Sabtu, 16 Juli 2011

I can't stop loving you Lucky Luke



Saat ini sepertinya saya butuh bacaan yang bisa membuat saya tertawa lepas. Setelah berbekal voucher dari beloved M, Silvero saat makan siang segera saya  meluncur ke TM Bookstore yang kebetulan sedang menggelar acara  ulang tahun, artinya best price buat 200 judul buku!  Tak perlu jadi pasukan jam 10 teng nih! Lirik sana-sini, pilihannya jatuh pada beberapa komik Lucky Luke, Smurf dan Kariage.

Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya, komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri.(wikipedia)

Lucky Luke adalah sebuah  komik   yang diciptakan oleh kartunis Belgia, Maurice De Bevere, belakangan  lebih dikenal sebagai Morris. Ia menciptakan tokoh ini sejak tahun 1946 hingga kematiannya pada tahun 2001. Kisahnya mengambil latar belakang Amerika pada zaman koboi. Tokoh utamanya bernama Lucky Luke, koboi  pengelana yang dikenal dapat  menembak lebih cepat dari bayangannya

Kisah Lucky Luke pertama kali muncul dengan judul  Arizona. Kisah itu muncul dalam edisi Almanach dari majalah komik Le Journal de Spirou pada tanggal 7 Desember 1946. Komik ini  telah diterjemahkan ke dalam  lebih dari 23 bahasa, antara lain  Bahasa Afrika, Arab, Bosnia, Catalan, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Indonesia, Italia, Norwegia, Polandia, Portugis,  Serbia, Spanyol, Swedia, Tamil, Turki, Vietnam dan Welsh. Tidak seperti Tintin yang berhenti setelah Harge meinggal, seorang seniman Perancis bernama  Achdé bekerjasama dengan penulis Laurent Gerra meneruskan kisah Lucky  Luke

Sebagai seorang koboi, Lucky Luke tentunya memiliki seekor kuda. Kuda  tunggangannya adalah Jolly Jumper, bisa disebut sebagai terpandai di dunia. Selain Jolly, Lucky Luke juga sering kali harus berpasangan dengan seekor anjing bernama Rantanplan, terutama jika sedang berurusan dengan Dalton bersaudara yang kabur dari penjara. Sungguh ironi, jika Jupper adalah kuda terpandai maka Rantaplan adalah anjing terbodoh sejagat.

Selama kisah berlangsung, Lucky Luke bertemu banyak tokoh seperti Calamity Jane, Billy the Kid, Hakim Roy Bean, geng Jesse James, serta tak ketinggalan musuh bebuyutannya Dalton bersaudara. Ia juga ikut memberikan konstribusinya dalam  sejarah seperti saat mulai dikembangkannya jalur pengiriman surat  Pony Express, jalur pembanguan telegram, pembangunan jalan kereta api,  dan tur aktris Prancis Sarah Bernhardt.

Walau hanya merupakan tokoh komik, namun keberadaan Lucky  Luke cukup diperhitungkan. Misalnya pada edisi awal terlihat ia merokok. Belakangan  Morris menggantikannya dengan sebatang jerami. Hal ini dilakukannya dalam rangka mendukung kegiatan bebas rokok. Apalagi mengingat kebanyakan pembacanya merupakan  anak-anak yang dengan begitu saja mengikuti tingkah idolanya.

