Rabu, 20 Maret 2013

Sunan Kalijaga dan A Theory of Everything


Urusan uang memang beragam rasanya. Ada yang menyenangkan, tapi ada juga saat membuat seluruh isi perut bergejolak. Entah dengan mereka yang berkecimpung dengan urusan uang, tapi saya pribadi sudah merasakan keduanya. Butuh syaraf dan perut yang kuat rupanya untuk bisa bekerja di bagian keuangan. Memahami tugas mereka mencari TEMUAN jika tidak malah dikira tidak kerja, tapi pahami juga kami ini pekerja dengan lurus lho gimana *curcol*

Baru kemarin utusan D** membuat mulas perut dan senut-senut kepala, efeknya jadi susah tidur. Dari pada bengong, segera melirik tumpukan buku sexy nan menggoda. Ada dua yang berhasil dituntaskan semalam. Selalu ada hal positif dari setiap kejadian


Sunan Kalijaga 
Mistik dan Makrifat

Penulis:Achmad Chodjim
Penyerasi: Muhammad Husnil
Pewajah Isi: Siti Komariyah
ISBN: 978-979-024-292-0
Halaman: 371
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Harga: Rp 55.000



Kisah Sunan Kalijaga  cukup unik. Sebagai pengganti dari  Syekh Subakir, asal muasal namanya serta bagaimana proses hingga menjadi seorang wali menarik untuk disimak.

Selain menciptakan tembang-tembang, seni memperingati Maulud Nabi, rangkaian Upacara Sekaten serta bentuk ukiran wayang kulit merupakan ciptaan beliau yang masih bisa kita jumpai di sekitar kita.

Sunan Kalijaga merupakan sosok yang pragmatis, pengetahuan yang dimiliki lebih erat hubungannya dengan urusan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Maka tak heran jika beliau lebih memfokuskan pengamalan praktis kehidupan sehari-hari orang Jawa dalam memahami asal dan kembalinya manusia. Melalui kebiasan dan budaya, Sunan menyebarkan ajaran Islam hingga bsia diterima di segala lapisan masyarakat.

Agar mudah dihayati dan diyakini, maka Sunan Kalijaga menyusun beberapa doa dalam Bahasa Jawa dalam wujud kidung atau mantra. Ada dua hal yang diperlu diperhatikan dalam berdoa, keyakinan dan bahasa doa itu sendiri. Itu sebabnya Sunan menyusun dalam Bahasa Jawa agar mudah dihayati dan diyakini bila bahasanya dimengerti. 

Buku ini cukup menarik  karena selain mengisahkan mengenai latar balakang kehidupan beliau, juga memberikan informasi serta wawasan mengenai pandangan kehidupan,  inti ajaran beliau yang tersebar luas di tanah Jawa dan cara berdakwah Sunan Kalijaga. Selain itu pembaca juga diajak untuk menggali potensi diri dan memahami bagaimana cara bersikap dalam kehidupan ini.


Uniknya dari buku ini, diakhir tiap bab kita bisa menemukan inti dari bab tersebut. Hingga kita bisa lebih mendapat pencerahan mengenai apa yang sedang diulas.

Samar-samar saya masih ingat saat kecil sering mendengarkan tembang tentang perlindungan di saat malam. Rupanya itu Doa Rumeksa ing Wengi buah cipta Kanjeng Sunan. Sepenggal artinya,

" Ada kidung rumeksa ing wengi. Yang menjadikan kuat selamat terbebas dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setan pun tak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat. Guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuri pun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap. 
Semua penyakit pulang ke tempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena, bagaikan kapuk jatuh di besi. Segenap racun menjadi tawar. Bintang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak.... " 


Penggunaan bahasa Jawa diantara rangkaian kata membutuhkan perhatian ekstra. Namun jika sudah terbiasa hal tersebut bukan menghalang lagi dalam menyimak buku ini. Hanya saja saya sempat menemukan kata-kata dus apakah secara harafiah bisa diartikan sebagai selanjutnya atau jadi?

Buku yang layak dibaca jika ingin mengetahui perkembangan Islam di tanah Jawa serta kearifan seorang Sunan Kalijaga.

A Theory of Everything


Penulis : Ken Wilber
Penerjemah: Agus Kurniawan
Editor: Hilmi Akmal dan Ali
ISBN: 978-979-433-498-0
Halaman: 306
Penerbit: Mizan

Buku yang lumayan berat bagi saya yang sedang butuh bacaan praktis. Namanya juga buku jenis filsafat. Namun dengan pedoman sekali dibaca harus tuntas maka tak ada alasan untuk tidak menuntaskan buku ini. Masalahnya mungkin bagaimana membuat review yang mudah dipahami.

Ada tujuh bab dalam buku ini. Pada empat bab awal menguraikan mengenai segala hal tentang Teori Segala Hal, tiga bab selanjutnya mengulas hubungannya dengan dunia nyata dengan pembahasan dari sisi politik integral, bisnis integral, spiritual integral, pengobatan integral,bisnis integral. Bab terakhir mengupas praktik-praktik transformasi yang integral, bagaimana pendekatan integral dalam trannsformasi psikologi dan spiritual dapat diterapkan dalam kehidupan kita seanadainya tertarik untuk menerapkannya.

Dalam dinamika spiral, perkembangan kesadaran manusia memiliki delapan tahap yang masing-masing tahap dinamakan sebagai meme. Harap diingat Meme hanyalah drbush dasar perkembangan psikologi manusia yang terekspresikan dalam aktivitas keseharian. Tahapan ini tidak bersifat kaku namun mengalir, saling susul, tumpang tindih hingga menghasilkan jaringan.

Buku yang menarik, menawarkan sebuah konsep baru dalam pandangan kehidupan. Pada kalimat yang penting, penerbit sudah mencetaknya berbeda, dengan miring hingga pembaca langsung bisa memahami bahwa kalimat tersebut perlu mendapat perhatian ekstra.

Pada tiap akhir bab, kita akan menemukan catatan yang lumayan panjang guna memberi penjelasan mengenai suatu hal yang diungkapkan dalam bab tersebut. Sebagai contoh catatan pada akhir Bab 3: Visi Integral (halaman 119)

      6. Bukti untuk masing-masing modul ini  
          dimuat dalam The Eye of Spirit    
          (CW7) dan  Integral Psychology.

Salut untuk penulis yang mampu menerjemahkan buku ini hingga lebih mudah dipahami bagi saya yang bukan penyuka buku filsafat.

Konsep penulis tentang segala hal bisa dikotak-kotakan, diletakan pada kuadrat yang sesuai, pp tidak sesuai dengan saya. Pandangan saya secara pribadi lho. Segala hal bagi saya merupakan kesatuan sistem. Memang sistem dibangun berdasarkan komponen-komponen. Namun tidak berarti komponen-komponen tersebut bisa dipisah-pisahkan penanganannya. 

Menarik bagi yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda dalam kehidupan ini. 





                      

4 komentar:

  1. Bukunya Sunan Kalijaga lumayan tebel juga yaa. Aku cuma pernah baca kisah beliau via komik harga Rp500 yg super tipis jaman masih SD dulu :P

    Semangat mba Truly, hikmahnya reviewnya makin rajin :D:D

    BalasHapus
  2. sunan kalijaga sarat dengan berbagai kisah yang terkait dengannya diantaranya berbagai petilasan, barang-barang peninggalan yang pernah digunakan untuk syiar, dsb.

    BalasHapus