Senin, 13 September 2021

2021#31: Menikmati Karya R.L Dalam Koleksi Kantor

Kejutan!
Ketika sedang mencari buku untuk membuat tugas  anotasi/abstrak informatif,  saya menemukan buku ini baru selesai disampul, siap untuk diletakkan dalam rak koleksi. Buku karangan R.L. Stine!

Dengan nomor panggil 813 STI c, buku ini  merupakan buku pengganti dari mahasiswa yang menghilangkan buku. Demikian data yang tercantum pada informasi perihal buku ini di halaman depan. 

Saya jadi penasaran, buku apa yang dihilangkan sehingga harus diganti dengan buku ini. Agak curiga juga sebenarnya. Janga sampai buku langka yang dihilangkan (atau katanya hilang?) lalu diganti buku ini. Maafkan saya, ada pengalaman buruk soal buku penggantian he he he.

Sesuai dengan judulnya, Saat-Saat Seram, buku  setebal 192 halaman ini berisi 10 kisah yang menyeramkan. Mulai dari Kepala Labu, Nightmare Inn, Mayat,  hingga Tatapan Hantu.

Dengan ISBN  979655457 serta terbit tahun 1999, buku ini sudah menawarkan sesuatu yang berbeda pada masa itu. Pada tiap awal kisah, ada semacam pengantar dari penulis mengenai dari mana ide  kisah tersebut muncul.

Bagian dari kisah Topeng Hitam, mengingatkan saya pada salah satu film tentang permainan kuno yang membawa pemainannya memasuki dunia lain. Menegangkan!

Permen Alien berkisah tentang seorang anak yang mendadak diangkat menjadi ketua klub Alien. Semula ia bukan siapa-siapa, bahkan termasuk anak yang sering mengalami perudungan karena bentuk fisik tubuhnya.

Sebuah klub mendadak mendatangani dan menawarkan jabatan sebagai ketua klub. Tentunya sang anak langsung merasa ini kesempatannya untuk membuktikan kemampuan diri. 

Benarkah demikian? Lalu apa hubungannya dengan perman yang dibagikan setiap kali rapat? Apa hubungan barat badannya dengan ajakan menjadi ketua klub? Begitulah....

Ide kisah didapat penulis dari promosi perekrutan anggota saat tahun ajaran  baru. Ada klub yang membuka keanggotaan dengan mudah, ada yang melakukan perekrutan dengan cara diam-diam. 

Mendadak saya teringat kalau ada buku-buku sejenis dalam koleksi publik. Yang dimaksud dengan koleksi publik adalah koleksi yang boleh dipinjam oleh masyarakat umum yang sudah menjadi anggota. Jumlah koleksinya memang masih terbatas. Tapi lumayan beragam.

Sepertinya seru jika kali ini saya membuat anotasi/abstrak  informatif dari buku seperti ini. Penyegaran  dari baca buku berat.  Berikut beberapa buku yang saya buat anotasi/abstrak  informatif:

Judul asli: The Cataluna Chronicle: The Deadly Fire
Judul The Cataluna Chronicle: Mobil Maut
Ahli bahasa: Hidayat Saleh
ISBN: 979220105X
Halaman: 184
Cetakan: Pertama-2003
Rating: 3.25/5

Dalam tiga bagian, pembaca akan diajak mengikuti bagaimana balas dendam masa lalu antara dua orang berlanjut hingga masa depan, William Parker dan Catherine.

Bagian pertama berkisah tentang asal mula mobil ini. Dalam data Goodreads, buku ini merupakan buku ketiga dari The Cataluna Chronicles. Namun pada bagian awal, tetap diberikan sedikit informasi mengenai info asal mula buku ini.  

Bagian ini juga menceritakan tentang kecelakaan yang menimpa Stan McCloy ketika balapan dengan mempergunakan mobil maut The Cataluna.  Keluarga McCloy melakukannya karena iming-iming pembayaran besar untuk itu. Dan mereka sangat membutuhkan dana segar!