Edisi bahasa Indonesia Lucky Luke  pertama kali diterbitkan oleh Indira dan diterjemahkan oleh YY Hidayat. Belakangan Elex Media menerbitkan ulang kisahnya. Perbedaan terbitan Indira yang sampai saat ini masih dicari para kolektor dengan terbitan Elex Media adalah pada  ukuran buku. Ukuran Elex Media 240 mm x 180 mm tentunya lebih kecil dibandingkan ukuran  terbitan Indira


1. Nitroglicerin

Alih Bahasa : Fandi Ahmad  Shofwan
Editor : Niken  Djokosuratno S

Sekali lagi Lucky Luke harus berurusan dengan Dalton bersaudara. Cerita nya dimulai saat  terjadi penggalian terowongan guna membangun rel kereta. Dua perusahaan yang bersaing Union Pasifik dan Central Pasifik sebenarnya sudah memenangkan proyek, tapi tetap saja pihak Union Pasifik ingin menyabotase proyek yang lain. Kisah kian lucu saat Dalton bersaudara mengira yang di kawal Lucky Luke adalah emas. Padahal Lucky Luke mengawal  nitrogliserin milik Union Pasifik. Ternyata urusan uang sogok sudah dimulai pada era ini.

Nitrogliserin  merupakan cairan peledak yang diperoleh nitrating gliserol.  Sejak 1860-an, telah digunakan sebagai bahan aktif dalam pembuatan bahan peledak, khususnya dinamit, dan digunakan dalam konstruksi serta pembongkaran industri. Sejak 1880-an, telah digunakan oleh militer sebagai bahan aktif, dan gelatinizer untuk nitroselulosa, Selain itu juga merupakan  salah satu obat tertua dan paling berguna untuk mengobati penyakit jantung serta digunakan untuk membantu menghancurkan kanker prostat

Beberapa adegan kocok dengan sindiran halus bisa membawa saya tertawa lepas.
Ampiun dehhhhh ada kuda yang bisa mengikat manusia, ada kepala stasiun kereta api yang selalu sial.
Tokoh pengusaha jasa pemakaman sepertinya selalu ada dimana-mana ya..


2. Alibi
Buku ini lebih mirip kumpulan kisah. Mungkin bisa  diplesetkan menjadi Kumpulan Komik alias Kumkom (ih kok enggak asyik). Khusus untuk buku ini ada 4  kisah yang dimuat. Pertama berjudul Alibi. Kisahnya mengenai seorang wanita "perkasa" yang hidup bersama ayah tirinya. Saat itu wanita serng digambarkan sebagai sosok yang lemah lembut, namun tidak dengan tokoh yang satu ini. ia begitu "bersemangat" menghadapi segala hal.  Nah bisa  ditebak bagaimana kisahnya. Seru juga apalagi melibatkan banyak pemain sandiwara.

Kisah kedua  berjudul  Athletic City, menilik  judulnya bisa dikira-kira  kisahnya. Kali ini Lucky Luke membantu seorang anak laki-laki  bernama Chet yang lahir dengan kondisi tubuh sangat kurus sehingga sang ibu perlu memakaikan pemberat agar ia tidak terbang ditiup angin. Daerah Indigo memang dikenal dengan kondisi anginnya yang luar biasa. Penduduknya mudah dikenali karena postur tubuh yang selalu miring ke depan.

Walau memiliki tubuh kurus dan seiringan kapas, Chet memiliki otak yang lumayan pandai. Lucky Luke membantunya agar tidak dilecehkan para penduduk desa. Usahanya mereka berdua berhasil! Para penduduk tidak lagi menghina Chet, justru mereka ingin menjadi  seperti Chet. Diduga  disinilah asal mula munculnya Gymnastic.

Penasaran, kenapa juga Lucky Luke tidak mengubah dirinya menjadi seperti Chet.
Eh itu bukannya si  Sylvester yang itu ?

Kisah ketiga berjudul Ole  Daltonitos berkisah seputar pelarian (lagi) Dalton bersaudara. Entah kenapa sudah bolak-balik melarikan diri masih saja mereka bisa  ditangkap dengan mudah. Kali ini mereka lari ke Mexico. Sialnya saat kedatangan  mereka bertepatan dengan acara Adu Banteng, dalam sekejab berkat campur tangan Lucky Luke mereka berubah menjadi matador.

Dalam wikipedia, disebutkan bahwa matador, secara harafiah berarti pembunuh, adalah seorang torero yang sangat ahli di dalam pertarungan melawan banteng. Torero adalah pelaku utama dalam pertunjukan pertarungan manusia melawan banteng di Spanyol dan negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. Dalam pertarungan ini, seorang torero berperan mempermainkan dan pada akhirnya membunuh banteng tersebut. Torero disebut sebagai toreador dalam bahasa Inggris, tapi istilah ini hampir tidak pernah dipakai di Spanyol maupun Amerika Latin.

Tingkah laku Averell yang mendadak jatuh cinta membuat situasi kian kocak!
Sepertinya diantara Dalton bersaudara hanya ia yang selalu berurusan dengan cinta

Kisah keempat  berjudul Seekor Kuda Hilang. Siapa lagi kalau bukan Jolly Jumper! Beraninya mereka menculik kuda Lucky Luke. Kisah penutup ini lumayan menghibur. Guna mencari penculik kuda kesayangannya Lucky Luke berusaha keras, bahkan ia nyaris  berkompromi dengan penjahat. Ia rela jika harus membayar tebusan. Saat ia mencari bantuan untuk menebus Jolly Jumper baru ia tahu mana kawan sejati.

Ternyata penculiknya adalah .... dasar mereka enggak kapok berurusan dengan Lucky Luke


3. Bukit Hitam
Seperti yang sudah-sudah, Lucky Luke mendapat tugas mengawal. Kali in yang dikawal adalah kaum cendikiawan dalam rangka meneliti sebuah daerah guna membangun sebuah koloni baru. Berbagai kelucuan berawal dari rasa keinginantahuan para profesor. Disini awal munculnya  istilah Lecturassodactyle  Silahkan cari sendiri artinya ^_^

Para profesor jelas merepotkan Lucky Luke. Dengan bawaan yang tak terduga serta minimnya keahlian soal menunggang kuda, bisa dibayangkan kesulitan yang dihadap Lucky Luke. Tapi jangan dulu menyepelekan mereka! Buktinya mereka mampu menang melawan salah satu bandit berbahaya dalam ajang adu anggar.

Dalam kisah ini, Moris juga memberikan peringatan serta contoh mengenai bahaya mengkonsumsi minuman keras. Peristiwa yang menimpa kaum kulit merah alias bangsa Indian bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi semua orang.

4. Pony Express
Nah yang ini silahkan intip sendiri yah......
Sekarang pun masih ada Pony Express dengan wujud yang berbeda namun menawarkan jasa pelayanan yang sama.

Pada akhir setiap cerita Lucky Luke, kecuali pada kisah awal, kisah  akan ditutup dengan adegan menunggang Jolly Jumper menuju ke arah matahari terbenam dan bernyanyi, " I'm  a poor lonesome cowboy and long long ways from home"

Maka pada akhir repiu ini sebaiknya  ditutup dengan kata-kata
I can't stop loving you Lucky Luke.......

Gambar dari : http://musheinz.blogspot.com/2010_10_01_archive.html

3 komentar:

  1. ha ha ha. review ini mengenangkan saya pada masa kecil. dulu setiap minggu siang saya selalu menantikan serial tv lucky luke yang dibintangi terence hill ditayangkan tvri. saya merasa lucu saja dengan gerakan sang koboi yang lebih cepat dari bayangannya. sampai sekarang saya masih ingat lagu intronya mbak. ada yang mengunggah intro itu di youtube.ini linknya: Lucky Luke Intro. jadi pengen mbaca komiknya. ada berapa jilid mbak?

    BalasHapus
  2. Versi Elex sudah 45 judul mas...
    Aku beli yang enggak ada versi Indiranya aja
    soalnya bsia pingsan lihat harganya he he he he

    BalasHapus
  3. Lucky Luke, koboy jago tembak yang sering berhadapan dengan kejahatan Dalton bersaudara

    BalasHapus