Kamis, 07 Oktober 2021

2021 #32: Coaching & Mentoring Research: A Pratical Guide

Keuntungan kerja di perpustakaan adalah tak pernah kehabisan buku untuk dibaca. Masalahnya hanya mau baca atau tidak he he he. Aneka buku pengayaan seperti novel, pengetahuan umum, dan sejenisnya bercampur dengan buku teks kuliah, melambai-lambai untuk ditengok ^_^.

Kadang, saya menemukan sebuah buku teks juga menarik untuk dibaca. Apa lagi topik tersebut masih merupakan yang jarang diangkat menjadi sebuah buku. 

Biasanya, saya bisa tergoda untuk menjadikannya sebagai bahan pembuatan anotasi/abstrak informatif. Salah satunya buku ini, Coaching & Mentoring Research: A Pratical Guide.

Foto: Moethia A
Penulis: Lindsay G, Oades dkk
Editor: Susannah Trefgame
ISBN:9781473912977
Halaman:256
Cetakan:Pertama-2019
Penerbit: Sage Publishing
Rating: 3/5

Anda sudah terbiasa melakukan penelitian. Hasil karya Anda sering kali dianggap sebagai trobosan baru. Dampaknya, banyak yang mulai meminta Anda untuk menjadi pembimbing penelitian mereka. Padahal selama ini Anda belum pernah mendampingi seorang peneliti, karena Anda sendirilah penelitinya.

Jangan khawatir! Dalam buku setebal 256 halaman ini, Anda akan mendapat gambaran, serta trik dan tips bagaimana  memahami peran  pembimbing penelitian dalam konteks pengajaran  dan pendampingan, beberapa fase proses penelitian dan tinjauan umum dari penelitian kualitatif dan kualitatif.

Dengan menggunakan pendekatan yang mudah dipahami,  serta aneka studi kasus, buku ini akan membuat    tugas Anda menjadi semakin lebih mudah dilakukan. 

Terdiri  dari 4 bab, mulai dari Becoming a Researcher in Coaching and Mentoring hingga  Qualitative and Mixed Method for Coaching and Mentoring Research, akan memudahkan Anda untuk  memahami isi buku  serta melakukannya.

Bagian atau dalam buku ini disebut part,  misalnya Part II phase of the research proses di halaman 45, terdiri dari sembilan bahasan. Mulai dari choosing a research methodology, reviewing literatur. research proposals, hingga dissemination of research. Tiap part terdiri dari beberapa sub part lagi.

Selain itu, pada awal sub part  sudah disampaikan apa inti dari sub part tersebut. Sebagai contoh, part III quantitative methods for coaching and mentoring research, pada sub part 27 survey designs hal 141, setelah judul disebutkan bahwa bagian ini berisikan  what are the different types of cross-sectional survey design.

Tak ketinggalan apa yang harus dicapai setelah selesai membacanya. Dalam sub part ini  terdapat 4 hal. Antara lain adalah describe key types or survey-based research designs. 

Entah apakah buku ini akan muncul dalam versi bahasa Indonesia. Tentunya akan sangat membantu jika ada penerbit yang bersedia melakukan alih bahasa untuk topik yang masih jarang diangkat ini.

Lindsay G Oades PhD adalah  seorang professor serta direktur  the Centre for Positive Psychology University of Melbourne. Australia.  Christine Leanne Siokou PhD adalah seorang peneliti di the Centre for Positive Psychology University of Melbourne. Australia , sementara Dr  Gavon R. Slemp (Psy. D, BA, Hons) adalah pengajar senior di lembaga yang sama. Dengan keahlian mereka, tentunya Anda akan bisa mendapat banyak ilmu dari membaca buku ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar