Kamis, 03 November 2011

Sekali lagi, Belajar Kehidupan dari Hewan



Judul                  : The Jungle Book
 Penulis              : Rudyard Kipling
Penerjemah       : Anggun Prameswari
Penyunting        : Jia Effendie & Fenty Nadia
ISBN                   : 878-979-024-490-0
Halaman             : 239
Penerbit             : Atria
Harga                 : Rp 35.000

Macan cintai tutulnya
Banteng bangga pada tanduknya
Waspadalah, bagaimana ia sembunyi
Itulah kekuatannya

Kau tahu sapi bila menendangmu
anduk tebal Sambhur menerjangmu
 tak perlu kami kau beritahu,
kami tahu sedari sepuluh musim lalu

Jangan sakiti anak si hewan liar
anggaplah ia saudara
Walau kecil dan montok,
Beruanglah ibunda mereka
"Tak ada yang kalahkan kami!" ujar si kecil
bangga saat pertama berburu

Kadang kita sebagai manusia pelu belajar dari makhluk lain mengenai bagimana bersikap dan menjalani kehidupan bermasyarakat. Sepasang serigala  yang sering dianggap binatang liar dan buas justru mau mengasuh seorang anak manusia yang mereka temukan. Bahkan tidak hanya mereka, binatang lain juga ikut mengasuh dan mendidik sang anak laki-laki, Mowgli. Sementara disekitar kita berapa banyak orang yang mau perduli saat seorang anak kecil terlihat menangis. Mungkin belum lepas dari ingatan kita kisah mengenai seorang anak yang tertabrak mobil hingga berkali-kali tanpa ada yang perduli hingga seorang tunawisma  yang melihat kejadian itu berteriak-teriak.

Yang ada di gambaran saya jika ada yang menyebutkan kata Jungle book adalah sosok  beruang hitam (walau dalams ebuah film kartun diberi warna coklat) sedang berenang di sungai dengan posisi telentang, sementara di dadanya Mowgli duduk dengan nyaman. Ingatan ala film kartun memang. Mau bagaimana lagi, kisah ini memang sudah mengalami berbagai macam pengembangan seiring dengan waktu yang berjalan.  

Kisahnya nyaris semua sudah tahu. Namun tetap saya membaca bukunya memberikan sesuatu yang berbeda dibandingkan jika menonton film kartun saat kecil atau film yang terinspirasi dari buku ini. Walaubagaimana  kisah klasik yang penuh dengan pesan moral ini tetap menarik untuk.
  Menariknya dalam buku ini   di catatan kaki kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan umum disamping hiburan dengan membaca kisah yang ciamik. Sebut saja   perihal Jasper yang ada di halaman 71,  Pohon Dhak di halaman 102 yang merupakan tumbuhan asia tropis dari keluarga polong-polongan dengan warna bunga jingga kemerahan yang menyala, lalu ada  Ankus semacam tongkat untuk menggembalakan atau menggiring gajah di halaman 206, dan masih banyak lagi.

Tak kalah serunya, di setiap pergantian bab ada  kalimat-kalimat pembuka yang jika ditelaah lebih lanjut bisa dianggap sebagai patisari kisah dalam bab itu. Lallu ada halaman yang mengisahkan mengenai lagu-lagu yang dinyanyikan  oleh para tokoh. Misalnya di halaman 40 ada lagu berburu kawanan Seeone, lalu di 123 ada nyanyian Mowgli.  Lagunya juga lucu dan berirama riang gembira.

Jungle Book merupakan  kumpulan cerita yang dikarang oleh pemenang Nobel Rudyard Kipling. Kisah teresebut  pertama kali diterbitkan pada  1893.  Mengingat ia pernah tinggal di India, maka tak heran jika penggambaran pedesaan dan lingkungan menyerupai India. Lihat saja sosok  Mowgli yang digambarkan berkulit agak gelap dalam buku. 

Sebenarnya kisah mengenai  anak manusia yang dipelihara oleh hewan sudah banyak ragamnya.  Salah satu negara besar konon didirkan oleh anak manusia yang dipeliharta oleh serigala (eh benar khan yahhh). Buku The Graveyard dari Nail Gaiman  konon  terinspirasi  dari buku ini. Kisahnya  tentang seorang bayi laki-laki yang dibesarkan di kuburan!

Joseph Rudyard Kiplinglahir pada 30 Desember 1865 meninggal  18 Januari 1936.  Pada tahun 1907, ia menerima  Hadiah Nobel  untuk Sastra.  Pada tahun 2010 Uni Astronomi Internasional mengabadikan namanya bagi salah satu dari sepuluh kawah baru yang ditemukan diamati oleh pesawat ruang angkasa MESSENGER di 2008-9  di planet Merkurius  

Sebagian karyanya adalah 
▪     The Story of the Gadsbys (1888)
▪     Plain Tales from the Hills (1888)
▪     The Phantom Rickshaw and other Eerie Tales (1888)
▪     The Light that Failed (1890)
▪     Mandalay (1890) (poetry)
▪     Gunga Din (1890) (poetry)
▪     Many Inventions (1893) (short stories)
▪     The Jungle Book (1894) (short stories)
▪     The Second Jungle Book (1895) (short stories)
▪     If— (1895) (poetry)
▪     The Seven Seas (1896)
▪     Captains Courageous (1897)
▪     Recessional (1897)
▪     The Day's Work (1898)
▪     Stalky & Co. (1899)
▪     The White Man's Burden (1899)
▪     Kim (1901)
▪     Just So Stories (1902)
▪     Puck of Pook's Hill (1906)
▪     Rewards and Fairies (1910)
▪     Life's Handicap (1915) (short stories)
▪     The Gods of the Copybook Headings (1919)
▪     A Book Of Words (1928)
▪     Limits and Renewals (1932) 

Foto dari wikipedia

Curcol:
Susahnya jika membuat repiu belakangan semua unsur menarik sudah dibabat yang lain hiksss
Sekedar menunatskan PR untuk Bapak Peri serta unjuk gigi ke 2 oknum yang super jahil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar