Kamis, 10 Juli 2014

Review 2014# 36: The Demigod Files, Panduan Memasuki Dunia Demigod


Selamat!

Atau aku harus turut bersedih karena kau menerima buku ini. 
Keputusan itu tergantung pada dirimu sendiri. Kau  yang harus memutuskan.

Jangan katakan kau tidak pernah mengalami berbagai kejadian aneh. Misalnya bisa membuat air patuh padamu, itu karena sebagian dari dirimu mengalir darah Poseidon, Dewa air. Atau kau begitu bijaksana dan memahami banyak strategi karena ada darah Athena dalam dirimu. 

Anak yang lahir dari pernikahan antara manusia dan dewa disebut Demigod. Kau adalah seorang Demigod. Tak perlu menyangkal atau mengakuinya, terserah pada dirimu. Ak tahu apa yang kau tidak tahu, aku tahu siapa kau sebenarnya!

Buku ini semacam gambaran mengenai dunia yang akan kalian masukin, Dunia Demigod.  Untuk itu, ada baiknya kau mempersiapkan diri agar bisa memasuki kehidupan berbahaya sebagai seorang pahlawan. Atau pencundang karena tidak mau tahu dan berkompromi pada banyak hal. 

Beberapa bagian mengisahkan tentang wawancara para senior kalian, lalu  petunjuk tentang denah perkemahan, ada juga tentang  dewa-dewa  olympia, serta kisah tentang salah satu demigod yang legendaris, Percy Jackson.

Yup! Betul Percy Jackson YANG ITU.
Pengurus perkemahan  rupawan yang paling spektakuler. Tak terhitung anak-anak di seluruh dunia yang menginginkan berada di sana. Hanya mereka yang terpilih yang bisa menjadi peserta perkemanhan. Sekarang kau tahu kenapa hal itu terjadi. Dan kenapa kau yang terpilih bukan yang lain.

Agar tidak menimbulkan kesalahan, berikut adalah data tentang buku tersebut, silahkan cocokan. Jika berbeda, segeralah memusnakannya! Bukan tidak mungkin ada pihak-pihak yang segaja melakukan sabotase terhadap  buku yang asli demi keuntungan pribadi. Bahkan membuatmu celaka melalui buku tersebut. 


Buku ini ditulis oleh Rick Riordon, seorang penulis senior dari perkemahan. Untuk memudahkan membaca, maka buku  ini  sudah diterjemahkan kebahasa yang kau pahami oleh  Nur Cholis dan diedit oleh Tendy Yulianes. Dalam proses akhir,  penyelaras aksara dilakukan oleh  Fakhri Fauzi serta penata Aksara  adalah  Abdul Wahab. ISBN: 978-602-1606-89-6, ketebalan halaman 275 serta diterbitkan oleh  Mizan Fantasy/Noura Books. Sekedar info, biaya yang harus dikeluarkan oleh panitia  penyambutan anak baru guna menanggung buku ini adalah Harga: Rp 48.000.

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Ada beberapa kisah seru tentang petualangan Percy saat masih menjadi peserta perkemahan. Kisah tersebut diharapkan bisa menjadi semacam motivasi bagi para demigod muda agar bersemangat dalam menjalani kegiatan.

Kisah tentang bagaimana Percy membantu  salah satu anak Dewa Ares dengan manusia yang sedang mengalami ujian dari sang dewa menarik disimak. Ujian tersebut sebenarnya hal yang mudah, namun karena ada campur tangan dari dewa lain yang ternyata adalah saudara tiri sang demigod, maka hal yang mudah menjadi sulit. Demigod muda kita harus berurusan dengan Phobos (mewakili ketakutan) dan Deimos ( mewakili teror). Walau mereka anak-anak dewa perang, namun ternyata kepandaian mereka dalam berperang tidaklah  begitu mengagumkan. Kalah dengan kemampuan saudara tiri mereka yang demigod.

Menurutku secara pribadi, kisah tentang Tongkat Serapis sangat menarik. Annabeth untuk pertama kalinya bertemu dan harus bekerja sama dengan seorang  seorang gadis keturunan Firaun yang bisa sihir dan sering berurusan dengan dewa-dewa Mesir,   Sadie Kane. Kebetulan? Mungkin memang para dewa sudah mengatur begitu. Sebelumnya yang lalu justru Percy, yang waktu itu adalah pacar Annabeth bertemu dan bertarung bahu membahu bersama dengan Carter kakak Sadie. 

Baik Annabeth maupun Sadie sama-sama baru menyadari ada dunia lain yang bisa disebut lumayan aneh dibandingkan dengan dunia yang selama ini mereka jalani. Sadie jadi paham tentang adanya demigod, sementara Annabeth menyaksikan kehebatan Sadie menggunakan aksara hieroglif serta mencoba kehebatan ramuan dari dunia Mesir.

Saat kita memiliki musuh yang sama, bahkan dengan orang yang belum kita kenal, maka musuh itu akan menjadi musuh bersama. Dua kekuatan menjadi satu, apa lagi yang harus ditakuti? Demikianlah situasi yang dihadapi oleh Sadie dan Annabeth. 

Aku harus memberitahumu, bahwa kalimat yang ada di kover belakang sama persis dengan yang ada di halaman awal buku ini. Membosankan memang membaca dua hal sama dua kali, namun entah apa tujuan penerbit melakukannya. Yang pasti kadang kita tidak pernah bisa tahu alasan mereka melakukan sesuatu hal.

Singkat kata, segeralah membaca buku yang kau terima.
Putuskan apakah apakah dirimu mau bergabung atau tidak dalam perkemahan yang akan datang. Sekedar usulku, demi kebaikan dan keselamatan dirimu sendiri sebaiknya bergabunglah dengan perkemahan tersebut. kau akan diberi pengetahuan dasar tentang bagaimana mengendalikan dan memanfaatkan kekuatanmu, bagaimana bertahan hidup serta mempelajari keahlian yang berhubungan dengan kondisimu sebagai demigod.

Andai kata kau memilih untuk tidak bergabung maka kau juga yang harus menanggung resikonya. Kau tak bisa selamanya bersembunyi dari kejaran makhluk jelek jahat yang ingin mencelakaimu sementara kau tidak tahu bagaimana caranya mempertahankan diri. Atau kau harus hidup sebagai pecundang dan dianggap aneh karena tak bisa mengendalikan kekuatanmu. 

Seperti yang aku katakan di atas.
Berbahagia memasuki dunia baru
Atau mengutuki nasib terlahir sebagai anak blesteran
Putuskanlah segera!


Sang Pengamat















'.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar