Selasa, 30 Januari 2018

2018#3: Kisah Cinta Sang Sultan

Penulis: Sunardian Wirodono
Penyunting: Endah Sulwesi
Penggambar sampul: Yudi Irawan
ISBN: 9786026799333
Halaman: 216
Cetakan: Pertama-Desember 2017
Penerbit: Javanica
Harga: Rp 65.000
Rating: 3.5/4

Cinta bukanlah dua jiwa yang dipersatukan, tetapi dua jiwa yang saling menjaga dan menghargai. Betapa malangnya jika dalam cinta kita kehilangan jiwa kita, menjadi jiwa yang lain, walaupun jiwa yang lain itu sangat kita cintai. Aku tak ingin kehilangan jiwaku.
~ Cinta Terakhir Sang Sultan, hal 39~

Segala sesuatu  kadang terjadi begitu saja, seakan memang sudah selayaknya terjadi.  Seolah alam berperan. Demikian juga dengan buku ini. Semula, saya mendapat buku tipis tentang Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Peringatan 40 Tahun. Sel kelabu saya langsung mengarah pada koran Buana Minggu yang saya baca saat kecil (baik, mungkin aneh anak kecil baca koran seperti itu).

Salah satu artikel membahas tentang pernikahan  Sri Sultan Hamengku Bowono IX dengan seorang wanita yang bukan dari suku Jawa. Banyak pihak yang berkomentar miring mengenai pernikahan tersebut. Saya jelas tidak paham kenapa. Timbul rada ingin tahu yang menggelitik. Tapi saya tentu tak berani bertanya pada sesepuh. Terbayang sudah jawaban yang akan saya terima.

Dan, gayung bersambut. Sebuah buntelan  buku yang mengisahkan mengenai kisah kasih beliau berdua dari  Penerbit Javanica mendarat beberapa waktu lalu.  Meski butuh waktu lumayan lama, rasa penasaran saya terjawab sudah.

Awalnya, saya mengira ini merupakan buku yang berisikan hal-hal romantis yang terjadi antara Sri Sultan Hamengku Bowono IX  dengan istrinya, Norma Nindyokirono. Judulnya saja Cinta Terakhir Sang Sultan. Pastilah menceritakan tentang awal mereka bertemu hingga maut memisahkan, dengan bunga-bunga indah tentunya.

Tak jauh meleset perkiraan saya. Memang ada bagian romantis namun ada juga bagian yang mengisahkan mengenai bagaimana situasi dan kondisi Bung Karno, Haji Agus Salim dan beberapa tokoh nasional  ketika dibuang ke Mentok, Bangka. Dan banyak hal lainnya. Bisa dikatakan buku ini merupakan paket komplit

https://nasional.tempo.co/
Kisahnya dimulai dengan uraian mengenai kehidupan Norma remaja. Lalu bertemu Bung Karno dan ikut ke Jakarta sampai akhirnya menjadi istri Sri Sultan Hamengku Buwono IX.  Beberapa bagian dengan gamblang mengisahkan bagaimana kedua bertemu untuk pertama kali, jatuh cinta hingga menikah. Ternyata butuh wakta lama bagi seorang Norma untuk menerima pinangan  Sri Sultan HB IX. Ah! Saya baru mulai paham kenapa dulu banyak pihak yang merasa perlu urun komentar.

Menikah dengan seorang raja tentunya bukanlah hal yang mudah.  Apalagi sebagai perempuan non Jawa, tentunya   punya pandangan dan sikap yang berbeda dengan istri-istri lain yang memang berasal dari Jawa.  Seperti yang tercantum di halaman 1980199, "Tentu tidak semudah mengatakannya. Mereka tidak mungkin tidak menganggap saya sebagai raja, sebagai junjungan mereka."

Misalnya tentang sapaan yang dipergunakan  Norma untuk  Sri Sultan HB IX, Wonosan. Wonosan berasal dari kata Wono yang berarti raja dalam  bahasa Jepang dan san, kata tambahan yang sering diucapkan ketika menyebutkan nama seseorang. Tentunya tak ada yang berani melakukan hal seperti itu selain Norma. Ia juga satu-satunya istri yang menyandang nama Sri Sultan Hamengku Bowono IX di belakang namanya. Justru itu  (menurut saya) yang membuat Sri Sultan HB IX jatuh hati.

Bahkan di halaman  199  terdapat dialog yang  menunjukkan bahwa Sri Sultan HB IX mendapatkan kasih sayang istri secara utuh dari Norma. Bukan berarrti istri yang lain tidak menghormati, namun  bagaimana sudah disebutkan di atas, bagaimana juga beliau adalah raja. "Akulah istri satu-satunya...., tetapi karena hanya akulah yang menganggap Wonosan sebagai suami, bukan sebagai raja. Bisa jadi itu karena aku bukan orang Jawa." Sungguh manusiawi.

Pada suatu bagian, saya menemukan tulisan mengenai Norma yang melakukan cium pipa kanan-kiri dengan Sri Sultan HB IX padahal mereka belum menikah. Mata saya langsung melotot, makin melebar ketika ada beberapa adegan yang menjurus ke arah mesra diuraikan dalam buku ini. 

Baiklah, sekarang saya paham sekali, kenapa Sri Sultan HB IX bisa jatuh cinta kepada sosok seorang perempuan dari Bangka bernama Norma! Entah, apakah ada orang lain yang berani mengajukan syarat ketika seorang raja mengajaknya menikah.
http://www.wapresri.go.id/

Melalui buku ini, saya bisa mengetahui banyak hal dari sisi  Sri Sultan HB IX yang tak banyak dikabarkan. Dalam buku ini digambarkan sebagai sosok yang sedikit bicaram namun jika sudah bicara, maka yang terucap adalah kata-kata penuh makna. Misalnya saja kalimat yang ada di halaman 105, "Jika Norma mengetahui dan mampu bersikap ketika berada di mana, sebagai apa, dan untuk apa, itu yang akan menjadi ukuran apakah kita memenuhi panggilan tugas atau justru hanya menyodor-nyodorkan diri."

Sebagai orang yang diangkat anak dan menjadi orang selalu membantu Bung Karno, tentunya banyak hal terkait situasi dan kondisi negara ini yang ia ketahui dengan benar.  Lalu apakah uraian perihal keterlibatan CIA dalam pemberontakan PRRI/Permesta pada Maret 1957, Freeport di halaman 151 yang mampu membuat mata melotot, serta Dewi Soekarno yang dibekali setengah kilogram emas sisa pembuatan tugu Monas di halaman 98, adalah benar? Jelas saya tak bisa menjawabnya.

Beberapa kali perihal Ibu Inggit yang meminta dikembalikan ke Bandung dari pada harus memiliki madu disinggung. Terlihat sekali betapa seorang Norma sangat menghormati dan menghargai apa yang telah dilakukan oleh seorang Inggit  bagi tanah air tercinta ini. 

Buku yang menarik. Sudah  lebih seminggu saya selesai membacanya. mau membuat ulasan sekedarnya, agak ragu (ok baiklah takut). Dibesarkan dengan adat Jawa, membuat saya sungkan memberikan komentar mengenai kehidupan kerabat dalam. Apalagi ini!

Secara sukses penulis membuat saya melihat dari sisi yang berbeda. Bagaimana juga, beliau tetaplah seorang manusia, seorang pria, seorang suami. Kadang, kita melupakan unsur "manusiawi" dari sosok yang begitu kita hormati. 


Satu kalimat yang menarik dari buku Jumenengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Peringatan 40 Tahun. Pada halaman 10 tertulis, "Meskipun saya mengalami pendidikan yang tegas-tegas bercorak Barat, tapi saya in Jawa, dan bagaimanapun saya tetap Jawa." Hal ini ditunjukkan dengan kebulatan tekat beliau membantu perjuangan kemerdekaan.

Bahkan dalam buku Tahta Untuk Rakyat, terlihat bagaimana besar bantuan yang beliau berikan. Tidak hanya adalam bentuk fisik namun juga materi. Bukan hanya bagi pergerakan perjuangan, namun juga terhadap keluarga pemimpin pergerakan. Sungguh jiwa seorang raja.

Sekedar usul, jika buku ini dicetak ulang, mungkin penulis bisa menambah bagian yang menunjukkan bagaimana keindahan istana yang dibangun khusus untuk Norma di Bogor. Supaya membuat kisah ini lebih hidup lagi.

Buku yang unik.


























2 komentar:

  1. Prediksi Bola Atalanta vs Inter 02 Agustus 2020 yang akan diselenggarakan langsung tanpa penonton di Stadio Atleti Azzurri d'Italia.

    Dalam pertemuan kedua tim di Liga Italia kali ini akan sangat seru untuk di tonton pada Jadwal Bola Malam Ini. Maka dari itu Hasil Bola Akan membagikan beberapa Prediksi Sepakbola Resmi yang akurat tentunya.

    BalasHapus