Kamis, 04 September 2014

Aku dan 101 Little Women #2: Koleksi LW


Versi Manga

 Hai....buat kali ini sekedar curhat tentang aneka koleksi LW.
Manga Bahasa China

Jadi setelah mulai tertarik dengan LW, mulai membeli iseng buku-buku sejenis dengan aneka kover. Sepertinya ini juga sering dilakukan oleh  para pengoleksi buku. Satu judul buku dimiliki dengan aneka kover.
Om Buku salah satunya.  Sementara buatku akhirnya terkonsentrasi pada LW saja.

Kesetanan kata para sahabat. Dari yang semula sekedar iseng jadi investasi, walau tidak yakin juga kapan-kapan mau dilepas he he he. Soal harga, beragam. Ada yang mengikuti kurs dollar ada juga yang murah dengan halaman yang tebal karena berisi Little Women and Good Wives, bahkan ada yang seluruh seri. Ada buku seken dengan kondisi prima. Bahkan ada buku terbitan lawas yang cukup langka berwujud hardcover tapi dijual dengan harga relatif murah. Namun ada juga yang bisa dibilang mahal mengingat halamannya yang tipis.
Versi Naskah Drama

Buku di samping ini salah satunya. Merupakan buku adaptasi dari Emma Reeves. Harganya sekitar Rp 200.000-an, dengan halaman hanya 111 tentunya menjadikan buku ini mahal. Ternyata letak unsur mahalnya adalah pada isinya yang tidak biasa. 

Isinya semacam naskah drama. Layaknya sebuah naskah drama tentunya gaya penulisannya berbeda dengan novel biasa. Bagi yang ingin mementaskan kisah Little Women dalam bentuk apapun, buku ini bisa dijadikan acuan

Koleksi yang semula hanya berbahasa Indonesia dan Inggris saja mulai bertambah dengan bahasa lain. Walau merupakan kisah yang konon sudah cukup melegenda dan masuk dalam jajaran kisah klasik. Mengoleksinya tidak mudah. Kendala ada di harga dan distribusi. Untuk versi bahasa selain Inggris misalnya. Versi yang paling mudah ditemui adalah dalam bahasa Spanyol

Khusus untuk negara dengan bahasa pengantar bukan Bahasa Inggris, yang pertama saya miliki adalah Little Women dalam bahasa Thailand hasil nodong  beloved  manager Silvero.  Konon mereka hanya menerbitkan satu macam kover saja hikss.  Selanjutnya ada bahasa Italia, Spanyol, Cina dan Jepang. Dua yang sedang diorder menggunakan bahasa Greek (Yunani?) dan Polish (Polandia?). Hayuh Sil tugas lagi biar bisa  nitip *modus*

Bahasa Thailand
Jadi ingat, waktu tugas ke  Jepang sudah punya niat harus bawa pulang LW versi Jepang. Teman-teman saya sibuk membuat rencana untuk pergi ke sana, potret di situ. Bahkan ada yang sudah mempersiapkan diri dari Narita ke Tokyo sekedar agar bisa berfoto di Tokyo Tower. Heboh! Sementara saya jauh hari sudah mulai membuat cetakan huruf kanji untuk LW. Mulai mendatangi setiap toko buku dan penjual buku sambil menyodorkan kertas yang saya bawa. Hasilnya GAGAL TOTAL! Dapat justru dengan menitip beli via Kinokuniya G.I
  
Membacanya jelas tidak bisa. Hurufnya saja sudah tak paham apalagi membacanya. Hanya ada kesenangan tersendiri saja saat membuka dan mengira-ngira ini bagian dari kisah yang mana. Apalagi judul Little Women juga sering diterjemahkan dalam bahasa dimana buku itu terbit.

Judul asli kisah ini Little Women berubah menjadi Mujercitas dalam bahasa Spanyol, Mulherzinhas dalam bahasa  Portugis,   نساء صغيرات  dalam bahasa Arab, Piccole donne dalam bahasa Italia, Pikku Naisia dalam bahasa Finnish,  Les Quatre Filles du docteur March dalam bahasa Perancis, Малки жени dalam bahasa Bulgaria dan masih banyak lagi.
  
Dalam bahasa Indonesia sendiri, judulnya berubah menjadi Empat Dara, Putri Remaja, Nona-nona cilik, Young girls. Ada juga yang tetap mempergunakan judul Little Women, tergantung dari penerbit dan sasaran pembacanya.
Bahasa Belanda

Beberapa versi  bahasa ternyata dibandrol dengan harga yang lumayan membuat kantong meringis. Bahasa Belanda sebagai contoh, harganya tak kurang dari Rp 600.000. Begitu melihat sebuah buku bahasa Belanda dengan harga sekitar Rp 300.000 langsung ngeces. Untungnya sahabat saya yang ada di Belanda bersedia mencarikan di sana, barter dengan setumpuk buku. 

Keinginan mendapatkan beberapa versi bahasa lain membuat saya harus berjuang mengunjungi aneka situs. Serasa menemukan durian runtuh saat menemukan versi digital.  Terbayang betapa senangnya saat menemukan Little Women: Webster Spanish Thesaurus Edition versi digital.

Pernah saking begitu kepinginan versi suatu bahasa, begitu dapat versi digital langsung dicetak dengan kertas khusus yang biasa dipakai untuk mencetak novel. Kondisi ini berlaku untuk bahasa Arab, Perancis.  Biaya mencetak memang lumayan tapi masih lebih murah dari pada membeli. Semoga kelak bisa memiliki versi cetaknya.

LW bergaya Macho
Kisah LW, ternyata selain “dikisahkan kembali” ada juga kisah yang terinspirasi dari LW, atau plesetannya.  LW plesetan yang ditemukan diobralan seharga antara Rp 5.000-Rp 10.000 (buka kartu deh) langsung beli buanyak. Salah satunya sudah buat nimpuk sis Luckty di Lampung. Sekarang harga buku ini menjadi diatas Rp 100.000. 

Wajah menakutkan
 para Gadis
Isinya tentang sosok para gadis March yang berubah menjadi Vampire. Gigi taring dan darah pada kover membuat kesan para gadis March yang selama ini anggun berubah menjadi menyeramkan. Tapi justru hal tersebut yang membuat tampilan buku ini jadi berbeda.

Sementara untuk Little Women in Black  juga menawarkan kisah yang berbeda. Buku ini sebenarnya merisikan lima buah kisah yang merupakan plesetan dari kisah populer. "Anne-droid of Green Gables,"  buatan  Lezli Robyn, "Little Women in Black" oleh Rick Hautala, serta beberapa kisah lainnya. Para Gadis March menjadi sosok yang macho dengan senjata ala MIM (Man In Black)

Ukuran buku juga beragam. Ada yang kecil  seukuran seperempat kertas , ada yang besar seukuran nyaris seperempat koran. Ukuran yang beragam inilah yang membuat agak susah menyusun box penyimpanannya. Jadi tidak bisa disusun berdasarkan urutan angka.

Ukuran terbesar dalam Koleksi
Oh ya, supaya terawat setiap buku saya bungkus plastik lalu dimasukan dalam box plastik. Karena tujuannya untuk dikoleksi beberapa buku bahkan tidak saya buku plastiknya. Bagi buku yang ditemukan dalam kondisi kurang prima karena usia, meski disetiap box plastik juga ada selica gell, saya tambahkan selica gell sewaktu dibungkus plastik. Jadi jika orang lain berbelanja box untuk diisi kue atau panganan, saya justru bersemangat memborong guna menyimpan Little Women.

Saat ini jumlah LW memang sudah melewati angka 101. Versi bahasa Indonesia ada sekitar 17 buah, bahasa Perancis 2 buah, bahasa Belanda 2 buah, bahasa Spanyol 5 buah, bahasa China 1 buah, bahasa Jepang 2 buah, bahasa Italia 1 buah, bahasa Thailand 1 buah, bahasa Arab 2 buah, sisanya bahasa Inggris. Sementara yang sedang dipesan adalah bahasa Polish (Polandia?) 2 buah, bahasa Greek (Yunani?) 2 buah.

Jadi ingat, harus mengucapkan banyak terima kasih kepada para sahabat yang membantu mengoleksi buku ini. Sil, Jenny, Evyta Ar, Luckty yang sering mencolek jika melihat LW.  Patricia & Rahmadiyanti yang selalu rela dititipi, semua kalian banyak mendapat rejezi sehingga bisa sering melancong ke luar negeri jadi bisa nitip lagi, Aamiin YRA.  Sutaryono yang sering dijadikan penerima saat beloved yayang mengirimkan sebuah buku sebagai kejutan, tahu banget kalau dikirim langsung pasti nolak (dulu sih sekarang malah pinter nodong). Para  pemasok Om buku,  Mabu Majalah Buku, Meladeni All, tentunya Perpiplus keuletan mencarikan buku serta pelayanan yang memuaskan membuat koleksi ini bisa terwujud.

Paling penting, harus mengucapkan ribuan terima kasih kepada Ibu Retno P yang selalu rela dan iklas meminjamkan kartu kreditnya untuk melakukan transaksi pembelian. Jika tidak mengenal ibu yang satu ini, mungkin keinginan buat mengoleks hanya sekedar angan semu semata. 

Pertanyaan STD yang sering disampaikan orang, sudah habis berapa biaya untuk mengoleksi? Jika mengintip akun disebuah situs penjualan buku di tanah air, jumlahnya memang lumayan. Tak perlu heran, jika urusan koleksi memang menguras kantong. Tengok saja pengoleksi tas dan sepatu, koleksi LW saya masih lebih murah dari harga tas dan sepatu mereka.



Sudah menjadi keputusan bahwa dana pembelian tidak boleh mengganggu urusan dapur, alias THP. Uang mengembangkan koleksi diperoleh dari lembur, efisiensi uang makan siang, dapat arisan dan lainnya. Semangat cari tambahan demi LW.

Oh ya, toko buku Periplus memberikanku kemudahan. Selain diskon  khusus untuk member. Penukaran point membuatku makin semangat mengumpulkan agar bisa ditukar sebuah buku idaman. Buat apa susah jika hanya dengan menggerakan jari kita bisa mendapatkan sebuah buku. Jadi pingin nunggu diskon khsus member BBI nih.

Dalam rangka membagi kebahagaian menyambut Little Women ke-101 (seperti kisah klasik 101 Dalmatian yahhh) akan ada kuis berhadiah buku. Caranya??? Sabar buku sedang dikumpulkan dan didata. Soalnya pasti tak jauh dari Little Women kok

Jika Louisa menyebutkan

“I want to do something splendid…
Something heroic or wonderful that won’t be forgotten after I’m dead…
I think I shall write books.” 


Maka aku harus melakukan sedikit revisi pada kalimat I think I shall write books   menulis buku menjadi membuat G.A/kuis.
Setuju?????

2 komentar:

  1. ah kerennnn.. selalu menyenangkan jika kita berhasil mengumpulkan buku yang disukai.. :)

    BalasHapus