Selasa, 22 September 2020

2020#38: Tanpa HURUF ITU

 



LAPORAN KHUSUS SANGAT RAHASIA

 

Pada: Para Komandan  Abdi Utama  Khusus
Dari: Pimpinan  Paling Tinggi Wiranacita

Hal:  Manuskrip yang dilarang
Status: Siaga tunggu instruksi lanjut

Para Komandan Abdi  Utama Khusus,  tak habis  rasa syukurku  atas dukungan kalian. Wiranacita bukan apa-apa tanpa kalian,  banyak hal jadi kacau. Untunglah kalian  sangat cakap dan pandai hingga suasana jadi damai.

Saat ini, saya mau kasih info soal masalah yang buat Wiranacita punya  masa lalu sulit dan suram. Mungkin tak banyak yang tahu soal sangat rahasia ini. Tapi informan paling pandai sudah kasih laporan soal  mungkin munculnya  lagi hal yang bahaya ini. Kalian harus siaga kapan pun. Ini soal hur
uf yang dilarang  waktu   zaman Tuan Zaliman Yang Mulia .

Pada lima Sabtu lalu,   usaha Abdi Baca Khusus bawa hasil yang luar biasa. Dari informasi yang  dikirimi Ivan  Barbarovich Barbarov via utusan khusus,  tim  jadi bisa lacak  salinan manuskrip yang bikin suasana politik dalam Wiranacita panas.  Manuskrip itu  juga yang dulu bikin  munculnya  maklumat hapuskan HURUF ITU. Ada yang diam-diam simpan untuk dijual mahal kapan-kapan. Dikira bisa  bakal banyak dapat uang, lupa nyawa bisa hilang.

 Dari  manuskrip itu,  didapati banyak  hal baru soal huruf yang dilarang.  Informasi yang ada pada  Pusat Data sangat minim jika topiknya asal mula larangan HURUF ITU. Padahal untuk bisa larang abadi, harus paham asal-usulnya. Manuskrip asli sudah hangus,  ikut Tuan Zaliman jatuh dalam kawah logam saat  ada hukuman mati lalu. Salinan itu bisa jadi jawaban soal kasus HURUF ITU.

Munculnya larangan akan huruf  ITU, yang dipakai nomor tiga paling banyak di Wiranacita dampaknya sungguh luar biasa. Banyak hal tak masuk akal timbul. Salah satunya naiknya bisnis pisang yang jadi makanan utama 


warga hingga 3 kali lipat di atas inflasi! Luar biasa bukan? Padahal pisang bukanlah komoditi baru, itu makanan pokok rakyat Wiranacita dari zaman dahulu kala.

 Dari informasi akurat  dari lapangan,  hal ini akibat adanya biang makar yang punya gagasan  sangat miring. Puisinya dianggap dalang dari  naiknya harga pisang.  Dia punya nama, Bagus Prihardana. Bagi para usahawan pisang,  namany

Dari informasi akurat  dari lapangan,  hal ini akibat adanya biang makar yang punya gagasan  sangat miring. Puisinya dianggap dalang dari  naiknya harga pisang.  Dia punya nama, Bagus Prihardana. Bagi para usahawan pisang,  namanya hanya satu dari banyak distributor biasa. Tapi  tidak  bagi pihak lain.

Tak ada larangan unt
uk  diskusi  atau acara  baca puisi, hanya khawatir jika dampaknya malah jadi makar.  Tapi puisi gubahan Bagus  Prihardana  topiknya soal gugatan, atau rasa tidak suka pada diktaktor.  Kacaunya, banyak yang suka sama karyanya.

Maka Unit Bahasa dan Syair larang hal-hal  mirip itu. Surat Kabar yang suatu saat muat puisi Bagus Prihardana langsung dibungkam, tidak  ada sirkulasi lagi.  Tak ada yang tahu bagaimana dia punya wajah. Data milik Unit Bahasa dan Syair soal sosoknya  sangat minim

 Agar suasana kondusif, Tuan Zalim sudah siapkan  siasat jitu. Orang-orang pilihan dijadikan staf di  Balai Adikamus. Tugas utamanya ubah atau ganti isi Adikamus agar tak ada HURUF ITU lagi di dalamnya. Jadi tak ada lagi kata pakai HURUF ITU di Waranacita.

 Buku ini kasih info luar biasa! Siapa  sosok asli Bagus  Prihardana itu ada dalam buku ini! Pantas Tuanku Zaliman dulu sangat takut padanya! Dikiranya Bagus sudah mati, tapi bayang-bayangnya muncul dimana ia suka, kapan saja ia mau. Lama-lama tak kuat juga Zaliman,  rasanya dihantu bayang-bayang Bagus ikuti dia.  Mana khayalan, mana nyata sudah tak tahu lagi dia. Maka dipanggilnya dua psikiatri untuk bantu usut urusan jiwa dan fungsi-fungsi fisiologis.

Soal kabar burung yang ada di halaman 247  baris 10-14 harus diuji dulu.Apakah  kabar burung  atau info yang valid. Harap jangan yakin  dulu akan hal itu. Saat ini Wiranacita sudah buat tim khusus untuk usut masalah itu. Diharapkan tak butuh waktu lama untuk bisa sampaikan hasilnya. Tapi  kabar angin bilang kalau informan kunci masih tak mau buka mulut.

Bisa dikatakan  payahnya  situasi  saat itu akibat tidak disampaikannya  daftar buku yang dilarang pada rakyat.  Hanya toko buku daring yang dapat info. Tak salah jika banyak rakyat tak paham bahwa buku CADL masuk golongan buku dilarang. Siapa yang  simpan buku itu, bisa dapat ganjaran hukuman mati dalam 30 hari tanpa putusan hakim. Tahapannya dibui, dibugili, ditusuk, dilumpuhkan, dan diikat.

Jawaban soal  makin 
banyaknya anak muda yang suka hal miring juga ada dalam buku ini. Gara-gara banyak buku yang dihanguskan usai Maklumat April dikumandangkan,  Wiranacita  jadi punya banyak stok abu.  Dari pada tak digunakan, difungsikan saja jadi pupuk  via Unit Agrikultur.  Tak ada yang duga kalau  makan pisang dari hasil  tanam dan pupuk itu juga bawa dampak miring.

Hal yang juga luar biasa dari manuskrip ini,  adalah kita bisa tahu   dalang  yang bikin kisah Bagus  Prihardana dan buku CAD*L muncul  aman di  lokasi lain. Biar  banyak yang tahu soal ini, dia larikan diri sampai kota J. Di sana dia malah bikin  kisah yang pakahuruf ITU, Mau bagaimana, di sana tak ada larangan soal pakai HURUF ITU/ Bahkan, salah satu majalah-DAAD juga pakai gambar pisang buat dipasang di halaman muka. Nama majalahnya NADI, topiknya pangan.

Dalam kisah ini,  yang  Suka Baca  diajak masuk pada dunia baru   yang bak  diciptaan tukang racik kisah. Misalnya untuk  dapat ilmu, ada Institut ajar formal untuk anak-anak. Mulai dari maktab dasar, madya, dan atas. Untuk hari,  pakai kata Minggu, Soma, Anggara, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Adapun untuk urusan surat via daring dinamakan ratron.  Agar komunikasi bisa lancar, banyak yang pakai pon-gam,  alat komunikasi tanpa kawat  yang banyak manfaat.  Kurang mirip apa coba! Suka Baca tak sadar bahwa kisah yang dibaca adalah soal kondisi nyata masyarakat di Waranacita  akibat larangan pakai HURUF ITU, bukan karangannya.

Gila dia! Buku ini ditulis  cuman buat jawab tantangan lipogram. Sungguh pandai dia bikin kisah rupanya. Sampai dapat 282 halaman.  Oh ya, dia punya nama Triskad*kaman. Lihat kan! Dia tak mau tahu soal maklumat ganti nama. Bagian sunting namanya Afandi.  Buku itu disalin dan djual  sama Gram*dia.  Konon, buku ini juga sudah  ada di banyak lokasi, tak hanya Kota J.

Untuk bisa dapat buku ini via toko,  Suka Baca  cukup kasih nomor ISBN  9786020639581.  Harganya juga tak mahal, hanya   Rp 88.000 nilai tukar uang di sana. Bayangkan jika buku ini ada yang jual di Wiranacita! Pasti harganya naik banyak.

Bagi para Suka Baca, tata bahasa yang dipakai dalam buku ini,  bisa jadi agak tak biasa dibandingkan tata bahasa yang dipakai di sana. Ada banyak kalimat yang rasanya dipaksakan, kurang pas. Tapi  para Suka Baca  juga bisa nikmati kisah lantaran banyak kata yang mirip.

 Tuanku Pimpinan  Paling Tinggi Wiranacita, sudah kasih instruksi baru. Saat ini manuskrip hasil lacak disimpan dalam gudang khusus barang-barang yang dianggap  bahaya bagi Wiranacita. Hanya Pimpinan  Paling Tinggi Wiranacita  dan 3 ajudan pribadi yang tahu lokasinya.

 Lalu,  akan ada tim yang dapat izin khusus untuk lakukan   transaksi buku dari kota J. Jika sudah, maka staf  tinggi dari  Balai Adikamus akan coba lihat, apakah isinya sama antara manuskrip yang kita dapati dibandingkan buku CAD*L yang dijual di kota J.  Supaya bisa dijadikan bahan ajar didikan bagi Abdi Utama  Khusus pilihan. Jadi bisa antisipasi ha-hal yang mungkin muncul dan bikin Wiranacita tidak damai lagi.

 Kalian,  Komandan  Abdi Utama  Khusus akan dapat izin untuk ikut baca. Buat catatan yang dirasa bikin bahaya bagi Wiranacita. Jangan coba-coba buat duplikat jika tidak mau dapat masalah!

                                                                                  Pimpinan  Paling Tinggi Wiranacita

                                                                                                          18/9/2029

 

 64823hfnv8`832809c34vb56-=\1349m34cv7568,=121r,33333

Ratron  ini sudah kami susupi!
Bagi yang b3rminat sama buku CAD3l bisa c3k tawa
ran m3narik dari toko daring b3rikut ini.

 Kami tak takut lagi pada Pasukan Hijau! 

Kami kami p3rlu m3mbiasakan diri pakai HURUF ITU lagi. Untunglah anak muda yang s3ring dijuluki Anak Alay di n3gara ini punya  cara tulis huruf yang bisa bantu kami hilangkan trauma.

 B3lilah!

Baca rahasia k3lam yang dis3mbunyikan s3lama ini.







s


















1 komentar:

  1. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Whatshapp : +855969190856
    website : AJOQQ.NET

    BalasHapus