua buah Pohon Willow yang bertautan  cabangnya seakan menjadi saksi keagungan kisah kasih mereka.

4. Kisah Lancelot dan Guinevere
Kisah ini merupakan kisah percintaan antara  seorang kesatria meja bundar, Lancelot du lac dengan istri Raja Arthur Guinevere.  Keduanya sudah sangat dimabuk kepayang hingga tak mengindahkan norma lagi. Saat sang raja sedang pergi, keduanya memadu kasih hingga tak menyadari kamar tersebut sudah dikepung. Keributan soal asmara ini justru dimanfaatkan pihak lain untuk mengambil alih kepimimpinan. Kisah ini juga sudah pernah difilmkan dengan Kevin Costner sebagai pemeran Lancelot.

5. Kisah Paolo dan Francesca
Siapa bilang wajah tidak berpengaruh pada perasaan cinta seseorang? Setidaknya ini berlaku bagi Francesca. Takut ia menolak dijodohkan dengan Giovanni Malatesta yang buruk rupa, padahal saat itu kedua penguasa baru saja menandatangani perjanjian, maka sang adik yang berwajah tampan Paolo yang diminta untuk mengajukan lamaran.  Bisa dibayangkan bagaimana kelanjutannya. Uniknya dalam kisah ini kedua insan yang kasmaran justru membaca kisah Lancelot dan Guinevere sebagai sumber kekuatan perjuangan ksiah mereka dan inspirasi.

6, Kisah Romeo dan Juliet
Sebuah kisah yang paling sering diangkat ke layar kaca. Lagi, dua keluarga yang bersitegang Montague dan Capulet membuat Romeo dan Juliet tidak bisa bersatu. Keduanya bahkan nekat menikah secara diam-diam. Karena kecerobohan semata, maka keduanya malah celaka alih-alih bahagia. Walau bagaimana seseorang berusaha namun tetap saja jika Sang Pencipta berkehendak lain maka tak ada yang bisa mengubahnya.

Secara keseluruhan buku ini menarik, namun dengan 125 halaman memang kita tidak bisa meminta banyak. Ada baiknya jika dicantumkan juga tambahan info sekitar kisah ini. Misalnya siapa pembuat kisah Pyramus dan Thisbe, lalu dimanakah lokasi terjadinya  kisah Paolo dan Francesca. Sehingga pembaca tidak hanya menikmati kisah percintaan tragis tapi juga mendapat tambahan ilmu. Ada baiknya pembaca juga mengetahui alasan mengapa hanya enam kisah ini yang dipilih. memang sudah disebutkan  kisah-kisah yang berada dalam buku ini telah menjadi legenda klasik, juga telah diadaptasi dalam bentuk komik, film dan lainnya.

Sekedar usul, ada baiknya saat cetak ulang penulis juga memaukan kisah dari negeri timur tengah seperti Layla dan Majnum yang membuatku kedanan, atau kisah  Ali dan Nino dan sebagainya.

Di tanah air sendiri juga banyak kisah percintaan yang berakhir tragis, tak kalah menarik jika diulas. Selain memperkenalkan kisah tradisional juga membangkitkan perasaan cinta tanah air di kalangan pembaca.

Cinta memang tak pernah mengenal kemana ia akan mendarat, bahkan kadang mendarat di waktu dan tempat yang salah. Di sebuah buku, saya memberikan endors mengingatkan agar jangan sampai terkena cinta terlarang. Kadang logika dan hati memang harus diseleraskan. Tapi apa mau dikata, selama masih ada kehidupan maka urusan cinta akan selalu ada.

2 komentar: