Kamis, 19 Januari 2012

Ayo Kotak-katik Kotak



Judul : Poke the Box
Penulis : Seth Godin
Penerjemah : Ratri Prakoso
Penyunting : Mimi Jamilah
Pewajah Isi : Aryo Ceria
ISBN : 978-979-024-571-6
Halaman :114
Harga : Rp29.900,-
Penerbit : Serambi

Seni adalah bidang yang sulit.
Penjualan adalah bidang yang sulit.
Menulis adalah bidang yang sulit.
Membuat perbedaan adalah hal yang sulit.

Sulit, tapi bukan berarti tidak bisa  dilakukan!

1. Tidak ada yang TIDAK BISA, semua pasti bisa asal mau diusahakan untuk bisa secara maksimal. Lakukan dengan terbaik, untuk mendapatkan yang terbaik, hanya yang terbaik bukan baik.
2.Jangan pernah menyesali yang sudah lewat. Makanya saya paling sebal jika seseorang berkata "Coba kalau..." berulang kali. BANGUN............! Dari pada menyesali yang sudah lewat cobalah melakukan sesuatui dengan yang sudah terjadi.
3. Jangan jadi pengekor, tapi jadilah yang pertama.Padukan prinsip Blue Ocean Strategi dan Purple Cow dengan sentuhan Marketing Wise ala Khong Kheng-Hor & Sunny T.H Goh, sebar luaskan dengan seven habits.

Tiga prinsip itu yang selama ini saya pegang jika para sahabat meminta bantuan untuk membuat semacam marketing plan bahkan rencana bisnis. Bahkan banyak hal dalam tindakan saya juga mengacu pada tiga hal di atas.

Point ketiga sepertinya gampang tapi tidak pada kenyataannya. Kapan terakhir teman-teman sekalian melontarkan sebuah ide pada rapat resmi yang diselenggarakan di kantor? Jangan bicara soal ide itu diterima dan dijalankan, tapi ingat-ingat dulu kapan terakhir berani mengajukan sebuah usulan?

Atau...
Kapan terakhir kali kalian menggagas sebuah kegiatan diantara teman-teman?

Hemmm.... atau kapan terakhir kalian menghayal mengenai apa yang bisa dilakukan jika tua nanti?

SEGERALAH MULAI!!!!

Dalam buku ini ada tujuh perintah yang layak untuk diketahui:
1. Miliki kesadaran-sadar terhadap pasar, terhadap berbagai peluang, terhadap siapa diri Anda.
2. Enyamlah pendidikan, sehingga Anda dapat memahami lingkungan di  sekitar kita.
3. Jalinlah hubungan, sehingga orang dapat memercayai Anda ketika Anda memutuskan untuk terlibat.
4. Bersikaplah konsisten, sehingga sistem mengetahui apa yang dapat diharapkan dari Anda.
5. Bangunlah set, sehingga Anda memiliki sesuatu yang dapat dijual
6. Berusalah untuk produktif, sehingga produk Anda dapat dipasarkan dengan harga yang layak.
7. Miliki keberanian, kebesaran jiwa dan keinginan besar untuk mewujudkan sesuatu

Keenam perintah diatas  ini diajarkan dalam berbagai model di sekolah serta dengan mudah ditemui dalam berbagai buku.  Sebenarnya untuk perintah ketujuh  tidak dengan mudah ditemukan dalam buku serta tidak semua orang bisa melakukannya. Apakah Anda mampu melakukan perintah ketujuh?

Buku tipis dan berat isi ini mengajak kita untuk bergegas melakukan sesuatu yang berbeda,  sehingga memiliki nilai lebih. Berhentilah mengekor, tapi buatlah sesuatu .Memang dalam perjalanan "membuat sesuatu" akan banyak rintangan terutama dari orang terdekat. Jangan cemas, jika yakin dengan apa yang dilakukan dan telah diperhitungkan dengan mantap semua pasti bisa diatasi!

Butuh dua kali membaca ulang buku ini untuk mulai bisa menangkap pesan yang disampaikan. Aneh! Padahal buku Seth Godin terutama Purple Cow adalah buku wajib saya saat harus membuat marketing plan.  Bisa jadi  dikarenakan banyak kata yang tidak akrab bagi mata saya. Misalnya kata pemrakarsa, medioker, berprakarsa. Belum lagi tiba-tiba ada kalimat yang terasa aneh.

Padahal buku setebal 114 halaman ini cukup unik, menggoda untuk dibaca. Isinya merupakan perpaduan antara memotivasi seseorang untuk  berani melakukan Poke The Box serta tips untuk cara melakukan sebuah bisnis setelah orang tersebut Poke The Box. Perpaduan antara motivasi dan tips yang dijabarkan dalam point-point singkat dengan harapan mudah dipahami dan butuh waktu yang tak lama untuk menuntaskan buku setipis ini.

Mungkin juga  karena gaya bahasanya. Bahasa yang dipergunakan dalam buku ini sungguh unik! Kalimat disusun dengan gaya bergegas mengajak kita untuk segera meninggalkan zona nyaman yang kadang membuat kita tak maju, alih-alih  memberikan penjelasan panjang lebar mengenai suatu hal. Setiap kata seakan memacu adrenalin kita untuk segera bangkit dan bersegera! Dunia membutuhkan wawasan, impian serta kontribusi kita semua, bergegaslah!

Celakanya saya tipe orang yang jika adrenalin terpicu lebih mengandalkan naluri dan pemahaman singkat untuk sebuah kondisi.  Konsentrasi saya terpecah sehingga saya kurang memahami isi buku ini saat pertama kali membaca. Kali kedua saya membaca, sensasinya mulai berkurang sehingga saya langsung bisa memahami isinya. Tidak apa, saya percaya kegagalan dan rintangan memang harus ditempuh agar bisa bergerak untuk maju. Dan saya jatuh cinta.....

Kover dengan warna cerah memang sungguh menarik. Gambar yang ada juga membuat yang melihat bisa merasakan unsur semangat,  kecerian dan keinginan untuk terus berbuat sesuatu. Seperti saya yang tidak pernah bisa diam dan selalu gatal mengomentari sesuatu hal yang bsai dikembangkan menjadi hal baru.

Dari info  di bagian belakang ternyata pria yang terburu-buru itu adalah arketipe yang ditemukan pertama kali pada hieroglif Mesir Kuno. Sayang warna yang dipergunakan  untuk judul lsangat serupa dengan warna latar belakang kover sehingga membuat judul tidak terbaca. 

Jika ada waktu senggang, mampirlah ke http://www.TheDominoProject.com

Gambar dari :  
http://forrester.typepad.com/groundswell/2009/07/seth-godin-blogger-an-interview.html

2 komentar:

  1. Reviewnya juga bersemangat euy! Memacu adrenalin buat baca buku

    covernya suka!

    BalasHapus
  2. ^_^ dibaca.... bakalan dibahas di proresensi minggu ini. Ada kusinya lho siapa tahu beruntung

    BalasHapus