Senin, 08 Mei 2017

2017 #29-30: Buku Tentang Coklat dan Kue

Masih seputar buku 3D, untuk kali ini sepertinya pas jika mengupas tentang buku seputar makanan. Ada dua yaitu Chocolate and Cakes-cokelat dan kue. Dua hal yang disukai oleh banyak orang. Kebetulan juga kedunya mengusung warna coklat tua sebagai warna yang dominan.

A World of Chocolate
Author: Michelle Brachet
Design and Production: Peter Murray
Founding Editor: Peter Murray
ISBN: 9780980382938
Pages: 72
Publication Date: 2014

Tak ada yang menolak diberi sepotong cokelat, rasanya yang manis disukai banyak orang, Cokelat merupakan  hasil olahan makanan atau  minuman dari biji kakao (Theobroma cacao).

Biji dari pohon kakao ini sendiri sangat pahit dan harus difermentasi agar rasanya dapat diperoleh, mengubah rasa pahitmenjadi manis. Setelah dipanggang dan dibubukkan hasilnya adalah cokelat atau kokoa. 

Dalam buku ini diulas mengenai  A chuck of chocolate history, chocalate in Europe, From Beans to Bar, Making Chocolates. Lalu uraian mengenai cokelat dari beberapa negara seperti Belgia, Swiss, Amerika dan Perancis. Selanjutnya ada cokelat terkait perayaan seperti Natal, Valentine, Paskah, dan White Day. Diakhiri dengan aneka resap menggugah selera seputar masakan yang mempergunakan coklat sebagai bahan.

Salah satu bagian, Talking It To The Next Level memberikan inspirasi bahwa mengolah cokelat juga bisa dijadikan sebagai salah satu profesi.  Ada dua tempat yang bisa dipilih untuk belajar mengolah cokelat lebih mendalam. Pertama adalah The Chocolate Academy, selanjutnya adalah William Curley.

Jika saat Valentine seorang pria menerima cokelat dari wanita maka ada White Day, 14 Maret, para pria mengirim cokelat bagi para wanita. Kebiasaan ini sekarang mendunia, dahulu hanya berlangsung di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan.

Menurut informasi beberapa buku 3D menimbulkan aroma persis produk aslinya. Entah terpengaruh atau tidak, tapi bau buku ini bagi saya menyerupai bau cokelat, walau cokelat apek alias cokelat lawas ^_^.

Salah satu buku yang paling saya sukai menyebutkan bahwa makan (permen) cokelat dalam batas tertentu justru baik bagi tubuh. Disebutkan juga bahwa coklat tidak menyebabkan kegemukan. Nah, penasaran khan hi hi hi.

A World of  Cakes
Author: Michelle Brachet
Design and Production: Peter Murray
Founding Editor: Peter Murray 
ISBN: 9780980383034
Pages: 163
Publication Date: 2014

Sering kali kue dianggap sebagai pelengkap sebuah seremoni. Pada pesta ulang tahun, kue menjadi salah satu elemen yang tak boleh  diabaikan. Acara tiup lilin tentunya membutuhkan kue sebagais arana. Pemotongan Wedding Cake selalu diisi dengan kecerian, bahkan belakangan sering pihak pengantin menyelipkan kejutan dalam potongan yang dibagikan. Seru!

Kata kue (dalam bahasa Inggris) berasal dari kata “Kaka” bahasa kuno Norse (yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman) di wilayah scandinavia masa era viking pada abad 13. Di tanah air Cake lebih sering diartikan sebagai kue. 

Para penikmat kue pasti menyukai buku ini. Terdapat uraian mengenai The History of Cakes-sejarah mengenai Kue, Kue terkait upacara tertentu (seperti perkawinan, ulang tahun,Natal). Bagian Cakes from Around The World berisikan aneka resep dari beberapa negara. Ada Lamington, Pavlova dan The Frog Cake dari Australia. Ada resep kue dari Austria, Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Amerika dan Perancis. Terdapat juga resep Castella, Mooncakes, White Sugar Sponge Cake dan Sweetheart Cake dari Orient (maksudnya mungkin kawasan Asia). 

Dibandingkan dengan 3D buku yang lain, buku ini lebih tebal. Apalagi jika dilihat dus yang dibuat seolah-olah sebagai tempat penyajian, beratnya lumayan juga. Desain yang menyerupai taburan parutan cokelat menjadi nilai lebih sendiri dari buku ini. Kovernya memang benar-benar menarik.

Bagi mereka yang belum begitu paham mengenai cokelat dan kue,  kedua buku ini bisa dijadikan referensi awal yang menarik. Sementara bagi mereka yang memang berkecimpung dengan bidang yang terkait dengan kedua topik tersebut, buku ini bisa dijadikan sebagai penyegaran ingatan. Tampilan yang menawan menambah buku ini layak koleksi. 

Sekedar iseng, saat mengunjungi situs penerbit, saya menemukan harga untuk buku cokelat ada $29.99   setara dengan Rp 400.000. Sementara untuk kue adalah $ 34,99 setara dengan Rp 470.000 (nilai tukar hari ini) ditambah ongkos kirim. Harga beli kedua buku ini di Big Bad Wolf adalah Rp 100.000 plus tiga jam antri kasir ^_^. Paham kan sekarang. Sekesal apa pun saya masih berusaha menahan diri mengingat buku murah yang diperoleh di sana.

Informasi lengkap mengenai buku ini bisa dilihat pada situs resmi penerbit. Untuk buku  A World of Chocolate ada di sini. Sementara untuk A World of Cakes ada di sini. 

Jika saya memiliki Bakery and Cake Shop, kedua buku ini akan saya pasang sebagai asesoris. Menambah cantik dan memberikan ilmu juga. Tapi dipasang pada bagian depan toko buku juga unik sepertinya. Bisa untuk menarik pembaca ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar