Sabtu, 28 Maret 2020

2020 #15: Yuk Paham Cara Kerja Toilet

Judul asli: Toilet,  How It Works
Penulis: David Macaulay, Sheila Keenan
ISBN: 9781626722149
Halaman: 32
Cetakan: Kedua-2015
Penerbit: Roaring Brook Press

Now you know why we go to all the trauble!
~Toilet, How It Works~

Buku tentang toilet? Ngak salah beli apa? Banyak yang bertanya ketika mengetahui belanjaan saya untuk diri sendiri di BBW 2020 kali ini tak sebanyak biasanya. Hanya 1 boxset Little Women, 1 Little Women, dan buku ini. Maklum begitu menemukan bokset LW langsung anteng, serasa malas muter hall yang sebesar itu lagi ^_^.

Melihat buku ini di bagian anak, saya langsung tertarik. Judulnya menawarkan suatu hal yang tak biasa. Tak sedikit penghuni bumi ini tahu dan pernah mmpergunakan benda yang diberi nama toilet. Namun perihal tahu cara kerjanya, hal yang lain lagi. 

Sepertinya tak banyak yang tahu cara kerja toilet.Tak usah sangat paham seperti layaknya tukang yang membersihkan dan memperbaiki toilet. Tapi sekedar tahu sehingga jika terjadi kemampetan, atau air yang tak berhenti mengguyur, bisa tahu apa yang harus dilakukan sebagai langkah awal. Karena saya juga tak tahu, makanya saya membeli buku ini.

Buku ini akan memberikan ulasan mengenai  bagaimana cara kerja toilet, termasuk bagian-bagian yang membentuk mekanisme cara kerja toilet. Penasaran bukan?

Misalnya dijelaskan mengenai proses pengguyuran dalam toilet. Bagian apa saja yang terkait. Dari mana munculnya air yang dipergunakan dalam proses hingga ke mana akhir aliran air itu berada.

Lalu ada bagian yang memberikan informasi mengenai pengolahan dari apa yang kita buang di toilet, tahu dong apa yang dimaksud? Tentunya tidak sembarangan karena bisa  berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan jika terjadi salah pengolahan. 

Tak hanya soal toilet, pembaca juga akan mendapat infomasi mengenai bagaimana proses pencernaan yang terjadi dalam tubuh sehingga menghasilkan "ampas" untuk dibuang melalui toilet.

Dengan aneka ilustrasi yang menarik, buku ini memberikan makna baru bagi kata pengetahuan bagi pembacanya. Tak hanya mendapat pengetahuan, pembaca juga bisa menikmati keindahan ilustrasi yang ada. Meski ditujukan bagi anak-anak, orang dewasa seperti saya juga bisa ikut menikmatinya. 

Bagi mereka yang ingin membangun rumah, sepertinya buku ini perlu dibaca sehingga bisa tahu bagaimana menempatkan sebuah ruangan dengan lebih tepat.

Sayang juga ya kenapa kover harus berwarna agak suram? Tentunya jika dibuat dengan warna yang lebih cerah akan lebih menarik minat orang untuk membacanya. Mau bagaimana lagi, kesan pertama pasti berpengaruh dalam keputusan membeli dan membaca sebuah buku.

Ilustrasi toilet yang dipergunakan juga berwarna putih padahal ada aneka warna yang tersedia. Mungkin karena pada umumnya toilet yang dipergunakan orang berwarna putih? Demikian juga yang ada di sarana umum, mempergunakan warna putih.

Pada bagian akhir buku, saya menemukan ada beberapa judul buku dan situs yang bisa dikunjungi untuk mendapat informasi lebih lanjut seputar toilet dan sejenisnya.  Rupanya urusan toilet bisa dijaikan bahan tulisan yang bermutu juga. Unik!

Dan  saya menemukan ada Indeks juga. Bukan main! Sungguh buku yang penuh dengan informasi. Setelah membaca buku ini, kita menjadi lebih paham mengenai cara kerja suatu  benda yang sering digunakan.

Istilah "toilet" sendiri berasal dari bahasa Prancis toilette yang berarti ruang ganti. Akar katanya dari toile yang berarti kain, secara khusus, mengacu pada kain yang disampirkan di atas bahu seseorang sementara rambut mereka sedang ditata. Lebih lengkapnya bisa dilihat di https://www.republika.co.id/

Wah ternyada ada juga toliet yang terbuat dari emas, silakan meluncur ke sini. Seiring perkembangan zaman, toilet juga mengalami perkembangan dengan ditambahnya aneka  pendukung seperti penghangat dudukan toilet  serta manfaat yang tak sekedar urusan buang hajat.

Sumber gambar:

Buku Toilet, How It Works








1 komentar:

  1. Penasaran awal mula penulis memutuskan membuat buku mengenai toilet. Jarang-jarang ada penulis yang mengambil tema rada nyeleneh ini. Mengambil tema buku yang jarang banget diperhatikan penulis lain untuk dibukukan.

    BalasHapus