Jumat, 18 Januari 2013

Rasputin's Daughter


Penulis: Robert Alexander
Penerjemah: Rahmani Astuti
Penyunting: Dian Pranasari
Pemeriksa Aksara: M. Sidik  Nugraha
Pewajah isi: Eri A. Adityawarman
ISBN: 978-979-024-396-5
halaman: 401
Penerbit: Serambi
harga: Rp 55.000


Sakit hati
Kecewa
Takut

Perasaan yang berkecamuk di dada Matryona Grigorevna Rasputina, Maria saat melihat ayahnya dikhianati oleh orang-orang terdekatnya. Orang-orang terdekat yang kebetulan adalah para bangsawan. Di depan matanya Maria menyaksikan sang ayah yang selama dihormati oleh para bangsawan dibunuh secara keji. Entah mengapa mereka tidak membunuhnya juga walau melepaskan dirinyas etelah puas menyiksa.

Bukan rahasia lagi kemampuan supranaturalnya membuat ia dengan mudah diterima di lingkungan istana serta dikagumi oleh banyak warga bahkan cenderung menunjukan fanatik yang mengkhawatirkan. Misalnya saja memerintahkan seorang putri menjilati jemarinya yang kotor. Para pemujanya bahkan sering memohon diperlakukan seperti itu sebagai wujud kepatuhan dan kepasrahan.

Kedekatan ini merupakan noda besar dalam Keluarga Romanov. Noda yang harus segera dienyahkan dengan cara apapun! Para Grand Duke sangat yakin keberadaan Rasputin serta kedekatannya dengan Tsarina tidak hanya menghancurkan wibawa Tsar tapi juga mereka semua. Sebuah rencana guna menyingkirkan Rasputin disusun dengan rapi sehingga tidak menimbulkan keributan masal.

Buku ini mengisahkan sisi kehidupan seorang Rasputin dari sudut pandang Maria, anak perempuannya. Kehidupannya bagai dua mata uang.  Ia sering disebut sebagai orang suci bagi beberapa orang namun menjadi penjahat bagi orang lainnya. Rasputin memang berhasil menyembuhkan banyak orang, namun ia juga melakukan pelecehan bagi banyak wanita. Misalnya saat seorang istri tentara mohon bantuannya. 

Rasputin dalam kehidupannya menganut Falsafah Khlyst. Dalam falsafah Khlyst disebutkan  bahwa tuhan telah menciptakan manusia dan nafsu seks. Dengan demikian untuk dibebaskan dari dosa kita harus berbuat dosa terlebih dahulu menurut Rasputin. Hal tersebut yang membuat rasputin menerapkan kebijakan berbeda terhadap murid perempuannya. Alasan itu juga yang membuat Rasputin menyewa jasa seorang pelacur guna mengeluarkan napsu seksnya agar ia bsia menghukum dirinya sendiri. Maria yang melihat hal tersebut menjadi herandan merasa bahwa sang ayah tak seperti yang diduga orang banyak.

Rasputin  selalu menyediakan ikan bagi keluarganya. Baginya ikan tidak saja bagian dari diet untuk membuktikan keimanan, namun  adalah bagian dari jalan yang diterangi oleh para Rasul. Dengan memakan ikan tubuh mereka tidak pernah menjadi gelap. Orang yang memakan daging membuat tubuh mereka menjadi gelap.

Sosok Grigori Yefimovich Rasputin lahir 10 Januari 1869. Ia merupakan tokoh yang sering dikaitkan dengan peristiwa kejatuhan Dinasti Romanov. Kabar angin menyebutkan Tsarina Alexander memiliki hubungan khusus dengannya. Terutama karena sang putra mahkota  Tsar Nocholas II, Alexander menderita hemofilia, sebuah kelainan genetik pada darah karena  kekurangan faktor pembekuan darah. tahun 1898 rasputin menikah dengan Proskovia Fydorovna Dubrovina dan memiliki tiga orang anak Dmitri,  Maria, serta  Varvara. Pada  29 Desember 1916 pada usia 47 tahun Rasputin meninggal.Saat kerusuhan tentara menggali tubuhnya lalu  melemparkannya ke tumpukan kayu bakar. Tubuh tersebut terbakar selama enam jam sebelum menjadi debu. Saat dibakar, mendadak tubuhnya berubah menjadi posisi duduk hal ini menyebabkan ia dituduh sebagai setan oleh banyak pihak.

Nicholas II Romanov (1868-1918) memerintah 1894-1917 merupakan Tsar terakhir dari Kekaisaran Rusia. Penguasa Bolshevik membantai seluruh keluarga Romanov di gudang penyimpanan anggur di Gedung Ipatiev, Yekaterinburg, Rusia, pada tanggal 17 Juli 1918. 

Bagi penggemar kisah sejarah atau kehidupan sosial  buku ini layak dibaca. Perebutan kekuasaan apapun alasan dan caranya pasti menyebabkan kesenggaraan bagi rakyat. Hal positif yang bisa kita ambil adalah kadang bahwa seseorang seberapa hebatnya pasti memiliki sisi negatif. Maka tugas utama kita adalah mengoptimalkan kelebihan dan menekan sisi negatif.

Sebagai bumbu, penulis juga menyertakan kisah cinta antara Maria dengan sosok pria yang misterius. Kelak pada akhir cerita kita diajak untuk memutuskan, apakah memang Maria sudah menemukan cinta sejatinya, atau peperangan menggunakan rasa cinta sebagai senjata. Menyentuh

2 komentar: