Senin, 04 Februari 2019

2019#4: Tumbuh Dan Berkembang Bersama Alibaba

Judul asli: Alibaba's World, Perjalanan Luar Biasa Jack Ma Membangun Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia
Penulis: Porter Erisman
Penerjemah:  Aswita Fitriani
Penyunting: Benedicta  & Novitasari S
ISBN: 9786023856046
Halaman:
Cetakan: Pertama-November 2019
Penerbit: Noura  Books
Harga: Rp 98.000
Rating: 3.25/5

"Saya bergabung dengan Alibaba agar saya mungkin dapat belajar sesuatu tentang bisnis. Namun, justru hal paling berharga yang saya pelajari dari Jack adalah tentang kehidupan."
~ Alibaba's World, Perjalanan Luar Biasa Jack Ma Membangun Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, hal 230~

Pertama menemukan buku ini, saya agak ragu untuk membacanya. Belakangan ini sosok Jack Ma sebagai pendiri Alibaba bisa dikatakan sedang mengalami masa kejayaan. Berbagai buku mengenai dirinya atau Alibaba juga banyak beredar. Sebelumnya saya  juga sudah membaca sebuah buku yang mengulas mengenai sosok Jack Ma.

Oh ya buku yang saya baca judulnya  Jack Ma, Sisi-sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China.    Hal-hal umum seperti  Jack Ma yang semula adalah guru,  memulai usaha dari  sebuah apartmen,  mengajar Bahasa Inggris, menjadikan istri sebagai rekan kerja hingga kegemarannya akan Taichi sudah diuraikan dalam buku itu. Review lengkapnya di sini.

Kembali, kenapa saya juga harus membaca buku yang ini? Apa bedanya dengan buku yang sudah saya baca sebelumnya? Seseorang berusaha keras meyakinkan saya bahwa buku ini menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dengan buku tentang Jack Ma yang sebelumnya saya baca. Baiklah, mari kita coba membaca. Bagi saya tak ada buku yang buruk, yang ada hanyalah buku itu belum berjodoh dengan selera saya.

Penulis buku ini, Porter Erisman merupakan mantan  Vice President Alibaba, dan bisa dikatakan termasuk jajaran orang Amerika pertama yang bergabung dalam Alibaba. Perbedaan utama dengan buku lainnya mulai terlihat.  Buku  Jack Ma, Sisi-sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China, ditulis oleh sahabat sekaligus asisten pribadiJack Ma, Chen Wei.   Bukan mau membedakan orang, namun pandangan orang Asia umumnya berbeda dengan orang Amerika. Sehingga cara mereka menyampaikan sebuah hal tentunya akan berbeda.

Dalam lebih dari 300 halaman, pembaca akan diajak untuk mengikuti bagaimana Jack Ma merintis Alibaba hingga menjadikan perusahaan yang besar seperti saat ini. Termasuk bagaimana proses merekrut karyawan, melakukan promosi, ekspansi, memberhentikan karyawan ketika situasi sulit hingga mampu bertahan menghadapi pertempuran dengan eBay.

Jack Ma merupakan seorang yang membuat keputusan cepat  berdasarkan insting dan keberanian. Rasa antusiasnya menyebar dengan cepat.  Ketika berbicara di depan umum, kadang Jack Ma tak terdengat sepertinya layaknya seorang CEO perusahaan yang sedang berkembang pesat. Tapi, hal tersebut yang justru menjadi dirinya begitu dikagumi orang. 

Beberapa trik bisnis yang dilakukan oleh Jack Ma juga diuraikan di sini. Misalnya saja mengenai pemasaran gratis selama tiga tahun oleh Taobao, Lalu startegi membagikan tas Alibaba di area publik bagi para pengunjung yang menghadiri acara eBay Live! Uraian strategi di halaman 161 sungguh luar biasa. Efeknya sungguh luar biasa. Bagaimana saya bisa tahu? Kurang lebih kantor saya juga pernah melakukan ide yang nyaris sama ^_^. Membagikan tas dari bahan blacu untuk banyak kegiatan.

Tapi strategi di halaman 165 menurut saya adalah hal yang paling brilian.  Jika kita berada di rumah orang, tentunya kita harus berusaha menyesuaiakan diri dengan kondisi serta tata cara yang berlaku di rumah tersebut. 

Demikian juga jika kita ingin berusaha menjadi sukses di negara lain, maka kita harus mulai mengadaptasi berbagai kondisi  dan tradisi terkait situasi setempat. Termasuk berbicara dengan bahasa yang sama, dalam artian harafiah tentunya.

"Kami bukan perusahaan internet, kami adalah perusahaan jasa." Begitulah yang sering disampaikan Jack Ma ketika sedang berurusan dengan banyak pihak. Secara tak langsung, Jack Ma sudah mulai menerapkan yang dewasa ini dikenal dengan Blue Ocean Strategy. Alibaba menawarkan sesuatu yang berbeda sementara perusahaan lain sedang berebut pasar.

Tak hanya membahas tentang trik bisnis, beberapa sifat Jack Ma yang dianggap membawa pengaruh positif pada perusahaan juga diuraikan dalam buku ini. Termasuk filosofi hidup yang ia peroleh dari film Forrest Gump

Guna dapat memperoleh gambaran lebih luas mengenai bagaimana Alibaba sesungguhnya, penulis memberikan uraian berdasarkan hasil pengamatan secara dekat ke bisnis inti Alibaba. Uraian tersebut berada dalam bab yang berjudul Dunia Alibaba

Ketika perusahaan lain justru tak ingin membagikan rahasia kesuksesannya secara gamblang, Alibaba justru membuka diri selebar mungkin bagi siapa saja yang ingin lebih mengenalnya. Ini merupakan salah satu kunci kekuatan buku ini, hal yang terlalu sayang untuk tidak dibaca.

Hal lain yang juga menjadi kelebihan buku ini adalah bab yang berjudul Alibaba dan Empat Puluh Pelajaran Berharga. Mungkin penulis terinspirasi dengan kisah Alibaba dan 40 penyamun sehingga mengambil judul tersebut. Bisa dikatakan ini merupakan hasil perenungan Porter Erisman akan pengalaman selama bekerja di Alibaba. 

Salah satu pelajaran yang paling saya sukai ada dalam poin Membangun Tim yang sukses. Dikatakan bahwa Pastikan untuk Merekrut Orang-orang yang Tepat pada Waktu yang Tepat. Kadang, ada faktor lain yang harus menjadi pertimbangan dalam merekrut orang dalam kasus Alibaba, merekrut staf yang memiliki kemampuan berbahasa Mandarin dan pemahaman terhadap budaya  China, lebih cocok dibandingkan dengan merekrut staf yang memiliki segudang pengalaman industri tapi di luar China.

Alibaba juga sudah merambah ke tanah air. Mungkin masih ada yang ingat sosok Jack Ma hadir pada menjelang penutupan Sea Games 2018  beberapa waktu yang lalu. Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut, bisa dilihat di sini.

Sepertinya saya harus berhutang ucapan terima kasih kepada sosok yang telah berhasil membuat saya berkenan membaca buku ini. Selain mendapat tambahan pengetahuan bagaimana cara memulai usaha hingga mempertahankan kesuksesan, banyak pelajaran kehidupan yang juga bisa diambil.

Para mahasiswa bidang bisnis, mereka yang ingin mulai membuat sebuah usaha, dan para pelaku bisnis sangat disarankan untuk membaca buku ini. Banyak hal yang bisa membuat Anda merasa takjub. 

INSPIRATIF


Tidak ada komentar:

Posting Komentar