Rabu, 23 September 2015

2015 #75: The Pixar Character Encyclopedia

Written by: Steve Bynghall, Jo Casey, Glenn Dakin, Clare Hibbert, Catherine Saunders
ISBN-13: 9780756698850
Pages: 208
Publication date: 10/15/2012
Publisher: DK


Meet Sully, Nemo, Woody, and all of your other favorite Disney•Pixar characters in DK'sDisney•Pixar Character Encyclopedia!
Each page gives you instant access to everything there is to know about 200 Disney Pixar characters from classic Disney•Pixar films like Finding Nemo, Cars, and Monsters Inc. to some of the lesser known like A Bug's Life and Ratatouille. And don't forget about the endearing characters from the newest addition to the Disney•Pixar collection, Brave.
With tons of fun facts, images, and movie stills along with information on each character's role in the movies, the Disney•Pixar Character Encyclopedia will be the go-to guide for young Disney•Pixar fans everywhere.

I LOVE DISKON!!!
Jika tidak ada diskon tentunya saya tidak akan nekat membeli buku ini. Lebih baik beli LW he he he. Tapi sebenarnya isinya menarik lho, yang membuat tidak menarik adalah harganya. Untung saya bisa membeli dengan diskon lebih dari 50%.

Ada lebih dari 200 karakter dalam buku ini. Tepatnya karakter yang merupakan hasil karya dari Pixar. Pixar Animation Studios, dikenal dengan nama Pixar adalah studio animasi komputer yang berpusat di Emeryville, California. Studio tersebut terkenal karena menghasilkan film-film CGI-Computer-Generated Imagery


Film karya Pixar hanya muncul satu kali dalam setahun. Dan disetiap filmnya terdapat sisipan pesan moral yang cukup kental.  Kisah yang ditawarkan juga out of the box. Dengan perpaduan ide yang tidak biasa, plot kisah yang kuat, animasi yang hebat dan pesan moral yang dalam, maka tak heran film keluaran Pixar selalu memjadi idola banyak orang tanpa ada batas usia dan jenis kelamin.

Maka buku ini jelas mengajak kita lebih mengenal aneka tokoh yang ada dalam "dunia Pixar". Mungkin selama ini orang lebih banyak tahu tentang tokoh Sherif Woody, Buzz Lightyear,  serta Mr & Mrs Potato Head dalam kisah Toy Story, tapi dalam buku ini ada tentang Fillmore dan Sarge dari Cars dan Cars 2,   Charles F. Muntz dan Dug dari UP dan masih banyak lagi tokoh yang lainnya. 

Selain mendapat informasi mengenai aneka tokoh yang mungkin belum pernah kita kenal atau hanya kita tahu sekilas, dalam buku ini kita juga mendapatkan informasi lebih banyak mengenai tokoh yang sudah cukup dikenal luas. Tidak perlu khawatir karena tidak tahu dari film yang mana tokoh itu berasal, karena di bagian pinggir sudah tertera judul film dimana tokoh itu menjalankan peranannya.

The Bookworm misalnya. Saya agak lupa dari film mana ia berasal, ternyata di sisi kanan halaman tertulis Toy Story 3.  Nama dan bentuk tubuhnya langsung membuat para pembaca, penimbun dan penggila buku jatuh cinta. Keahliannya juga tak jauh dari urusan buku, meski hanya buku manual. Meski berkesan lemah, tapi ia berpengaruh pada keberadaan makhluk yang lain.

Tidak semua tokoh yang ada dalam buku ini merupakan hasil rekaan semata. Ada yang benar-benar ada, ada juga yang terinspirasi dari sebuah kebudayaan. Trokas dalam Toy Story 1-2 contohnya. Mengambil inspirasi dari boneka Rusia.

Masih ingat kisah mengenai keluarga superhero,The Incredibles? Itu merupakan film animasi pertama dari Pixar yang menampilkan karakter utama manusia. Lalu dilanjutkan oleh Up yang juga menampilkan karakter utamanya manusia.

Setiap tokoh mendapat jatah satu halaman yang berisi ulasan mengenai dirinya. Ditambah beberapa foto yang cukup menghibur. Ada juga bagian yang memberikan informasi khusus mengenai tokoh yang sedang diulas. Biasanya dengan kata  Did You Know? serta disetting dalam lingkaran dengan latar hijau dan diberi pinggiran kuning.

Pada halaman 197 misalnya, saat mengulas tentang The Triplets dari film Brave, tertulis "Did You Know? Each triplet always knows what the other are thinking, without words. The don't really need to speak to other people."

Informasi yang mengandung pengetahuan juga bisa kita dapati dalam buku ini. Dalam uraian mengenai tokoh di film Fandung Nemo misalnya. Pada halaman 95  tertulis, "Did You Know? Unlike most species, the male seahorses, not the females, give birth to babies." Jadi pembaca mendapat ilmu baru, bagi yang belum tahu bahwa kuda laut jantan yang melahirkan bayi, bukan yang betina. Bagi yang sudah mengetahui, anggaplah sebagai pengingat semata. 


Selanjutnya di halaman 111  saat mengulas tentang Bernie And Baz tertulis, "Did You Know? Crabs skeletons are on the outside of their bodies, protecting their internal organs." Dan masih banyak pengetahuan lainnya.

Saya sebenarnya agak bingung saat membaca buku ini. Kelebihan film Pixar adalah begitu banyak tokoh dalam cerita, dn semuanya dibuat dengan detail yang smpurna. Masalahnya, kadang saat menonton sebuah film kita hanya terpaku pada tokoh utama serta beberapa tokoh pendamping. Membaca buku ini membuat saya harus mengingat mereka ada di film yang mana ya. Meski sudah ada petunjuk di sisi samping halaman, tetap saja saya ingin menguji ingatan saya, apakah pernah melihat mereka di sebuah film. Atau saya terlalu terpaku pada tokoh yang lain.

Saat layak untuk dikoleksi, sayangnya tidak ada edisi bahasa Indonesia. Jika ada tentu cocok untuk anak-anak.

Jadi penasaran nonton film yang lain.
Kalian, sudah berapa banyak film Pixar yang kalian nonton?

http://aitinesia.com/mengapa-semua-orang-menyukai-pixar/









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar