Senin, 08 Maret 2021

2021 #9: Berkelana Bersama 7 Penulis Lewat Buku

Judul: Berkelana Lewat Buku; Kisah Tujuh Penulis
P
enulis: Murti Bunanta dan kawan-kawan
Editor:Murti Bunanta, Danny I, Yatim, Remon Agus
ISBN: 9786023413218
Halaman: 104
Cetakan: Pertama- Januari 2021
Penerbit: Bestari 
Rating: 3.5/5

Begitulah kalau jodoh, pasti akan datang juga, 

Maksud saya, jodoh dengan buku he he he. Buku  Berkelana Lewat Buku, beberapa kali muncul di FB Mas Keff dan Mas Banu. Keduanya mempromosikan buku tersebut sebagai salah satu kumpulan kisah dimana mereka ikut menyumbangkan tulisan.

Tertarik? Jelas sekali.  Adalah hal yang menarik bagi saya untuk bisa mengetahui bagaimana seseorang bisa begitu terikat dengan buku. Apa buku yang begitu berpengaruh dalam kehidupannya, sejak kapan mulai mencintai kegiatan membaca, bagaimana cara mengasah keterampilan menulis, bahkan kenapa seseorang hanya berakhir sebagai pembaca aktif dan tak beralih menjadi penulis. 

Kali ini, menimbang begitu banyak tugas membaca yang harus saya lakukan,  membuat buku ini masuk dalam daftar tunggu, alias kapan-kapan saja dibeli dan dibaca jika tugas utama sudah bisa diatasi dengan baik. Niat dulu yang utama.

Kembali, ternyata saya berjodoh dengan buku ini he he he. Jeng Vita, salah satu rekan di kantor, menawarkan saya membaca buku ini  beberapa waktu lalu. Kebetulan kami sama-sama WFO. Saya menawarkan sebuah buku koleksi saya untuk dipinjam. Dan ia menawarkan buku ini.

Karena tahu kecepatan membaca saya (padahal sudah menurun jauh), saya diberikan waktu sampai jam 15.00 WIB untuk membacanya. Harap maklum bukan pelit, karena sesungguhnya ia sedang membaca buku ini juga. 

Baiklah! Kesempatan emas jangan sampai terlewatkan. Mungkin saja, jika saya tidak berusaha meluangkan waktu buku ini tak akan pernah saya baca. Sungguh rugi!

Dalam 104 halaman, saya diajak mengikuti bagaimana tujuh orang yang berpengaruh dalam dunia buku mengenal dan mencintai buku. Berkisah mengenai  buku pertama yang  dibaca serta buku-buku yang dibaca sejak remaja hingga saat ini. Diuraikan juga sejauh mana sebuah buku  berpengaruh serta  mengubah hidup mereka. 

Tiap orang membuat satu tulisan, maka terdapat tujuh kisah dalam buku ini. Dimulai dari Semasa Kecil Sampai Tujuh Puluh Tahun Kemudian (Murti Bunanta); Saya Dibawa Jalan-jalan ke Perpustakaan Kota (Danny I); Iklan Baris, Lisan, dan Fiksi  (Ari Ambarwati); Buku-buku yang Menemani Masa Kecil Saya Sehingga Remaja (Iksana Banu);  Dari Si Kuntjung ke Hikayat Putri Penelope (Jane Ardaneshwari); Nenek, Api, dan Tabah (Kurnia Effendi); hingga Senang Membaca (Mudji Sutrisno SJ).

Sekilas memang mirip seperti memoar atau tulisan mengenai kenangan akan masa kecil hingga saat ini terkait buku dan kegemaran membaca. Namun jika ditelaah lebih lanjut, banyak hal menarik yang bisa kita ambil hikmahnya.

Misalnya mengenai pertanyaan  yang sering muncul terkait minat baca anak. Pembaca tidak bisa ditemukan jawabannya dalam buku ini. Tidak ada ulasan menurut pakar atau tips yang jitu guna meningkatkan minat baca anak. Yang ada, adalah contoh langsung bagaimana sebuah keluarga membuat anak menjadi gemar membaca.

Mengenalkan buku sejak dini adalah kunci.Bisa ditarik  benang merah dari beberapa kisah, melalui dogeng yang disampaikan oleh ibu atau nenek, muncul ketertarikan untuk bisa membaca. Keluarga mendukung kegemaran membaca dengan menyediakan sarana berupa bahan bacaan. 

Jika tidak bisa menyediakan sarana karena sesuatu dan lain hal, minimal tidak ada cemohan atau larangan untuk membaca, meski banyak orang tua yang menganggap membaca selain buku pelajaran adalah hal yang kurang baik.

Saat itu majalah anak-anak lumayan beragam. Ada Kuntjung, Ananda, Bobo, Expo,  serta majalah Hai, Aneka, Gadis untuk mereka yang beranjak remaja. Belakangan sempat ada koran anak,   dengan harapkan para anak yang sering melihat orang tuanya membaca korang, terpicu untuk juga mau membaca. Sayang koran itu bernasib sama seperti majalah anak yang lain.

Mendadak saya jadi teringat pada masa kecil saya. Saya hanya berlangganan Bobo, namun sekolah sering menawarkan membeli majalah Kuntjung. Guru membawa majalah tersebut ke kelas dan bertanya apakah ada siswa yang mau membeli? Jika mau, bisa dibayarkan besok. 

Kemudahan  plus pesan yang disampaikan pada para orang tua saat pengambilan rapor, membuat nyaris seluruh siswa dalam kelas membeli majalah itu. Saya yang paling semangat he he he.

Tak hanya majalah, buku cerita seperti Tintin dan serial kalangan Enid Blyton memegang peranan yang besar pada kegemaran membaca mereka. Rasa ingin tahu terpicu, rasa haus akan bacaan tak juga terpuaskan.

Keberadaan perpustakaan, taman bacaan bahkan tempat menyewa buku menjadi salah satu sarana yang mendukung kegemaran membaca. Sayangnya saat ini keberadaan taman bacaan bahkan tempat menyewa buku menjadi hal yang langka untuk ditemui. Kalau pun ada, koleksinya sangat terbatas.

Secara umum, buku ini perlu dibaca bagi para orang tua yang ingin menanamkan kegemaran membaca pada anak. Bagi para pendidik, buku ini bisa menjadi referensi bagaimana menumbuhkan minat baca. Sementara untuk para penggila buku, buku ini menjadi buku yang layak dikoleksi.

Selain uraian yang menarik untuk dibaca, ilustrasi yang muncul pada awal tiap kisah juga menarik untuk disimak. Sayangnya jumlah ilustrasi agak terbatas, padahal dengan adanya ilustrasi akan semakin membuat visual halaman di buku menjadi lebih menarik.

Beberapa nama mungkin asing bagi pembaca, namun jika dilihat pada bagian belakang, terdapat uraian mengenai para penulis dalam buku ini. Tak kenal maka tak sayang, tak ada salahnya mencoba mengenai sosok para kontributor buku ini.


Ternyata sosok Murti Bunanta tidak lebih gila dari saya! Ada sekitar 50-an versi Bawang Merah dan Bawang Putih yang ia miliki. Jika dilihat dari kisah, mungkin akan lebih susah mengoleksi versi ini dari pada Little Women. Karena LW dicetak dalam banyak negara, sementara kisah Bawang Merah dan Bawang Putih lebih terbatas.

Inspiratif!










1 komentar:


  1. ada 9 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus