Senin, 11 Juli 2011

THE MIRACLE OF ENDORPHIN


Penulis         :  Dr. Sheigo Haruyama
Penerjemah  : Muhammad Imansyah & 
                       Ridwana Saleh
Penyunting   : Eva Y. Nukman
Proofreader   : M. Eka Mustamar
ISBN             : 978-602-8579-71-1
Halaman       : 264  
Penerbit        : Qanita
Harga            : Rp 62.000


Kesehatan sejati adalah menangani kesehatan sebelum penyakit datang serta umur yang lebih panjang terbebas dari penyakit.

Setiap manusia tentunya ingin hidup  sehat dan menikmati hidup dengan lebih lama. Banyak cara yang ditempuh guna mencapainya. Dr. Sheigo Haruyama dalam buku ini mengemukan bahwa rahasia hidup sehat dan berumur panjang adalah dengan menjaga  keremajaan otak dengan cara terus memproduksi "hormon kebahagiaan (endorphin)” sebanyak mungkin melalui pikiran positif. Hormon kebahagiaan berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan & kreativitas.



Endorphin merupakan gabungan dari kata endogenous dan morphine, yaitu sebuah  unsur dari protein yang diproduksi oleh sistem syaraf manusia. Unsur ini sering disebut  ‘morphin’ yang keluar, dari kelenjar hipofisis dan hipotalamus yang berada di dasar tulang tengkorak. Untuk apa mencari morphin sintetis dari luar tubuh, jika tubuh kita bisa memproduksi sendiri? Gratis lagi!
 
Umumnya masyarakat kurang menjaga kesehatan. Mereka lebih suka mengobati saat sudah benar-benar merasa sakit alih-alih mencegahnya. Padahal lebih baik berjaga-jaga dari pada mengobati. Saat penyakit sudah datang, tentunya kita harus mampu bertahan bahkan  mengembalikan kondisi tubuh hingga pulih kembali.

Kadang gaya hidup juga dapat menyebabkan seseorang mengalami  gangguan kesehatan. Untuk menanganinya jelas membutuhkan pengobatan yang berbeda dengan pengobatan seseorang yang mendeita sakit organ tubuh. Dalam menangani penyakit gaya hidup dan kelelahan, pengobatan timur lebih ampuh.

Kebanyakan penyakit gaya hidup berhubungan dengan lemak. Ketika stress dan lemak dating bersamaan, resiko terkena penyakit akan meningkat.  Banyak kebiasaan yang ternyata tidak baik bagi kita. Misalnya jika langsung tertidur setelah melakukan hubungans eksual, kita akan membawa kelelahan. Hal ini berlaku untuk semua bentuk aktivitas fisik dan seharusnya dihindari sambil merelaksasi otot-otot lelah.
Ketika seseorang marah dan merasa sangat tertekan, otak akan mengeluarkan "nonadrenalin" (hormon yg sangat beracun). Hormon ini  akan membuatnya sakit dan lebih cepat menua.Dalam tubuh kita ada dua puluh horman kebahagiaan, salah satunya adalah enkefalin yang memiliki struktur paling sederhana. Beta-endorfin yang paling kuat memicu perasaan bahagia. Semua hormone dikaitkan dengan hormone-hormon kebahagiaan berbahan dasar tirosina.

Hormon kebahagiaan ada diseluruh reseptor tubuh dan merupakan senyawa kimia yang berkaitan dengan jiwa raga. Aktivitas sel-sel pembunuh alami serta kekebalan pertahanan tubuh akan menguat apabila beta-endorfin berperan serta.  Jika hormon kebahagiaan ini dilepaskan dalam jumlah cukup, efeknya tidak hanya pada otak, namun seluruh tubuh dan akan mengaktifkan sistim imun kita. Dengan demikian kita akan terhindar dari penyakit.

   
Ada tips yg harus bisa diikuti untuk membantu tubuh memproduksi hormon kebahagiaan ini; yaitu:
- Tekhnik Jitu " Revolusi Besar di Otak "
- 6 Program Kesehatan dan Umur Panjang
- Memicu Sekresi Hormon Kebahagiaan
- Mencegah Penyakit
- Meningkatkan Daya Tahan Alami Tubuh
- Makanan Sehat Terbaik
 
Buku yang telah terjual  5 juta kopi di Jepang ini terdiri dari beberapa bagian. Bagian pembukaan mengupas mengenai penanganan medis pada titik pertemuan pengobatan ala timur dan barat.  Bagian pertama membahas bukti medis manfaat dari berpikir positif.  Bagian kedua  mengenai mereka yang memperkuat otot, tak akan jatuh sakit.  Bagian ketiga mengenai pola makan yang membuat otak awet muda.  Bagian keempat membahas bagaimana otak senantiasa muda, usia bisa mencapai 125 tahun
 
Menurut penulis, manusia seharusnya bisa hidup hingga usia 125 tahun. Rentang hidup hewan  bertulang belakang adalah lima kali periode pertumbuhan otak manusia. Karena otak pada manusia bertumbuh hingga usia 25 tahun berarti rentang kehidupan manusia adalah 5 X 25 = 125 tahun.

 Setiap bagian memberikan tips yang mudah diikuti. Misalnya pada salah satu teknik jitu untuk revolusi besar dalam otak adalah dengan Pemijatan Tsubo pada wajah. Luangkan waktu sejenak, lakukan akupresur  tiga kali sehari di depan cermin. Melalui pemijatan ini sekresi hormone kebahagiaan akan diransang. Selain itu perangsangan tsubo (titik akupunktur) adalah media yang baik untuk merawat kecantikan pada wanita, dan mempertahankan keremajaan pada pria.

Caranya sangat mudah. Letakan jari tengah di atas ibu jari telunjuk dan tekan kuat-kuat Sembilan titik akupunktur yang ditunjuk pada gambar. Pertama-tama, kira-kira Sembilan kali dalam ritme tiga(1,2,3,…1,2…) dan pada tekanan kesepuluh tahan selama sepuluh detik. Lakukan setiap pagi, siang dan malam hari.

Ternyata tidak sulit untuk hidup sehat, bahagia dan berumur panjang

5 komentar:

  1. Salam kenal.
    Alhamdulillah akhirnya ada yg udah me review buku The Miracle of Endorphin-Dr Shigheo Haruyama. Sekalian minta ijin copas.
    Lemah teles Bro, Gusti Allah sing mbales.Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Alhamdullilah kalo bermanfaat.
    Monggo...
    BTW aku perempuan kok he he he

    BalasHapus
  3. Wow.. Subhanallah.. Maaf ya Sis.

    BalasHapus
  4. Thanks mas sdh mereview buku ini. Insya Allah berkah yaa :)

    BalasHapus
  5. keren mas,aku liat di gramedia langsung tertarik sama buku ini,cuma belum sempat beli

    BalasHapus