Senin, 01 Oktober 2012

Saat "Beda" Justru Menyelamatkan Kota



Judul: ParaNorman
Penulis: Elizabeth Cody Kimmel
Illustrasi: Ross Stewart
Penerjemah: Reni Indardini
Penyunting: Rina Wulandari
Penyelaras Aksara: Putri Rosdina
ISBN: 978-979-433-718-9
Halaman: 261
Penerbit: Mizan Fantasy
Harga: Rp 44.000

Kukutuk kalian!
Kalian akan mati mengenaskan kemudian bangkit dari kubur sebagai mayat hidup! Kulaknat jiwa kalian agar tersiksa selama-lamanya dan jasab kalian agar abadi dalam keterhinaan

Nyaris tidak ada yang tak mengenal sosok Courtney Babcock sang cheerleader populer dengan gaya ekor kudanya yang mampu membuat cowok-cowok saling adu jotos. Tapi hanya sedikit yang mengenal sosok Norman Babcok sang adik.

Sekilas tidak ada yang aneh dengan sosok Norman Babcock.  Memang tatanan rambutnya bisa dikategorikan aneh, tapi itu masalah selera. Sama dengan selera anehnya, menyukai film zombi alih-alih film remaja. Jika diperhatikan lebih lanjut, keanehannya  bukan pada penampilan fisiknya, tapi pada tingkahnya.  Tidak hanya tingkahnya saja sebenarnya, bahkan saat Norman  lahir terjadilah hal-hal aneh, seperti seluruh lampu di bangsal bersalin mendadak korsleting, anjing-anjing di sepenjuru kota serempak melolong, dan muncul pelangi berbentuk tanda tanya di langit


 Entah kutukan atau apa namanya, namun Norman bisa melihat dan berkomunikasi dengan hantu, termasuk sang nenek. Kemana pun ia melangkah di Blithe Hallow, ia bisa melihat aneka hantu yang bersliweran. Para arwah juga saling berebut perhatian Norman, mencoba meminta bantuannya untuk urusan yang terselesaikan di dunia nyata. 

Hampir tak ada yang mempercayai kemampuannya itu.  Makanya ia sering dianggap aneh karena bagi orang lain ia terlihat seperti berbicara sendiri. Padahal ia sedang berkomunikasi dengan arwah. Tidak hanya arwah manusia namun juga hewan. Ia menjadi sering diejek dan diganggu oleh sebagain besar kawan-kawannya.

 Sebenarnya Blithe Hallow adalah tempat yang keseluruhan identitasnya terpaut erat dengan persidangan penyihir. Sekitar tiga ratus tahun yang lalu, sempat terjadi persidangan yang menuduh seorang anak adalah penyihir dan ia dihukum mati. Konon setiap tahun arwah sang anak akan bangkit dan melancarkan aksi terornya. Sementara para hakim yang menghukumnya akan bangkit menjadi zombi mencari pertolongan guna membebaskan mereka dari kutukan.

Zombi disini adalah mayat hidup yang berjalan mencari mangsanya. dalam berbagai film, zombi digambarkan suka mengisap cairan otak. Tapi dalam kisah ini, zombi para hakim bukannya mengisap otak hanya mencari pertolongan. Di dunia maya, zombi bisa diartikan sebagai hecker yang mengendalikan sistem.

Secara keseluruhan kisahnya bisa dikatakan sederhana. Mengenai bagaimana mengusir arwah jahat dan semula adalah seorang anak imut  dengan kelebihan yang pada saat itu dianggap sebagai sebuah kutukan, sebuah tanda bersekutu dengan setan. Ironi memang saat berbeda malah menjadi momok bagi diri sendiri. Belakangan justru berbedaan Norman, yaitu kemampuan yang dimilikinya malah mampu menyelamatkan kota dari kutukan berusia 300 tahun. 


Baik konflik dan penyelesaian juga terbilang sangat sederhana bagi buku setebal  261 halaman. Beberapa bagian justru terlalu mengada-ngada bagi saya.  Walau begitu pesan moral yang disampaikan perlu dicermati. Misalnya saja kondisi berbeda yang membuat seseorang dituduh penyihir dan dihukum mati mengandung pesan agar kita mau menerima sosok yang memiliki perbedaan. Mencoba menyelaraskannya lebih baik dari pada menjauhi dan mengucilkan dengan alasan berbeda.



Pesan bahwa keluarga bisa membentuk kita  juga disampaikan dalam kisah ini. Sosok ayah yang meredam rasa malu karena tak percaya akan kemampuan Norman membentuknya menjadi sosok yang cenderung menutup diri. Padahal bukan maunya menjadi berbeda. Kasih sayang ibu juga membuat tokoh jahat kita melunak dan "pulang" kemana harusnya ia berada.
 
ParaNorman sebenarnya adalah film animasi 3D yang dirilis pada 17 Agustus 2012 di negerinya sana. Buku ini merupakan kisah yang diadaptasi dari film. Para pengisi suara antara lain  Casey Affleck, Tempesrr Bledsoe, Jeff Garlin, John Goodman dan Leslie Mann. Tentunya akan berbeda membaca dengan menonton.  ParaNorman Official Trailer bisa dinikmati  di  http://www.youtube.com/watch?v=hgwSpajMw3s

Buku ini juga dipenuhi dengan berbagai ilustrasi yang menawan. Pada bagian  awal bab kita akan menemui ilustrasi terkait kisah yang ada dalam bab tersebut dalam warna hitam putih. Di balik kover depan dan belakang kita akan menemukan ilustrasi yang tak kalah menarik dalam aneka warna menawan. Bahkan jika kita perhatikan lebih seksama, halaman belakang menawarkan bentuk yang cukup unik, tengok saja bagaimana penempatan ISBN.

1 komentar:

  1. bisa melihat hantu berarti punya kemampuan cenayang?

    BalasHapus