Minggu, 05 Mei 2013

Jangan Baca The Tiger's Curse

Sudut Kamar, 20xz

Belahan jiwaku
Bagaimana khabarmu?
Kian tak sabar menunggu saat liburan agar kita bisa bertemu.

Mengisi waktu luang, aku membaca Tiger's Curse hadiah dari sis Rina Wulandari.
Ceritanya sungguh menawan paduan antara fantasi, eksoktik alam India serta romantisme ala asia. Membuatku makin merindukanmu.

Sungguh!
Biasanya aku tenang saja membaca sebuah kisah romantis, tapi tidak buku ini.
Kelakuan sang pangeran membuatku menitikan air mata menahan rindu.
Belahan jiwaku memang bukan pangeran kaya raya dari India yang dikutuk menjadi harimau.
Tapi sopan santun serta keinginanmu untuk selalu membuatku nyaman yang membuatku kian terpesona

Ingat saat kita menata rumah impian?
Saat tahu aku tidak bisa tidur dalam suasana gelap pekat sementara dirimu justru terbiasa tidur dalam suasana pekat, segera saja sebuah kompromi belahan jiwaku ajukan. Bagaimana jika kelak  kita pasang lampu baca yang selalu menyala di sisimu, atau kita perbesar lubang angin hingga lampu teras bisa masuk. Jika perlu teras ke depan tidak usah ditutup korden tebal hingga cahaya lampu bisa masuk ke kamar, siapa juga yg mau susah-susah manjat ke lantai 3, atau...... Banyak gagasan yang belahan jiwaku ajukan sementara aku hanya bisa terdiam dalam haru.

Kisah itu mirip dengan adegan saat Kelsey, tokoh utama wanita dalam kisah ini harus tidur di alam bebas dalam rangka upaya memecahkan kutukan yang menimpa sang harimau, Terbiasa tidur berbantal tubuh harimau membuat Kelsey tidak nyaman tidur saat sang harimau tidak bisa berubah wujud kembali saat menjadi manusia. Untuk membuatnya nyaman maka sang harimau  yang berwujud manusia melakukan...

Duh maaf aku melantur belahan jiwaku
Sebaiknya aku lampirkan salinan review dari blogku agar suamiku bisa mengerti bagaimana sebenarnya kisah ini.

Kalimat yang mengingatkan aku pada belahan jiwaku adalah "Apabila kau mencintai seseorang kau belajar untuk memberi dan menerima" Belahan jiwaku selalu membuatku menerima dan tak pernah ingin meminta.

Selalu merindukanmu

TR

--------------------------------------------------------------------

Saya benci buku ini!
Sungguh betapa tidak buku ini membuatku begadang karena terbui dengan kisahnya yang menawan. Perpaduan antara fantasi serta kisah romantis, kisah yang membuatku kian merindukan belahan jiwaku
Makin kesal saat tahu buku ini memiliki akhir yang menggantung karena sebenarnya buku ini merupakan buku pertama dari sebuah seri. Berharap  penerbit berkenan menuntaskan alih bahasa hingga selesai semua buku dalam seri ini.

Buku ini mengisahkan tentang  Kelsey Hayes seorang remaja yatim piatu yang sedang mencari kerja paruh waktu. Ia memperoleh pekerjaan di sebuah Sirkus bernama Sirkus Maurizio. Salah satu tugasnya adalah mengurusi harimau putih . Pada awalnya ia merasa ngeri berdekatan dengan harimau yang dipanggil Ren. Walau terlihat jinak tapi dengan sosok yang besar dan gigi taring yang tajam seperti itu siapa juga akan merasa tidak nyaman berdekatan dengan harimau.

Seiring waktu mereka malah menjadi sahabat. Kelsey sering membacakan puisi, mengajak ngobrol serta menulis jurnalnya di dekat kandang Ren.Belakangan Kelsey mulai berani menyentuh bulu-bulu Ren, kian lama ia bahkan membiarkan tangannya dijilati.Kelsey merasa Ren memiliki ekspresi melankolis manusia di wajahnya. " Jika harimau memiliki jiwa, dan aku yakin mereka punya, kubayangkan yang satu ini memiliki  jiwa yang kesepian dan nelangsa," pikirnya.

Nasib Kelsey berubah saat ia menerima tawaran menemani Ren ke Mumbai. Seorang  India bernama Anik Kadam mendapat tugas untuk mengurus pembelian Ren. Mr Kadam membuat tawaran untuk membeli harimau putih dan memindahkannya ke Taman Nasional Ranthambore di India. Untuk itu ia butuh seseorang mengurus kebutuhan sang harimau, dan pilihannya jatuh pada Kelsey. Selanjutnya seperti yang tertera pada sinopsis, setiap 24 jam Ren akan berubah menjadi manusia selama 24 menit saja. Ternyata urusannya tidak hanya mengantarkan Ren saja tapi berurusan dengan kutukan berusia 300 tahun lebih yang harus dipatahkan.

Ren sebenarnya adalah Pangeran Dhirenm putra mahkota Kerajaan  Mujulaainyang dikutuk. Kisah tentang ia dan kerajaannya sudah melegenda di India. Banyak versi yang beredar mengenai dirinya. Dari ia tercabik musuh di medan perang, dibunuh, dan masih banyak lagi versi yang beredar.  Sejak ia bertemu dengan Kelsey sepertinya keberuntungan selalu berada di dekatnya. 

Hingga bab 7 kita akan disuguhi proses pertemanan Kelsey dan Ren serta perjalanan mereka ke  Mumbai, India. Mulai  bab 8, bersiaplah! Keseruan mulai dari sana. Apalagi jika segala urusan mereka terkait dengan salah satu Dewi di India,  Dewi Durga. Agar bisa membebaskan Ren dan adiknya, ternyata adiknya juga dikutuk menjadi harimau, mereka harus memecahkan teka-teki Dewi Durga dan memberikan empat persembahan. 

Untuk perlindungan, carilah kuilnya
Dan raihlah restu Durga
Pergilah ke barat dan temukan Kishkindha
Di tempat bangsa monyet berkuasa penuh
Gada beraksi di Kerajaan hanoman
Dan memburu dahan yang bertaut melilit tubuh
Berduri mencengkram dari atas sana
Bahaya gemerlapan menanti di dasar
Mencekik, menjerat, mereka yang kau cintai
Dan memerangkap dalam pusaran bawah air
Hantu mengerikan akan menyesatkanku
Dan pengawal menunggu untuk menghalangi jalan
Waspadalah begitu mereka mulai mengejarmu
Atau dekaplah puing-puing kehancuran
Tapi semua itu bisa kau hindari
jika buah terlarang ditemukan para ular
Dan lapar India terpuaskan benar
Atau rakyatnya akan mati telantar
   
Menurut kepercayaan umat Hindu, Dewi Durga merupakan istri dari Dewa Siwa, ibu dari Dewa ganesha dan Dewa Kumara.  Sosok Dewi Durga biasanya digambarkan sebagai sosok wanita cantik berkulit kuning memiliki 8 tangan.  Senjata yang dimiliki Durga juga beragam ada petir, cakram, pedang, gada, trisula bahkan ular pun menjadi sekutu Durga.   Durga digambarkan memiliki harimau.   

Membaca petualangan mereka seakan menikmati film Indiana Jones dalam bentuk cetakan. Ada aneka jebakan,   patung yang berubah hidup, ular yang menjaga dan bisa hidup kapan saja,Kappa yang mengancam keselamatan jiwa, gua dengan halusinasi dan masih banyak kisah seru yang tak bisa diungkapkan. Jika diingat, Kelsey sendiri menyebutkan tentang hal itu di halaman 240.

Beberapa hal yang semula mengganggu seperti kenapa di sebuah bagian Ren disebutkan  bisa beberapa kali berubah menjadi manusia padahal waktunya hanya 24 menit setiap 24 jam.  Well minimal ada penjelasan  dalam kisah ini. Lalu saat Ren berubah dari harimau menjadi manusia ia akan selalu menggunakan pakain putih bersih. Andai kata sebelum berubah terjadi sesuatu hal yang membuat pakaiannya robek-robek maka saat berubah dari harimau menjadi manusia lagi pakaian tersebut akan kembali menjadi pakaian bersih. Penjelasannya cukup sederhana, begitulah cara kerja sihir.

Pembaca mendapat aneka pengetahuan tentang makanan ala India. Misalnya ada Rasmalai yang merupakan bola-bola keju kambing yang dicelup dalam saus krim manis. Baigan Bhartha adalah terung dengan kacang polong, bawang, dan tomat.

Tak ketinggalan pengetahuan tentang tanaman obat. Arjuna misalnya, kulit bagian bawah batang pohonnya bisa digunakan sebagai obat untuk membantu sirkulasi dan pencernaan. Daun Naeem untuk membantu pencernaan. Gotu Kola untuk umur panjang dan menambah energi. Lalu ada Akar Shatavari yang berguna bagi urusan kewanitaan.Kegunaan pengetahuan perihal tamanan ini sayang tidak ada dalam buku ini. Atau malah di buku selanjutnya kita akan menemukan manfaat pengetahuan Kelsey tentang aneka tanaman obat.

Selain urusan petualangan yang memacu adrenalin bahkan membuat jantung terpacu dengan cepat, urusan romantis mengambil peran yang tak sedikit dalam kisah ini. Sang pangeran harimau Ren, digambarkan sebagai sosok yang sangat menghormati wanita, bukan hanya basa-basi tapi dalam kesehariannya setiap tindak tanduknya terhadap Kelsey menunjukan betapa ia sangat mencintai dan menghormatinya.

Dan Kelsey, sudah pasti menikmati setiap hal yang dilakukan Ren untuk menunjukan cintanya. Walau belakangan ia merasa galau bisa dimaklumi, Kelsey merasa jika kutukan sudah bisa dipatahkan maka ia bukanlah wanita yang layak bagi Ren sang pangeran. Ren harusnya mengencani para super model dunia atau putri dari segala penjuru dunia, Sikap rendah diri yang bisa dimaklumi. Perang bathin Kelsey bisa ditemukan di halaman 481.

Perempuan mana yang tak akan tersanjung saat ia mendapat selemari penuh baju baru yang indah bahkan bertahta batu permata, selemari sepatu yang sesuai. Dibuat nyaman saat tidur. Ketika sedang menjadi manusia dan waktu terhenti Ren tidak bisa menjadi harimau. Kelsey yang terbiasa tidur dengan menggunakan tubuhnya sebagai bantal dan mendengarkan dengkurannya menjadi tidak nyaman. Untuk membuat Kelsey nyaman, Ren memeluknya dan meletakan kepala Kelsey di dadanya dan mengeluarkan suara dengkuran lembut harimau semalam suntuk! Semua dilakukan dengan sopan tanpa melakukan hal-hal terlarang.

Atau saat Kelsey kelelahan, Ren dengan lembut akan melakukan pijatan di kakinya hingga tertidur. Lalu dengan lembut membopongnya ke kamar, menyelimuti dengan lembut dan berubah menjadi harimau lalu tidur di dekat ranjangnya.  Saking menghormatinya seorang perempuan, Ren meminta ijin saat akan mencium Kelsey. Hemmmm berapa banyak pasangan yang melakukan itu sekarang.

Saat melihat buku ini beberapa tahun lalu, dalam versi aslinya saya sudah tergoda. Hanya saat kendala bahasa yang membuat saya urung memasukan buku ini dalam tas belanjaan. Beruntung ada penerbit yang berkenan mengalih bahasa kisah ini.

Sosok Ren yang digambarkan sebagai pangeran yang tegar dan santun kadang kontras dengan sosok Kelsey yang tegar namun serampangan, mungkin perbedaan budaya keduanya yang menjadikannya begitu. Namun keduanya malah mnembuat kisah ini menjadi lebih hidup.

Rentetan petualangan yang disajikan memang menawan, namun ada bagian dimana saya merasa kok begitu mudahnya Kelsey menemukan petunjuk atau memecahkan masalah. Kadang segalanya  terlihat begitu mudah padahal jika dibuat tak semua hal mudah dan semua hal berjalan di relnya akan membuat kisah ini lebih greget, lebih seru.

Oh ya ada kesalahan kecil seperti salah edit di halaman 170, " Bagus buat pe-rutmu...." pasti bisa direvisi di penerbitan kedua kelak.

Yang pasti  bacalah dan ikut menyesal kenapa kisah ini segera berakhir sementara buku selanjutnya belum beredar!

Penulis: Colleen Houck
Penerjemah: Angelic Zai Zai
Penyunting: Prisca Primasari
Proofreader:Wiwien Widyawanti
ISBN: 9789794337165/UT-151
Halaman: 634
Harga: Rp  67.000


8 komentar:

  1. Huaaaa...pingin bacaa mbaaa, eh di gramed ada kan?

    BalasHapus
  2. Masuk buylist, mau mengurangi bacaan YA malah ujung2nya balik lagi ke YA gara2 baca sinopsis2 buku ini di GR

    BalasHapus
  3. ada kok
    keyennnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  4. Kisah tergambar indah, bagian dari hidup, yang kadangkala bisa terlupakan, namun itu menjadi gambaran untuk kita dapat mengerti dan memahami

    BalasHapus
  5. bagus. buku keduanya kapan?

    BalasHapus
  6. dah ada tuh lanjutannya Tiger's quest

    BalasHapus
  7. aku udah selesaiin buku ketiganya dari tahun lalu TAPI BUKU KEEMPATNYA GAK KELUAR KELUAR 😭

    BalasHapus
  8. Bagus sih , cuman rada gjmana gt bacanya pas awal2
    Gak nyambung di akunya hahaha

    BalasHapus