Minggu, 17 Juni 2012

Kisah dari Kerajaan Fantasia


Judul: The Lost Realm
Editor: Desy Natalia 
Penerjemah: Novia Cici Anggraeni
ISBN: 9786020024387
Halaman: 384
Harga: Rp. 64.800
Penerbit: Elex Media Komputindo




Seorang ahli astronomi resmi Istana Kerajaan Bintang, Eridanus menemukan Ombroso di ambang pintu rumahnya. Elf hutan kecil itu tidak menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan oleh Eridanus, kecuali bahwa namanya adalah   Audace. 

Audance atau lebih dikenal dengan nama Ombroso memang berbeda dengan yang lainnya. Ia dipanggil Ombroso bukan saja karena sifatnya yang pemalu namun juga karena warna mata dan rambutnya yang hijau tua. Audace hanyalah bocah berusia empat tahun ketika mencapai kerajaan Elf Berbintang.Selanjutnya Elf hutan ini besar bersama dengan anak-anak Eridanus, Regulus dan Spica.

Kisahnya sangat jelas mengenai pertempuran antara kebaikan melawan kegelapan. Bagaimana tokoh utama kita dibantu dua sahabatnya  menjalankan takdirnya justru  adalah bagian yang menawan. Bagaimana seorang anak yang selama ini terlihat berbeda harus berjuang menemukan jati dirinya serta menjalani takdir sebagai penyelamat. Bukan hal yang mudah untuk anak seusia itu.

Bagian pertama berjudul observasi, kurang lebih merupakan mengenai para tokoh dan latar belakang kisah. Bagian dua , dibalik pintu gerbang jelas berisi kisah petualangan menawan mengenai apa yang terjadi setelah Buku ini juga memberikan bonus 32 halaman komik berwarna, diberi judul “Setelah Badai Berlalu, Pertarungan Terakhir” Bagian ketiga dengan judul air mata. Sedangkan bagian keempat yang merupakan bagian terakhir dengan judul dedaunan biru

Berbagai hal yang “tidak biasa” bisa ditemui dalam buku ini. Misalnya saja soal Hutan biru Pohon-pohon berwarna biru serta hantu biru.  Hantu biru adalah pelindung hutan itu. Mereka mampu menghasilkan gas pembuat kantuk yang sangat kuat. Namanya saja Kerajaan Fantasia, segala hal yang tidak biasa bisa saja ditemui. Contohnya kelelawar merah yang merupakan pembuka jalan bagi pasukan penyihir


Secara keseluruhan ide ceritanya menawan, apa lagi kisah ini ditulis oleh Geronimo Stilton seorang penulis kisah anak-anak yang menawan. Mungkin kondisi saya yang sedang jenuh membuat saya kurang bisa menikmati kisah yang ada. Untuk saya pribadi, ada beberapa bagian yang harus dibaca ulang agar lebih memahami kisahnya. Terjemahannya di beberapa bagian juga membuat saya bingung.
 
Selain adanya  peta mengenai Kerajaan Bintang di halaman awal, ada juga peta mengenai Kerajaan Hutan di halaman akhir buku. Peta-peta tersebut memudahkan pembaca mengikuti  perjalanan para tokoh. Demikian juga uraian mengenai para tokoh di awal kisah. Menariknya, jika biasanya hanya ada "Pengantar" di buku pertama, maka di buku ini juga ada "Penutup"  Bagian menebak pesan tersembunyi terlalu mudah buat saya, tapi wajar juga mengingat sasaran pembaca semula adalah usia remaja. Ilustrasi yang menawan juga membuat kita kian dimanjakan saat membaca buku ini. 

Info lebih lengkap bisa diintip di website http://www.geronimostilton.com/

Sebagai penutup, juga supaya saya ada alasan untuk menyudahi kebingungan membuat review dari buku yang ciamik ini tanpa membocorkan kisahnya (jadi curhat)  mari kita simak sama-sama

"Jadi begitulah, di puncak masa kegelapan
saat para penyihir telah menaklukkan kerajaan damai
yang tak terhitung jumlahnya
dua bintang mulai bersinar di langit
yang tertutup ancaman gelap kejahatan.
Dua bintang, bersinar dan tak terpisahkan,
tanpa rasa takut dan tak terkalahkan,
karena yang satu mengikuti yang lain
karena yang satu mendukung yang lain.
Cahaya keduanya menembus kabut hitam
yang menyelubungi kerajaan-kerajaan yang hilang

dan menyalakan cahaya bagi yang lain
menggetarkan hati dan pikiran mereka yang merasa tersesat.
Ratu hitam tidak merasa khawatir dengan kedua bintang
kecil itu di langitnya yang sekelam malam. Tak takut.
Kesombongan adalah kesalahan terbesarnya.
Keberanian dan harapan kedua bintang itu,
adalah kekayaan terbesar dunia kita."

Ahli Sihir Fabulus, Kisah Kerajaan Fantasia

1 komentar:

  1. mirip dengan cerita harry potter dan lord of the ring ya, penuh dengan fiksi mistis

    BalasHapus