Sabtu, 17 September 2016

2016 #104: Ensiklopedi Misteri Fenomena mencurigakan, Takhayul, Aneh dan Misteri Kuno



Penulis: Judy Allen  
Alih bahasa: Rikke Mulastika
ISBN: 6020205126
ISBN13: 9786020205120
Cetakan: Pertama-2013 
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Harga: Rp 80.000 (Harga diskon Rp 30.000)
Rating:3/5  

Ukururan buku yang lebih besar (menyerupai ukuran majalah), warna kover dominan hijau serta tentunya judul, jelas membuat mata saya tergoda. Begitu membaca sinopsis yang ada, langsung memutuskan layak masuk keranjang belanjaan. Lumayan untuk jadi referensi jika membuat review.

Di sekitar kita, tentunya banyak hal yang masih merupakan misteri. Beberapa sudah bisa dijelaskan secara ilmiah, namun yang lain masih mengandung misteri yang belum terpecahkan. Buku ini juga memuat beberapa hal yang sudah dapat dijelaskan secara ilmiah. Banyak yang masih dicari penjelasannya, tapi ada juga yang dibiarkan tanpa perlu penjelasan.

Terdapat sebelas hal yang dianggap sebagai misteri dalam kehidupan ini.  Ada perihal hantu, kekuatan pikiran, takhayul dan simbol, fenomena alam, makhluk aneh, kehilangan, daratan dan rahasia yang hilang, garis dan labirin, dari planet lain, penyembuhan, tanda dan keahlian.  Di bagian akhir buku selain terdapat daftar istilah yang memudahkan pembaca memahami suatu istilah, indeks, juga terdapat daftar fenomena berdasarkan daerah.

Saat tidur pikiran sadar akan beristirahat, pikiran bawah sadar melanjutkan pekerjaannya sebagai pembuat mimpi dan pemecah masalah. Para peneliti banyak yang mempelajari pikiran tak sadar secara berkala atau eksperimen. Kelihatannya hampir bisa bekerja sendiri, dengan bantuan dan pikiran sadar atau dari tubuh. 

Termasuk kekuatan pikiran adalah indra keenam, detektif psikis, mimpi dan firasat, pikiran dan masalah, levitation. Indra keenam  terdiri dari  ESP (Extra-Sensory Perception), deja-vu, serta telepati. Salah seorang yang sangat dikenal sebagai detektif psikis adalah sosok Sherlock Holmes karangan  Sir Arthur Conan Doyle. Kemampuan ini disebut juga Indra Biru. 

Kadang takhayul dibuat untuk menciptakan rasa aman, membawa keberuntungan atau menghindari yang buruk, Tiap negara dan kebudayaan memiliki takhayul dan simbol masing-masing. Beberapa mungkin ada yang sama, namun ada juga yang bertolak belakang. Angka empat sebagai contoh merupakan angka yang tabu di China, Jepang, Korea dan Taiwan. Sementara tiga belas dianggap beruntung di China namun sial di beberapa negara. Justru angka tujuh belas yang dianggap sial di Italia.

Perihal UFO, Segitiga Bermuda, Atlantis dan beberapa hal lagi juga akan kita temukan dalam buku ini meski sudah sering dibahas dalam banyak buku. Rahasia yang menyelimuti hal tersebut memang sering menjadi bahan penelitian dan diskusi banyak pihak. Sepertinya rahasia mereka untuk sementara masih belum terungkap semua. 

Pohon juga bunga bermanfaat bagi kehidupan kita dengan berbagai cara. Bisa menjadi makanan, bahan bakar, obat, untuk membangun gedung, menjadi baju, parfum, dan masih banyak lagi. Namun juga menjadi simbol dengan makna dan kekuatan khusus.

Bunga Teratai menjadi simbol kebangkitan dan kemurnian juga memiliki kekuatan menyembuhkan. Dewi kekayaan dan kemakmuran Hindu, Dewi Lakshmi, digambarkan duduk di atas sebuah bunga Teratai. Hal ini merupakan simbol dan kekuatan spiritualnya,

Setiap lembar buku ini dihiasai dengan aneka warna yang cantik dan ilustrasi yang menawan. Agak berbeda dengan beberapa ensiklopedia yang saya miliki. Memang mengandung banyak gambar, tapi umumnya tidak disajikan dengan banyak warna seperti yang ini.

Sayangnya untuk urusan bahasa masih berkesan kaku. Beberapa kalimat terasa aneh dibaca meski saya bisa memahami apa maksud kalimat tersebut. Tetap saja butuh tenaga ekstra untuk bisa memahaminya. Sepertinya hal ini harus diatasi jika ada cetakan keduanya. Bisa membuat pembaca tidak meneruskan membaca buku ini, padahal informasi yang ada di dalam ini cukup bermanfaat.

Urusan jilid juga sepertinya masih harus mendapat perhatian eksta. Baru satu kali saya baca kok sudah beberapa halaman yang berada dalam zona siap copot. Bagaimana jika dibaca beberapa kali, bisa-bisa pating protol nih. Sungguh sayang, jika buku dengan isi seperti ini tidak dijaga mutunya. Entah lem yang kurang kuat atau musti dipikirkan cara lain.

Sang penulis, Judy Allen sudah sering penerima penghargaan melalui empat puluh lima buku anak yang ia tulis.Novelnya Awaiting Developments mendapat penghargaan Whitbread Childrean's Novel Award, Friends of the Earth dan Medali Carnegie. Saya naksir berat buku yang ini.

2 komentar:

  1. Terakhir baca ensiklopedi pas SMP. Banyak sekali pengetahuan di dalamnya. Dan ternyata buku ensiklopedi itu dibagi beberapa jenis sesuai pembahasan di dalamnya. Koleksi pas SMP itu juga berwarna dan halamannya tebel dengan cover yang tebel. Pokoknya keren, dan tentu saja harganya mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
      saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
      jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus