Kamis, 18 April 2019

2019#8: Kisah Setan Van Oyot


















Judul asli: Setan Van Oyot, Sebuah Roman Picisan
Penulis: Djokolelono
ISBN: 9789791260855
Halaman: 293
Cetakan: Pertama-2019
Penerbit: Marjin Kiri
Harga: Rp 89.000
Rating: 4/5

Rezeki itu sudah ditentukan dari atas sana.
Kalau sudah digariskan menjadi milik Anak Nederland, kenapa mesti dibuat iri, ingin dimiliki juga. Mungkin berhasil, tetapi akan membuat kesal si Pembuat Hidup, karena itu menyalahi garis-NYA. Teladani perilaku utama orang besar dari Ngeksiganda. Berusahalah selalu ngenaki tyasing sesama, mengenakkan perasaan orang lain. Perilaku andap asor, merendah, bukan hanya merendah terhadap sesama, tetapi merendah kepada Gusti, tunduk kepada semua kehendak-NYA.
~Setan Van Oyot, Sebuah Roman Picisan, halaman 171~

Eyang bikin buku dewasa, serius?
Ada keheranan yang timbul. Harap maklum, s
ejak pertama kali mengenal penulis yang satu ini, buku yang dibuat jika tidak bertema anak-anak pastilah remaja. Meski genrenya beragam, ada misteri, petualangan hingga silat.  Jadi bisa dikatakan ini merupakan buku dewasa pertama beliau, semoga bukan yang terakhir ya.

Kadang sebuah peritiwa yang terjadi bisa menjadi ide untuk munculnya sebuah novel, demikian juga buku ini. Sebuah peristiwa penyerangan terhadap salah satu tokoh masyarakat hingga mengakibatkan luka pada matanya, membuat kata Van Oyot muncul hingga berkembang menjadi sebuah kisah.  Bagi mereka yang berteman di FB dengan Eyang Djoko, Tentunya paham maksud saya.
 
Secara garis besar, pembaca akan menemukan beberapa kisah dalam buku ini. Tentang seorang Sinyo-tuan muda yang sengaja datang dari Belanda untuk mencari sang ayah. Sering ia melihat ibunya menangis pada malam hari, menahan rindu. Timbul keinginan untuk mencari sang ayah dan berupaya agar keduanya bisa  bersatu kembali.

Ada  juga kisah mengenai seorang wanita muda yang begitu berambisi untuk bisa menjadi istri orang Belanda. Baginya menjadi nyonya Belanda akan menjamin kehidupannya hingga akhir hayat.  Cinta terabaikan atas nama kemapanan hidup. 


Tak sengaja perkataan seorang pria yang dianggap mediator warga dengan Kiyai Oyot membuatnya galau. Padahal pria itu sendiri sedang menjalin kisahnya yang belum jelas bagaimana akhirnya.   Dilain sisi, seorang  nona Tionghoa pewaris usaha perkebunan cokelat  kaya raya yang baru merasakan cinta,  sedang menyusun kisahnya sendiri. 

Selanjutnya terdapat kisah tentang kehidupan seorang sinder (semacam pengawas perkebunan) yang begitu bersemangat memperkaya diri, hingga memanfaatkan acara Pesta  Ulang Tahun Ratu Belanda  untuk kepentingannya. Sungguh kebetulan, sang istri menyukai judi. Keduanya sama-sama membutuhkan uang namun dengan tujuan yang berbeda.

Sosok detektif partikelir misterius menjadi penambah ramai kisah. Keberadaannya yang serba misterius, jaringan mata-mata dan sumber informasi yang akurat membuatnya mampu menyelesaikan masalah dalam waktu singkat. Sebagai manusia, sifat tamak muncul menggodanya. Kehidupan memang penuh dengan banyak kejutan.

Beberapa tokoh dan kisah,  dengan apik direkat dengan keberadaan sebuah pohon beringin besar yang akarnya menjulur-julur panjang sekali hingga menutupi sekeliling pohon. Nyaris membentuk batang-batang baru. Konon bijinya dibawah oleh letusan Gunung Kelud. Kondisinya yang demikian membuat orang-orang menyebutnya sebagai Kiyai Oyot-oyot, akar. 

Keberadaan pohon tersebut dianggap keramat bagi warga setempat, namun pagi pemerintah dianggap menjadi krikil pengganjal bagi kesuksesan penyelenggaraan Pesta Ulang Tahun Ratu Belanda. Pohon tersebut dianggap membuat lahan  menjadi sempit serta memberikan kesan suram dan gelap.

