Senin, 02 Januari 2012

Aku dan Buku di 2011


Pagi..............................!
Tahun baru , semangat baru, list buku baru!
Banyak kejadian seputar buku yang terjadi di tahun 2011. Hanya saja yang paling meninggalkan kesan di hati adalah

1. Lengsernya Ibu Peri Buku
Siapa yang tak kenal Ibu Peri Buku Endah Sulwesi. Kesempatan yang Mbak Endah berikan kepada teman-teman yang baru belajar membuat resensi sungguh besar. Mbak Endah tidak saja memberikan tips  tapi juga hal yang paling mendasar, sebuah buku baru untuk bahan diresensi!

Setiap kali Mbak Endah mengirim buku baru, seakan sebuah "tugas" tiba, tentunya sebuah tugas yang diterima dengan gembira. Dengan semangat "balas dendam" membuktikan diri layak mendapat buku baru, justru membuat sebuh resensi lebih lama dari pada membaca sebuah buku. Kadang hanya butuh 2 jam untuk membaca tapi membutuhkan 2 hari untuk membuat sebuah resensi, yang mungkinm masih jauh dari bagus.

Satu yang selalu saya pegang. Resensi  harus memberikan sesuatu yang beda, misalnya pengetahuan seputar buku, lokasi yang ada dalam buku, biografi pengarang dan sebagainya. Sehingga pembaca tidak hanya mendapat gambaran seputar buku tapi juga tambahan informasi.

Untuk menghormati beliau, saya, Dion dan Luckty membuatkan cerpen ala kadarnya secara maraton. Dimulai dari Luckty, dion dan saya. Sebenarnya diharapkan teman-teman yang lain juga akan meneruskan sehingga kita bsia membuat sebuah kuncer seputar ibu peri buku.

Saking paniknya teman-teman tanpa ibu peri, sempat ada gerakan Vote Truly for Ibu Peri. Dasar Ordo Buntelan, tega saja menumbalkan teman demi buntelan. Tapi sekarang sudah ada Bapak Peri Buku yang tak kalah kerennya, Mas Dyan P.  Tak butuh waktu lama bagi beliau untuk beradaptasi dengan anggota  ordo buntelan 

Sedih memang ditinggal ibu peri, tapi asal beliau mendapatkan yang terbaik, masa kita-kita mau egois sih.  Hug 4 u Mbak Endah.....

2. Jadi Peri buku
Bersyukur akan kemudahan yang didapat dalam hal pasokan bacaan, tahun ini sengaja membuat semacam kuis. Buku-buku yang BELUM SEMPAT dibaca segera dicarikan asisten untuk membantu membaca dan membuat semacam resensi. Masalahnya kadang tumpukan terlalu banyak, akhirnya dibuat semacam kuis, dimana pemenang bsia mendapatkan lebih dari 1 buku. 

Buku-buku lama juga mendapat rumah. Beberapa sahabat yang mendedikasikan diri guna perkembangan buku seperti Mas Benni dan Edy selalu mendapat hormat saya. Mereka rela berbaghei koleksi dengan masyarakat umum, sementara saya masih super egois. 

Siap-siap... sekitar tanggal 15 bakalan ada kuis lagi nih.....!

3. Pindah kerja ke Perpustakaan
Sakit jiwa!
Komentar para sahabat saat mereka tahu saya meninggalkan semua yang telah saya raih demi memulai kerja di perpustakaan yang disebutkan terbesar di  Asean.  Jangan salahkan mereka, dipikir-pkir wajar jika mereka berkata begitu. Saya harus rela kehilangan lebih dari setengah penghasilan yang saya bawa pulang hanya agar bisa  bekerja di perpustakaan yang belum jelas bisa  memberi saya gaji berapa.

Dari bujuk rayu hingga sedikit tekanan sudah saya anggap angin lalu saja. Bisa tidak bisa harus bisa bekerja di sana! hanya itu yang ada di benak saya. Apalagi sebuah buku Magnet Uang membuat saya kian mantap berjalan. Ternyata saya tidak salah! Banyak hal seputar buku yang belum saya tahu. Menarik! Sampai sempat saya hanya membaca sekian buku selama sebulan karena saya lebih tertarik berada di antara buku-buku di perpustakaan. Belajar menyusun, memberi kode bahkan menyampul. Ternyata  mengurus buku butuh ilmu khusus.

Walau sekarang saya bekerja di bagian keuangan, jauh dari buku, namun tetap saja, bekerja disana membuat hidup saya kian berarti.

4. Bertemu penulis favorit
Akhirnya bisa ketemu dan  minta tanda tangan dari Eyang NH Dini. Sejak jatuh cinta melalui buku Langit dan Bumi Sahabat kami saat SMP, saya mulai mengoleksi buku-buku karangan eyang. Bahkan saat kepameran dan ada buku karangan beliau yang diletakkan di bagian harga khusus dengan mengusung kover yang berbeda segera berpindah tangan tanpa ragu-ragu.

Perjuangan bertemu beliau sepertinya termasuk hal ternekat yan saya lakukan. Dari urusan kereta api, taxi, kabur dari kantor sampai nekat beli buku-buku dilokasi tanpa ingat berapa sisa uang yang ada.

Sebelumnya..... kian bersyukur bisa kerja di perpustakaan. Bisa mendengarkan kuliah umum dan minta tanda tangan dari Opa Justin. Hebohnya saat itu, dasar naluri Ordo Buntelan. Beli bukunya di TM Bookstore  biar murah he he he. Jadi koleksi yang unik walau belum semua bukunya  dibaca.

Akhir tahun berhasil menyeret Mas Yudhi and Mas Nasuntuk untuk mampir ke Book fair dan  IRF 2011. Di Book fair sempat bertemu juga dengan Lea alias Jaladara. Sayang saat ke Yogya tidak sempat bertemu dengan petinggi KPJ. Ya sudahlah...

5. Lepas dan terima tugas baru.
Serasa pejabat he he he. Akhir tahun ini IRF 2011 merupakan tanda berakhirnya kepercayaan dari teman-teman GRI sebagai Koordinator Khusus setelah dua tahun.  Banyak suka duka, tapi siapun yang kelak menggantikan tugas-tugasku dia akan dapat 1000 persen dorongan. Apa lagi cuman bagian dorong-dorongan ^_^

Eh.... tugas terakhir dari Om Harun selaku moderator 2011 adalah siaran di Tv one. Bikin heboh, bukan karena penampilanku tapi karena namaku yang salah. Kayaknya waktu itu Mbak Endah juga salah yah... heran dehhh

Tahun ini juga bergabung dengan BBI, Blog Buku Indonesia. Sekumpulan teman-teman yang mencintai buku dan membuat sebuah blog khusus untuk memuat resensi mereka. Asyiknya jadi tahu aneka buku diluar genreku. Ada posting resensi bersama. Semangat!!!!!!!!!!!!!!!

Saat IRF kemarin BBI ikut memeriahkan dengan membuka stand yang memberikan pelayanan menyampul. tadinya kita mengira yang bakalan datang untuk sampul gratis sedikit ternyata.............! Wadehhhhh kudu diatur strategi baru nih tahun depan.

Tugas baru adalah jadi semacam markom buat Vandaria. Sebuah IP karya Ami Raditya. Ceritanya kita para anak bangsa berniat membuat sebuah produk  kesatuan terdiri dari game, buku, program tv, animasi dan sebagainya. Semua tersedia, bagi anak-anak hingga usia mapam. 

Berdasarkan pengalaman tidak menyenangkan untuk yang ini saya sangat berhati-hati. Tapi beloved manajer Silvero and beloved  Bonmedo Tambunan mengingatkan saya untuk memberi kesempatan mendengarkan dulu apa yang akan dibagikan oleh Ami. Belakangan, malah saya yang "terjerumus"

Rekan-rekan penerbit juga datang dan pergi, ada hubungan yang kian membaik tapi dengan berat hati juga terpaksa menerima ada yang kian memburuk. Tapi itulah hidup. Jika  semua aman tidak akan menyenangkan juga, perlu sedikit variasi riak-riak kehidupan.

Buku-buku yang dibaca selama 2011
Januari
1. Nibiru dan Kesatria Atlantis, Tasaro
2 Diary Si Bocah Tengil : Hari-hari Sial, Jeff Kinney
3 Wolfsangel, M.D. Lachlan
4 Fablehaven (Fablehaven, #1): Suaka Rahasia, Brandon Mull
5 Ranah 3 warna, A. Fuadi
6 Little man, Louisa may S
7 Percy Jacksn Buku 5, Rick Riordan
8 The Social Media Marketing Book, Dan Zarella
9 Buku Pintar Penerbitan Buku, Tim Grasindo
10 Mathias Muthus, Kesetiaan Tiga Dasawarsa, Rita Triana Budiarti
11 The Fury (The Vampire Diaries, #3), L.J Smith
12 A Touch of Death, Charlaine Harris
13 The Prince and the Pauper, Mark Twin
14 Shin Suikoden 1, Eiji Yoshikawa

Februari
15 I am Number Four, Pittaxus Lore
16 Memburu Emas Terpendam, Franklin W Dixon
17 Shakespeare's Landlord (A Lily Bard Mystery, #1), Charlaine Harris
18 First Step 2 Forever Justin Bieber
19 Sherlock Holmes & Laskar Jalanan Baker Street : Penculikan Watson, Tracy Mack , Michael Citrin
20 The Girl Who Kicked the Hornets' Nest ,Stieg Larsson
21 100 Cupboards :Portal Petualangan, N.D Wilson
22 Valharald, Adi Toha
23 Hardy Boys, #10: Tengah Malam yang Mencekam, Franklin W. Dixon
24 Silver Stone, Ardina Hasanbasri
25 Ghostgirl: Lovesick, Tonya Hurley
26 Rindu Purnama, Tasaro G.K, Ahmad Fuadi

Maret
27 Nyai dan Pergundikan di Hindia-Belanda, Reggie Baay
28 Warna langit
29 The Rescue (Guardians of Ga'Hoole, #3), Kathryn Lasky
30 Kompor Mleduk Benyamin S, The Creative Library
31 Suddenly Supernatural: Arwah di Sekolah, Elizabeth Cody Kimmel
32 Cinta yang Hilang, O. Henry
33 Sisters Red (Sisters Red, #1), Jackson Pearce
34 The Last Empress (Paperback) Achee Min,
35 Empress Orchid, Achee Min
36 Pearls of China, Achee Min
37 Last Tango, Robert Alley
38 Madame Mo, Achee Min
39 Eight Cousins, Louisa May Alcott
40 Dark Reunion (The Vampire Diaries, #4,) L.J Smith
41 Rahasia Penggilingan Tua (Hardy Boys, #3), Franklin W. Dixon
42 Anak Arloji, Kurnia Effendi
43 Misteri Pulau Kabin, Franklin W. Dixon
44 Big Breasts and Wide Hips, Mo Yan

April
45 A Golden Web, Barbara Quick
46 Rumah Seribu Malaikat, Yuli Badawi
47 Spring-Heeled Jack, Philip Pullman
48 Jackdaw Summer, David Almond
49 Presiden Prawiranegara , Akmal Nasery Basral
50 Sumbangan-Sumbangan Karya Sains Super Dahsyat Islam Abad Pertengahan, Dion Yulianto
51 Goodreads: Komunitas Gila Baca, Tempat Jitu Promosi  Buku, Alexius Satyo Widijanuarto
52 How to Become a Money Magnet: Rahasia Menarik Uang dengan Cepat dan Mudah, Marie-Claire Carlyle, 
53 The Hundred-Towered City
54 Keydo, Taty Elmir
55 The Wind in the Willows, Kenneth Grahame

Mei
56 Buku Pintar Mitologi Dunia, Nurla Isna Aunillah
57 The Count of Monte Cristo, Alexandre Dumas
58 Red Riding Hood, Sarah Blakley-Cartwright 
59 Miss Billy, Eleanor H. Porter
60 Tetra Mars, Harry K. Peterson,
61 Fatamorgana di Segitiga Emas, Suryatini N. Ganie
62 Treasure island, Robert Louis Stevenson
63 Math doesn't Stuck , Danica McKellar             
64 Berguru Pada Pesohor: Panduan Wajib,  Diana AV Sasa 
65 Untung Surapati, Yudhi Herwibowo
66 Mortlock, Jon Mayhew

Juni
67 Shadowland, Alyson Noel
68 Anggelos, Harry k. Peterson
69 Assassins's Apprentice, Robin Bobb
70 Firelight, Sophie Jordan 
71 The Alchemist's Secret,Erin Hunter
73 Wither, Lauren Destefano
74 The Pregnancy Handbook, Nadia Mulya
75 Prophecy of the sisters, Michelle Zink
76 9 Summers 10 Autumns ,Iwan Setyawan 
77 Avonturir #1 :  Terjebak di Pulau Dinosauru, Mara Deka

Juli
78 A Tale Dark and Grimm, Adam Gidwitz
79 Cinta Tak Pernah mati,
80 The Miracle of Endorphin, Dr. Sheigo Haruyama
81 2, Donny Dirgantoro
82 One amazing think, Chitra banerjee Divakaruni
83 Perfect Chemistry, Simone Elkeles
84 The Govins, Diana Caroline
85 The Day Of The Jackal, Frederick Forsyth

Agustus
86 The Book With No Name, Anonymous
87 Nightfall (Vampire Diaries: The Return Series #1), L.J Smith
88 Misteri di Balik Hutan, Harlan Coben
89 The Alchemist and the Angel, Joanne Owen
90 Snow Flower and the Secret Fan, Lisa See
91 Momoye: Mereka Memanggilku, Eka Hindra
92 Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara, Ahmad Yunus 
93 Ekspedisi Buki Kaja, Yudhi Herwibowo
94 Perjalanan Menuju Cahaya, Yudhi Herwibowo
95 Uncle Tom's Cabin, Harriet Beecher Stowe
96 Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken,
Jestein Gaarder & Klaus Hagerup
97 Penangsang: Kidung Takhta Asmara, NasSirun PurwOkartun 

September
98 Incarceron (Incarceron, #1), Catherine Fisher
99 Specials, Scott Westerfeld.
100 Buku-buku Yang Mengubah Dunia: Lebih dari 50 Buku  yang Paling Berpengaruh dalam    
        Sejarah Manusia, Andrew Taylor 
101 The Freak Show, Rino Sutan Sinaro
102 Sang Guru & Secangkir Kopi: Sejarawan Onghokham  dan Dunia Baru Bernama Indonesia!, Andi Achdian
103 Fall of Giants, Ken Follet
104 Diary si Bocah Tengil 5: Kenyataan Pahit, Jeff Kinney
105 Bangkitnya Bintang Malam (Fablehaven, #2), Brandon Mull

Oktober
106 The Candy Makers, Wendy Mass
107 Avalon, Jalinan Sihir : Lingkaran-lingkaran Air, Rachel Roberts
108 Fablehaven #3: Cengkaman Wabah Bayangan, Brandon Mull
109 Harun dan Samudra Dongeng, Salman Rushdie
110 The Red Pyramid (Kane Chronicles, #1), Rick Riordan
111 The Vampire Diaries: The Return: Shadow Souls
112 Bedeviled Book #1 : Daddy's Little Angel, Shani Petroff
113 Judul Buku ini Rahasia, Pseudonymous Bosch
114 Makrifat Jawa, Abdurrahman El-Ashiy
115 Bedeviled Book #2 : The Good, The Bad and The Ugly dress, Shani Petroff
116 Rembulang Ungu, Bondan Nusantara
117 vandaria Saga : Ratu Seribu tahun, ardani persada
118 Luka dan Api kehidupan , Salman Rushdie

November
119 The Jungle Book, Rudyard Kipling
120 Eye of the Crow (The Boy Sherlock Holmes #1,) Shane Peacock 
121 The Grey Labyrinth (The Search for Merlin # 2), Tyas Palar
122 GEDORAN DEPOK--Revolusi Sosial di Tepi Jakarta 1945-1955, Wenri Wanhar
123 Anak Rembulan - Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari, Djokolelono 
124 Shangri-La (The Hidden City): Rahasia Sihir dan Angka 13, Ken Budha
125 Dark Goddess, Sarwat Chadda
126 Batik: From The Courts Of Java And Sumatra, Leo Haks

Desember
127 Dunsa, Vinca Calista
128 The Odessa File, Frederick Forsyth
129 Sweetly, Jackson Pearce
130 Argenteuil: Hidup Memisahkan Diri, NH Dini
131 The Enchanted Castle, E. Nesbit
132 Raise the Red Lantern, Su Tong
133 The Khilafa ,Zaynur Ridwan 
134 Narend : Petualangan ke Negeri Kutukan, Linuwih Nata Permana
135 Kitab Monster dan Makhluk-makhluk Ajaib,   Anasrullah
136 The Spook's Battle, Joseph Delaney
136 City of Thieves (Kota Para Pencuri), David Benioff 
137 Laba-laba dan jaring kesayangannya, Elwyn Books  White 

Buku paling tebal
1. The Girl Who Kicked the Hornets' Nest, Stieg Larsson, 984
2. Big Breasts and Wide Hips,Mo Yan, 751
3. Nibiru dan Kesatria Atlantis, Tasaro, 692 4

Buku Paling tipis
1. Batik: From The Courts Of Java And Sumatra , Leo Haks, 96
2. Mathias Muthus, Kesetiaan Tiga Dasawarsa, Rita Triana Budiarti, 106
3. Cinta yang Hilang, O. Henry, 118
4. Ekspedisi Buki Kaja, Yudhi Herwibowo,118

 Bintang 5
1. I am Number Four,Pittaxus Lore
2. Pearls of China , Achee Min
3. How to Become a Money Magnet: Rahasia Menarik Uang dengan Cepat dan Mudah, Marie-Claire Carlyle, 
4. The Count of Monte Cristo, Alexandre Dumas
5. Tetra Mars, Harry K. Peterson,
6. The Alchemist's Secret, Scott Mariani
7. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, Jestein Gaarder & Klaus Hagerup
8. Buku-buku Yang Mengubah Dunia: Lebih dari 50 Buku yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah Manusia , Andrew Taylor

Ucapan terima kasih untuk Bapak dan Ibu Peri buku antara lain : Mas Dyan, Jia, dan Ida  (Serambi), Imelda (Kantera) Kang Fanfan dan Esti  (Mizan), Putri, Lia  dan Ezy (RBH), Rina (Mizan), Mas Wisnu (Esensi), Lulu (Matahati), Ama(Ufuk), Dion (Diva) Ssst Dion  ini sindiran biar segera kirim buku lho , Salahuddine & Dina B (Dolphin), Adi Toha, 

Yang paling penting, salam hormat buat para suhu, Mas Tanzil, Mbak Endah dan Mas Yudhi  ^_^

Buat Anggota Orodo Buntelan.....!Waspadalah...waspadalah..... sekarang sudah kutemukan garam supermanjur ^_^

Oh ya.... masih berhutang 1 resensi ke sis Dina yah......
Kemarin bukunya aku bawa lho tapi kayaknya  ketutupan sama yang segede bantal itu tuh...

3 komentar:

  1. sukses di tahun 2012 dengan buku-bukunya mbak

    BalasHapus
  2. wow! banyak hal yang berkesan ya mbk selama menggeluti dunia buku. dan aku baru tahu klo mbk truly pernah nongol di TV One. Sukses selalu ya Mbk Truly, aku juga makasih buat pinjaman yang gak pake tedeng aling-aling banyaknya :D

    BalasHapus
  3. @Membaca buku thxxx 4 u 2
    Penikmat buku thx........., hayuh mau pinjem lagi ^_^

    BalasHapus