Bagian kedua berkisah tentang adik Stan-Buddy McCloy  yang terpukul dengan kematian sang kakak. Dilain sisi, ia merasa sang kekasih Sarah Franklin jatuh cinta pada pria lain.  Mereka sepakat untuk balapan dengan mobil masing-masing. Untuk menarik perhatian Sarah, ia berniat menggunakan The Cataluna meski kakaknya-Sean berusaha keras melarang.

Sedangkan bagian ketiga berisi tentang pertempuran kembali antara William dan Catherine. Sosok William menjelma menjadi orang lain untuk bisa mengalahkan Catherine yang dengan ilmunya menyatu dengan mobil maut The Cataluna. 

Bagian ini ditutup dengan kemenangan pada salah satu pihak. Benarkah begitu? Atau hanya  sekedar jalan untuk membuka kisah selanjutnya?Kalian tahu sekali bagaimana penulis kita ini he he he.

Judul asli: The Abominable Snowman of Pasadena (Goosebumps, #38)
Judul: Misteri Manusia Salju
Ahli bahasa: Hendarto Setiadi
ISBN: 9786020317069
Halaman:168
Cetakan: Keempat-November 2018
Rating: 3.25/5

Jordan Blake, 12 tahun  dan sang adik Nicole tinggal bersama ayah mereka Garrison Blake seorang fotografer di Pasadena, California. Kedua orang tuanya bercerai, sang ibu tinggal di Pennsylvania.

Jordan sangat ingin melihat salju apalagi ketika cuaca di Pasadena  sedang panas-panasnya. Untunglah! Berkat sang ayah yang berhasil memotret beruang coklat di Wyoming, mereka mendapat kesempatan untuk pergi ke Alaska. Ke tempat  salju berada!

Majalah Wilderness ingin ayah Jordan membuat foto tentang Manusia Salju yang dianggap misterius. Jordan dan adiknya mendapat izin untuk ikut menemani sang ayah.

Ternyata usaha memotret manusia salju tidaklah semudah memotret sekawanan beruang. Banyak rintangan yang mereka hadapi. Tidak hanya alam namun juga pemandu mereka yang mendadak meninggalkan mereka karena takut akan sosok Monter Berbulu alias Manusia Salju.

Jordan dan Nicole tanpa sengaja diburu Manusia Salju.  Untunglah mereka berhasil lolos. Sepertinya keberuntungan berada di pihak mereka. Dari semula dikerjar Manusia Salju mereka justru berhasil membawanya ke Pasadena. Siap untuk diteliti.
https://www.theguardian.com

Benarkah begitu? Atau hanya keberuntungan sesaat? Bagaimana menurut kalian?

Buku ini terdiri dari dua kisah, Misteri Manusia Salju serta sebuah kisah tipis berjudul Rahasia Kepala Terpenggal.Meski tipis, jangan diragukan ketengan yang disajikan oleh kisah tersebut.

Sang penulis,  Robert Lawrence Stine dikenal sebagai R. L. Stine  adalah seorang  penulis Amerika. Dengan sasaran pembaca kaum muda, ia sering disebut sabagai Stephen King dari sastra anak-anak melalui novel fiksi horor populer,seperti  seri Goosebumps, Rotten School, Mostly Ghostly, The Nightmare Room dan Fear Street.

Stine telah menerima banyak penghargaan, termasuk beberapa Nickelodeon Kids' Choice Awards dan Disney Adventures Kids' Choice Awards, dan dia telah dipilih oleh anak-anak sebagai salah satu penulis favorit mereka dalam program Read Across America NEA. Dia tinggal di New York, NY.

Untuk lebih lanjut seputar penulis, bisa berkunjung ke laman http://www.rlstine.com

Sumber gambar:
https://www.theguardian.com/









Tidak ada komentar:

Posting Komentar