Bagaimana pun caranya pohon tersebut harus disingkirkan.  Sayangnya berbagai usaha  untuk menumbangkannya selalu berakhir dengan kegagalan dan peristiwa misterius yang membuat warga semakin takut untuk menyingkirkannya. 

Pihak pemerintah semakin kelabakan! Waktu perayaan kian dekat. "Kita balas. Minta bantuan perkebunan, Minta mereka mengirimkan ahli tanaman mereka. Mereka biasa mematikan tetumbuhan yang tak dipakai. Kita racuni si Oyot itu. Pasti ada. Yang dalam tiga bukan bisa membuat pohon itu terguling."

Kisah bergulir.
Berakhir dengan begitu saja,  namun percayalah banyak hal-hal unik yang  sengaja diselipkan oleh penulis. Beberapa tokoh ternyata juga saling berhubungan. Terkesan serba kebetulan ala sinetron kita ^_^. 
Pembaca harus cermat membaca petunjuk yang ada, jangan tertipu dengan kisah yang seakan picisan.

Oh ya, pada awalnya, saya agak heran kenapa kisah ini diberikan kata picisan. Padahal jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia,  cerita roman yg rendah mutunya (hanya berisi cerita percintaan saja). Rasanya tak mungkin seorang Djokolelono membuat kisah yang kurang bermutu. Kembali, ternyata ada hal-hal lain yang disembunyikan. Dasar Bocah Tua Nakal!

Penulis banyak menyelipkan  petuah kehidupan  dalam kisah ini.  Dikemas dalam bentuk kisah yang menarik dan jauh dari kesan menggurui. Misalnya kalimat yang ada di halaman 159.
Kudu andap asor  
Wani ngalah duwur wekasane
Tumungkula yen dipun dukani
Bapang den simpangi
Ana catur mungkur
Pembaca diajak bersikap mawas diri agar bisa menjadi manusia unggulan. Caranya pertama dengan selalu merendah,  tapi bukan rendah diri. Kedua, berani mengalah, agar kelak mendapat tempat yang tinggi. Ketiga, tundukkan kepalamu jika sedang mendapat teguraan. Keempat, hindari pertentangan. Terakhir, jangan sampai diri terlibat desas-desus. Hal yang mudah dikatakan, namun susah dilakukan ya.

Melalui buku ini, pembaca juga bisa mengetahui mengenai berbagai kehidupan sosial masyarakat pada tahun 1930-an, tepatnya di  Wlingi, Jawa Timur. Misalnya mengenai Jemblem, sebuah makanan  dari singkong yang digoreng hingga berwarna coklat. Isinya  gula merah dan berbentuk bulat menyerupai telur. Atau mengenai bagaimana situasi perkebunan di sana.

Meski saya paham bahasa Jawa, namun  saya kurang bisa memahami beberapa kalimat  yang mempergunakan Bahasa Jawa. Hal ini membuat saya jadi berpikir, jangan-jangan pembaca yang bukan berasal dari Pulau Jawa  tidak paham dengan makna kalimat tersebut. 

Akan lebih membantu jika penulis membuatkan semacam terjemahan bebas dalam bentuk catatan kali. Bisa saja dibuatkan daftar tersendiri tapi kalau harus membolak-balik halaman agak merepotkan. Dibuat seperti yang ada di halaman 159 juga layak dilakukan. 

Beberapa guyunan yang ada dalam kisah mungkin kurang dipahami oleh anak zaman sekarang. Namun bagi mereka yang dahulu sering menikmati dagelan ala Srimulat, tentunya bisa menemukan kelucuan hingga tertawa lepas. Kadang lelucon sederhana justru lebih bisa membuat orang tertawa.

Ilustrasi buku ini jelas sangat memanjakan mata.  Sosok perempuan dan wajah pada keempat sudut halaman kover, secara tak langsung memberikan informasi pada pembaca mengenai tokoh seperti apa yang akan mereka temui dalam buku ini. Sementara ilustrasi tanaman-daun,  yang memenuhi kover membuat saya langsung teringat pada Kiyai Oyot. Setidaknya bagi saya begitu.


Warna merah muda lembut, sangat cocok dengan kata roman picisan. Biasanya kisah roman selalu berisikan hal yang  terkait dengan urusan percintaan yang sering dianalogikan dengan warna merah muda. Mungkin karena kisahnya terjadi pada masa lampau makanya dipilih warna merah muda pudar he he he.

Mantap jaya Eyang Djokolelono!

3 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus