Senin, 16 Januari 2012

#5. Lari...Lari...Larilah Terus Thomas....!


 Judul asli : The Maze Runner
Penulis : James Dashner
Penerjemah : Yunita Candra
Penyunting : Dhewiberta
ISBN : 978-979-433-655-7
Halaman: 526
Penerbit : Mizan  Fantasi
Harga : Rp 74.000

Lari…..
Lari…..
LARI..............!

Pecahkan jalan Maze dan temukan jalan pulang untuk kami

Nasib mereka hanya tergantung pada  para pelari.  Para Pelari harus  berlari sepanjang hari dan membuat peta berdasarkan hasil ingatan mengenai jalur-jalur yang aman dari serangan Griever. Mereka tak pernah berhenti berharap suatu saat, mereka bisa keluar dari Maze yang mengurung mereka selama ini. Mereka bertahan hidup hanya untuk satu tujuan, kembali pulang.

“Senang bertemu denganmu, bocah ingusan. Selamat datang di Glade
Suatu saat Thomas tersadar dan menemukan dirinya berada dalam semacam kotak. Untuk keluar ia harus ditarik keluar oleh segerombolan anak yang memanggilnya dengan sebutan “Anak Bawang” Ia tak ingat apa-apa kecuali namanya adalah Thomas. Dan petualangan menegangkan dimulai sejak  ia keluar dari kota itu. 

Mereka yang menarik keluar dirinya tinggal bersama di tempat yang bernama Glade.  Glade dikelilingi oleh dinding batu dengan empat pintu besar.  Setiap malam pintu itu akan menutup secara otomatis pada waktu yang sama sehingga mereka aman dari serbuan Griever, mosnter ganas yang menyengat.

Griever berwujud seperti hasil percobaan  yang salah. Tubuhnya sebagian merupakan hewan, sebagian lagi mesin. Wujudnya menyerupai siput hanya ditumbuhi sedikit bulu dan berkilau berlumuran lendir, berdenyut aneh naik dan turun saat ia bernapas. Panjangnay sekitar dua meter dengan ketebalan sekitar satu setengah meter. Setiap sepuluh hingga lima belas detik, paku-paku besi tajam mencuat keluar dari dagingnya yang menggelembung dan seluruh tubuh makhluk itu tiba-tiba bergelung membentuk bola dan menggelinding maju.
Versi Bahasa Spanyol

Untuk keluar bukanlah hal mudah. Setiap saat Maze yang mengelilingi mereka berubah.  Setiap pagi, mereka mengirim para pelari untuk berlari keluar mempelajari perubahan dan mencatatnya hingga suatu saat mereka menemukan jalan keluar yang aman. Hanya mereka yang tercepat dan terkuat yang bsia menjadi pelari. Satu kesalahan kecil yang mengakibatkan kemampuan mereka berkurang sedikit saja, sama artinya dengan tamat menjadi pelari.

Kehidupan di Glade juga membuat Thomas resah. Selain ia harus berurusan dengan adanya intrik sesama mereka guna menjadi yang  berkuasa, ia juga harus menghadapi  sikap curiga dari yang lainnya. Sikap yang tidak bisa  disalahkan apalagi selama  ini mereka hanya mendapat satu anak setiap bulan, tapi setelah Thomas ”mendarat ” tak lama kemudian seorang anak perempuan bernama Teresa juga ”mendarat” ditambah dengan serangkaian kejadian aneh.  Semuanya harus dihadapi Thomas sambil berusaha mengingat jati dirinya.

Maze menurut  Collins English Dictionary – Complete and Unabridged © HarperCollins Publishers 1991, 1994, 1998, 2000, 2003 adalah:
1. a complex network of paths or passages, esp one with high hedges in a garden, designed to puzzle those walking through it Compare labyrinth [1]
2. a similar system represented diagrammatically as a pattern of lines
3. any confusing network of streets, pathways, etc. a maze of paths 
4. a state of confusion

Maka bisa  dibayangkan  betapa  sulitnya mencari jalan keluar mengingat sebuah Maze saja  sudah rumit  apa lagi sebuah Maze yang selalu bergerak.

Pertama membaca uraian mengenai Maze yang setiap hari berubah, ingatan saya mau tak mau  menuju ke kisah HP. Dimana tangga menuju pintu ruang rekreasi mereka sering berubah sendiri. Juga kisah HP dimana ia dan tiga orang anak lainnya  mengikuti  lomba guna mendapatkan sebuah piala. Mereka harus mencari piala  yang diletakkan di tengah-tengah Maze. Untuk menemukannay bukan perkara mudah. Mereka harus berhadapan dengan banyak hal yang mengejutkan. Pastinya kisah petualangan yang mendebarkan. 

Ternyata kisahnya sungguh mendebarkan! Untung saya tidak memiliki kelainan jantung. Saat membaca bagaimana situasi menegangkan yang mereka rasakan ketika pintu tidak tertutup, kedua kaki saya terasa dingin, SERAM!. Ketika membaca bagian Thomas keluar dari lokasi aman hanya untuk menyelamatkan dua orang temannya saya jadi merinding. Apa lagi saat mengetahui mereka dengan nekat malah menyerbu… ah nanti jadi spoiler. Buku ini konon ditujukan bagi anak berusia tiga belas tahun, namun dengan isi kisah yang mendebarkan sepertinya butuh bimbingan orang tua.
Versi Bahasa Romania

Bagi saya pribadi kekurangannya hanya satu, kisah ini sungguh mendebarkan. Ritmenya begitu cepat ala Dan Brown. Sehingga  jika ingin menikmati kisahnya akan lebih menyenangkan jika dibaca tanpa sela. Sementara saya karena kesibukan plus hujan yang membuat saya tidak bsai membaca di jalan terpaksa membacanya dengan sela waktu. Efek menyeramkan dan menegangkan bagi saya jadi berkurang. Sehingga untuk mengembalikan "suasana" saya harus membaca ulang beberapa halaman di depannya. Ini bagi saya lho, tapi bagi teman-teman yangs udah terbiasa membaca putus-sambung apa lagi disela buku lain tentunya bukan masalah.

Jangan lupa mengintip http://www.randomhouse.com/teens/mazerunner/index.php serta http://www.jamesdashner.com/. Oh ya, saat membuka http://www.youtube.com/watch?v=j2-zYcD-dDs mau tak mau saya jadi sedikit sebal. Kok tua sekali  yah tokoh Thomas digambarkan disana. 

Di Goodreads buku ini mendapat rating 3,98 dan 5,466 review. Bukan buku yang biasa khan.....
Tak sabar menunggu kelanjutannya:
The Scorch Trials
The Death Cure

Gambar dari:
http://www.goodreads

3 komentar: