Minggu, 12 Februari 2012

Dunia di Balik Lukisan


 
Judul : The Books of Elsewhere#1 : The Shadow
Penulis :  Jacquelin  West
Penerjemah : Nur Aini
ISBN: 978-602-9159-88-2
Halaman: 288 
Harga: Rp. 49.900,-

Olive merasakan sesuatu yang licin dan dingin menyentuh lengannya. Jeritan naik ke tenggorokan dan berusaha keluar dari mulut, namun terbentur gigi-giginya yang terkatup rapat, dan akhirnya keluar melalui hidungnya.

Kita ada di Elsewhere-dunia lain

Bukannya tidak prihatin akan nasib yang menimpa Ms. McMartin, tapi andaikan beliau tidak meninggal secara misterius, pastinya orang tua Olive yang tergila-gila akan matematika tidak akan mampu membeli rumah megah itu.Mr dan Mrs Dunwoody, orang tua Olive  sangat menyukai rumah itu. Terutama sekali dengan perpustakaan yang penuh dengan  deretan buku bersampul kulit dengan hiasan timbul. Konon buku-buku tersebut dikumpulkan dan dikoleksi oleh generasi-generasi McMartin.

Saat membeli rumah itu, maka mereka mendapat rumah berikut segala macam isinya. Olive sangat bersemangat mengintip ke dalam berbagai laci. Di salah satu kamar ia menemukan lemari berlaci kuno. Di dalamnya ia menemukan berbagai jenis barang seperti sarung tangan dengan kancing mutiara, kacamata, pakaian dalam berenda serta manik-manik kaca.

Namun tidak semua yang ditemukannya menyenangkan. Lukisan yang ada di ujung tangga misalnya. Selama setengah jam ia memandang lukisan itu. Tak ada yang istimewa, tapi Olive merasa ada yang aneh dengan lukisan itu.Orangtuanya sering menasehati agar tidak membiarkan imajinasinya merajalela menguasai dirinya. Tapi Olive tahu, ada sesuatu yang tak kasat mata di rumah itu.

Suatu saat  tanpa sengaja  Olive memandang lukisan dengan menggunakan kacamata yang ditemukannya dalam sebuah laci. Ada yang bergerak-gerak dalam lukisan itu. Bukan hanya bergerak, Olive bahkan  bisa masuk ke dalam lukisan itu. Ternyata ada sesuatudi balik lukisan. Jangan ditanya apa yang ia temukan di sana. Sesuatu yang sungguh mencekam! Ia berada di Elsewhere, dunia lain!Ia harus berhati-hati dengan segala hal yang mungkin terjadi. Jika tidak, ia bisa terjebak di dalam lukisan sepanjang umur. Ia tak bisa keluar!

Tokoh Olive dalam buku ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang tua yang jenius dalam satu bidang tapi tidak demikian dengan anak mereka. Kedua orang tua Olive merupakan jago matematika. Pertemuan mereka juga kareena matematika. Tapi hal tersebut tidak membuat Olive jadi jago matematika. Ia memang berusaha keras berusaha tapi apa mau dikata, bakatnya mungkin bukan disana.

Walau begitu kedua orang tuanya sering memberikan pengarahan dengan menggunakan bahasa sederhana . Misalnya saja mengenai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah. Jika kau ingin melakukan sesuatu dengan benar, lakukanlah sesuai dengan metodenya. Lakukan secara bertahap, dan jangan melakukannya secara acak walaupun kau sangat ingin melakukan itu

Penulis juga tidak membuat sosok Olive menjadi sosok sempurna. Ia digambarkan berkaca mata, suka membaca little women dan seri Anne. Ia  memiliki rasa takut. Tapi rasa takut ditambah penasaran yang membuatnya mengalami petualangan seru dengan trio kucing yang bisa bicara Horatio, Leopold, dan Harvey. Sosok anak perempuan  yang ditampilkan terasa lebih  manusiawi  sehingga membuat kisah ini terasa dekat. Menarik

Yang membuat saya tidak menyukai buku ini justru adalah layout serta jilidnya. Posisi tulisan terlalu rapat disatu sisi dan terlalu lebar di sisi lainnya, tidak seimbang. Baru dibuka, sudah menunjukkan bahaya copot. Baru dibaca halaman kesekian sudah mulai terlihat betapa buruknya proses penyatuan lembar demi lembar sehingga menjadi sebuah buku. Saya harus membaca dengan teramat hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Sungguh merepotkan! Bukannya kenikmati membaca yang saya dapat, tapi justru keringat was-was saat membuka tiap lembar. Bahkan sempat terpikir untuk tidak  membuat repiu dari pada mengakibatkan halaman copot. Kalau bukan hadiah ulang tahun, mungkin buku ini sudah tidak ada di rak buku saya.

Hingga saat ini sudah tiga buah buku yang bisa dibaca. Untuk buku pertama ini, ternyata mendapat beberapa penghargaan yaitu:
  • New York Times Bestseller
  • 2010 Cybils Award Winner
  • 2010 Minnesota Book Award finalist
  • Publisher's Weekly "Flying Start"
  • Summer 2010 Kids' Indie Next List
  • Junior Library Guild Selection
  • Starred review, Publisher's Weekly
  • Starred review, Bulletin of the Center for Children's Books
  • Amazon's Best Books of the Month, June 2010
  • Nominated for the 2013 Louisiana Young Readers' Choice Awards (Grades 3 - 5)
  • Master List for the 2011-2012 Texas Bluebonnet Award
  • Master List for the 2013 Illinois Bluestem Award

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar