Jumat, 18 Mei 2012

Stories for Boys


 
ISBN: 978-1-84810-356-6
Halaman: 512
Penerbit: Miles Kelly


Kebiasaan mendongeng sebelum tidur sepertinya masih menjadi kegiatan yang dilakukan oleh para orang tua.Mendongeng bisa saja dilakukan secara lisan atau dengan membaca buku.  Selain mendekatkan diri dengan sang anak, kegiatan ini juga bisa dijadikan sarana guna memperkenalkan kebiasaan membaca.

Dahulu saya harus mengarang aneka kisah yang berbeda setiap malam sebagai dogeng pengantar tidur. Kadang saya terlalu kreatif dengan mengubah kisah klasik seperti timun mas menjadi sebuah kisah yang bukan main ngawurnya. Masalahnya kadang saya suka lupa cerita yang saya buat sehingga sering malah saya yang didongengi jagoan neon. Biasanya jika menurut dia kisahnya berbeda dengan yang pernah saya ceritakan maka ia segera menyampaikan protes dengan menceritakan versi yang diingatnya.

Buku bacaan memang menjadi pilihan bantuan. Tapi memilih buku bacaan yang menarik bukanlah hal mudah. Belum lagi  bahan bacaan atau material harus dipilih yang sesuai dengan usia anak karena umumnya anak-anak sering ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu. Entah dengan memegang atau menunjuk-nunjuk asal. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa merusak buku tersebut.

Buku  untuk anak laki-laki biasanya dibedakan dengan buku untuk  anak perempuan. Umumnya buku untuk anak laki-laki berisi kisah mengenai petualangan, misteri, sesuatu yang dinamis. Demikian juga dengan sosok tokohnya. Walau begitu tidak ada larangan untuk membacakan kisah seputar  putri bagi anak laki-laki ^_^
 
Salah satunya yang bisa dijadikan pilihan adalah buku ini. Buku ini diperuntukan untuk usia delapan tahun keatas. Isinya terbagi menjadi lima bagian dimana tiap bagian terdiri dari beberapa kisah yang merupakan penggalan kisah lainnya. Halaman tiap bagian juga dibedakan warnanya, ada yang biru kuning juga  hijau.

Ada pun pembagiannya adalah sebagai berikut:

1. Section one: Murder Most Foul
- The Adventure of the Speckled Band
- The Hand
- Blood Upon the Altar
- The Pursuit of Bill Sikes

2. Section two: Heroes of the Hour
- The Saviours of the Train
- A Mery Evening with a Distant Relative
- Escape from the Ape Men

3. Section  Three: In Untrodden Lands
- The Search for Water
- A Visit to King Salomon's Mines
- Love of Life

4. Section Four: The Cruel Sea
- Jim Hawkins Boards the Hispaniola
- Shipwreck!
- The Loss of the Brig

5. Section Five: Escape and Rescue
- Dante's Escape from the Chateau d'If
- A New Use for a Tea-table
- Fighting the Cannibals
- The Strange Ride of Morriwbie Jukes

Bagi para orang tua yang suka membaca, tentunya akan memahami bahwa The Adventure of the Speckled Band merupakan besutan dari Sir Arthur Conan Doyle, dengan juga dengan Escape from the Ape Men. Dengan demikian para orang tua bisa lebih menghayati saat membacakan kisah itu. Demikian juga dengan kisah The Search for Water merupakan cuplikan dari Journey to the Centre of the Earth besutan Jules Verne. Sedang The Pursuit of Bill Sikes merupakan bagian dari kisah Oliver Twist dari  Charles Dickens.

Di halaman awal, kita akan menemukan sepenggal paragraf yang merupakan inti dari kisah tersebut. Hal ini dipergunakan untuk memudahkan para orang tua memahami kisah yang ada. Dengan demikian para orang tua bisa menemukan cara yang pas untuk menyampaikan kisah tersebut.

Dengan warna-warna kover dan halaman yang menawan buku ini layak dibeli untuk buah hati. Sayangnya sampai saat ini masih tersedia dalam bahasa aslinya. Soal harga relatif. Tapi untuk anak anggap saja ini investasi masa depan. Harganya terjangkau kok.

Jika tertarik dengan buku ini atau buku sejenis bisa diintip di www.inapublikatama.co.id selaku distributor di tanah air. Semoga tak lama lagi kita bisa menikmati   terjemahannya.

1 komentar:

  1. apakah buku ini seperti cerita petualangan tom sawyer?

    BalasHapus