Senin, 06 Januari 2020

2020 #1: 13 Kisah Fantasi Tak Biasa

Judul asli: Because You Love to Hate Me: 13 Kisah dari Sisi Gelap
Disunting oleh: Amerie
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Yuli Pritania
ISBN: 9786023854288
Halaman: 478
Cetakan: Pertama-Oktober 2019
Penerbit: Noura Books
Harga: Rp 119.000
Rating: 3.5/5

Penjahat, mereka benar-benar keji. Kita sangat suka membenci mereka dan mereka sangat benci untuk disukai, hanya karena dibenci membebaskan mereka untuk tidak terpaksa menjadi orang baik

Dan, tidak ada yang lebih kita inginkan selain itu

~Amerie, Because You Love to Hate Me, halaman 11~

Apa yang pertama kali muncul dalam benak pembaca ketika melihat buku ini? Bisa beragam tentunya. Bagi saya, dengan ilustrasi yang gelap, tulisan Love dan Hate, kalimat 13 Kisah dari Sisi Gelap, serta Seberapa jauh kau mampu bertahan di sisi terang sebelum menyeberang ke sisi gelap?, buku ini menawarkan kisah misteri.

Setelah membaca blurd, dan mengetahui siapa penerbitnya, barulah saya sadar ini buku ini mengusung kisah fantasi. Sebenarnya buku ini adalah sejenis kumpulan cerpen, terdapat 13 kisah plus tiga belas ulasan dari booktuber dan blogger yang dianggap paling berpengaruh di youtube.

Because You Love to Hate Me bukan  hanya tentang para antagonis hebat, melainkan juga tentang diri kita sendiri dalam seluruh kengerian dan kejayaan kita, demikian yang tertulis di halaman 11. Maka bisa disimpulkan kebanyakan kisah yang disajikan akan mengusung tema kelam. 

Kisah Jack karya Amerie di halaman 39, mengingatkan pada kisah Jack dan Kacang Ajaib. Lengkap dengan Raksaksa, ayam bertelur emas, serta harpa yang mengeluarkan lagu indah. Perbedaannya justru pada akhir kisah yang sama sekali tak terduga.

Sementara Shirley & Jim  karangan Susan Dernnard langsung membuat pembaca teringat akan kisah Holmes. bagaimana tidak, dengan nama tokoh Jim Morriaty,  Kepala Sekolah Hudson, Jean Watson, dan Shirley Holmes sukar untuk tidak mengingat sosok Sherlock Holmes.

Disajikan secara bergantian antara kisah  dengan  komentar yang diberikan. Sehingga setelah menikmati suatu kisah, pembaca bisa langsung mengetahui bagaimana uraian mengenai kisah tersebut. 

Untuk kisah jack, pembahasan dilakukan oleh Tina Burke-The Lushables seorang booktuber dengan judul Raksaksa dan Tiran. Sementara untuk kisah Shirley & Jim, ulasan dibuat oleh Sasha Alberg-abookutopia, dengan judul Dear Sasha, Pusat Informasi Tentang Para Penjahat.

Ketika selesai membaca semua kisah, saya baru sadar sebuah petunjuk tersembunyi (apa coba), sepertinya kisah yang ada dibuat untuk memenuhi tantangan yang diajukan. Bagian ini terletak pada akhir tiap kisah, agar kita tak bisa menebak isi kisah tersebut.

Sebagai contoh, kisah Sang Penyihir Laut karangan Marissa Meyer dibuat untuk memenuhi tantangan antagonis dari Zoe Herdt. Tantangan yang diberikan, "Bagaimana jika sang penyihir laut dulu pernah mengalami apa yang putri duyung kecil alami, tetapi memutuskan untuk membunuh cintanya dan kembali menjadi duyung."

Tantangan tersebut diterima dalam sebuah kisah berjudul Sang Penyihir Laut. Sementara ulasan Zoe Herdt terhadap karya yang berupa tantangannya diberi judul Penjahat Atau Pahlawan? Kau yang Putuskan! 

Membaca kisah Si Cantik yang Berbisa besutan Cindy Pon, saya seperti pernah membaca kisah dengan gaya bercerita yang mirip. Untunglah di bagian belakang buku saya bisa menemukan biodata singkat para penulis. Ternyata ia yang menulis Silver Phoenix! Sayang seri tersebut tidak dilanjutkan.

Tidak hanya biodata penulis, terdapat juga biodata para booktuber. Bagi para penggila buku, ini  merupakan informasi yang bisa membantu jika ingin mencari buku bacaan yang menarik. 

Secara keseluruhan, walau isi kisahnya lumayan suram, namanya juga  dari sisi antagonis, banyak hal yang bisa kita ambil dari kisah  maupun ulasan yang ada. Kembali, semuanya tergantung dari sisi mana kita memaknai kisah tersebut.

Minimal kita bisa menemukan sesuatu yang berbeda dibalik sosok antagonis yang selama ini kita ketahui. Pada Si Cantik yang Berbisa, saya menemukan bahwa pada dasarnya kekecewaan dan sakit hati yang membuat Me du menjadi seperti itu. Ia merasa Dewi Kesucian telah menghianati dirinya.

Sementara pada Sang Penyihir Laut, terungkap bagaimana cinta bisa membutakan sehingga bisa berbuat yang tak masuk akal. Rasa sakit hati Nerit ketika  mengetahui cintanya pada Samuel justru dibalas dengan kejahatan, membuatnya tak mampu berpikir jernih lagi.  Salahkah Nerit? Tergantung.

Oh ya, ternyata ada juga bagian yang mengisahkan tentang perpustakaan, pada kisah Shirley dan Jim. Serta Anugrah Hasrat-hasrat Sederhana pada halaman 180. Umumnya adegan yang disajikan adalah pertemuan atau kegiatan dalam perpustakaan, serta bagaimana buku diolah dan diatur.

Buku ini layak untuk dibaca segala usia, meski bimbingan orang tua dalam membaca tetap dibutuhkan bagi para pembaca usia belia. bagi mereka yang ingin mencoba sebuah bacaan yang agak berbeda, buku ini bisa dijadikan alternatif pilihan.

Bagi para "tukang komentar" buku, disarankan untuk membaca buku ini dan membuat ulasan sendiri pada kisah yang dianggap menarik. Coba bandingkan dengan yang dibuat oleh booktuber. Minimal bisa mendapat pengalaman dan ilmu baru dalam menikmati dan mengomentari sebuah buku.

Secara iseng saya meluncur ke Goodreads untuk mengetahui aneka sampul versi ini. Ternyata cukup mengejutkan juga, kebanyaka justru mempergunakan gambar bunga mawar. Dari 12 versi yang ada, 9  mempergunakan gambar bunga mawar, satu mempergunakan topeng, satu memakai ilustrasi tulisan, sementara 1 lagi tak ada gambarnya.

Hem...,kenapa bunga mawar ya?


Sumber gambar:
Because You Love to Hate Me: 13 Kisah dari Sisi Gelap



3 komentar:

  1. Ngeri-ngeri sedap ini kisahnya karena membawa kelamnya tokoh antagonis. Ah, saya penasaran apa yang dirasa setelah membaca buku ini. Tertular kelamnya apa kagak? Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he he jadi merasa paham kenapa para tokoh itu jadi jahat

      Hapus
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus