Selasa, 14 Februari 2012

15. 2045

Judul Buku : 2045 Petualangan Pemuda Indonesia untuk Meraih Cita-Cita dan Cinta di Negeri China
Penulis : Anwar Widjojo
Penyunting:  R. Wahyuningrat dan Yunita Rachmawati
ISBN: 978-602-99349-4-6
Jumlah Halaman : 348
Penerbit : Kurniaesa Publishing
Harga : Rp.50.000


Kenapa 2045?

Sebuah pertanyaan timbul di benak saya saat pertama kali membaca judul kisah ini. Nyaris dua tahun lalu tepatnya. Ini Kali kedua saya membaca kisah dengan judul 2045 sebelumnya saya mendapat kehormatan untuk membaca kisah ini untuk menilai apakah layak diterbitkan atau tidak.

 Kisahnya mengenai seorang pelajar Indonesia, Tino yang sedang belajar di China. Uniknya walau ia sedang mengambil jurusan akuntansi, ia juga mendapat pelajaran public relations. Pelajaran tersebut diberikan terkait dengan kebijakan ekonomi.

Sebuah karya tulis berjudul Ide Mengenai Kaya, Miskin dan Uang telah menarik perhatian seorang pejabat di Departemen Ekonomi, Kolonel Zhang. Sang kolonel meminta kesediannya untuk membantu membuat semacam sistem formula ekonomi bagi perekonomian China. Saat itu dikisahkan China sedang mempersiapkan diri bergabung dalam organisasi perdagangan bebas dunia.

 Pada mulanya Tino mengira ini merupakan tugas yang mudah.Sehingga ia hanya meminta bantuan satu orang sahabat dari kampusnya saja. Guna mempermudah, ia membuatnya dalam bentuk diagram atau bagan. Namun belakangan ia malah berurusan dengan serangkaian pembunuhan misterius. Kisah kejar-kejaran ala mafia menambah semaraknya buku ini.

Sebagai bumbu, dikisahkan juga mengenai hubungan Tio dengan seorang gadis. Guna menguji kisah kasih mereka sepakat untuk tidak bertemu selama dua tahun. Selain itu ada juga kisah bersahabatan Tio dengan beberapa orang. Salah satunya ternyata keturunan Indonesia. 

Keisengannya menyebutkan sebuah dokumen sebagai sebuah surat bagi presiden membuat ia kian diincar oleh banyak pihak.Keamanan dirinya terancam, juga mereka yang ada di sekitarnya. Walau sebenarnya ia memang tidak bohong

Selain kisah Tio, ada juga kisah mengenai seorang anak yang memiliki keterbatasan fisik. Namun ternyata kelak ia justru mampu membuka lapangan kerja bagi orang banyak. Di awal sebenarnya penulis sudah memberikan landasan mengenai kisahnya. Tidak semua yang kita impikan atau rencanakan itu akan terwujud. Lengkapnya ada di halaman 91 ^_^

 Disetiap pergantian bab kita akan penemukan petuah singkat yang ditulis dengan Hanzi, huruf  China serta terjemahannya. Pepatah tersebut berupa kalimat yang mencerminkan isi bab. Selain itu aneka kisah motivasi juga tersaji dengan manisnya.

Walau Tio diceritakan mengambil jurusan akuntansi tapi sepertinya gambaran suasana perkuliahan kurang kurang disebutkan  dan digambarkan. Justru lebih banyak dikisahkan mengenai suasana kelas saat pelajaran lain. 

Kisah mengenai tulisannya yang menarik perhatian seorang pejabat China kurang dibahas mendalam. Tidak disebutkan dimana keunggulan utama tulisannya kecuali sepintas disebut  sistem formula ekonomi yang dibuat Tio mengenai sistem nilai mata uang yang fleksibel dan stabil saja. Jika tidak disebutkan kelebihannya lalu apa yang membuat  seorang pejabat tertarik?  K Atau memang disana setiap orang asing dipantau gerak-geriknya hingga ke blog, sekedar penasaran saja. Kenapa juga harus Tio bukannya satu dari sekian banyak pelajar asing yang ada di China, bahkan  pelajar lokal.

Jadi kenapa judulnya adalah 2045 bisa ditemui di halaman.......
Walau menurut saya penulis bisa lebih menperdalam uraiannya mengapa memilih judul ini.

Penasaran?  Order ke FB : Kurnia Esa, email : kurniaesa.order@gmail.com atau ke www.kurniaesa.com .    



 

4 komentar:

  1. Jadi nggak jelas ya apa inti dari judul 2045? Hehe.
    Menarik sih idenya, macam film action tapi kalau menurut mba Truly kurang mendalam, jadinya dikasih berapa bintang nih?

    BalasHapus
  2. Hello All, thanks sudah meluangkan waktu untuk membaca 2045 Saya percaya dengan dukungan kalian, 2045 akan sukses :)

    Judul 2045 diambil karena itu adalah tahun dimana Indonesia akan merayakan 100 tahun kemerdekaannya. Dan karena mengisahkan seorang pemuda Indonesia, judul itu saya ambil untuk mengingatkan pentingnya punya visi ke depan buat anak muda sekarang. Tolong lihat surat Untuk Presiden di halaman 326, dan sengaja disisipkan 1 halaman kosong sesudahnya untuk mempertajam pemahaman isi surat tersebut. Dalam surat tersebut dijelaskan kenapa 2045:)

    Hal kedua mengenai blog, karena konteksnya adalah tahun 2001, dimana Blog merupakan barang baru di China (Dan juga di Indonesia) pada waktu itu, hal tersebut tentu menjadi perhatian pemerintah disana. Bayangkan, pada awal 2001, paling baru ada 1000-an blogger dari 1.3 milliar penduduk! Kalau ada seorang asing dari 1000 blogger tersebut, jangan heran kalau itu akan menarik perhatian pemerintah disana. Tolong lihat halaman 74. Disitu ada tulisan mengenai blog adalah barang baru:)


    Mengenai kenapa tulisan Tino kurang dibahas mendalam itu akan dijelaskan saat timingnya pas di lain kesempatan ya Mbak, hehe..Tapi, saya kasih clue sedikit, Kalau suatu sistem ekonomi lama, dimana kebanyakan orang sama rata sama rasa, then untuk merubah pandangan yang berakar, terutama bagi orang-orang tua disana, tulisan tersebut merupakan dasar yang amat berguna untuk mereformasi pemikiran orang-orang disana pada waktu itu untuk persiapan menyambut ekonomi global, mungkin ringkasannya dapat dilihat di hal 72-74. By the way, tulisan di halaman 65 itu pernah saya taruh di salah satu blognya Liao Ning Daily (dalam bahasa mandarin), kira-kira tahun 2002 or 2003 an, sorry forgot, udah lama banget:)

    Thanks again Mbak... Regards, Anwar W

    BalasHapus
  3. Sebenarnya sengaja membuka dgn rasa penasaran dan tdk mencantumkan dgn jelas halamannya. Maksudnya agar pembaca penasaran lalu membeli buku ini he he he

    But °·♡·♥τнänkчöü♥·♡·° sudah mampir

    BalasHapus
  4. BTW sis Nita ini sudah masuk ke GRU belum yahhhh?

    BalasHapus