Jumat, 06 April 2012

Paduan Tentang Naga (lagi)




Judul: A Practical Guide to Dragon Magic
Penulis: Susan  J Morris
ISBN: 9780786953479
Penerbit: Wizards of the Coast
 
Siapa yang tidak mengenal naga. Di beberapa kebudayaan naga memiliki tempat tersendiri. Ada yang menyebutnya dragon (Inggris), draken (Skandinavia), Liong (Cina). Umumnya naga  dikenal sebagai makhluk superior yang berwujud mirip  ular. Umumnya naga dianggap makluk sakti dan sering digambarkan mampu menyemburkan api.

Sebut saja Kamboja, dikatakan  bahwa Kaliya, putri Raja Naga  menikah dengan seorang Brahmana  India bernama Kaundinya.  Dari sanalah muncul masyarakat  Kamboja.


Liong atau Lung dalam   tradisi Cina  disebut juga naga. Makhluk ini digambarkan sebagai ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan cakar. Naga disini merupakan simbol kekuatan alam, angin topan.  Shio naga bagi bangsa cina bermakna kebenaran, perlindungan dan kekuasaan.

Naga sering dianggap sebagai makhluk bijak karena merupakan penjelmaan roh orang suci yang belum masuk surga. Roh tersebut menhelma menjadi naga kecil lalu menyusup  ke dalam bumi menunggu sampai badannya membesar, setelah itu ia akan terbang menuju surga.

Bahkan kisah fantasi Harry Potter juga melibatkan naga. Jika kita perhatikan dengan seksama, bagian kover di sisi belakang mirip dengan amplop yang dikrim oleh burung hantu bagi Harry.


Buku ini memberikan petunjuk bagaimana cara untuk bisa memahami naga. Diharapkan kelak naga dan manusia yang memjadi sahabatnya mampu memiliki semacam keterikatan secara emosi. Sang naga akan menjadi bagian hidup. Mengingatkan saya pada kisah Eragon.

Dibuka dengan semacam surat dari  sang penulis ,Sindri Suncatcher untuk bibinya. Ia mengisahkan awal mulai ia merasa tertarik pada naga dan terus mencari informasi seputar naga. Ia tinggal bersama naga sehingga mampu mengumpulkan informasi dengan akurat. Sebenarnya Sindri tinggal bersama naga juga belajar dari seseorang yang ahli tentang naga.

Isi buku ini antara lain adalah:
Dealing With Dragon Magic 
Magic to the Core
Dragon Spellcraft
Talking With Dragons
Magic Lessons
Dragon Magic and You

Dragon Apprentice 
Why Apprentice to a Dragon?
Kinds of Dragon Apprenticeships
Dragon Apprentice Duties
Stormshell Training
Egg Games
What You'll Need
Where You'll Stay
The Dragon Pact


Dragon Stormshells 
Chromatic Dragons
Red Dragon Stormshell: Charstryx
Black Dragon Stormshell: Vutharyx
Blue Dragon Stormshell: Ulharyx
Green Dragon Stormshell: Achuryx
White Dragon Stormshell: Aussiryx
Metallic Dragons
Gold Dragon Stormshell: Auryx
Copper Dragon Stormshell: Rachyx
Brass Dragon Stormshell: Bensvelkyx
Bronze Dragon Stormshell: Aujiryx
Silver Dragon Stormshell: Ornyx




Dragon Master 
Why Bond With a Dragon?
Darastrix Academy for Young Dragons and Their Wizards
Dragon Master Responsibilities
Make a Dragon Bond
Finding Your Dragon: A Quiz

Banyak pengetahuan praktis seputar naga yang bisa kita peroleh. Misalnya saja mengenai kalimat  I want to learn magic dalam bahasa naga menjadi Isk tuor ekess parvex arcaniss, lalu Where is the bathroom menjadi  vessyx vi rax gurgulax awas jangan sampai terggigit lidah saat mengucapkannya.

Saran tentang nama-nama yang sebaiknya diberikan pada naga juga bisa ditemukan dalam buku ini. Goldon dragon contohnya, diusulkan diberi nama Aurex, Aethyr, Luminia atau Borealix. Blue Daron diusulkan nama Dazzle, Kespecco, Korthyre atau Karryte.

Ada satu halaman yang memuat konon adalah bahasa naga lengkap dengan alfabet. Menurut Sindri tulisan dengan bahasa naga mengandung unsur sihir dan manteri tingkat tinggi. Hem.. lucu juga jika nama saya ditulis dalam bahasa naga.


Selain soal naga, info penting tentang dimana bisa menempuh pendidikan resmi untuk menjadi ahli naga juga tercantum.  Termasuk lokasi dimana harus tinggal serta pembagian ruangan.

Uniknya di buku ini penjelasan mengenai suatu hal dibuat dengan model layaknya catatan pribadi. Seolah-olah kita menambahkan informasi seputar hal tersebut. Huruf serta warna yang digunakan juga berbeda. Huruf yang dipakai adalah huruf sambung dengan warna merah sehingga langsung menarik perhatian pembaca

Soal ilustrasi, jangan ditanya lagi ciamik tenan! Ilustrasi tidak saja mempermudah kita memahami sesuatu tapi juga membuat pembaca merasa terhibur. Beberapa ilustrasi  dibuat dengan gaya segar mengundang senyum. Naga ternyata juga bsia digambarkan dengan kocak.

Jika ingin melihat seri lainnya silahkan intip di
http://www.wizards.com/dnd/Product.aspx?x=dnd%2Fproducts%2Fmirrorstone%2F251190000


THX buat hadiahnya Pak Manager a.k.a Silvero

3 komentar:

  1. saya punya hobi mendesain gitar elektrik, kadang kehabisan ide untuk memberi nama tipe desain. Nama Aurex, Aethyr, Luminia atau Borealix, Dazzle, Kespecco, Korthyre atau Karryte sepertinya bisa menjadi referensi. Terimakasih ya ..

    BalasHapus