Senin, 06 Februari 2017

2017 #009: 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia
















 
Penulis:  Michael H. Hart
Penerjemah: Ken Ndaru, M. Nurul Islam
Editor: Hanif
ISBN: 9786023852048
Halaman: 568
Cetakan: Pertama- Desember 2016
Penerbit: Noura Books
Harga: Rp 99.000
Rating: 4/5

Jadi siapakah orang yang paling berpengaruh di dunia?

Sebuah pertanyaan yang memberikan beragam jawaban, tergantung persepsi orang yang menjawab.  Jawaban saya dan orang lain mungkin saja sama, tapi tidak menutup kemungkinan sangat berbeda. Demikian juga jawaban Michael H. Hart.

Menurut versi Hart, ada seratus orang yang dianggap memberikan dampak terbesar dalam sejarah dan perjalanan dunia.  Ia membaut sebuah buku untuk menjelaskan hal tersebut. Penulis menentukan peringkat bukan berdasarkan pada kebaikan, kejahatan, kehebatan, kekayaan, bakat dan banyak hal lainnya. Semua didasari pada pengaruh pada saat ia hidup hingga masa depan, apakah mengubah arah sejarah, menentukan langkah takdir jutaan manusia, serta  mampu mendorong kebangkitan  dan kejatuhan peradaban

Dipertimbangkan juga apakah tokoh yang dimaksud benar-benar ada atau hanya sekedar legenda. Jika sekedar legenda maka otomatis tokoh tersebut tidak bisa dimasukan dalam daftar. Kemudian bagi orang-orang yang tak bernama juga didiskualifikasikan.
Versi Bahasa Lithuania

 Pada tiap tokoh yang dipilih, penulis menguraikan tentang latar belakang tokoh sekilas diikuti dengan sumbangsihnya pada dunia, dimana hal itu merupakan alasan kenapa tokoh itu dipilih dan berada pada posisi tersebut.

Dari seratus nama, beberapa sering saya dengar, ada yang pernah didengar namun ada juga yang baru kali pertama saya tahu, padahal peranan mereka pada dunia cukup besar. Antony van Leeuwenhoek  (1632-1723) sebagai contoh.  Ternyata beliau adalah penemu mikroba pada tahun 1674. ia termasuk orang pertama yang menerangkan mengenai spermatozoa dan sel darah pada tahun 1677. Melalui setetes air, ia menemukan miroba dibanyak tempat; sumur dan kumbangan, air hujan, usus dan mulut manusia.  Penemuannya termasuk menerangkan mengenai berbagai jenis bakteri selain protozoa serta menghitung ukuran mereka. 

Adalah sosok William T.G Morton (1819-1868) yang berjasa dalam penemuan anestesia (bius melalui pernapasan) dalam proses bedah. Bayangkan! Dahulu pasien harus tetap sadar saat dokter memotong kakinya.  Kemampuan mengakhiri rasa sakit seperti ini jelas merupakan sebuah sumbangsih seseorang kepada sesama. Rasa sakit yang terkendalikan oleh ilmu pengetahuan.

Jika dua orang di atas dikenal karena penemuannya demi kebaikan umat, berbeda dengan sosok Niccolo Machiavelli (1469-1527).  Filsuf politik dari Italia ini terkenal melalui saran lugasnya untuk pemerintahan. Menurutnya seorang penguasa yang ingin memelihara dan meningkatkan kekuatannya harus menggunakan cara-cara curang,  licik dan kebohongan dikombinasikan dengan penggunakan kekerasan yang bengis.  
Versi Bahasa Arab
Bukunya yang berjudul The Prince (1513) merupakan panduan praktis bagi kepala negara. Pandangan dasar buku itu dalam meraih sukses adalah seorang pangeran harus mengabaikan pertimbangan moral sama sekali dan bergantung sepenuhnya kepada kekuatan dan kelicikan.

Versi yang saya baca merupakan perbaikan atau revisi dari buku terbitan sebelumnya (kebetulan yang saya baca beda penerbit). Penulis merevisi daftar nama tersebut.  Ada tiga nama yang ditambahkan, yaitu Ernest Rutherford (posisi 56), Hery Ford (posisi 91), dan  Mikhail Gorbachev (posisi 95).

Ernest Rutherford merupakan ahli fisika eksperimental, tokoh utama dalam pengetahuan seputar radioaktivitas. Serta merupakan orang yang memulai penelitian mengenai fisika nuklir.  Penemuan mengenai nukleos atom merupakan dasar dari semua teori moderen struktur atom.

Pendiri Ford Motor Company, Henry Ford adalah sosok industrialis Amerika paling terkenal yang bertanggung jawab atas pengenalan teknik produksi massa menjadi produksi modern. Ia memperkenalkan sistem ban berjalan pada produksi massal mobil yang terjangkau harganya.  Terciptanya kelas menengah di Amerika juga dianggap terjadi karena  Ford.

Sosok yang dianggap sebagai pusat dalam kemunduran dan kejatuhan  Uni Soviet dan Komunis adalah Mikhail Gorbachev. Bisa dikatakan reformasi Gorbachev yang paling revolusioner adalah kebijakan Glasnost. Peristiwa runtuhnya Tembok Berlin, perpecahan Uni Sovyet, dan runtuhnya komunisme  merupakan  peristiwa dimana Gorbachev ikut campur tangan tanpa sengaja.

Dengan tidak mengecilkan peranan dari pemilik nama yang lain, tentunya harus ada tiga orang yang digantikan tempatnya.  Tokoh yang digantikan tempatnya adalah Niels Bohr (peringkat 100), Pablo Picasso (peringkat 98) serta Antoine Henri Becquarel (peringkat 58).  Mereka selanjutnya berada dalam Daftar Layak Sebut.

Iseng, saya mencoba mencari versi lain buku ini di kantor. Tujuannya untuk membandingkan isi. Ternyata ada satu. Segera meluncur untuk meminjamnya. Buku dengan nomor panggil 920.02 HAR ot (2) merupakan terbitan PT Pustaka Jaya, cetakan ketujuh tahun 1985. Penerjemah tertulis di halaman depan adalah H. Mahbud Djunaidi.

Dalam buku tersebutlah saya menemukan alasan dipilihya ketiga orang tersebut pada saat penyusunan yang pertama. Antoine Henri Becquarel merupakan penemu radio aktif.  Bersama-sama dengan Pierre dan Marie Curie ia mendapat Nobel untuk fisika pada tahun 1903.

Niels Bohr merupakan bapak dari teori struktur atom.  Ia dianggap tokoh penting abad ke-20 karena  meski sudah lewat sekian puluh tahun hal-hal penting teorinya masih dianggap benar,serta gagasannya merupakan pendorong bagi perkembangan teori kuantum.  Bohr  juga pernah belajar pada  Ruthfor. Saya  jadi paham kenapa penulis memasukkan Ruthfor dan menggantikan Bohr.

Karya Picasso dikagumi karena kepekaannya pada dunia luar, imajinasi serta vitalitasnya. Ia merupakan tokoh sentral dalamperkembangan Kubisme. Ia merupakan tokoh utama dalam seni moderen. Membaca ulasan pada buku ini, saya merasa penulis sejak awal sudah meragukan pengaruh Picasso pada masa mendatang,"Tidak semua aliran seni punya pengaruh panjang. Meskipun Picasso disanjung-sanjungdi abad ke 20, layakdipertanyakan apakah di abad-abad depak kelak penyanjungan itu masih terjadi, ataukah pengaruhya akan segera musnah dalam waktu tak lama lagi."

Saya agak bingung mencari Daftar Layak Sebut  yang disinggung pada halaman xxii Saya tidak bisa menemukan pada Daftar Isi, juga ketika membaca sampai. Pada akhir buku justru ditulis Penghargaan Dan Minat Yang Terlewatkan, dimana tercantum nama orang-orang yang tidak termasuk dalam 100 tokoh namun banyak alasan kuat untuk memasukkan ke dalam daftar tersebut. Mungkin itu yang dimaksud sebagai Daftar Layak Sebut? Menjadi agak bingung saya.  Atau justru  sebaiknya menyebut sebagai  Penghargaan Dan Minat Yang Terlewatkan pada xxii. Konsisten penulisan akan memudahkan pembaca menikmati buku ini.

Perihal tidak konsisten juga saya temukan dalam penulisan kata  Uni Sovyet pada halaman 494 dan Uni Soviet di halaman 506. Entah karena alih bahasa dilakukan oleh dua orang atau karena hal lain.

Bagan sejarah yang terdapat pada bagian awal buku bermanfaat bagi pembaca untuk lebih memahami perbagai peristiwa sejarah yang terjadi. Siapa, kapan, dan apa terlihat dengan jelas.

Selain memberikan pengetahuan, buku ini juga menawarkan motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Sebuah penemuan akan menjadi hal biasa beberapa tahun kedepan. Namun bisa saja ada penemuan baru yang bermula dari pengembangan pengetahuan yang sudah ada. Sesuatu yang tak mungkin juga bisa menjadi mungkin kelak. 

Dunia berkembang, demikian juga  kehidupan masyarakat. Mungkin beberapa tahun kedepan akan ada perubahan susunan dan nama lagi dalam daftar ini. Siapa yang bisa menebak.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar