Kamis, 16 Mei 2019

2019 #12: Eat That Frog!

































Judul: Eat That Frog!
Penulis: Brian Tracy
Penerjemah: Dewi Wulansari
ISBN: 9789791997454
Halaman: 168
Penerbit:  Alvabet
Harga: 45.000
Rating:355/5


Hukum kesuksesan yang pertama adalah konsentrasi,yaitu mengerahkan seluruh tenaga ke satu titik,dan mengarahkan perhatian langsung ke titik tersebut tanpa menoleh ke kiri atau ke kanan”

WILLIAM MATHEWS

Eat That Frog! Cara Dasyat Mencapai Hasil Lebih Banyak dengan bekerja Lebih Sedikit (2018) merupakan  sebuah buku yang  akan membantu Anda untuk dapat merencanakan serta mengatur waktu, menetapkan skala prioritas, mengatasi keinginan untuk menunda pekerjaan,  serta mampu melakukan  berbagai pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Sering kali orang merasa tidak mampu menerapkan manajemen waktu dengan baik dan benar. Mereka menyebut ketidakmampuan tersebut sebagai sumber kegagalan menyelesaikan banyak hal, sehingga berujung pada kegagalan meraih kesuksesan. Padahal bukan itu intinya. Orang sukes justru jarang mengerjakan semuanya.


Waktu  dan tenaga terbatas, untuk itu Anda harus  fokus serta mampu menyusun prioritas guna mencapai hasil maksimal. Buatlah semacam rencana kerja harian untuk memudahkan. Rampungkan tugas penting dengan cepat terlebih dahulu.

Jika diperumpamakan dengan memakan katak, maka makanlah katak yang paling jelek dahulu. Maknanya adalah agar Anda menyelesaikan tugas yang tersulit dan terpenting dahulu baru menyelesaikan tugas lainnya.

Selanjutnya, jika memang Anda harus memakan katak hidup, segera lakukan, tak ada gunanya hanya memandangnya saja. Jika memang ada pekerjaan yang harus dilakukan, maka segera tuntaskan tugas utama  tersebut terlebih.

Telaah diri, temukan pada bagian mana Anda sering menunda pekerjaan. Ciptakan perasaan bahwa setiap tugas harus dikerjakan segera.  Jadikan kemampuan menyelesaikan tugas dengan cepat dan tepat sebagai kebiasaan. Jika tugas biasa saja bisa Anda selesaikan dengan sempurna, tentunya tugas penting ada selesai dengan hasil yang spektakuler.

Gunakan Prinsip Pareto, 80/20.  Berupayalah untuk mengatur ritme pekerjaan sehingga melalui 20% kegiatan sudah bisa mempresentasikan 80% hasil pekerjaan. Berhati-hati dengan jumlah tugas versus pentingnya tugas.  Tahan diri untuk melakukan pekerjaan sepele terlebih dahulu. Fokus.

Untuk bisa melakukan tugas secara optimal, lakukan metode ABCD. Metode yang mengatur skala prioritas pekerjaan yang harus Anda kerjakan.. Tentukan tiga  skala utama dan jadikan sebagai proyek untuk menantang kemampuan Anda. Dengan demikian 3  tugas yang Anda selesaikan adalah tugas yang memiliki prioritas paling atas.

Metode Salami akan membuat Anda menyelesaikan  tugas besar dengan mudah. Metode ini membuat Anda  membagi tugas utama dalam beberapa tugas  kecil, kemudian memulainya dengan mengerjakan satu bagian terlebih dahulu baru bagian yang lain. 

Keahlian bisa menjadi keterampilan jika dilakukan terus menerus. Jika Anda sudah menentukan satu metode yang tepat, teruslah ,melatih dan mempergunakannya hingga menjadi suatu keahlian yang membantu Anda mencapai sukses.

Keberhasilan menyelesaikan sebuah tugas, akan memicu endorphin dalam diri Anda. Efeknya Anda akan merasa positif, menarik, kreatif dan percaya diri sehingga menimbulkan semangat untuk bekerja  dan menyelesaikan sebuah tugas lagi.

Apa yang Anda kerjakan pastilah memiliki hambatan.  Temukan faktor penghambat Anda dalam melakukan pekerjaan. Baik faktor internal maupun eksternal.  Kerahkan energi Anda untuk mampu mengatasi  faktor penghambat tersebut. Jika gagal, segera cari solusi yang lain.

Salah satu bantuan yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Jadikan teknologi sebagai alat bantu untuk mencapai kesuksesan. Coba carilah teknologi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Kadang yang terlihat kekinian belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Teknologi diciptakan untuk membantu Anda bekerja dengan meningkatkan kecepatan kerja dan efisiensi, ketepatan menampaikan berbagai informasi. Anda dimudahkan dalam menyelesaikan tugas-tugas utama, berkomunikasi mengenai pekerjaan dengan orang secara tepat dan cepat.


Pemilihan judul buku ini sungguh tepat. Pembaca langsung teratik ketika pertama kali melihatnya. Kata yang harus dipahami secara harafiah, membuat orang tertegun sesaat sebelum memahami kalimat selanjutnya.

Ilustrasi gambar jam, langsung mengarahkan pembaca pada manajemen waktu.  Ditambah dengan kata Best Seller Internasional,  buku ini menjanjikan sesuatu yang berbeda bagi pembacanya. 

Cara menguraikan sesuai yang teratur, sebenarnya membuat buku ini menjadi sangat mudah dipahami. Apa lagi pada tiap akhir uraian terdapat  kesimpulan serta langkah apa yang harus diambil bab tersebut.

Sayangnya ada beberapa hal yang sepertinya tumpang-tindih.  Sehingga membuat 21 langkah efektif yang disarankan penulis menjadi agak rancu.

Sangat direkomendasikan untuk para pelaku usaha, manager, motivator, kaum  muda, serta mereka yang ingin sukses dalam kehidupannya. 

Brian Tracy adalah pembicara publik motivasi-Kanada-Amerika dan penulis pengembangan diri. Ia juga Chairman and Chief executive officer (CEO) of Brian Tracy International serta penulis lebih dari tujuh puluh buku yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Bukunya antara lain Earn What You're Really Worth, The Psychology of Achievement,  No Excuses!: The Power of Self-Discipline, Time Management (The Brian Tracy Success Library),  dan Sales Success: The Brian Tracy Success Library. Buku karya Brian Tracy ini sudah mencapai cetakan ketiga di tanah air.

1 komentar: